Silabus Integrasi Kelas 1 Kurikulum 2013

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

I. PENDAHULUAN

Silabus merupakan rencana Pembelajaran pada mata pelajaran atau tema tertentu dalam pelaksanaan kurikulum.

Silabus memiliki komponen-komponen sebagai berikut:

1. kompetensi inti;

2. kompetensi dasar;

3. materi pembelajaran;

4. kegiatan pembelajaran;

5. penilaian;

6. alokasi waktu; dan

7. sumber belajar.

II. PRINSIP PENGEMBANGAN SILABUS

1. Silabus dikembangkan dengan prinsip-prinsip:

2. Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

3. Aktual dan Kontekstual

Silabus selalu memperhatikan perkembangan ilmu, pengetahuan, teknologi, dan seni yang mutakhir.

4. Fleksibel

Silabus selalu memberikan rujukan dan ruang yang lebih luas kepada guru untuk menyusun perencanaan mengajar.

5. Menyeluruh

Silabus mencakup pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh dalam ranah kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

III. MEKANISME DAN LANGKAH PENGEMBANGAN SILABUS

A. Mekanisme Pengembangan Silabus

Silabus dikembangkan oleh:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silabus untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu silabus mata pelajaran untuk Kelompok A dan Kelompok B.

2. Dinas Pendidikan

a. Silabus yang dikembangkan pada tingkat daerah yaitu silabus sejumlah bahan kajian dan pelajaran dan/atau mata pelajaran muatan lokal yang ditentukan oleh daerah yang bersangkutan.

b. Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah provinsi ditetapkan oleh dinas pendidikan provinsi.

c. Silabus muatan lokal yang berlaku untuk seluruh wilayah kabupaten/kota ditetapkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.

3. Satuan Pendidikan

Silabus yang dikembangkan pada tingkat satuan pendidikan yaitu silabus muatan lokal yang berlaku pada satuan pendidikan yang bersangkutan.

B. Langkah-langkah Pengembangan Silabus

1. Mengkaji Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

    1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;

    2. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

    3. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran

Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:

a. potensi peserta didik;

b. relevansi dengan karakteristik daerah,

c. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;

d. kebermanfaatan bagi peserta didik;

e. struktur keilmuan;

f. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;

g. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan

h. alokasi waktu.

3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.

a. Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.

b. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.

c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.

d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.

4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.

5. Penentuan Jenis Penilaian

Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.

a. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.

b. Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.

c. Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.

d. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. yang berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.

e. Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

6. Menentukan Alokasi Waktu

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.

7. Menentukan Sumber Belajar

Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

IV. PENGEMBANG SILABUS

1. Pengembangan silabus pada tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan.

2. Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat daerah dilakukan oleh:

a. Tim Pengembangan Kurikulum provinsi untuk wilayah provinsi.

b. Tim Pengembangan Kurikulum kabupaten/kota untuk wilayah kabupaten/kota.

3. Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat satuan pendidikan dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), atau Pusat Kegiatan Guru (PKG).

V. SILABUS SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH

Silabus untuk SD/MI adalah sebagai berikut:

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMUR

Kelas : I (Satu)

Tema 1 : Diri Sendiri

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.1 Menerima kebera-gaman karakteris-tik individu dalam kehidupan beraga-ma sebagai anu-gerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


Mengamati

  • Membaca teks pendek tentang identitas diri , bagian – bagian tubuh, fungsi bagian-bagian tubuh dan benda-benda di lingkungan sekitar

  • Mengamati gambar tentang kegiatan perawatan tubuh, kesehatan diri, dan perlengkapan mandi

  • Mengamati gambar kegiatan melompat sesuai urutan bilangan

  • Membaca teks tentang kesehatan tubuh, perbedaan dan persamaan kemampuan anak dalam berolahraga

  • Mengamati gambar dan teks tentang kesehatan tubuh

  • Mengamati gambar untuk menentukan persamaan dan perbedaan ciri seseorang

  • Membaca teks pendek tentang lingkungan tempat tinggal untuk mensyukuri perbedaan yang ada

  • Membaca teks untuk menentukan ciri-ciri suatu benda, misal ciri-ciri buah

  • Membaca teks pendek tentang kegemaran anggota keluarga, sikap dan kemampuan dalam permainan olahraga,

  • Menebalkan kata dan kalimat sederhana tentang kesehatan tubuh

  • Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel



Menanyakan

  • Menanyakan tentang nama panggilan, nama lengkap teman

  • Melakukan tanya jawab tentang persamaan dan perbedaan ciri seseorang

  • Mempertanyakan prosedur pembuatan kolase

  • Menanyakan bentuk huruf awal pada nama-nama anak laki-laki dan perempuan

  • Saling bertanya tentang identitas diri, ciri-ciri tubuh, kesukaan, guna panca indra dan anggota tubuh dll.

  • Melakukan kegiatan tanya jawab kepada teman mengenai benda kesukaannya, misalnya buah



Mengeksplorasi

  • Menemutunjukkan berbagai garis, warna dan bentuk dari berbagai media yang diperoleh di lingkungan sekitar, misalnya barang bekas, bahan alam (daun, rumput, bunga kering, dll) dengan percaya diri

  • Melakukan gerak lokomotor melalui berbagai kegiatan secara individual, berpasangan maupun berkelompok.

  • Melakukan gerak dasar manipulatif melalui gerak melempar dan menangkap benda

  • Melakukan gerak lokomotor dan gerak manipulatif melalui permainan sederhana dan atau tradisonal

  • Mendaftar nama benda

  • Mengurutkan kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan perawatan tubuh

  • Mengurutkan bilangan sambil melakukan permainan, misalnya melompat

  • Mengidentifikasi bentuk misal setengah lingkaran, zig-zag melalui berbagai ragam kegiatan gerak lokomotor dengan bentuk pola lantai

  • Membuat berbagai bentuk gambar sesuai pola

  • Mengkreasi dan menghias berbagai limbah menjadi benda hias/mainan

  • Menghitung, menuliskan dan membagi banyak benda dengan jumlah yang sama banyak dengan berbagai media (gambar, kancing, dll)

  • Melakukan permainan menemukan kata dari sekumpulan huruf sesuai tema misal tentang aktivitas diri

  • Melakukan kegiatan dengan menggunakan cermin untuk menemukan persamaan dan perbedaan ciri tubuh

  • Melakukan berbagai gerak untuk kelenturan tubuh misal berlari, melompat

  • Menentukan bahan alam untuk membuat kerajinan/prakarya

  • Melengkapi kata dengan huruf yang sesuai untuk kata-kata tertentu, misalnya warna

  • Mengumpulkan data tentang identitas diri, ciri-ciri tubuh, kesukaan, guna panca indra dan anggota tubuh dll baik secara kelompok maupun individual

  • Mengurutkan bilangan, gambar melalui berbagai kegiatan atau permainan dengan benda-benda atau gambar sesuai tema misal kebersihan diri

  • Memilih bahan untuk membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel



Mengasosiasi

  • Menemukan persamaan dan perbedaan tinggi –rendah dengan melakukan berbagai kegiatan perbandingan

  • Menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan yang tepat.

  • Melakukan kegiatan memisahkan kata menjadi suku kata dan huruf

  • Mengelompokkan dan menghitung warna-warna berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan

  • Menyimpulkan hasil kegiatan pendataan tentang buah yang disukai teman-temannya

  • Menghubungkan gambar, misalnya berdasarkan jumlah, kegunaan, jumlah dll.

  • Membuat karya pensil hias dari bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel



Mengkomunikasikan

  • Menyampaikan hasil dari kegiatan

  • Memperkenalkan identitas diri secara lisan dengan bahasa sederhana

  • Menuliskan nama-nama anggota tubuh berdasarkan hasil berbagai bentuk permainan dan atau kegiatan

  • Menyanyi lagu anak yang berhubungan dengan identitas diri, nama-nama bagian tubuh, dan atau sikap dengan nada dan irama yang benar

  • Mengungkapkan isi lagu yang dinyanyikannya secara sederhana

  • Mengungkapkan informasi tentang identitas diri, anggota tubuh dan panca indra melalui gambar, kartu atau media lainnya

  • Mengkomunikasikan identitas diri, anggota tubuh dan panca indra dalam bentuk tulisan di udara, punggung teman dan di media lainnya

  • Menggambar dan menuliskan bentuk benda di sekitar berdasarkan bangun datar, bangun ruang, ukuran dan jumlahnya.

  • Menyampaikan hasil kreasinya di depan kelas dengan bahasa yang sederhana.

  • Menulis jumlah, nama dan fungsi anggota tubuh sebagai latihan motorik halus sebagai hasil dari berbagai kegiatan.

  • mendemonstrasikan sikap dan perilaku patuh pada peraturan melalui berbagai tentang kegiatan di rumah dan di sekolah.

  • Menyampaikan berbagai hasil kreasi melalui kegiatan menjiplak, mewarnai, menggunting menghias , mencap, sesuai tema

  • Menyampaikan hasil kegiatan penyusunan potongan gambar sesuai tema

  • Menyampaikan jenis-jenis kegiatan yang menunjukkan fungsi anggota tubuh.

  • menyampaikan secara lisan tentang tata cara menjaga kebersihan gigi

  • Menulis dan menggambar tentang kebersihan diri

  • Melengkapi kata dengan huruf

  • tentang alat-alat kebersihan

  • Menuliskan hasil dari melakukan penjumlahan

  • Melengkapi gambar sesuai tema

  • Menuliskan secara urut hasil kegiatan pengukuran

  • Menuliskan tentang hasil identifikasi jenis benda yang disukai anak

  • Mewarnai berbagai gambar sesuai tema

  • Bermain peran tentang tatacara berterima kasih

Observasi

  • Kemampuan Membaca nyaring sesuai tema

  • Kemampuan Melakukan kegiatan gerak dasar

  • Kemampuan mengungkapkan hasil kegiatan yang dilakukan, misal membandingkan tinggi badan teman

Unjuk kerja

  • Menyanyi sesuai tema

  • Bermain urutan bilangan

  • Menceritakan gambar

  • Menebalkan gambar

  • Menggambar benda sesuai tema

  • Mewarnai gambar

  • Melompat sambil mengenal bilangan

  • Bermain peran



Hasil karya

  • Hasil Membuat kartu nama

  • Hasil gambar bangun datar

  • Kreasi daun kering dan ranting



Tes Lisan

  • Melakukan kegiatan berdasarkan perintah

  • Menjawab berbagai pertanyaan sesuai tema



Tes tertulis

  • Mengenal bilangan

  • Menjiplak garis, huruf, angka

  • Menghitung banyak benda

  • Memilih gambar sesuai pola

  • Menggambar benda sesuai bilangan

  • Menyelesaikan teka teki dengan benar

  • Melengkapi gambar yang belum selesai

4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)

  • Buku Teks pelajaran Tematik Kelas I

  • Media gambar

  • Bahan sisa (kain, kancing baju dll)

  • Benda-benda sebenar-nya

  • Kartu kalimat, kartu kata, kartu suku kata, kartu huruf, kartu angka

  • Foto diri

  • Buku cerita bergambar

  • Teks lagu

2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju-dan nilai dan moral Pancasila

2.2 Menunjukkan peri-laku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah


3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

3.3 Mengenal kebera-gaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

  • Bentuk dan tujuan norma/ kaidah di rumah dan sekolah

  • Semangat kebersamaan dalam keberagaman

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

4.4 Mengamati dan menceri-erakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

  • Bentuk dan tujuan norma/kaidah dalam masyarakat

  • Semangat kebersamaan dalam keberagaman

Bahasa Indonesia

1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah kebera-gaman bahasa daerah

1.2 Menerima kebera-daan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manu-sia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar


2.1 Memiliki kepedu-lian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfa-atan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.2 Memiliki rasa per-caya diri terhadap kebera-daan tubuh melalui pemanfa-atan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah

2.4 Memiliki kedisip-linan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah


3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa In-donesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa dae-rah untuk mem-bantu pemahaman

3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa-kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberada-an keluarga de-ngan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

  • Teks diskriptik tentang tubuh dan panca indra, serta peristiwa siang dan malam

  • Teks petunjuk/ arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran

  • Teks terima kasih tentang sikap kasih sayang

  • Teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga


4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosa-kata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.2 Mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penya-jian

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Teks diskriptik tentang tubuh dan panca indra, serta peristiwa siang dan malam

  • Teks petunjuk/ arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran

  • Teks terima kasih tentang sikap kasih sayang

  • Teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga

Matematika

2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengiku-ti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah meyerah dalam mengerjakan tugas

2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertari-kan pada matema-tika yang terbentuk melalui pengala-man belajar


3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa sederhana

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggu-nakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang mengguna-kan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.

