Laporan Praktek Kerja Lapangan Di PT. Pupuk Kujang Cikampek

BAB I Pendahuluan Berdirinya PT.Pupuk Kujang yang terletak di Dawuan, Cikampek. Mempunyai latar belakang yang relevan mengapa di bangun di kawasan

  tersebut, hal ini disebabkan karena cikampek dekat dengan daearah karawang yang merupakan pusat lumbung padi jawa barat.

  Selain karawang menyediakan bahan baku yang dibutuhkan oleh pabrik tersebut, dan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dengan cikampek membuat pihak tersebut mempunyai tempat yang strategis untuk mendirikan pabrik pupuk terbesar di jawa barat. Atau yang telah di kenal dengan nama PT.Pupuk Kujang.

1.1 Sejarah Berdirinya PT.Pupuk Kujang

  Di tahun enam puluhan, pemerintah mencanangakan pelaksanaan program peningkatan produksi pertanian di dalam usaha swasembada pangan. Demi suksesnya program pemerintah ini maka kebutuhan akan pupuk ini mutlak harus di penuhi mengingat produksi PUSRI waktu itu diperkirakan tidak akan mencukupi menyusul ditemukannya beberapa sumber gas alam di bagian utara jawa barat, munculah gagasan untuk membangun pabrik urea di jawa barat.

  Pada tahun 1973 pemerintah menunjuk Departemen Pertambangan dan. Pertanian untuk melaksanakan proyek tersebut. Departemen Pertambangan kemudian melimpahkan wewenang pelaksanaan proyek tersebut kepada pertamina dengan konsultan sebuah perusahaan Prancis yaitu BEICP, untuk meneliti kemungkinan membangun pabrik pupuk tersebut. Tim tekhnisi di bentuk dan langkah-langkah selanjutnya di ambil oleh pertamina untuk menentukan Jatibarang, Balongan sebagai lokasi proyek.

  Pada tahun 1975 keluarlah surat keputusan presiden NO. 16/1975 tertanggal 17 april 1975 yang memutuskan untuk mengalihkan tugas pelaksanaan proyek pabrik pupuk di Jawa Barat ini dari Departemen Pertambangan ke Departemen Perindustrian, Kemudian pada bulan april 1975, menteri Perindustrian mengeluarkan syarat keputusan No.

  25/M/SK/4/1975 untuk membentuk tim penyelesian proyek pupuk Jawa Barat yang di ketuai oleh Dirjen industri kimia dasar Ir. A. Salmon Mustafa dan Ir. Didi Suardi sebagai pemimpin lapangan.

  Pengelolaan pabrik pupuk urea yang akan berdiri tersebut diberikan kepada sebuah badan hukum (Persero) yang akan dibentuk sesuai dengan peraturan pemerintah No. 19/1975 tertanggal 2 juni 1975. Pemberian nama badan hukum tersebut dilakukan oleh bapak Aang sebagai sebuah badan usaha milik negara di lingkungan Departemen Perindustrian.

  Bulan juli 1976, pembangunan pabrik mulai dilakukan dengan kontraktor utama Kellogg Overseas Corporation (USA) dan Tokyo Enginering Corp (Japan) sebagai kontraktor pabrik urea. Pembangunan berjalan lancar sehingga pada tanggal 7 November 1978 pabrik sudah mulai berproduksi dengan kapasitas 570.000 ton/tahun dan 330.000 ton/ tahun amonia, ini terjadi 3 bualan lebih awal dari jadwal.

  12 Desember 1978, Presiden Soeharto berkenan meresmikan pembukaan pabrik dan 1 april 1979, PT. Pupuk Kujang mulai komersional.

1.1.1 Proses Produksi

  Proses produksi pembuatan pupuk dan bahan kimia terdiri dari : a. Bahan Baku

  Bahan baku utama dalam proses produksi urea adalah gas alam, air, dan udara.

  b.

  Proses Ketiga bahan baku tersebut di olah untuk menghasilkan Nitrogen (N2), Hidrogen (H2), dan Karbon Dioksida (CO2), Pabrik pupuk ini terdiri dari

  Amonia di produksi dalam pabrik Amonia dan merupakan hasil reaksi gas Nitrogen dan Hidrogen.

  Tahap selanjutnya amonia dan karbon dioksida dilanjutkan pengolahannya ke unit urea untuk memperoleh urea butiran dengan diameter 1-2 mm. Pabrik amonia dirancang oleh Kellog Overseas Corp, dari amerika serikat sedangkan proses pembuatan ureanya oleh Tokyo Enginering Corp, dari Jepang.

1.1.2 Unit-Unit Produksi

  Sub pembagian unit produksi adalah sebagai berikut : a. Unit Pembangkit Listrik

  Satu unit gas turbin generator kapasitas 15 MW. Tiga unit diesel standby generator kapasitas 750 KW/unit, Satu unit diesel emergency generator kapasitas 375 KW.

  b.

  Unit Penjernihan Air Air pendingin, kapasitas 5734 m3/jam, air minum kapasitas 75m3/jam, air pemadam kebakaran, air bebeas mieneral untuk umpan ketel Pembangkit Uap kapasitas 180 ton/jam.

  c.

  Unit Pembangkit Uap d.

  Unit Pemisahan Udara Menghasilkan Nitrogen dengan kapasitas 260Nm3/jam.

  e.

  Unit Amonia Unit ini menghasilkan amonia dengan kapasitas terpasang 100MT/hari atau 330.000 MT/tahun dan di samping itu menghasilkan Karbon Dioksida dan Hidrogen.

  f.

  Unit Urea Amonia dan Karbon Dioksida yang diperoleh dari unit amonia kemudian di proses di unit urea yang menghasilkan butiran urea dengan kapasitas terpasang 1725 MT/hari atau 570.000MT/tahun.

  g.