3.11 Membandingkan dengan memper-kirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)

  • Lambang bilangan

  • Mengenal bilangan asli sampai 99

  • Geometri (bangun datar dan bangun ruang)

  • Perbandingan panjang dan pendek

4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sam-pai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurnagan dua buah bilangan aasli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.5 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya

4.6 Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu

4.8 Mengelompok-kan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya

4.9 Mengunpulkan dan mengelola data pokok katagorikal dan menyajikan-nya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizonta;

  • Bilangan asli sampai 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan

  • Geometri (bangun datar)

  • Geometr (bangun datar) pengubinan

  • Mengelompokkan berdasarkan tinggi badan

  • Statistik sederhana

Seni Budaya dan Prakarya

1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan


2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengeks-presikan diri dalam mengolah karya seni

2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni


3.1 Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi

3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari

3.4 Mengamati ber-bagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya

  • Apresiasi dan kreasi karya seni rupa (gambar ekspresi)

  • gerak anggota tubuh

  • Apresiasi dan kreasi (prakarya)

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.3 Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

4.10 Menirukan gerak alam dilingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi

4.13 Membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel

4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di ling-kungan rumah melalui kegiatan melipat, meng-gunting, dan menempel

  • Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk

  • Menggam-bar dengan media kering

  • Menyanyi lagu anak-anak

  • Apresiasi dan kreasi /cipta ulang karya seni tari (gerak anggota tubuh)

  • Apresiasi dan kreasi /cipta karya kerajinan

  • Apresiasi dan kreasi prakarya melipat, menggunting dan menempel

Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya sebagai anu-gerah Tuhan


2.1 Berprilaku sportif dalam bermain

2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar, serta dal-am penggunaan sarana dan prasa-rana pembelajaran


3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah, ruang, gerak. hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

  • Konsep dasar gerak lokomotor

3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah, ruang, gerak, hubungan, dan usaha dalam ber-bagai bentuk per-mainan sederhana dan atau per-mainan tradisional.

3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengem-bangan kebugaran jasmani melalui permainan seder-hana dan atau tradisional.

  • Konsep dasar manipulatif

  • Konsep bergerak secara seimbang

4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan (seperti konsekuiwensi anggota tubuh yang digunakan: arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau tradisional

4.2 Mempraktikkan pola dasar gerak non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digu-nakan arah, ruang, gerak, hubungan, dan usaha dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

4.3 Mempraktikkan pola dasar gerak manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah, ruang gerak, hubungan , dan usaha dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

  • Pola gerak dasar lokomotor melalui praktek

  • Pola gerak dasar non lokomotor melalui praktek

  • Pola gerak manipu-latif

Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMUR

Kelas : I (Satu)

Tema 2 : Kegemaranku

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.1 Menerima kebera-gaman karak-teristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


Mengamati

  • Mengamati gambar aktivitas dan cabang olah raga untuk menemukan konsep angka, misalnya banyak benda

  • Membaca teks pendek (dalam hati dan nyaring) tentang jenis-jenis olahraga, pentingnya olahraga

  • mengamati gambar organ tubuh seperti jantung dan paru-paru yang dihubungkan dengan berbagai kegiatan olahraga

  • mendengarkan cerita yang dibacakan tentang kegemaran berolahraga

  • Mengamati gambar berbagai bentuk geometri untuk memperolah konsep geometri

  • Menulis lambang bilangan

  • Mengamati gambar untuk memperoleh konsep sikap baik, misalnya kerjasama

  • Mengamati gambar tentang cara membunyikan suara keras dan lembut

  • Membaca teks yang berhubungan dengan ilustrasi cerita

  • Mengamati cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif



Menanya

  • Bertanya kepada teman dan guru tentang alat-alat olahraga.

  • Membuat pertanyaan tentang alat-alat musik



Mengekplorasi

  • Mengenal konsep bilangan berdasarkan gambar tentang kegiatan olahraga

  • Melakukan kegiatan permainan untuk menemukan konsep detak jantung dan pernafasan

  • memperoleh informasi tentang ukuran jarak dan hasil penjumlahan suatu bilangan melalui berbagai kegiatan

  • Melakukan kegiatan olahraga, misalnya bermain kasti

  • Menemutunjuk-kan berbagai konsep dengan menghubung-kan gambar dengan tulisan, misalnya asal tarian

  • melakukan kegiatan percobaan mencampur warna untuk memperoleh berbagai warna baru

  • memperoleh berbagai gambar dengan berbagai teknik, misalnya menggunakan jari (melukis dengan jari),

  • Melukis dengan berbagai cara

  • memperolah pemahaman tentnag pola melalui kegiatan pencerminan

  • Melakukan kegiatan membuat kolase

  • Melakukan kegiatan membuat berbagai bentuk berdasarkan bentuk geometri dengan teknik gunting dan tempel

  • Memperoleh pemahaman konsep berdasarkan soal cerita

  • Memilih bahan untuk membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel

  • Membuat hiasan untuk benda pakai menggunakan daun-daun kering yang diambil dari lingkungan sekitar dengan teknik menggunting, melipat dan menempel



Mengasosiasikan

  • melakukan kegiatan menjodohkan sesuai tema untuk menemukan konsep tentarg pasangan

  • bermain peran untuk memperoleh pemahaman sikap yang baik, misalnya sikap tertib

  • Mempercakap-kan jenis-jenis olah raga dan kesukaan

  • Melakukan permainan dengan kartu-kartu huruf acak menjadi kata

  • Melakukan kegiatan untuk membuat katagori, misalnya seriasi berdasarkan gambar sesuai tema

  • Melakukan kegiatan mengurutkan gambar sesuai tema

  • menyimpulkan hasil dari mengamati gambar tentang perilaku baik dalam kegiatan olahraga

  • menghitung sekumpulan benda dan menuliskan lambang bilangannya

  • membuat kesimpulan tentang konsep bilangan dari kegiatan penjumlahan sekumpulan benda

  • membuat kesimpulan dalam bentuk grafik berdasarkan kegiatan sesuai tema

  • membuat katagori sesuai tema, misalnya alat musik tradional atau modern

  • melakukan permainan untuk mengenal huruf-huruf yang berhubungan dengan alat musik

  • melakukan kegiatan untuk mengenal bilangan berdasarkan gambar dan lambangnya

  • melakukan kegiatan permainan, misalnya permainan teka-teki berbagai kata benda

  • melakukan permainan kata menjadi kalimat dengan kartu-kartu kata



Mengkomunikasikan

  • Melaporkan hasil kegiatan dalam bentuk tulisan tentang jenis-jenis cabang olahraga dalam rangka kelenturan jari untuk pengembangan motorik halus

  • menggambar tentang alat olahraga yang disukai

  • Mengkomunika-sikan secara lisan tentang isi bacaan yang dibacakan sesuai tema

  • Menyampaikan hasil kegiatan secara lisan tentang pengalamannya setelah melakukan kegiatan olahraga

  • Menyanyikan lagu anak yang sesuai dengan tema, misalnya lagu terimakasih

  • Menuliskan hasil kegiatan untuk mengetahui ukuran jauh-dekat, misalnya melalui kegiatan melompat

  • Menebalkan berbagai tulisan sesuai tema

  • Menyampaikan hasil kegiatan membuat katagori tentang berbagai suara misal lembut, keras, sedang

  • menuliskan hasil berbagai kegiatan permainan untuk memperoleh kesimpulan tentang konsep bilangan, misalnya menghitung jumlah kata dari sutu lagu anak-anak

  • menuliskan kata yang tepat untuk melengkapi syair lagu yang kosong

  • mewarnai berbagai gambar sesuai tema

  • menuliskan tentang jawaban berbagai pertanyaan sesuai tema

  • membuat gambar bebas dan gambar ilustrasi sesuai tema

  • melengkapi teks dengan kata yang tepat

  • membaca puisi dengan gaya

Pengamatan

  • Pengamatan cara kerja dalam melakukan berbagai kegiatan sesuai tema misal melukis dengan jari

  • Pengamatan dalam kegiatan bermain peran



Unjuk kerja

  • Membaca nyaring sesuai dengan tema

  • Melakukan gerak

  • lokomotor

  • Menyanyi-kan lagu sesuai tema

  • Menyanyi-kan lagu daerah

  • Menari sesuai tema

  • Mencerita-kan gambar

  • Mengurutkan gambar seri sederhana



Hasil karya

  • gambar alat-alat olahraga yang dihasilkan setelah melakukan kegiatan

  • grafik sederhana

  • gambar sesuai tema yang telah diberi warna

  • Hasil kegiatan mencampur warna

  • Hasil membuat gambar dengan jari tangan

  • Hasil membuat lukisan dengan tehnik pencerminan

  • Hasil membuat lukisan dengan tehnik kolase

  • Hasil kegiatan melipat, menggunting dan menempel berupa karya kerajinan dari bahan alam

  • Membuat hiasan



Tes Lisan

  • Menyebut-kan asal daerah tarian di Indonesia

  • Menjawab pertanyaan guru tentang jenis-jenis pekerjaan



Tes tertulis

  • Menjawab pertanyaan sesuai pengamatan yang dilakukan sesuai tema

  • Mengisi lambang bilangan

  • Mengisi hitungan penjumlahan

  • Menyusun kata

  • Menulis kalimat dengan menebalkan huruf

4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)

  • Buku Tematik Kelas I

  • Media gambar

  • Foto-foto

  • lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya ( bahan alam, hasil kerajinan dari bahan lunak dll)

  • Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi

  • Papan berpaku

2.1 Menunjukkan perilaku jujur, di siplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju-dan nilai dan moral pancasila.