  Unit Pengantongan Unit urea yang dihasilkan di salurkan ke unit pengantongan melalui Belt Conveyor, Di sini urea di kemas dalam karung plastik dengan berat masing- masing 50 kg untuk kemudian dipasarkan.

  h.

  Penyediaan Air Baku Untuk penyediaan air baku pabrik telah di bangun stasiun pompa air yakni di daerah Parungkadali, Bendung curug dan Cikao sebelah hilir Jatiluhur, Untuk megatasi masalah kekurangan air telah dibuat 8 kolam penampungan air yang bertempat di sekitar kawasan pabrik. Jumlah air i.

  Penyediaan Gas Alam Untuk penyediaan gas alam ini, pertamina mengambil 3 buah sumbernya yaitu offshore : ARCO dan L.Parigi di lepaas pantai cilamaya sekitar70 km dari kawasan pabrik dan sumber gas alam di mundu kabupaten Indramayu. Sedangkan penyediaan gas alam ini telah di pasang di bawah pipa bawah tanah sepanjang 114 km, sedangakan stasiun meteranya di bangun di sekitar kawasan pabrik, Jumlah gas alam yang diperlukan 60 MMSCF/hari. j.

  Industri Peralaan Pabrik PT.PUPUK KUJANG telah mengembangkan industri peralatan pabrik untuk fabrikasi peralatan pabrik bagi keperluan industri pupuk dan industri kimia lainnya. Kapasitas produksi 500 ton/tahun.

  Gambar 1.1| Skema Produksi

   Production scheme

  Sumber : Company proofile PT.Pupuk Kujang 2010

  Water treatment Fire water Cooling water Demineralized water Potable table

  Steam generator Power generator Bag making unit Natural gas

  Amonia unit Urea unit Bagging unit Urea in bag

  Polypropylene & polyethylene

1.1.3. Pengolahan Air Buangan

  PT.PUPUK KUJANG adalah pabrik pertama di indonesia yang peralatan pabriknya di lengkapi dengan unit-unit pengolahan air limbah.

  Unit-unit pengolahan air limbah tersebut seperti yang dapat di lihat pada bagian-bagian di bawah ini: a.

  Unit pemisahan amonia Dengan kemampuan sendiri, PT.Pupuk Kujang telah merancang dan membangun unit pemisah amonia yang fungsinya adalah memisahkan amonia dari air buangan yang berasal dari unit amonia dan urea.

  b.

  Unit Pemisah Air Berminyak Unit ini berfungsi untuk memisahkan minyak dan air buangan pabrik. Minyak yang terpisah itu kemudian di bakar dalam sebuah tungku pembakaran.

  c.

  Pengolahan buangan sanitasi Buangan dari toilet sekitar pabrik dan perkantoran di olah pada unit stabilisasi dengan cara : sludge aktif, aerasi dan injeksi chlorin.

  d.

  Kolam penetralisasi asam basa

  Sehingga pabrik tidak terlalu berlebihan dalam mengeluarkan limbah, Dan lingkungan yang ada di dalam pabrik atau pun di luar lingkungan pabrik masih bisa terjaga kondisi keseimbangan alamnya tanpa takut akan tercemari oleh limbah yang di hasilkan oleh pabrik.

1.1.4. Pengembangan PT.PUPUK KUJANG

  Dalam rangka pengembangan PT.PUPUK KUJANG telah di lakukan pula pembangunan beberapa unit produksi, Usaha ini dilaksanakan untuk menunjang program pemerintah antara lain menumbuhkan usaha keterkaitan industri dan meningkatkan ekspor hasil industri atau mensubtitusi produk impor.

  a.

  Asam Formiat Bahan ini berguna untuk karet dan tekstil, Bahan baku yang di gunakan adalah karbon dioksida yang di ambil dari unit Amonia dan kapasitas produksi 11.000 MT/tahun, Pabrik ini di bangun di kawasan industri kujang cikampek dan di kelola oleh PT.Sintas Kurama Perdana, yang merupakan salah satu perusahaan patungan PT.PUPUK KUJANG.

  b.

  Amonium Nitrat Bahan ini di gunakan sebagian besar untuk bahan baku peledak, Bahan baku pembuatan Amonium Nitrat adalah Amonia dan asam nitrat, dimana kawasan industri kujang cikampek dan di kelola oleh PT.Multi Nitrotama Kimia patungan PT.PUPUK KUJANG.

  c.

  Hidrogen Peroksida Bahan ini sangat berguna untuk industri kertas dan tekstil, Bahan baku yang di gunakan adalah gas hidrogen yang di peroleh dari pemurnian gas buangan dari Hidrogen Recovery unit pabrik Amonia, Pabrik ini di bangun di Kawasan Industri kujang cikampek dan pengelolaannya di lakukan oleh PT. peroksida Indonesia Pratama, Kapasitas produksi 10.500 ton/tahun H2O2 dengan konsentrasi 50%.

  d.

  Katalis Katalis sangat di butuhkan oleh industri pupuk dan pegolahan minyak bumi.pabrik ini di bangun di kawasan industri kujang cikampek dengan kapasitas produksi 1.100 MT/tahun, Pengelola pabrik ini adalah PT.Kujang sud chemi catalysts yaitu sebuah perusahaan PT.PUPUK KUJANG.

  e.

  Kemasan Pabrik ini memproduksi jerry can yang di perlukan untuk pengemasan bahan-bahan seperti asam formiat,asam nitrat, hidrogen peroksida, dan lain-lain. Pabrik ini di bangun di kawasan industri Kujang cikampek dan f.

  Kawasan Industri PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) adalah anak perusahaan PT.Pupuk Kujang yang telah berdiri sejak tahun 1990 untuk mengelola kawasan industri di komplek PT.PUPUK KUJANG Cikampek dengan luas area 140 Ha.KIKC juga menyediakan jasa yang di perlukan untuk memperoleh semua perijinan pendirian pabrik, impor bahan baku dan ekspor produk.

  g.