2.3 Menunjukkan perilaku keber-samaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah


3.3 Mengenal kebera-gaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

  • Semangat kebersamaan dalam keberagaman

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah

  • Semangat kebersamaan dalam keberagaman

Bahasa Indonesia

1.2 Menerima kebera-daan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manu-sia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar


2.4 Memiliki kedisip-linan dan tang-gung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah


3.2 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.3 Mengenal teks terima kasih ten-tang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

  • Teks deskriptik tentang anggota tubuh, panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam

  • Teks terima kasih tentang sikap kasih sayang




4.2 Mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Teks arahan/

  • petunjuk tentang merawat tubuh

  • Teks cerita diri/personal tentang keluarga

Matematika

2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan keter-tarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar


3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan meng-gunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana meng-gunakan gambar-gambar/ benda konkrit

3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan meng-hitung maju sampai 100 dan mundur dari 20

  • Bilangan asli sampai 99

  • Pola bilangan

  • Menghitung bilangan maju sampai 100 dan mundur sampai 20

4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil pen-jumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemung-kinan jawaban

4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok katagorikal dan menyajikannya dalam grafik kon-krit dan piktograf tanpa meng-gunakan urutan label pada sumbu horizontal

  • Bilangan asli sampai 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan

  • Statistik sederhana

Seni Budaya dan Prakarya

2.1 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam dilingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni


3.2 Mengenal pola irama lagu ber-variasi mengguna-kan alat musik ritmis

3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari

3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan

  • Pola irama menggunakan alat musik ritmis

  • Unsur unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh

4.1 Membuat karya seni ekspresi dengan meman-faatkan berbagai teknik cetak seder-hana dengan menggunakan bahan alam

4.4 Membentuk karya seni rupa dari bahan lunak

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih mema-hami isi lagu

4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar

4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel

  • Cetak sederhana menggunakan bahan alam

  • Karya senirupa dari bahan lunak

  • Lagu anak dan tepuk birama

  • Lagu anak dan memahami isi lagu

  • Melakukan gerak kepala. tangan. kaki, dan badan

Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai


2.1 Berperilaku positif dalam bermain

2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran


3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

3.3 Mengetahui kon-sep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau per-mainan tradisional

3.4 Mengetahui konsep gerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengem-bangan kebugaran jasmani melalui permainan seder-hana dan atau tradisional

  • Konsep gerak dasar non lokomotor

  • Konsep gerak dasar manipulatif

  • Konsep gerak secara seimbang

4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

  • Pola gerak dasar lokomotor melalui praktek

  • Pola gerak dasar non lokomotor melalui praktek

Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMUR

Kelas : I (Satu)

Tema 3 : Kegiatanku

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.1 Menerima kebera-gaman karak-teristik individu dalam kehidupan bera-gama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


Mengamati

  • Membaca teks, gambar, denah, tabel, grafik gambar/ piktograf tentang suasana kehidupan

  • Mengamati gambar menjaga kebersihan

  • Mengamati cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif

  • Membaca teks pendek tentang sikap tertib dan tidak tertib pada peraturan di rumah dan di sekolah

  • Membaca grafik gambar/ piktograf hasil kegiatan yang berhubungan dengan berbagai kegiatan yang sesuai tema untuk pemahaman konsep bilangan

  • Mengamati berbagai berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel



Menanya

  • Melakukan tanya jawab tentang isi teks bacaan, gambar, denah dll untuk memperoleh data tentang ciri-ciri suasana, peristiwa, kebiasaan, yang berkaitan dengan waktu , jumlah

  • Mempercakap-kan cara menjaga kebersihan badan



Eksplorasi

  • Mengumpulkan data melalui percobaan, mencari perbedaan dan persamaan, mengurutkan gambar seri, melakukan wawancara tentang ciri-ciri suasana, peristiwa, kebiasaan yang berkaitan dengan waktu

  • Melakukan gerak lokomotor melalui berbagai permainan sederhana dan atau tradisional secara individual, berpasangan maupun berkelompok.

  • Melakukan berbagai gerak manipulatif dalam bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

  • Melakukan permainan untuk mengumpulkan data bangun datar dan bangun ruang yang ada di lingkungan

  • Mengolah bahan makanan menjadi makanan bergizi melalui berbagai kegiatan (Misal : praktek masak dll ).

  • Melakukan pengamatan dan percobaan untuk mengumpulkan data tentang wujud dan sifat benda

  • Memilih bahan untuk membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel

  • Melakukan berbagai kegiatan untuk pemahaman konsep ukuran suatu benda. Misal membandingkan hasil percobaan , membedakan , mengurutkan dll

  • Melakukan berbagai kegiatan untuk pemahaman konsep urutan bilangan dengan permainan

  • Melakukan kegiatan penjumlahan,pengurangan, soal cerita untuk pemahaman konsep bilangan

  • Melakukan berbagai kegiatan untuk pemahaman konsep pengukuran



Mengasosiasi

  • menyusun kosa kata baru menjadi kalimat sederhana yang menggambarkan pengalaman diri

  • menandai gambar berbagai benda sebagai hasil melakukan kegiatan

membandingkan hasil percobaan, mengurutkan dll untuk pemahaman konsep ukuran



  • menyimpulkan hasil kegiatan mengurutkan bilangan, penjumlahan,pengurangan, dan soal cerita



  • mengkreasi kerajinan hiasan sebuah benda berdasarkan pola dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel



  • menyimpulkan hasil pengumpulan data dari hasil kegiatan. Misal wawancara, memasangkan, dll. yang berkaitan dengan operasi bilangan



mengkomunikasikan

  • mengungkapkan secara lisan hasil kegiatan bermain peran, kegiatan diskusi untuk memperoleh konsep waktu, peristiwa, dan kebiasaan

  • mengungkapkan secara tertulis hasil kegiatan bermain peran tentang lamanya waktu, peristiwa, kebiasaan

  • membaca tabel hasil kegiatan yang dilakukan sesuai tema

  • Mengkomunikasikan secara lisan sikap dan perilaku patuh pada peraturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.

  • Menyampaikan hasil ekspresinya dari kegiatan mengolah garis, warna dan bentuk benda di lingkungan sekitar dalam berbagai bentuk misal gambar, lukisan

  • Menyanyi lagu anak yang berkaitan dengan waktu, kebiasaan, peristiwa pada waktu tertentu dengan atau tanpa alat.

  • Menyampaikan isi lagu yang dinyanyikannya

  • Menyampaikan hasil pengumpulan data dari hasil kegiatan. Misal wawancara, memasangkan dll yang berkaitan dengan operasi bilangan

  • Menyampaikan hasil dalam bentuk gambar tentang bentuk-bentuk benda di sekitar berdasarkan bangun datar dan bangun ruang.

  • Menyampaikan hasil kreasinya dari berbagai bentuk bangun datar dan bangun ruang

  • Mengkomunikasikan dalam bentuk tulisan kata-kata dalam kalimat yang tepat melalui berbagai kegiatan dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf

  • Menyampaikan berbagai hasil kegiatan secara lisan maupun tulisan tentang cara merawat kesehatan dan kebugaran tubuh. Misal manfaat makanan bergizi, petunjuk pengolahan bahan makanan dll

  • Menyampaikan hasil kegiatan dalam bentuk tulisan yang berhubungan dengan jumlah benda, ukuran sebagai latihan motorik halus.
















Observasi

  • Kegiatan olah jasmani berupa gerak lokomotor, manipula-tif pada permainan sederhana dan pertmainan tradional.

  • Perilaku patuh pada tata tertib dan peraturan

  • Kegiatan diskusi

  • Sikap dan perilaku pada kegiatan memasak.









Tes tertulis

  • Membuat kalimat

  • Mencari kata

  • Menuliskan tata tertib

  • Menuliskan arti simbol dari pancasia





Tes Lisan

  • Menjawab pertanyaan dari guru

  • Menjawab pertanyaan dari teman

  • Membuat kalimat



Unjuk kerja

  • Menggam-bar sesuai tema

  • Mewarnai berbagai Hasil karya

  • Hasil tulisan yang dibuat sebagai laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan

  • Laporan Hasil kegiatan pengamatan di lingkungan sesuai dengan tema

  • Melakukan percobaan .

  • Menyanyi lagu anak dengan nada dan irama yang tepat

  • Bercerita di depan kelas

  • Bermain peran

  • Mewawancarai nara sumber



Portofolio



  • data dan laporan hasil percobaan, mencari perbedaan dan persamaan, mengurutkan gambar seri, melakukan wawancara tentang ciri-ciri suasana, peristiwa, kebiasaan yang berkaitan dengan waktu

4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)

  • Buku Tematik Kelas IV

  • Media gambar

  • Lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya

  • Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi

  • VCD/DVD/foto

  • Kartu kata bergambar

  • Kartu gambar

  • Teks lagu

  • Teks bacaan

  • Gambar seri

  • grafik

2.1 Menunjukkan peri-laku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju-dan nilai dan moral Pancasila

2.2 Menunjukkan peri-laku patuh pada tata tertib dan aturan yang ber-laku dalam kehi-dupan sehari-hari di rumah dan sekolah

2.3 Menunjukkan peri-laku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju-dan nilai dan moral Pancasila.


3.1 Mengenal simbol -simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.

3.3 Mengenal kebera gaman karate ristik individu di rumah dan di sekolah

  • Simbol-simbol sila dari Pancasila

  • Tata tertib

  • Keberagaman karakteristik individu


4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan-nya dengan penge-nalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah.

4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman kara-teristik individu di rumah dan sekolah

  • Simbol-simbol dari Pancasila dan pengama-lannya

  • Tata tertib dan pelaksanaannya

  • Keberagaman di rumah dan di sekolah

  • Keberagaman karakteristik individu


Bahasa Indonesia

1.1 Menerima anuge-rah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persa-tuan dan sarana belajar di tengah kebera-gaman bahasa daerah

1.2 Menerima kebera-daan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manu-sia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar



2.1 Memiliki kepedu-lian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui peman-faatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah

2.2 Memiliki rasa per-caya diri terhadap keberadaan tubuh melalui peman-faatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah

2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui peman-faatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah

2.4 Memiliki kedisip-linan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah



3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pema-haman

3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pema-haman

3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang kebera-daan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pema-haman

  • Teks deskriptif

  • Peristiwa siang dan malam

  • Teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh, pemeliharaan kesehatan dan kebugaran

  • Teks terima kasih

  • Teks cerita diri/personal





4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.2 Mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Teks deskriptif

  • Teks petunjuk/ arahan tentang perawatan tubuh, pemeliharaan kesehatan dan kebugaran

  • Teks terima kasih

  • Teks cerita diri/person

  • Teks cerita diri/person




Matematika

2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta mudah menyerah dalam mengerjakan tugas

2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang ter-bentuk melalui pengalaman belajar

2.3 Memiliki sikap objektif dan menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari







3.1 Mengenal lambang bilangan dan men-diskripsikan kemunculan bila-ngan dengan bahasa yang sederhana

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan meng-gunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.3 Mengenal dan memprediksikan pola-pola bilangan sederhana meng-gunakan gambar-gambar/benda konkrit

3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan meng-hitung maju sampai 100 dan mundur dari 20

3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang mengguna-kan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.11 Membandingkan dengan memper-kirakan panjang suatu benda meng-gunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek

  • Lambang bilangan

  • Bilangan asli sampai 99

  • Pola-pola bilangan sederhana

  • Menghitung maju sampai 100 dan mundur sari 20

  • Bangun datar dan bangun ruang

  • Perkiraan panjang


4.1 Menguraikan sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengu-rangan dia buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan ter-kait dengan aktivi-tas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