  Unit jasa pelayanan Industri Merupakan unit kerja yang terdiri dari beberapa tenaga ahli dalam bidangnya masing-masing guna melayani setiap permintaan jasa dalam bidangnya :

  Operasi Dan Pemeliharaan Pabrik

  • Rancang Bangun dan Perekayasaan -

  Konstruksi

  • Laboratorium -
  • Beberapa industri yang telah memanfaatkan jasa pelayanan industri PT.PUPUK KUJANG antara lain pabrik-pabrik pupuk, Pabrik Rayon,

  Inspeksi dan Keselamatan Kerja h.

  Industri Peralatan Pabrik PT.PUPUK KUJANG telah mengembangkan industri peralatan pabrik untuk fabrikasi peralatan pabrik bagi kkeperluan industri kimia lainnya, Kapasitas produksi 500 ton/tahun. i.

  Pupuk Kujang 1B Proyek ini bertujuan membangun pabrik amonia/urea sebagai pengganti dari pabrik amonia/urea yang ada yang telah beroperasi sejak akhir tahun 1978. Kapasitas pabrik sama seperti pabrik yang ada yaitu amonia : 330.000ton/tahun dan pabrik urea 570.000 ton/tahun, Proses yang akan di gunakan adalah proses hemat energi, pabrik ini telah di jalankan sejak tahun 2005. j.

  Pusdiklat industri Kegiatan pusdiklat industri PT.Pupuk Kujang di kembangkan dan di dukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman dalam bidang operasi dan pemeliharaan pabrik, rancang bangun dan manajemen konstruksi. Seluruh kegiatan pusdiklat industri ini selalu di peruntukkan bagi kepentingan intern PT.PUPUK KUJANG sendiri guna menambah

  Perusahaan-perusahaan yang telah memanfaatkan jasa pusdiklat industri ini antara lain industri pupuk, pengelolaan minyak PERTAMINA dan PT.Petrokimia Nusantara Interindo.

1.2 Visi, Misi dan Motto PT.PUPUK KUJANG

  Inti dari visi perusahaan adalah “Menjadi Perusahaan Pupuk Dan Petrokimia yang efisien Dan kompetitif di pasar global”.

  Adapun inti dari misi dan motto yang di miliki oleh perusahaan adalah”memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional demi kemakmuran serta kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan industri kimia berbasis sumber daya alam yang yang ramah lingkungan dengan melaksanakan etika bisnis secara konsisten”.

  Di bawah ini dapat di terangkan lebih lanjut beberapa misi dan visi dari PT.PUPUK KUJANG yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Ingin mensejahterakan Pertanian indonesia

  2. Membangun perekonomian negara melalui pemberdayaan pupuk sebagai salah satu jalan untuk penggerak pembangunan.

  3. Memanfaatkan sumber daya untuk kelangsungan habitat lingkungan yang sehat.

  5. Mengolah bahan kimia agar bisa bermanfaat bagi sektor atau unit yang membutuhkan.

  6. Memperlancar perekonomian negara dengan pihak luar karena PT.PUPUK KUJANG pun mengekspor hasil dari pengolahan pupuk dan bahan-bahan kimia.

  Sesuai dengan salah satu visi dan misi dari BUMN maka PT.PUPUK KUJANG telah melakukan pembinaan kepada pengusaha kecil dan koperasi.pembinaan di berikan kepada dua kelompok usaha kecil antara lain: A.

  Usaha yang menghasilkan barang yang berpotensi untuk pasar dalam negeri maupun ekspor seperti kerajinan keramik, batu aji dan lain-lain.

  B.

  Usaha kecil yang menghasilkan barang yang di pakai oleh PT.PUPUK KUJANG seperti suku cadang pabrik dan lain-lain.

  Bentuk bantuan yang di berikan kepada usaha kecil dan koperasi berupa: a.

  Manajerial berupa pembinaan dalam mengelola usaha agar pengusaha menjadi maju dan mandiri dalam mengembangkan usahanya.

  b.

  Tekhnik produksi berupa diklat maupun bimbingan dalam peningkatan c.

  Pinjaman untuk modal kerja dan peralatan dengan bunga rendah agar lebih terjangkau oleh masyarakat kecil dalam mengembangkan usahanya.

  d.

  Promosi pemasaran agar hasil produk mereka bisa di kenal lebih luas oleh masyarakat.

  Dasar dari pembangunan PT.PUPUK KUJANG ini adalah ingin meningkatkan produksi pertanian dalam usaha swasembada pangan maka motto, visi dan seluruh isi misi di atas sangat membantu usaha petani di nusantara, agar labih mudah dalam mengembangkan sektor perusahaan mereka.

  Adapun seluruh makna dari misi dan visi ini di dasarkan pula pada logo PT.PUPUK KUJANG yang mempunyai arti kesuburan tanah nusantara dan perannya sebagai sahabat para petani dalam mengembangkan usaha pertanian mereka, logo di bentuk berdasarkan pada tujuan yang akan di capai oleh perusahaan agar sesuai dengan terdapat misi dan motto PT.PUPUK KUJANG, dan agar tetap mempunyai ciri tersendiri dari perusahaan pupuk-pupuk lainnya sebagai perusahaan pupuk terbesar di jawa barat yang berkompentensi dan mempunyai kualitas yang tinggi, Adapun logonya adalah sebagai berikut:

Gambar 1.2 Logo PT.Pupuk Kujang

  Sumber: Company profile PT.Pupuk Kujang 2010 Bisa kita lihat dengan jelas bahwa warna hijau dari logo mengartikan bahwa sumber daya alam atau tanah nusantara mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi yang bisa kita olah dan di manfaatkan kualitas yang tinggi, dan gambar kujang merupakan senjata khas dari jawa barat, di harapkan dengan semua gambar dari logo ini mampu menjelaskan semua arti dari misi dan visi yang di kembangkan oleh PT.PUPUK KUJANG.