4.5 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya

4.6 Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana

4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada

4.8 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya

  • Bilangan asli sampai 99 berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

  • Memecahkan masalah berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait aktivitas sehari-hari

  • Membentuk bangun datar dengan papan berpaku

  • Pengubinan menggunakan bangun datar

  • Bangun datar dan bangun baru yang dibentuknya

  • Statistik sederhana




Seni Budaya dan Prakarya

1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan





2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni

2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni



3.1 Mengenal cara dan Hasil karya seni ekspresi

3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya

3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

  • Karya seni ekspresi

  • Pola irama

  • Seni budaya benda dan bahasa daerah




4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar

4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah diling-kungan rumah melalui kegiatan melipat, menggun-ting, dan menem-pel

4.16 Membuat karya rekayasa yang digerakkan dengan air

  • Menggambar ekspresi

  • Tepuk birama dan gerak pada lagu anak

  • Memahami isi lagu

  • Gerakan kepala,kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam sekitar

  • Melipat, menggunting, dan menempel dari limbah di sekitar rumah

  • Karya rekayasa yang digerakkan oleh air

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan





2.1 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubu-ngan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

2.2 Bertanggungjawab terhadap kesela-matan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam peng-gunaan sarana dan prasarana pembe-lajaran


3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

3.4 Mengetahui konsep gerak secara seimbang dan cepat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional

  • Konsep gerak non lokomotor

  • Konsep gerak dasar manipulatif

  • Konsep gerak secara seimbang


4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak

  • Pola gerak dasar lokomotor melalui praktek

  • Pola gerak dasar manipulatif melalui praktek

  • Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani

  • Pola gerak dasar lokomotor dan lokomotor sesuai irama ketukan atau musik




Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMUR

Kelas : I (Satu)

Tema 4 : Keluargaku

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.1 Menerima kebera-gaman karak-teristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah

1.2 Menerima keber-samaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah



Mengamati

  • mendengarkan cerita sesuai tema, misalnya keluargaku

  • Mengamati gambar sesuai tema,

  • Membaca teks bacaan sesuai tema

  • Mengamati berbagai kreasi, misalnya kreasi bingkai foto

  • Mendengarkan cerita tentang tata tertib keluarga (mislnya hal-hal yang menarik)

  • Mendengarkan lagu sesuai tema

  • Membaca teks sesuai tema untuk melakukan percakapan

  • Menyimak penjelasan tentang hasil penjumlahan melalui cerita

  • Mengamati gambar tentang perbedaan ciri-ciri fisik



Menanya

  • Menanya teks bacaan, isi gambar dll yang diamati, disimak dan dibaca tentang identitas anggota keluarga, kegiatan keluarga, keluarga besarku dan kebersamaan dalam keluarga sesuai gambar dan atau teks bacaan.

  • Tanya jawab contoh sikap menerima perbedaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah

  • Tanya jawab tentang arti bersatu



Eksplorasi

  • Mengumpulkan data identitas anggota keluarga, kegiatan keluarga, keluarga besarku, kebersamaan , keberagaman karakteristik di rumah dan di sekolah melalui berbagai kegiatan dan atau permainan.

  • Mengumpulkan data penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20 berdasarkan soal cerita sesuai tema dengan berbagai kegiatan

  • Mendemonstrasikan gerak dasar manipulatif melalui permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

  • Mengeksplorasi hasil kreativitas membuat kreasi dari bahan alam, hasil limbah pada bentuk geometri dengan berbagai media

  • Mengeksplorasi pola gerak dasar senam irama mengunakan pola lokomotor dan non- lokomotor dengan atau tanpa musik.

  • Mengeksplorasi aktivitas jasmani untuk melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana ( Misal : berjalan di atas papan titian, jalan jinjit dll )

  • Mengumpulkan data tentang berat benda yang terdapat di sekitar rumah dan sekolah dengan istilah sehari-hari

  • Membandingkan keadaan dua keluarga yang berbeda

  • Membuat silsilah keluarga

  • Menemukan bilangan terkecil dan atau terbesar dari suatu deret bilangan

  • Mengekplorasi gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisonal.



Mengasosiasi

  • Membuat katagori tentang identitas anggota keluarga, kegiatan keluarga, keluarga besarku dan kebersamaan dalam keluarga

  • Mengkatagori-kan data hasil penjumlahan dan pengurangan berdasarkan soal cerita sesuai tema dalam bentuk diagram

  • Menyimpulkan hasil kegiatan tentang urutan ukuran berat dan panjang

  • Mengumpulkan data kosa kata pada teks bacaan / cerita tentang keberadaan , kebersamaan keluarga dengan bahasa lisan dan atau tulisan

  • Mengumpulkan data lama suatu aktivias melalui kegiatan membandingkan

  • Mengumpulkan berbagai bentuk bangun datar yang ada di sekitar sekolah dalam bentuk grafik

.

  • Mengumpulkan data tentang sikap keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah dalam bentuk cerita

  • Menuliskan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah.

  • Menyimpulkan barisan/pola bangun datar benda-benda di sekitarnya dalam bentuk gambar

  • Menyimpulkan berat benda yang lebih berat atau lebih ringan dalam bentuk tabel



Mengkomunikasikan

  • Menyampaikan secara lisan contoh perilaku patuh pada tata tertib dan peraturan di rumah dan di sekolah

  • Menyampaiakan secara tertulis dan lisan kosa kata beserta artinya

  • Menyanyikan lagu anak sesuai tema.

  • Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikannya.

  • Melakukan gerakan tarian mengikuti irama melalui kegiatan gerak dan lagu .

  • Mengkomunikasikan ekspresinya memalui kegiatan mengolah garis, warna dan bentuk melalui berbagai kegiatan sesuai tema.

  • Mengkomunikasikan silsilah keluarga melalui tabel/diagram.

  • Mengkomunikasikan secara lisan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan pola barisan bangun datar

  • Mengkomunikasikan secara lisan hasil kreasi dalam mengolah garis, warna dan bentuk sesuai tema.

  • Mengkomunikasikan cerita yang didengarnya dengan bahasanya sendiri secara lisan dan tulisan.

  • Mengkomunikasikan pengalaman dalam melakukan kebersamaan bersama keluarga melalui berbagai kegiatan secara lisan dan tulisan.

  • Mengkomunikasikan dalam bentuk tabel berat suatu benda yang ada di rumah dan di sekolah menggunakan istilah sehari-hari.

  • Mengkomunikasikan hasil penjumlahan dan pengurangan sesuai tema secara lisan maupun tulisan.

  • Mengkomunikasikan secara lisan identitas anggota keluarga, kegiatan keluarga, keluarga besarku dan kebersamaan dalam keluarga

  • Mengkomunikasikan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan 20 melalui berbagai kegiatan.dengan berbagai kemungkinan dalam bagan

  • Mengkomunikasikan kreasinya menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel.

  • Mengkomunikasikan sikap dan perilaku sopan,menghargai orang lain, hidup rukun dalam keluarga melalui kegiatan bermain peran.

  • Mengkomunikasikan bentuk baru dengan cara menyusun berbagai bentuk bangun datar dalam bentuk gambar

  • Menceritakan secara lisan perbedaan yang ada pada dua gambar dengan kondisi keluarga yang berbeda.

Unjuk kerja

  • Menyanyi

  • Bercerita

  • Gerak dan lagu

  • Senam irama

  • Mengumpulkan data sesuai materi

  • Menebal-kan gambar

  • Melakukan gerakan berlari

  • Tepuk birama dan irama

  • Menggun-ting dan menempel gambar

Tes Lisan

  • Menjawab pertanyaan dari berbagai kegiatan yang dilakukan sesuai tema

Portofolio

  • Hasil gambar

  • Hasil menempel, melipat dan menggun-ting

  • Hasil pembuatan bingkai poto

  • Hasil pembuatan silsilah keluarga

  • Gambar foster

  • Menulis peraturan di rumah

  • Menulis kosakata


4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)




  • Buku Tematik Kelas I

  • Media gambar

  • Gambar seri

  • Foto-foto

  • lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya ( bahan alam, benda di ruang kelas,dll)

  • Teks bacaan

  • VCD/DVD/foto

  • Teks lagu

  • Kartu kata bergambar

  • Kartu kosa kata

  • Kartu gambar

  • Kartu angka

2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju-dan nilai dan moral Pancasila

2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah



3.2 Mengenal tata ter-tib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

3.3 Mengenal kebera-gaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

  • Tata tertib dan aturan di rumah dan sekolah

  • Keberagaman karakteristik individu

  • Arti bersatu


4.1 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.2 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

  • Tata tertib dan aturan di rumah dan sekolah

  • Keberagaman karakteristik individu

  • Arti bersatu



Bahasa Indonesia

1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal seba-gai bahasa persa-tuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah

1.2 Menerima kebera-daan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manu-sia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar




2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang mela-lui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah



3.4 Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

  • Teks cerita diri tentang keberadaan keluarga

  • Teks tentang keluarga, silsilah keluarga






4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Teks cerita diri tentang keberadaan keluarga

  • Teks tentang keluarga, silsilah keluarga





Matematika

2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam mela-kukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/ aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan.

2.2 Menunjukkan peri-laku teliti dan per-duli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dime-nsi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar




3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana meng-gunakan gambar-gambar/benda konkrit

3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang mengguna-kan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.

3.9 Membandingkan dengan memper-kirakan lama suatu aktivitas berlang-sung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)

3.10 Membandingkan dengan memper-kirakan berat suatu benda menggu-nakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan

3.12 Menentukan urutan berdasarkan pan-jang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berda-sarkan jumlah anggotanya

  • Pola-pola bilangan

  • Bangun datar

  • Perkiraan waktu (lama kegiatan)

  • Perkiraan berat

  • Panjang suatu benda


4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemung-kinan jawaban

4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan ter-kait dengan akti-vitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya

  • Bilangan asli sampai 99 berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

  • Memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan




Seni Budaya dan Prakarya

1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan





2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih meng-ekspresikan diri dalam mengolah karya seni


3.1 Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi

3.2 Mengenal pola irama lagu berva-riasi menggunakan alat musik ritmis.

3.3. Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari

  • Gambar ekspresi

  • Pola irama dan alat musik ritmis

  • Unsur-unsur gerak

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak

4.6 Memainkan pola irama lagu bertan-da birama dua dengan tepuk dan gerak

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih mema-hami isi lagu

4.13 Membuat karya kerajinan bahan alam dilingkungan sekitar melalui kegiatan menempel

4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah diling-kungan rumah melalui kegiatan melipat, menggun-ting dan menempel

  • Gambar ekspresi

  • Menyanyikan lagu anak dan tepuk birama

  • Memahami isi lagu

  • Kerajinan menempel

  • Kreasi bahan alam hasil limbah mela-lui melipat, menggunting, dan menempel




















Pendidikan Jasmani, Olah raga dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya sebagai anu-gerah Tuhan





2.6 Disiplin selama melakukan ber-bagai aktivitas fisik


3,2. Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah, ruang, gerak, hubungan, dan usaha dalam ber-bagai bentuk per-mainan sederhana dan atau per-mainan tradisional

3.3. Mengetahui kon-sep dasar manipu-latif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradisional

3.9 Mengetahui dampak jangka pendek melakukan aktivitas fisik

  • Konsep gerak dasar non lokomotor

  • Konsep dasar gerak manipulatif

  • Aktivitas fisik


4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau tradisional

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam ber-bagai bentuk per-mainan sederhana dan atau per-mainan tradisional

4.4. Mempraktikkan aktivitas pengem-bangan kebugaran jasmani untuk melatih keseim-bangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

  • Pola gerak dasar lokomotor melalui praktek

  • Pola gerak dasar manipulatif

  • Aktivitas pengembangan kebugaran melalui praktek




Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







KURIKULUM 2013

Perangkat Pembelajaran

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK





Nama Sekolah : SDN 001 SEBATIK TIMUR

Kelas / Semester : I (Satu) / 2



Nama Guru : NURKAMALIA,S.Pd

NIP / NIK : _______________________________


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMURI

Kelas : I (Satu) / 2

Tema 5 : Pengalamanku

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.2 Menerima keber-samaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


Mengamati

  • Mengamati gambar pengalaman, bersama teman, misalnya : Suasana pagi hari ketika berangkat sekolah,makan kue bersama teman, belajar kelompok dll)

  • Mengamati gambar kegiatan bersama keluarga ( Misal : berkebun, rekreasi, menjenguk teman yang sakit, dll.

  • membaca nyaring teks cerita diri/personal lisan sederhana (3--4 kalimat) tentang keluarga dengan bantuan media (gambar dan video)

  • Membaca teks penga-laman merawat tubuh dan pemeliharaan kesehatan

  • Mengamati gambar sikap/perilaku terpuji

  • Menyimak penjelasan guru tentang alat ukur tidak baku

  • Mendengarkan pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis

  • Mengamati alat dan bahan untuk prakarya

  • Mengamati karya seni khas daerah

  • Mengamati gambar atau benda langsung tentang makanan bergizi

  • Membaca teks percakapan dengan intonasi yang tepat

  • Menyimak penjelasan pendidik tentang contoh sikap berbesar hati



Menanya

  • Tanya jawab tentang gambar pengalaman yang telah dialami peserta didik di rumah dan sekolah,

  • Menjawab pertanyaan isi teks cerita diri yang berkaitan dengan tema

  • Mengajukan pertanyaan tentang cara merawat bagian tubuh agar selalu bersih

  • Tanya jawab manfaat makanan bergizi untuk kesehatan tubuh

  • Tanya jawab tentang pemeliharaan kesehatan ( Misal : manfaat olah raga, makan teratur dan bergizi,, menjaga kebersihan tubuh/makananan, istirahat yang cukup dll )

  • Tanya jawab tentang pengalaman menyenangkan dan menyedihkan yang pernah dialami di rumah dan di sekolah

  • Tanya jawab tentang kebersamaan yang dilakukan di rumah dan di sekolah

  • Menjawab pertanyaan tentang wujud benda tentang wujud benda

  • Mengajukan pertanyaan tentang permainan/do-lanan yang ada di daerahnya



Mengeksplorasi

  • Mengumpulkan data tentang pengalaman yang menyenangkan dan menyedihkan yang dialami teman

  • Mengumpulkan data makanan bergizi dari berbagai sumber

  • Mencari informasi cara merawat tubuh melalui teks bacaan, wawancara dll

  • Mengumpulkan data pengalaman berlibur yang dilakukan teman

  • Bermain peran sesuai tema

  • Menyusun secara sederhana (3--4 kalimat) ucapan terima kasih, minta tolong dalam teks lisan dan tulis.

  • Melakukan permainan sederhana hitam – hijau.

  • Menghitung jumlah langkah teman ketika olah jasmani ( misal : meniti dll )

  • Membagi kue untuk teman

  • Membedakan benda padat dengan benda cair berdasarkan ciri-cirinya

  • Berlatih memperagakan cara menyapa dan bertutur kata santun ( misal mengucap salam, terimakasih, maaf dll )

  • Mengumpulkan data karya seni khas daerah Indonesia untuk dibuat klipping

  • Mengidentifikasi benda padat, cair atau gas

  • Eksperimen perubahan benda padat

  • Mengumpulkan data pengalaman menyalur-kan hobby yang dilakukan teman (misal : filateli, sepak bola dll)

  • Melakukan pengukuran sederhana dengan alat ukur tak baku

  • Berlatih menemukan pola dari barisan bangun datar benda di sekitar

  • Berlatih mengurai bilangan asli sebagai hasil penjumlahan dan pengurangan dua bilangan

  • Berlatih pola irama lagu ( sesuai tema ) menggunakan tepuk dan gerak

  • Berlatih menggambar ekspresi dari hasil pengamatan lingkungan sekitar

  • Berlatih membuat kerajinan dari bahan lunak alam

  • Melakukan permainan tradisional (Misal : Gobak Sodor, ular klabang dll )

  • Melakukan gerak dasar non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan tradisional

  • Membiasakan tidur, istirahat, dan olahraga teratur untuk menjaga kesehatan (misalnya dengan olahraga bersama setiap hari Rabu)

  • Berlatih menggambar ekspresi dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

  • Berlatih menghias benda yang memadukan garis, warna dan bentuk

  • Menghitung jumlah Hasil karya siswa dan menuliskan lambang bilangan yang tepat

  • Berlatih membuat pola berulang dan mendeskripsikannya

  • Mencongak penambahan dan pengurangan

  • Berlatih melempar dan mengkap benda ( misal tutup botol, pola dll )

  • Memainkan pola irama lagu dengan alat musik ritmis ( Misal Lihat Kebunku, Bermain tepuk tangan )

  • Memperagakan gerak dasar menyepak bola

  • Mengumpulkan data mainan yang disukai teman

  • Menghitung jumlah mainan

  • Menebak hasil pengurangan.

  • Memperagakan berbagai gerak keseimbangan>, misalnya di tempat , sambil berjalan, cepat dengan aba-aba , dll

  • Membuat pola pengubinan

  • Membuat karya tiga dimensi dsari bahan lunak alam ( misal membuat vas bunga dari tanah liat, gantungan kunci dari pledo dll)

  • Mengumpulkan data tentang makanan bergizi seimbang

  • Mengurutkan gambar seri sesuai urutan yang benar.

  • Memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

Mengasosiasi

  • Membedakan pengalaman yang menyenangkan dengan yang menyedihkan secara lisan

  • Mendiskripsikan lambang bilangan

  • Menyimpulkan kandungan gizi yang ada dalam makanan yang menyehatkan badan

  • Membedakan suara nyanyian berbirama dengan nyanyian tanpa memperhatikan birama

  • Menentukan nama benda dan bagamana cara mengubah wujudnya (misal gula pasir dimasukkan ke dalam air teh panas dll. )

  • Menentukan jenis benda padat dan cair dengan memberi tanda pada gambar yang sesuai

  • Melengkapi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar/benda konkrit

  • Melanjutkan pola bilangan lompat yang tersaji.

  • Bermain peran penjual-pembeli

  • Mengurutkan gambar seri sesuai urutan yang benar.

  • Memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

  • Membandingkan antara hidup rukundan tidak rukun



Mengkomunikasikan

  • Menuliskan hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan dengan cara susun pendek dan atau susun panjang

  • Menyanyikan lagu dengan iringan alat musik ritmis ( Misal Bermin Layang-layang, lagu daerah setempat tentang gotong royong/kerja sama dll, sedangkan alat musiknya : tepukan tangan, gendang , tamburin dll)

  • Menyampaikan laporan hasil penemuan jenis-jenis makanan bergizi yang layak dikonsumsi.

  • Mendeskripsi-kan berbagai peristiwa berdasarkan hasil pengamatan, misalnya peristiwa siang dan malam

  • Melakukan kegiatan Menggambar berbagi karya sebagai bentuk ekspresi diri. Misal menggambar tentang pengalamanku dll

  • Melakukan kegiatan menghias benda melalui kegiatan mewarnai gambar sesuai tema

  • Menggambar/ membentuk segitiga atau segi empat dengan menggunakan alat sederhana yang memiliki ciri tertentu (misal tinggi sama atau ciri lainnya) dengan atau tanpa alat ( misal dengan papan berpaku

  • Menanggapi isi teks percakapan dengan bahasa sendiri

  • Melaporkan karya seni daerah berdasarkan data yang diperoleh

  • Menjelaskan manfaat bekerja sama

  • Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga

  • Menyusun teks prosedur tulis sederhana (3--4 kalimat) tentang cara merawat tubuh dengan bantuan media (gambar, diagram, video, dan lainnya).

  • Menulis huruf tegak bersambung berkaitan dengan gambar yang diamati.

  • Melengkapi kalimat yang disediakan yang berkaitan dengan pengalaman bersama teman dan keluarga

  • Menceritakan gambar tunggal

  • Menyampaikan hasil penjumlahan dan pengurangan hasil lemparan dan tangkapan bola

  • Menceritakan secara sederhana urutan gambar seri






Unjuk kerja

  • Membaca nyaring berbagai teks sesuai tema

  • Mengamati gambar sesuai tema

  • Membaca teks sesuai tema

  • Menggam-bar sesuai tema

  • Mewarnai berbagai Hasil karya

  • Hasil tulisan yang dibuat sebagai laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan

  • Laporan Hasil kegiatan pengamatan di lingkungan sesuai dengan tema

  • mengamati permainan sederhana hitam – hijau yang dilakukan

  • hasil memperagakan cara menyapa dan bertutur kata santun

  • kegiatan melakukan permainan tradisional (Misal : Gobak Sodor, ular klabang, dll)

  • Melakukan gerak dasar non lokomotor dalam bentuk permainan sederhana dan tradisional

  • Bermain peran penjual-pembeli

  • Mengurutkan gambar seri sesuai urutan yang benar.

  • Memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

  • menghias benda yang memadukan garis , warna dan bentuk

  • Menghitung jumlah Hasil karya siswa dan menuliskan lambang bilangan yang tepat

  • membuat pola berulang dan mendeskripsikannya

  • melempar dan mengkap benda ( misal tutup botol, pola dll )

  • Memperagakan gerak dasar menyepak bola

  • Mengumpulkan data mainan yang disukai teman

  • Menghitung jumlah mainan

  • Menebak hasil pengurangan.