1.3 Struktur Perusahaan

  Setiap perusahan tentunya telah memiliki struktur perusahaannya sendiri, hal ini di peruntukan agar organisasi dari setiap bagian-bagian bisa di ketahui dengan jelas baik bagi perusahaan itu sendiri ataupun bagi partner kerja dari perusahaan tersebut.

  Hal ini juga berlaku di PT.PUPUK KUJANG dimana struktur yang terdapat di bagian Humas atau PR disana telah tersusun dan terorganisir dengan baik. Struktur perusahaan tersebut menunjukan semua bagian yang ada di perusahaan sangat berperan penting bagi kelangsungan dan kemajuan perusahan. Termasuk bagian Humas atau PR yang mempunyai peranan sendiri namun sangat berpengaruh untuk perusahaan, karena lembaga Humas adalah bagian dari perusahaan yang sering melakukan kontak dengan pihak luar ataupun rekan kerja di luar perusahaan.

  Baik dan buruk citra dari PT.Pupuk Kujang berada pada seluruh

  Tabel di atas adalah gambar atau bagian-bagian dari struktur perusahaan PT.PUPUK KUJANG:

1.4 Struktur Divisi atau Humas

  Karena PT.Pupuk Kujang telah mempunyai lembaga PRnya sendiri atau telah state of being, maka penulis langsung di tempatkan di bagian Humasnya itu sendiri.

1.4.1 Struktur Organisasi Bagian Humas

  Humas PT.PUPUK KUJANG mempunyai struktur organisasi Humas yang terdiri dari bagian-bagian yang bertanggung jawab atas bidangnya sendiri- sendiri, di antaranya adalah:

  1. Kahumas

  2. Staff administrasi Humas

  3. Bagian Publikasi dan Dokumentasi

  4. Bagian Protokol dan Perlengkapan

1.5 Job Descriptions

1.5.1 Tugas Dan Fungsional Masing-Masing Bagian

  1. Kepala Humas a.

  Memimpin dan mengkoordinasi kegiatan bagian Humas sehingga menjadi organisasi yang mampu menjadi alat manajemen dalam rangka menjaga citra baik perusahaan.

  b.

  Membina hubungan kerja sama yang baik dengan pejabat pemerintah tingkat pusat, daerah, instansi non pemerintah khususnya instansi kehumasan serta media massa demi kelancaran hubungan baik secara keseluruhan antara perusahaan dengan pejabat dan instansi yang terkait tersebut diatas.

  c.

  Melakukan upaya promosi perusahaan baik melalui kegiatan eksibisi maupun melalui penerbitan brosur, folder dan lain-lain.

  d.

  Menampung aspirasi pendapat, saran-saran dari publik internal dan eksternal, bilamana di perlukan laporkanlah ke Direksi untuk mendapatkan perhatian serta jalan keluarnya.

  e.

  Bertindak selaku protokol pada setiap acara perusahaan sesuai dengan proposinya. f.

  Bertanggung jawab menerbitkan kalender dan agenda PT.Pupuk Kujang setiap tahun dengan materi dan penampilan yang baik serta tepat waktu.

  g.

  Menampung permohonan dari publik yang memerlukan bantuan serta menyampaikan usulan dan rekomendasi ke Direksi untuk mendapatkan petunjuk serta pengarahannya.

  h.

  Mengkoordinasi tugas dan tanggung jawab bagian-bagian protokol, dokumentasi dan publikasi serta petugas administrasi. i.

  Menyusun dan merencanakan acara-acara resmi yang akan di selenggarakan. j.

  Bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kompartemen sekretariat.

  2. Staff Administrasi Humas a.

  Mengerjakan pengetikan surat-surat keluar dari bagian Humas dan bagian-bagian lain.

  b.

  Menerima dan mengatur surat dari luar dan mendistribusikan ke bagian-bagian setelah mendapat disposisi dari Kabag Humas.

  c.

  Mencatat dan menyimpan dokumen permohonan bantuan dari berbagai d.

  Menyusun dan mengatur file surat-surat dan dokumen bagian humas.

  e.

  Mengatur administrasi kepersonaliaan karyawan bagian humas antara lain cuti , SPPD, petikan kenaikan golongan dan lain-lain.

  f.

  Melakukan koordinasi dengan seluruh bagian di bagian Humas dalam rangka menjaga kerapihan dan kebersihan ruangan-ruangan bagian Humas.

  g.

  Bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bagian Humas.

  3. Bagian Publikasi Dan Dokumentasi.

  a.

  Secara berkala menerbitkan buletin perusahaan dengan baik, menarik dan tepat waktu.

  b.

  Melakukan publikasi kepada media massa sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  c.

  Melakukan kegiatan promosi yang terarah melalui penerbitan media massa atau media dari perusahaan itu sendiri.

  d.

  Menyiapkan laporan perusahaan atau handout untuk tamu perusahaan yang memerlukan. f.

  Menyiapkan keterangan pers guna kepentingan penerbitan pada media cetak atau elektronik.

  g.

  Bertanggung jawab secara langsung kepada Kepala Bagian Humas.

  4. Bagian Protokol Dan Perlengkapan Memimpin dan melaksanakan setiap upacara atau resmi perusahaan adalah tugas dari keprotokolan dan perlengkapan a.

  Menyiapkan dan mengatur acara tamu perusahaan.

  b.

  Bertindak selaku petugas protokol sesuai dengan proposinya c. Mendampingi tamu perusahaan d.

  Mengatur acara-acara kunjungan Direksi, baik pertemuan atau kunjungan kerja ke perusahaan lain atau daerah-daerah.

  e.

  Melaksanakan usaha-usaha untuk meningkatkan partisipasi publik internal.

  f.

  Bekerja sama dengan instansi terkait dalam hubungannya dengan pembinaan pengrajin industri kecil.

  g.

  Menampung permohonan bantuan dari berbagai kalangan menyiapkan i.

  Mencatat seluruh kegiatan perusahaan baik yang di lakukan di dalam perusahaan PT.Pupuk Kujang maupun di luar.

  Demikian perincian tugas kerja rutin dan fungsional dari setiap bagian Humas ini sehingga jelas adanya tugas dan tanggung jawab masing- masing bidang.

1.6 Sarana dan Prasarana

  Karena PR atau Humas di PT.Pupuk Kujang telah state of being, maka mereka menjalankan tugasnya di gedung mereka sendiri atau yang lebih di kenal dengan gedung admin.

  Tentu saja mereka mempunyai fasilitas sendiri yang di sediakan oleh perusahaan untuk kenyamanan dalam bekerja, hal ini di lakukan agar pera karyawan Humas bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan mereka yang berkaitan langsung dengan perusahaan ataupun pihak eksternal.

  Adapun di bawah ini adalah tabel beberapa fasilitas yang tersedia di ruangan Humas:

  Tabel 1| fasilitas ruang Humas No. Alat tulis kantor Jumlah Keterangan

  1. Ruangan 6 ruangan Ruang Kahumas, wakil Kahumas, sekretaris,ruang tamu, ruang diskusi dan ruang para karyawan.

  2. Komputer - 5 buah

  • 3. Meja 10.buah
  • 4. Mesin tik 3 buah

  Untuk penyimpanan

  5. Lemari 4 buah

  Di ruangan yang

  6. Telepon 4 buah penting Sumber : Company profile PT.Pupuk Kujang 2010

  Dengan fasilitas yang di sediakan oleh perusahaan, di harapkan karyawan dan staff Humas bisa bekerja lebih baik lagi sebagai PR yang reaktif dan produktif. Serta bisa membuat opini publik dan citra perusahaan selalu positif. Karena nama baik yang di sandang oleh perusahaan tergantung kepada baik dan buruknya tugas yang di jalankan oleh PR.

  Saat PT.Pupuk Kujang mendapatkan prestasi dalam keberhasilan pembangunan dan pengoperasian pabrik-pabrik di kawasan PT.Pupuk Kujang, di ikuti pula oleh prestasi dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Berbagai penghargaan dari pemerintah dan british safty council menandai pengakuan atas prestasi tinggi dalam bidang keselamatan dan kesehatan kerja. Prestasi lain yang di capai adalah

  Berdasarkan hasil penilaian program pemilihan BUMN Award dan CEO Award pada BUMN Expo 2002, PT.Pupuk Kujang terpilih sebagai BUMN terbaik 2002 dan Direktur Utama memperoleh penghargaan sebagai The Best Chief Executive Officer(CEO) 2002 on Survival Management. Rangkaian berbagai prestasi tinggi ini semakin memotivasi seluruh jajaran PT.Pupuk Kujang termasuk bagian kehumasannya untuk terus membangun dan memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah di raihnya.

1.6 Lokasi Dan Waktu PKL

  1.6.1 Lokasi

  Penulis mengadakan praktek kerja lapangan atau PKL di PT.PUPUK KUJANG (persero) Jl.Jend.A.Yani No.39-Cikampek 41373, Jawa Barat.

  Sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pengadaan pupuk sebagai produk utamanya pupuk untuk membantu usaha pertanian nusantara, di samping produk-produk kimia sampingan lainnya, Disini penulis di tempatkan di bagian Biro Humas di gedung Administrasi, yang merupakan gedung yang khusus di sediakan untuk kegiatan kehumasan dan keadministrasian dari PT.Pupuk Kujang.

  1.6.2 Waktu

  

praktek selama 1 (satu) bulan, terhitung mulai tanggal 26 juli 2010 sampai

dengan 26 Agustus 2010.

  Semua kegiatan PKL ini di harapkan bisa menjadi batu loncatan bagi penulis untuk melanjutkan persaingan ke dalam dunia kerja yang lebih sulit agar mendapatkan dasar-dasar ilmu kehumasan atau PR untuk menghadapi secara langsung realita persaingan dan cara bekerja sebagai Humas yang handal.

BAB II PELAKSANAAN PKL

2.1 Aktivitas Kegiatan Selama PKL

  Banyak aktivitas yang di lakukan oleh penulis selama PKL di PT.PUPUK KUJANG, baik itu berupa kegiatan yang bersifat rutin maupun tidak rutin atau isedentil. Kegiatan tersebut juga tidak hanya di lakukan dalam ruangan kantor saja namun juga ada kegiatan yang mengharuskan kita berada di luar kantor atau ruangan.

  Penulis sengaja di libatkan secara langsung oleh perusahaan untuk setiap kegiatan agar mampu untuk belajar bekerja sama dengan para rekan-rekan sesama pemagang ataupun karyawan yang berada di perusahaan tersebut.

  Semua kegiatan atau aktivitas PKL ini di harapkan bisa menjadi batu loncatan bagi penulis untuk melanjukan persaingan ke dalam dunia kerja yang lebih sulit agar mendapatkan dasar-dasar ilmu kehumasan atau Humas untuk menghadapi secara langsung realita persaingan dan cara bekerja sebagai seorang Humas yang profesional dan handal di suatu lembaga ataupun di instansi- instansi kemudian hari.