  • Memperagakan berbagai gerak keseimbangan



Portofolio

  • Gambar yang dihasilkan sebagai perwujudan kegiatan sesuai tema

  • data makanan bergizi dari berbagai sumber

  • Hasil Mewarnai berbagai Hasil karya

  • Hasil tulisan yang dibuat sebagai laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan

  • Laporan Hasil kegiatan pengamatan di lingkungan sesuai dengan tema

  • Hasil tulisan tentang ucapan terima kasih, minta

  • Kliping tentang karya seni khas daerah Indonesia

  • Laporan hasil Eksperimen tentang perubahan benda padat

  • Gambar ekspresi dari hasil pengamatan lingkungan sekitar

  • Hasil membuat kerajinan dari bahan lunak alam



Tes Lisan

  • Menjawab pertanyaan dari berbagai kegiatan yang dilakukan sesuai tema

  • menyampaikan ucapan terima kasih, minta tolong secara lisan

  • hasil kegiatan menghitung sesuai tema

  • hasil kegiatan membedakan benda padat dengan benda cair berdasar-kan ciri-cirinya

  • Laporan hasil eksperimen perubahan benda padat

  • hasil melakukan kegiatan pengukuran sederhana dengan alat ukur tak baku








4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)

  • Buku Tematik Kelas IV

  • Media gambar

  • Foto-foto

  • lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya ( bahan alam, hasil kerajinan dari bahan lunak dll)

  • Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi

  • Papan berpaku

  • VCD/DVD/foto

2.3 Menunjukkan peri-laku kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah


3.3 Mengenal kebera-gaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

3.4 Mengenal arti ber-satu dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah

  • Keberagaman Karakteristik individu

  • Arti bersatu dalam keberagaman

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah

4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

  • Kebersamaan dalam keberagaman

  • Keberagaman karakteristik individu

Bahasa Indonesia




1.1 Menerima anu-gerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah kebera-gaman bahasa daerah



2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap kebera-daan tubuh melalui peman-faatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah

2.4 Memiliki kedisi-plinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah


3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.3 Mengenal teks terima kasih ten-tang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman



4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Teks deskriptif

  • Tentang anggota tubuh dan panca indra




4.2 Mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Teks arahan /petunjuk tentang merawat tubuh



4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Teks terima kasih

Matematika

2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertari-kan pada matema-tika yang terben-tuk melalui penga-laman belajar


3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan meng-gunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

  • Lambang bilangan

  • Bilangan asli

3.7 Menentukan pola dari barisan bangun datar sederhana meng-gunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar

3.8 Mengenal panjang, luas, waktu, suhu

  • Bangun datar

  • Pengukuran sederhana



4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil pen-jumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemung-kinan jawaban

4.2 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang

4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang

4.5 Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya

  • Bilangan asli

  • Pecahan sederhana

  • Pola berulang

  • Bangun datar


Seni Budaya dan Prakarya

1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan


2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengeks-presikan diri dalam meng-olah karya seni

2.2. Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

2.3. Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni




3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya

3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

  • Apresiasi dan kreasi gambar ekspresi

  • Apresiasi dan kreasi seni musik dan lagu

  • Apresiasi dan kreasi prakarya

  • Apresiasi warisan budaya

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.6 Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

4.15 Membentuk karya kerajinan fungsi hias dari bahan lunak alam

4.17 Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

  • Apresiasi dan ekspresi olahan garis bentuk dan warna

  • Kreasi karya seni lagu dan ritme

  • Menyanyi lagu anak

  • Kreasi karya kreatif dari bahan lunak

  • Apresiasi warisan budaya

Pendidikan Jamani dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai




2.3 Menghargai perbe-daan karak-teristik individual dalam melakukan per-bagai aktivitas fisik

2,5 Toleransi dan mau berbagai dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan




3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

3.2 Mengetahui kon-sep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

3.3 Mengetahui kon-sep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

3.4 Mengetahui kon-sep gerak secara seimbang dan cepat dalam arang-ka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional

  • Konsep gerak dasar lokomotor

  • Konsep gerak dasar non-lokomotor

  • Konsep gerak dasar manipulatif

  • Konsep gerak dasar seim-bang dan cepat


4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sender-hana dan atau permainan tradi-sional

4.4 Mempraktikkan aktivitas pengem-bangan kebugaran jasmani untuk melatih keseim-bangan dan kece-patan tubuh melalui permainan se-derhana dan atau tradisional

4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/ samping, bergan-tung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, menga-yun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam

  • Gerak dasar lokomotor

  • Gerak dasar non-lokomotor

  • Gerak dasar manipulatif

  • Aktivitas fisik melalui kese-imbangan dan kecepat-an

  • Gerak dominan statis




Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMUR

Kelas : I (Satu) / 2

Tema 6 : Lingkungan Bersih dan Sehat

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


Mengamati

  • Mengamati gambar (Misal: Rumah dan lingkungan yang bersih dan sehat , bagian-bagian tubuh dll)

  • Menyimak penjelasan tentang pengertian dan contoh bersih, asri dan sehat

  • Mengamati gerak tari melalui video atau peragaan guru

  • Mengamati alat-alat kebersihan

  • Membaca teks bacaan tentang lingkungan sehat

  • Mengamati bahan alam yang terdapat di lingkungan sekitar dan contoh kerajinan dari bahan alam tersebut. Terutama yang dapat dipergunakan untuk membuat alat kebersihan (kesed dari serabut kulit kelapa, rotan untuk tempat sampah dll)

  • Mengamati gambar keberagaman sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan di rumah dan di sekolah

  • Membaca teks cerita/ bacaan tentang manfaat lingkungan bersih



Menanya

  • Menjawab pertanyaan teks bacaan

  • Menyimak penjelasan guru cara dapat digunakan untuk membuat kerajinan dan alat kebersihan melalui kegiatan wawancara

  • Mempertanyakan tetang perbedaan hidup rukun dengan tidak rukun dalam menjaga kebersihan lingkungan

  • Memprediksi pola bilangan sederhana menggunakan gambar /benda kongkrit, menentukan bangun yang membentuk pola pengubinan dan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari

  • Mempercakapkan manfaat mematuhi peraturan yang berkaitan denga upaya merawat kebersihan dan kesehatan

  • Tanya jawab isi gambar ( Misal ciri-ciri Rumah sehat , Cara merawat rumah dan lingkungan agar tetap bersih dan sehat, manfaat merawat bagian-bagian tubuh

  • Tanya jawab unsur gerak dalam tarian



Eksplorasi

  • Mendiskusikan sikap yang terpuji dan tercela dalam menjaga kebersihan lingkungan

  • Memprediksi pola bilangan sederhana menggunakan gambar / benda kongkrit, menentukan bangun yang membentuk pola pengubinan dan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari

  • Mengumpulkan data hasil perhitungan pada grafik kongkrit dan piktograf ( misal menghitung jumlah anak yang hari ini membantu orang tua membersihkan rumah )

  • Mengumpulkan data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam gambar kongkrit tanpa menggunakan label pada sumbu horisontal

  • Menyusun teks cerita diri/personal tulis sederhana (3--4 kalimat) tentang keluarga

  • Mengumpulkan data bahan alam yang dapat dipergunakan untuk membuat kerajinan dan ata alat kebersihan lingkungan

  • Mendiskusikan judul,dialog dan tokoh untuk bermain peran dalam rangka menjaga lingkungan agar bersih, asri dan sehat.

  • Bermain peran Merencanakan Kerja Bakti Di Sekolah

  • Melakukan kegiatan membersihkan bagian-bagian tubuh ( misal gigi, dll )

  • Melakukan berbagai gerak sesuai irama musik ritmis yang didengarnya

  • Menghitung jumlah langkah teman saat meniti balok titian.

  • Berlatih berjalan dengan atau tanpa beban pada balok titian

  • Memperagakan gerak dasar mengayun, menekuk, meluruskan tungkai, memutar, meliuk, berputar sambil diam di tempat, berjalan dll )

  • Mengumpulkan data ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat.

  • Berkreasi dengan bahan lunak ( misal : membuat pesawat dari plastisin, pledoh atau tanah liat ).

  • Bermain tepuk birama sambil menyanyi lagu anak

  • Mengumpulkan data lagu daerah yang dikenal anak dan menyanyi- kannya

  • Memainkan berbagai alat musik ritmis secara harmonis

  • Membuat karya seni teknik cetak menggunakan bahan alam

  • Berlatih melakukan gerak tari



Mengasosiasikan

  • Menyimpulkan hasil penjumlahan dan pengurangan dua bilangan sampai 99 dengan prosedur yang benar sesuai nilai tempatnya

  • Mengidentifikasi benda yang dipergunakan untuk menjaga kebersihan dan atau kesehatan lingkungan

  • Menyusun kalimat peringatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan badan maupun lingkungan.

  • Menebalkan tulisan yang berkaitan dengan pengamalan Pancasila.

  • Menyimpulkan hasil pengubinan

  • Menyimpulkan sifat bahan alam yang dapat dipergunakan untuk membuat kerajinan dan atau alat kebersihan



Mengkomunikasikan

  • Membuat laporan hasil pengamatan

  • Menyampaikan hasil diskusi kelompok

  • Menyanyikan lagu anak mengikuti irama ritmis (Misal : Tentang Rumah & lingkungan sehat, bangun tidur, selamat ulang tahun , Cicak-cicak di dinding , Oh Ibu dan Ayah, dll )

  • Menceritakan secara lisan dan tertulis cerita diri/personal tulis sederhana (3--4 kalimat) tentang kegiatan menjaga kebersihan dalam keluarga berdasarkan gambar atau media lain

  • Mengkomunikasikan hasil wawancara melalui laporan sederhana

  • Menulis kalimat peringatan menjaga kebersihan lingkungan disertai gambar yang mendukung

  • Menulis hasil perhitungan pola bilangan sederhana menggunakan gambar/benda kongkrit

  • Mengkomunikasikan hasil penemuan bangun yang membentuk pola pengubinan

  • Menyampaikan hasil penjumlahan dan pengurangan dua bilangan sampai 99 secara tertulis dengan berbagai kemungkinan jawaban

  • Menyajikan hasil pengelolaan data pokok dalam grafik kongkrit dan piktograf berdasarkan hasil pengamatan/ penghitungan tanpa menggunakan label pada sumbu horisontal

  • Mengomentari secara tertulis pajangan Hasil karya teman berupa teknik cetak menggunakan bahan alam

  • Menceritakan aturan melakukan kegiatan bersama teman

  • Mengkomunikasikan gerak alam melalui gerak dan lagu atau bergerak mengikuti irama musik

  • Menyanyi lagu berpola birama dua dan berbirama tiga dengan alat musik ritmis

Observasi

  • Sikap ketika mengikuti kegiatan (diskusi mengerjakan tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur)



Unjuk kerja

  • Mengikuti gerak dan lagu

  • Bergerak mengikuti iramam usik

  • Menyanyi lagu anak daerah dengan nada dan irama yang tepat



Hasil karya

  • Mencap dengan pelepah pisang



Tes Lisan dan tertulis

  • Membedakan lingkungan bersih dan tidak bersih

  • Menceritakan sikap yang dilakukan dalam menjaga kebersihan lingkungan

  • Menghitung hasil penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dengan susun pendek dan susun panjang

  • Memperkirakan hasil pengukuran dengan istilah sehari-hari secara lisan dan tertulis

  • Menjawab isi teks bacaan secara lisan dan tertulsi


4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)

  • Buku Tematik Kelas IV

  • Media gambar

  • lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya ( benda-benda di kebun/taman/alam, hasil kerajinan dari bahan alam dll)

  • Grafik

  • Piktograf

  • Alat musik ritmis

  • Perlengkapan untuk eksperimen /eksplorasi

  • Tape cassete recorder

  • Slide/VCD/DVD

2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah


3.3. Mengenal kebera-gaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

  • Keberagaman karakterisitik inidvidu

  • Arti bersatu dalam keberagaman


4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah

4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik indi-vidu di rumah dan sekolah

  • Kebersamaan dalam keberagaman

  • Keberagamankarakteristik individu

Bahasa Indonesia

1.2 Menerima kebera-daan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan Manu-sia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar

2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap kebera-daan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah




2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah


3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

Teks cerita diri / personal tentang keberadaan keluarga

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Bentuk dan ciri teks faktual

Matematika

2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar


3.3. Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/ benda konkrit

3.6 Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana

3.11 Membandingkan dengan memper-kirakan panjang suatu benda meng-gunakan istilah sehari (lebih panjang, lebih pendek)

  • Bilangan sederhana

  • Pengubinan

  • Pengukuran sederhana





4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemung-kinan jawaban

4.6 Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu

4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok katagorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal

4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf

  • Bilangan asli

  • Pengubinan

  • Data pokok kategorikal

  • Data pokok kategorikal







Seni Budaya dan Prakarya

1.1 Merasakan kein-dahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan


2.2. Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni



3.1 Mengenal cara dan Hasil karya seni eksspresi

3,2 Mengenal pola irama lagu ber-variasi mengguna-kan alat musik ritmis

3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari

3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

  • Apresiasi dan kreasi seni musik ritmis dan lagu

  • Apresiasi dan kreasi karya seni tari

  • Apresiasi warisan budaya




4.2 Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan ber-bagai teknik cetak sederhana meng-gunakan bahan alam

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak

4.8 Memainkan pola irama lagu ber-tanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis

4.10 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi.