2.1.1 Jadwal Kegiatan PKL

  Adapun jadwal kegiatan PKLnya adalah sebagai berikut sesuai dengan yang tertera di

  • Penjelasan tata tertib
  • Pembuatan badge
  • Notulen Rapat -

  3. Rabu

  Mempelajari

  6. Senin -

  30 Juli 2010

  5. Jumat

  29 juli 2010

  4. Kamis

  √

  28 juli 2010

  Membaca Koran √ √

  27 juli 2010

  2. Selasa

  

  √

  26 juli 2010

  1 . Senin

  NO Hari/Tanggal Kegiatan Jenis Rutin Insendentil

  DAFTAR JADWAL KEGIATAN PKL

  • Membuat Kliping √
  • Membuat Kliping √ √
  • Senam Pagi - Notulen Rapat √ √

  

  2 Proposal Agst 2010

  Selasa 7.

  • 3 Agst 2010

  

  Tugas artikel

  8. Rabu

  4 Agst 2010 Izin Ke Kampus

  9. Kamis

  • 5

  Membuat kliping

  Agst 2010

  • - 10. Jumat Senam Pagi

  6 Agst 2010 - Mempelajari Prroposal

  

  11. Senin

  Menganalisa

  9 Proposal

  

  Agst 2010 Selasa 12.

  10 Agst 2010 Sakit

  13. Rabu

  • 11 Agst 2010 bimbingan PKL

  Meminta

  14. Kamis

  • 12 Agst 2010

  Membuat Kliping

  • - 13 Agst 2010 - Mempelajari pembuatan

  15. Jumat Senam Pagi

  

  bulletin

  • 16 Agst 2010 Press Release

  Tugas

  16. Senin membuat

  17. Selasa

  17 Agst 2010 Libur (Hari Kemerdekaan Indonesia)

  18. Rabu

  18 Agst 2010 Izin ke kampus

  19. Kamis

  • 19 Agst 2010

  Notulen Rapat

  Sumber : Penulis Agustus 2010 Demikianlah jadwal kegiatan ini di susun selama melakukan Praktek kerja

  Lapangan di PT. Pupuk Kujang Dawuan Cikampek, tepatnya di gedung admin, yang berlangsungkan selama satu bulan yang di mulai pada tanggal 26 Juli

  • – 26 Agustus 2010.

2.2 Deskripsi Kegiatan PKL

  Kegiatan atau aktivitas yang di lakukan oleh penulis selama PKL adalah menjadi rekan pembantu para staff karyawan pada saat akan melakukan tugas-tugas ringan atau sulit yang biasa penulis lakukan. Adapun contoh dari kegiatan PKL yang di lakukan penulis adalah: 1.

  Menyusun laporan data hadir karyawan bagian Humas 2. Membuat kliping yang berhubungan dengan perusahaan 3. Menyiapkan laporan sebelum rapat di selenggarakan 4. Membuat surat permohonan dana bantuan pada seluruh karyawan.

  Adapun kegiatan PKL yang tidak bersifat rutin adalah sebagaimana di ketahui di samping merupakan unit ekonomi, BUMN mempunyai berbagai peranan antara lain sebagai penggerak pembangunan. Di dalam kaitannya dengan peranan tersebut, maka sejak semula PT.Pupuk Kujang telah melaksanakan apa yang di sebut sebagai program-program pembinaan wilayah sesuai dengan batas-batas kemampuannya, hal ini menjadikan kegiatan tersebut menjadi sebuah contoh kerja isedentil atau tidak rutin bagi perusahaan.

  Hal ini di lakukan sebagai wujud rasa terima kasih perusahaan yang telah di percaya oleh masyarakat selama bertahun-tahun, sehingga perusahaan dapat melakukan pembangunan yang berarti bagi warga sekitar lingkungan PT.Pupuk Kujang.

  Adapun cara yang di tempuh adalah dengan memberikan stimulasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi kearah yang layak, bantuan-bantuan tersebut berupa: 1.

  Pembangunan MCK dan jembatan-jembatan di beberapa desa.

  2. Tempat-tempat ibadah.

  3. Penyediaan air bersih.

  4. Penyelenggaraan sekolah bekerjasama dengan Depnaker kabupaten Karawang.

  5. Pembangunan jaringan irigasi sub sekunder bagi desa yang membutuhkan.

  6. Bantuan sarana rumah sakit di kabupaten Karawang dan Purwakarta.

  7. Bantuan bidang pendidikan: Universitas Singaperbangsa Karawang.

  8. Bantuan pupuk sweeping.

  9. Pembinaan para pengusaha setempat.

  Di harapkan dengan kegiatan kerja dari PT.Pupuk Kujang ini bisa menjalin kerjasama yang lebih solid dengan berbagai pihak yang mempunyai keterkaitan langsung dengan PT.Pupuk Kujang,walaupun seluruh kegiatan di atas tersebut tidak di kerjakan atau di laksanakan secara rutin oleh perusahaan.

  Kegiatan yang tidak rutin ini pun menjadikan kegiatan di atas tersebut menjadi aktivitas dari deskripsi kegiatan PKL yang selalu di lakukan oleh perusahaan, pada saat akan terselenggaranya acara-acara tertentu,karena penulis selalu di libatkan secara langsung oleh perusahaan.

2.3 Analisa kegiatan PKL

  Kegiatan PKL yang di lakukan selama masa magang lebih banyak di lakukan di dalam ruangan, namun begitu ada juga beberapa kegiatan yang mengharuskan kita bekerja di luar ruangan atau bekerja dengan pihak lain secara langsung, seperti saat akan di adakannya acara:

  a.

  

Get together para staff Humas setiap sebulan sekali ke wilayah Purwakarta

maupun Karawang.

  b.

  

Senam jasmani pagi yang rutin di lakukan oleh seluruh bagian kantor setiap

jumat pagi.

  c.

   Coffe break yang diadakan setiap pagi hari di seluruh kantor Admin d.

Mengadakan perjanjian kerja sama dengan pihak luar seperti dengan Bank

Mandiri sebagai partner dalam struktur keuangan di PT.Pupuk Kujang.

  e.

  

Mengadakan seminar dengan pihak sponsorship di luar lingkungan PT.Pupuk

Kujang itu sendiri.

  Semua kegiatan ini merupakan tugas rutin dari seorang HUMAS, begitu pula pada masa PKL pembelajaran seperti ini harus selalu di terapkan agar saat nanti terjun langsung pada dunia perkantoran kita tidak canggung lagi menghadapi berbagai orang dari perusahaan lain dengan berbagai karakteristik.

  Adapun hal-hal yang harus kita pelajari selain mengenali dunia kehumasan,kita pun di bimbing untuk di berikan pembelajaran bagaimana membuat surat perjanjian dengan pihak luar,seperti saat penulis di tugaskan untuk membuat surat perjanjian dan undangan untuk perusahaan yang bekerja sama dengan PT.Pupuk Kujang, yaitu Bank Mandiri.

  Membuat surat edaran yang harus di disposisikan ke berbagai bagian tentang segala sesuatu hal yang penting yang bersangkutan langsung dengan perusahaan dengan kegiatan tersebut, Contohnya:bantuan pembangunan sekolah di Karawang, dan membantu bencana yang ada di Indonesia karena kita adalah perusahaan BUMN.

  Kegiatan seperti ini merupakan sebuah tantangan bagi penulis yang masih melakukan pembelajaran tentang kegiatan Humas. Karena di sini kita di

  Kegiatan PKL lainnya adalah mengambil alih jadwal kegiatan yang rutin di lakukan oleh perusahaan, agar kita lebih paham dan bisa berbaur dengan semua karyawan dari berbagai bagian staff Humas itu sendiri.

  Bila dianalisa secara langsung, tugas PKL yang telah di berikan oleh perusahaan pada saat kita kerja praktek di perusahaan tersebut, telah membuat penulis merasa menjadi sebuah bagian dari staff Humas itu sendiri, karena terjun langsung pada semua kegiatan yang di adakan oleh perusahaan.

  Hal ini menjadi sebuah pengalaman baru bagi penulis untuk merasakan dunia kerja sebagai seorang Humas, karena di dalamnya terdapat berbagai ilmu yang bisa di pelajari untuk di kemudian hari untuk menjadi seorang profesional.

2.3.1 Analisa Tentang Humas di PT.Pupuk Kujang

  Humas mempunyai peranan penting pada setiap perusahaan, tim Humas di bentuk untuk meningkatkan, membentuk atau menjaga citra perusahaan tersebut, Apabila sebuah perusahaan tidak mempunyai Humasnya tersendiri, maka pada saat terjadi masalah atau ada berita penting yang harus di konformasikan, perusahaan tersebut akan kesulitan dalam menghadapi serbuan publik atau pers.

  Seperti halnya saat penulis secara langsung terjun ke dalam selalu berhadapan dengan masyarakat sekitar baik itu yang meminta bantuan dana untuk pembangunan sekolah, madrasah, maupun korban bencana alam. kinerja yang di berikan oleh staff Humasnya sangat terkendali dan mengatasinya dengan baik, melalui CSR nya Humas PT.Pupuk Kujang sangat mengerti dan menjalankan kinerja yang baik kepada masyarakat sekitar perusahaan.

  Adapun Humas yang dapat di lihat dari beberapa segi: a. Deskripsi

  Peranan Humas bila di terjemahkan adalah lapangan kerja baru dalam bidang komunikasi yang berkembang secara cepat pada dunia global, dilihat dari pengertiannya dan berdasarkan pada tugasnya Humas adalah suatu lembaga yang bertugas untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan/orang dengan publik, membangun citra yang baik antara pihak manajemen dengan karyawan (two way communication).

  b.

  Strategi Fungsi utama Humas adalah menumbuhkan hubungan baik antara pihak manajemen dengan publiknya baik itu extern maupun intern, dalam rangka menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam upaya menciptakan opini publik yang menguntungkan perusahaan, sesuai dengan ampuh untuk melakukan two way communication atau komunikasi timbal balik dengan publik.

  Berbagai cara memungkinkan untuk di laksanakan dalam meraih simpati atau opini publik yang positif, di antaranya adalah:

  1. Melakukan penyebaran informasi.

  2. Membuat press release.

  3. Membuat company profile.

  4. Membuat program evaluasi tentang opini publik.

  5. Mengadakan acara sosial, seperti bakti sosial, pengumpulan dana untuk korban bencana alam, menghimpun dana untuk orang yang kurang mampu dll. Semua cara di atas di lakukan sebagai strategi yang di anggap bisa menjadi tolak ukur akan penilaian publik terhadap perusahaan yang telah di jalankan selama sepuluh tahun, sehingga pada saat perusahaan mengetahui apabila ada kekurangan, maka perusahaan bisa langsung memperbaikinya agar publik atau para pembeli yang memakai produk dari perusahaan kami bisa merasa puas.

  2.3.2 Analisa kerja Humas di tempat PKL

  Pekerjaan Humas yang di jalankan di PT.Pupuk Kujang sangatlah terkoordinir dengan baik, setiap bagian dari bidangnya masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat teliti agar tidak terjadi kesalahan sedikitpun guna memuaskan klien atau partner yang bekerjasama dengan PT.Pupuk Kujang.

  Dan semua bagian Humas tersebut langsung bertanggung jawab kepada Kepala Humas yang membawahi semua bagian dari manajemen Humas, agar semua kegiatan yang di lakukan transparan.