  • Kreasi karya seni rupa teknik cetak dari bahan alam

  • Menyanyi lagu anak dengan birama

  • Memahami isi lagu

  • Apresiasi dan kreasi karya seni alat musik ritmis

  • Apresaisi dan kreasi gerak berirama

Pendidikan Jasmani,Olah Raga dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan


2.1 Berperilaku positif dalam bermain

2.2 Bertanggungjawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran


3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

  • Konsep gerak dasar non lokomotor

  • Konsep gerak dasar manipulatif

4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik

  • Gerak dasar non lokomotor

  • Gerak dasar manipulatif

  • Gerak dasar lokomotor dan non lokomotor

Mengetahui Kepala Sekolah,



SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMURI

Kelas : I (Satu) / 2

Tema 7 : Benda, Binatang Dan Tanaman Di Sekitarku

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.1 Menerima kebersamaan dalam kebera-gaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


Mengamati

  • Mengamati cerita berdasarkan gambar seri tentang binatang.

  • Membaca teks tentang aturan bila memiliki binatang peliharaan (merawat, memberi makan, dll)

  • Menyimak penjelasan pendidik tentang fungsi dan manfaat uang dalam perekonomian

  • Mengamati gambar burung garuda

  • Membaca teks bacaan pendek tentang binatang piaraan, tanaman maupun manfaat benda

  • Membaca nyaring teks bacaan

  • Mengamati papan peringatan di taman

  • Mengamati benda padat, cair dan gas



Menanya

  • Mempercakapkan isi gambar seri

  • Tanya jawab makna sila dalam Pancasila

  • Mempercakapkan manfaat uang dalam perekonomian

  • Tanya jawab isi teks tentang aturan memelihara binatang peliharaan, manfaat dan bahaya yang timbul

  • Menanyakan manfaat papan peringatan

  • Tanya jawab tentang sifat benda padat, cair dan gas



Eksplorasi

  • Mengumpulkan data tentang binatang, tanaman yang mudah dipelihara, cara memelihara, manfaat dan bahaya yang ditimbulkannya

  • Eksplorasi menemukan perilaku yang mencerminkan sila dalam Pancasila pada suatu cerita

  • Berlatih menyanyi lagu anak ( Misal : Kucingku belang tiga )

  • Menghitung harga pembelian barang dengan uang dalam nilai pecahan

  • Menyanyi lagu “ Kucingku belang Tiga”, Burung Garuda” , “ Layang-layang. Awan, “ Balonku”

  • Memperagakan gerak benda binatang berjalan, maju mundur , dan geser dengan berbagai leveldan gerak tanaman ( Misal : bebek berjalan pelan dan cepat, bunga mekar dan mnguncup dll )

  • Percobaan melipat menggunting menempel membuat puzel garuda Pancasila

  • Mengumpulkan data pengamalan sila dalam Pancasila berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab di rumah dan di sekolah

  • Memperagakan gerak dasar berjalan dan berlari

  • Mengumpulkan nama benda yang menyerupai bangun datar

  • Menggambar burung garuda dengan berbagai media.

  • Melengkapi kalimat yang belum selesai

  • Praktek langsung menyusun kalimat sederhana

  • Mencari informasi kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga.

  • Membuat mainan dari bahan lunak (plastisin, tanah liat,)

  • Mencoba membuat kalimat peringatan disertai gambar untuk menjaga ketertiban dan kelestarian binatang maupun tanaman

  • Praktek langsung menendang bola

  • Mengumpulkan data tengan jenis dan sifat benda padat, cair dan gas

  • Percobaan merubahan benda cair menjadi benda padat



Mengasosiasi

  • Menyimpulkan sikap tertib dan tidak tertib dalam mematuhi aturan memelihara binatang dan tanaman

  • Mengurutkan gambar seri sesuai urutan cerita

  • Menganalis isi teks bacaan

  • Menggali informasi tentang benda atau gambar benda berdasarkan berat, panjang dan wujud benda ; benda padat, cair dan gas beserta perubahannya.

  • Mempercakapkan sifat benda padat, cair dan gas beserta perubahan bentuk yang dapat terjadi pada benda tersebut.

  • Eksperimen perubahan wujud dari padat menjadi cair, cair menjadi gas, gas menjadi cair dan atau padat

  • Membuat laporan hasil eksperimen

  • Mengkomunikasikan hasil eksperimen

  • Mengamati teks bacaan sederhana cerita tentang binatang

  • Melengkapi kalimat yang disiapkan pendidik

  • Mengurutkan cerita dengan menuliskan angka sesuai urutan cerita.

  • Menandai uang pecahan yang terdapat dalam cerita.

  • .Menyimpulkan sifat benda cair



Mengkomunikasikan

  • Mengkomunikasikan kembali teks bacaan / cerita yang dibacanya dengan bahasanya sendiri

  • Menceritakan gambar dengan bahasanya sendiri menggunakan kohesi ‘dan’, ‘lalu’, dan ‘dengan’.

  • Mengkomunikasikan sikap tertib dan tidak tertib secara lisan,tulisan dan melalui gambar

  • Mengkomunikasikan gambar dengan bahasanya sendiri menggunakan ”dan”, “ lalu” dan “ dengan”

  • Mengkomunikasikan hasil percobaan melalui laporan sederhana secara lisan dan tulisan







Unjuk kerja

  • Menyampaikan cerita berdasarkan gambar seri sesuai tema

  • Membaca teks sesuai tema

  • Mempercakapkan isi gambar seri sesuai tema

  • Mempercakapkan manfaat uang dalam perekonomian

  • Tanya jawab isi teks sesuai tema

  • Tanya jawab tentang sifat benda padat, cair dan gas

  • menyanyi lagu anak (Misal: Kucingku belang tiga)

  • Menghitung harga pembelian

  • Memperagakan gerak benda binatang berjalan, maju mundur , dan geser dengan berbagai level dan gerak tanaman

  • Percobaan melipat menggunting menempel membuat puzel sesuai tema

  • Memperagakan gerak dasar berjalan dan berlari

  • Mengumpulkan nama benda yang menyerupai bangun datar

  • Menggambar burung garuda dengan berbagai media.

  • Melengkapi kalimat yang belum selesai

  • Praktek langsung menyusun kalimat sederhana

  • Mencari informasi kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga.



Hasil karya

  • data tentang binatang, tanaman yang mudah dipelihara, cara memelihara, manfaat dan bahaya yang ditimbulkannya



Tes Lisan

  • Menjawab tentang fungsi dan man-faat uang dalam perekonomian



Tes tertulis


4 minggu (M) x 26 jam pelajaran (JP)

  • Buku Tematik Kelas IV

  • Media gambar

  • lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya (padat, cair dan gas)

  • Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi

  • Tape cassete recorder

  • Slide/VCD/DVD

  • Teks lagu

  • Uang kertas dan koin

  • Garuda Pancasila


2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinter-aksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwuju-dan nilai dan moral Pancasila

2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

2.3 Menunjukkan perilaku keber-samaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah



3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

3.3 Mengenal kebera-gaman karate-ristik individu di rumah dan di sekolah

Lambang negara





Tata tertib keluarga









Keberagaman karakteristik individu


4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengena-lannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam kebera-gaman di rumah dan sekolah

4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

Kandungan moral Pancasila dalam lambang negara





Tata tertib





Kebersamaan dalam keberagaman







Keberagaman karakteristik individu



Bahasa Indonesia

1.2. Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan benda-benda di alam sekitar dan manusia yang beragam




2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

2.5. Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah



3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman


  • Bentuk dan ciri teks faktual

  • Teks tanggapan

Portofolio





4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Teks deskriptif

























Teks tanggapan dan norma yang melatarbelakangi lahirnya jenis teks

Portofolio

  • Data tentang binatang, tanaman yang mudah dipelihara, cara memelihara, manfaat dan bahaya yang ditimbulkan-nya

  • menyanyi lagu anak ( Misal : Kucingku belang tiga )

  • Menghitung harga pembelian barang dengan uang dalam nilai pecahan

  • Menyanyi lagu “ Kucingku belang Tiga”, Burung Garuda” , “ Layang-layang. Awan, “ Balonku”

  • Memperagakan gerak benda binatang berjalan, maju mundur , dan geser dengan berbagai leveldan gerak tanaman ( Misal : bebek berjalan pelan dan cepat, bunga mekar dan mnguncup dll )

  • Percobaan melipat menggunting menempel membuat puzel garuda Pancasila

  • Mengumpulkan data pengamalan sila dalam Pancasila berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab di rumah dan di sekolah

  • Memperagakan gerak dasar berjalan dan berlari

  • Mengumpulkan nama benda yang menyerupai bangun datar

  • Menggambar burung garuda dengan berbagai media.

  • Melengkapi kalimat yang belum selesai

  • Praktek langsung menyusun kalimat sederhana

  • Mencari informasi kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga.



Matematika

2.2. Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar






3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang meong-gunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

Bangun ruang





4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

Penjumlahan dan pengurangan

Seni Budaya dan Prakar

1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan






2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni



3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagian-bagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya

3.5 Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

Apresiasi dan kreasi seni gerak tari







Apresiasi dan kreasi prakarya

Apresiasi warisan budaya


4.3. Menggambar dengan memanfaatkan beragam media kering

4.4 Membentuk karya seni ekspresi dari bahan lunak

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar

4.11 Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar dengan menggunakan level tinggi, sedang, dan rendah

4.14 Membuat karya kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana

4.16 Membuat karya rekayasa yang digerakkan dengan air

4.17 Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

  • Kreasi gambar dengan media kering

  • Karya seni rupa dari bahan lunak

  • Memahami isi lagu

  • Aktivitas fisik menirukan Gerak alam

  • Aktivitas fisik menirukan gerak alam dengan level yang berbeda

  • Kreasi bahan alam melalui melipat, menggunting dan menempel

  • Kreasi olahan sederhana

  • Apresiasi warisan budaya




Pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan






2.3 Menghargai per-bedaan arak-teristik individual daalam melaku-kan berbagai aktivitas fisik







3.2 Mengetahui ion-sep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digu-nakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradi-sional

3.3 Mengetahui kon-sep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan seder-hana dan atau permainan tradisional

  • Konsep gerak dasar non lokomotor

  • Konsep gerak dasar manipulatif







4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik

  • Gerak dasar manipulatif



















  • Kombinasi gerak lokomotor dan non lokomotor











Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................







SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan : SD 001 SEBATIK TIMUR

Kelas : I (Satu) / 2

Tema 8 : Peristiwa Alam

Kompetensi Inti

KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mata Pelajaran

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

PPKn

1.2 Menerima kebersa-maan dalam kebe-ragaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah


  • Mengamati gambar lingkungan sekitar

  • Mempercakapkan lingkungan sekitar

  • Menyanyi sambil menari lagu “ Naik Gunung”

  • Mencari informasi tanda –tanda berisi peringatan bahaya yang dapat terjadi di lingkungan tersebut

  • Mendiskusikan tempat-tempat tidak membahayakan dan tempat berbahaya beserta kalimat yang tepat unttuk peringatan bahaya dan tempat tersebut.

  • Mengamati gambar benda yang terbentuk dari berbagai bangun datar.

  • Membahas bentuk bangun datar yang terdapat pada gambar tersebut

  • Meniru pola urutan bangun datar

  • Mengisi bangun datar yang hilang pada deretan pola bangun datar

  • Mengamati gambar warga bergotong royong menanam padi di tanah teraserring

  • Menanyakan manfaat hi-dup rukun pada kegiatan gotong royong tersebut

  • Mengumpulkan data ke-giatan yang mencermin-kan sikap hidup rukun.

  • Menggambar pola bangun datar

  • Gerak dan lagu “ Hujan”

  • Menirukan gerakan bermain menemukan benda yang hilang di dalam air.

  • Mengamati gambar pemandangan alam di tepi pantai

  • Menanggapi isi gambar tersebut

  • Menceritakan isi gambar tunggal dengan kalimat sederhana

  • Menceritakan gambar seri “ Bermain di pantai”.

  • Mencatat sikap rukun dan tidak rukun pada cerita “ Bermain di pantai”

  • Mengkomunikasikan sikap rukun dan tidak rukun yang terdapat pada gambar seri “ Bermain di Pantai “

  • Mendata sikap rukun dan tidak rukun.

  • Mengamati gambar tunggal

  • Mengasosiasi suasana yang terbangun pada gambar tunggal tersebut

  • Mengkomunikasikan suasana yang terbangun pada gambar tunggal tersebut

  • Mengumpulkan data benda yang terdapat di pantai.

  • Gerak dan lagu “Nenek Moyangku“

  • Praktek langsung menanam pohon di rumah dan di sekolah.

  • Membuat laporan ilmiah tentang kegiatan menanam yang telah dilakukan.

  • Mengamati gejala alam (siang-malam).

  • Mempercakapkan gejala alam

  • Menyimak penjelasan guru tentang gejala alam

  • Menggambar keadaan di waktu siang dan malam

  • Mengkomunikasikan proses terjadinya siang dan malam berdasarkan percobaan yang telah dilakukan.

  • Mencari informasi bangun datar yang terdapat pada gambar yang diamatinya.

  • Mengkomunikasikan bangun datar yang terdapat pada gambar.

  • Mengamati gambar hujan dan perubahan cuaca .

  • Mempercakapkan tentang hujan dan perubahan cuaca

  • Menyimpulkan tentang hujan dan perubahan cuaca

  • Menggambari keadaan di suatu tempat tatkala hujan.

  • Gerak dan lagu “ Kelinciku” dengan gerakan tertentu sesuai bangun datar yang disebutkan pendidik.

  • Mengumpulkan data binatang yang nampak pada cuca tertentu.

  • Mengamati gambar keadaan di musim kemarau - hujan.

  • Mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri musim hujan dan musim kemarau

  • Mengumpulkan data kegiatan yang dapat dilakukan pada setiap cuaca dan musim musim

  • Mengkomunikasikan keadaan lingkungan pada setiap cuaca dan musim.

  • Menandai perilaku rukun dan tidak rukun

  • Menyimpulkan kegiatan yang baik dan tidak baik untuk setiap musim

  • Mengamati contoh mading

  • Mempercakapakan isi mading

  • Mendiskusikan rencana membuat mading dengan tema “ Keadaan Cuaca di Indonesia”

  • Melakukan gerakan manipulatif menirukan berbagai bentuk tanaman yang disebabkan perubahan cuaca

  • Mengkomunikasikan perilaku terpuji dan tidak terpuji saat melakukan kegiatan bersama teman.

  • Mencari informasi tentang energi dan sumber energi

  • Menyimak penjelasan tentang energi dan sumber energi



Eskperimen

  • Memanfaatkan energi yang mengakibatkan perubahan keadaan benda ( Misal benda kering menjadi basah atau sebaliknya., baling-baling kertas dapat berputar jika tertiup angin dll )

  • Memperagakan sikap dan bicara santun ketika menerima kebaikan.

  • Mengkomunikasikan perubahan cuaca dalam 1 minggu melalui tabel

  • Melakukan gerakan senam dengan iringan musik

  • Mengamati gambar bencana alam

  • Mempercakapkan gambar bencana alam

  • Melakukan gerakan se-nam fantasi berdasarkan gambaran peristiwa alam. (misal seperti air sungai meluap dll

  • Bermain penjumlahan berdasarkan cerita dan atau gambar

  • Mengurutkan lambang bilangan dari yang terkecil maupun dari yang terbesar.

  • Mengamati gambar banjir dan tanah longsor

  • Tanya jawab tentang banjir dan tanah longsor

  • Mencari informasi sebab, akibat banjir dan tanah longsor serta bantuan yang dapat diberikan.

  • Bermain peran menghadapi hujan yang akan turun.

  • Menyimpulkan bantuan yang dapat diberikan untuk korban banjir dan tanah longsor

  • Mengkomunikasikan jumlah dana yang diperlukan untuk membantu korban bencana alam yang diwujudkan melalui uang pecahan.

  • Membaca nyaring teks bacaan tentang banjir

  • Menjawab pertanyaan isi bacaan

  • Menjelaskan gambar tunggal dengan kalimat sederhana.

  • Mengamati bilangan dua angka sesuai jumlah benda

  • Membandingkan bilangan lebih banyak dan lebih sedikit pada sejumlah benda

  • Mengkomunikasikan bilangan lebih banyak atau lebih sedikit

  • Menari mengikuti iringan musik perkusi.

  • Percobaan tanah longsor

  • Mengkomunikasikan hasil percobaan tanah longsor berupa laporan ilmiah sederhana.



  • Menghubungkan benda yang diperlukan dalam menghadapi peritiwa alam yang terjadi

  • Menceritakan proses terjadinya hujan dan pelangi

  • Menceritakan perilaku yang tepat ketika terjadi peristiw alam yang menyengsarakan teman, tetangga atau warga negara lain dikaitkan dengan sila dalam Pancasila

  • Menandai sikap /perilaku yang tepat dalam menghadapi peritiwa alam .

  • Menghubungkan gambar tentang perilaku yang sesuai dengan sila dalam Pancasila

  • Membicarakan sila dalam Pancasila

  • Melihat pelangi dan atau gunung meletus pada VCD/DVD/Slide/gambar

  • Bertanyajawab tentang pelangi dan atau gunung meletus

  • Eksperimen membuat pelangi dan atau gunung meletus

  • Membuat laporan hasil eksperimen

  • Mengkomunikasikan hasil eksperimen

  • Mengamati teks bacaan sederhana cerita tentang kehidupan sehari –hari berkaitan dengan peristiwa alam

  • Membaca nyaring teks bacaan

  • Menemukan kata yang sulit

  • Menyimak penjelasan cara menemukan jawaban mencari kata yang sulit pada kamu

  • Mencoba mencari kata yang sulit dalam kamus.

  • Mencatat hasil temuannya

  • Membicarakan bersama-sama hasil penemuan peserta didik dalam mencari kata yang sulit dalam kamus

  • Mendeskripsikan peristiwa alam berdasarkan sifat benda, ciri-ciri, akibat, manfaat, dan atau kerugiannya.

  • Menyanyi lagu pola birama tiga dengan iringan alat musik ritmis

  • Mengamati contoh karya seni yang menggunakan bahan alam.

  • Menggambar peritiwa alam Misal dengan crayon, cat air, sepuhan, bahan alam kunyit, daun pandan, bunga rosela dll

  • Memainkan alat musik perkusi mengalunkan lagu bervariasi ( Misal : Pelangi,Tik-Tik Bunyi Hujan dll )

Observasi

  • Kemampuan mencari informasi tanda-tanda berisi peringatan bahaya yang dapat terjadi di lingkungan

  • Kemampuan mempercakapkan lingkungan sekitar



Unjuk kerja

  • Menyanyi sambil menari lagu “ Naik Gunung”

  • Menceritakan gambar

  • Menggambar benda sesuai tema

  • Meniru pola urutan bangun datar



Hasil karya

  • Praktek langsung menanam pohon di rumah dan di sekolah.

  • Membuat laporan ilmiah tentang kegiatan menanam yang telah dilakukan.



Tes Lisan

  • Melakukan kegiatan berdasarkan perintah

  • Menjawab berbagai pertanyaan sesuai tema



Tes tertulis

  • Mendata sikap rukun dan tidak rukun.

  • Mengumpulkan data benda yang terdapat di pantai.

  • Membuat laporan ilmiah tentang kegiatan menanam yang telah dilakukan.

  • Mengumpulkan data binatang yang nampak pada cuca tertentu.

35 menit x 30 JP X 4 minggu

  • Buku Tematik Kelas IV

  • Media gambar

  • lingkungan sekitar

  • Benda-benda sebenarnya

  • Bentuk bangun datar

  • tabel

  • Alat musik ritmis

  • Perlengkapan untuk eksperimen / eksplorasi

  • Tape cassete recorde

  • Slide/VCD/DVD


2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah






3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

  • Lambang negara

  • Tata tertib

  • Bersatu dalam kebera-gaman







4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

  • Kandungan moral Pancasila dalam lambang negara

  • Tata tertib

  • Keber-samaan dalam kebera-gaman




Bahasa Indonesia

1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah






2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.

2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah








3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3,3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

  • Bentuk dan ciri teks faktual

  • Teks tanggapan





4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

  • Bentuk dan ciri teks faktual




Matematika

2.2. Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar






3.3. Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit

3.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan

  • Bilangan sederhana

  • Pengukuran sederhana





4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada

  • Bilangan asli

  • Mencipta bentuk dari bangun datar




Seni Budaya dan Prakarya


3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.

  • Apresiasi dan kreasi lagu dengan alat musik ritmis





  • Apresiasi dan kreasi prakarya






4.2 Membuat karya seni rupa dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam.

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak

4.13 Membuat karya kerajinan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menempel.

  • Teknik cetak dengan bahan alam

  • Gerak dan lagu

  • Kreasi bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel




Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan






2.1 Berperilaku positif dalam bermain








3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional


  • Konsep gerak dasar lokomotor

  • Gerak dasar nun-lokomotor






4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

4.6 Mempraktikkan penggunaan pola gerak dasar lokomotor dan non- lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik


  • Aktivitas fisik melalui kese-imbangan dan kecepatan

  • Variasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor




Mengetahui Kepala Sekolah,





SUWITO,S.Pd

NIP.19630614 198804 1 002


......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 1







NURKAMALIA

NIP ..................................

Dokumen yang terkait

Dokumen baru

Silabus Integrasi Kelas 1 Kurikulum 2013