  2.3.3 Analisa Pelayanan Humas Selama PKL

  Pelayanan yang di berikan oleh seluruh karyawan Humas pada saat penulis melakukan Praktek kerja Lapangan disana, bisa di katakana sangat memuaskan karena para karyawan sangat membantu penulis dalam melakukan pekerjaan yang baik oleh Kepala Humas atau oleh pihak kampus dalam mengumpulkan data dari PT.Pupuk Kujang, seperti pengumpulan Company profile bagian Humas khususnya dan semua data lainnya yang berguna untuk menulis tugas laporan PKL ini.

  Semua fasilitas yang di berikan oleh perusahaan kepada karyawannya, bisa juga penulis pergunakan demi melakukan pekerjaan ataupun tidak rutin yang di lakukan setiap harinya, adapun fasilitas yang bisa digunakan oleh penulis adalah seperti Komputer untuk pengetikan tugas, mesin tik, perpustakaan yang mempunyai data lengkap atau telepon apabila ada hal atau pekerjaan penting yang harus di laporkan pada satu bagian yang berlainan gedung dengan gedung Humas atau gedung admin, selain pelayanan dalam pekerjaan para karyawanpun memberikan pembelajaran tentang bimbingan selama menyelesaikan tugas PKL di perusahaan mereka.

  Demikianlah beberapa pelayanan yang di berikan oleh perusahaan kepada penulis selama melakukan Praktek Kerja Lapangan di PT.Pupuk Kujang, dengan semua pelayanan yang di dapatkan ini semoga semua pihak yang bersangkutan bisa puas dengan hasil yang telah didapatkan dan tidak ada satu pun pihak yang merasa dirugikan dengan adanya kegiatan bimbingan kerja praktek yang di lakukan perusahaan-perusahaan atau lembaga yang telah di tentukan sebelumnya.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

  PT.PUPUK KUJANG adalah merupakan perusahaan BUMN yang mempunyai struktur organisasi yang terkoordinir dengan baik dengan ini maka penulis menarik kesimpulannya sebagai berikut:.

  1. Perusahaan yang mempunyai nilai Charity yang cukup tinggi di mata publik internak maupun eksternal.

  2. Teknologi yang di terapkan dalam pengolahan sangat efektif karena menggunakan alat-alat teknologi yang di datangkan langsung dari luar, guna menghasilkan produk yang berkualitas.

  3. Humas yang telah State of being yang menjadikan PT.Pupuk Kujang salah satu industri atau pabrik yang mempunyai rekan kerja atau

  

sponsorship dari berbagai kalangan perusahaan yang tak terbatas.

  4. Sistem marketing atau administrasi yang di terapkan di PT.Pupuk Kujang sangat relevan karena dapat menyeimbangkan pengeluaran atau pendapatan yang di dapat.

3.2 Saran

  Melihat dari perkembangan PT.Pupuk Kujang, maka penulis memberikan sarannya sebagai berikut:

1. Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia PT

  Pupuk Kujang Cikampek secara umum telah membuktikan diri sebagai perusahaan yang reliable dan terpercaya, namun jika melihat struktur bangunannya akan lebih baik apabila diadakan poyek peremajaan bangunan, karena hampir semua bangunan yang dipergunakan oleh karyawan sehari-hari merupakan gedung- gedung tua yang terlihat kurang terawat.

  2. Divisi Humas PT Pupuk Kujang terbagi lagi menjadi 3 sub divisi, yaitu Bina Lingkungan, Kemitraan dan Humas. Namun letak dari gedung humas dan 3 sub divisi tersebut terpisah dan letaknya berjauhan, akan lebih baik apabila Humas dan sub divisi nya di tempatkan dalam satu gedung.

  3. Kinerja karyawan khususnya di divisi Humas sangat baik dan cekatan, akan lebih baik apabila para karyawan di divisi humas diberikan motivasi lebih ketika bekerja seperti pemberian tunjangan atau gathering dngan divisi lainnya.

  4. Selama praktek kerja di PT Pupuk Kujang Cikampek banyak sekali hal yang bisa dipelajari, para karyawan disana juga sangat membantu dalam kelancaran praktek kerja, tetap pertahankan dan selalu semangat.

  5. Melihat dari besarnya pabrik PT Pupuk Kujang dan saling berjauhannya bagian-bagian gedung satu sama lain maka kendaraan yang di peruntukkan karyawan dalam melakukan pekerjaannya harus di tambah jumlahnya, seperti penambahan mobil dinas atau motor demi kemajuan pekerjaan, mengingat jumlah karyawan yang banyak dan tugas yang di lakukan tidak hanya di dalam lingkungan pabrik saja.

  6. Penertiban kembali Bus karyawan yang di gunakan untuk mengantar jemput karyawan, agar tidak sembarang di naiki oleh orang-orang yang di luar kepentingan perusahaan.

  7. Penghijauan di sekitar pabrik harus lebih di perhatikan agar kesan yang di dapat saat tamu atau rekan kerja yang datang berkunjung atau untuk keperluan bisnis ke PT.Pupuk Kujang adalah sangat menyatu dengan alam dan ramah lingkungan untuk menunjang kegiatan GO GREEN.

  

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

DI PT.PUPUK KUJANG CIKAMPEK

Diajukan sebagai bukti telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)

  

Oleh:

M.Maulana Ghani

NIM : 41807165

  

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI & PUBLIC RELATIONS

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

BANDUNG

  

2010

  

DAFTAR ISI

Halaman LEMBAR PENGESAHAN KATA PENGANTAR ........................................................................ i

DAFTAR ISI ....................................................................................... iv

DAFTAR TABEL

  …………………………………………….…….. vii

DAFTAR GAMBAR ........................................................................... viii

DAFTAR LAMPIRAN

  ……………………………………………... ix

  BAB I PENDAHULUAN

  1.1 Sejarah Berdirinya PT.Pupuk Kujang……………………. 1


Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

85 2179 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

31 560 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

30 484 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

12 313 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

22 433 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

36 690 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

31 598 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

11 386 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

16 567 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

27 686 23