Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Harga Jual Berdasarkan Metode Full Costing Pada UD. Surya Mandiri Nusantara

  RANCANG BANGUN APLIKASI PENENTUAN HARGA JUAL BERDASARKAN METODE FULL COSTING PADA UD. SURYA MANDIRI NUSANTARA Dwi Kusuma Wardana

1)

  Arifin Puji Widodo 2) Anjik Sukmaaji 3) S1/Jurusan Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

  Jl. Raya Kedung Baruk 98 Surabaya, 60298

Email : 1)

Abstract:

  UD. Surya Mandiri Nusantara is currently producing and selling non cholesterol duck. In

the process of production and sales is no process of determining the cost of production and selling

price determination, but have difficulty in determining the price. That is because companies only

count the cost of raw materials, but also in the actual process of determining the selling price, in a

company that has not taken into account such costs, labor costs, and overhead costs, and the

calculation of ROI (return on investment). To determine the selling price on the above problems, the

author makes the Design Build Applications Selling Price Method Based Full Costing. The contents of

this application consists of a calculation of the cost of production, the expected profit, markup and

selling price. Based on the implementation and results of the evaluation is done, the application

created to determine the components of raw material costs, labor costs, overhead costs. Furthermore,

the application can generate the cost of production, the expected profit, and price with a full costing

method.

  Keywords: Applications, full costing, Cost of production, sale price Penentuan harga jual merupakan unsur penting dalam pengambilan suatu keputusan untuk pertumbuhan perusahaan. Menurut Krismiaji (2002), kesalahan penentuan harga akan berakibat fatal, jika harga ditentukan terlalu mahal, pelanggan akan enggan membeli produk, jika harga terlalu murah akan mengakibatkan kerugian. Menurut Mulyadi (2002), satu-satunya faktor yang memiliki kepastian relatif tinggi yang berpengaruh dalam penentuan harga jual adalah biaya. Menurut Ursy (2009), untuk mengelola perusahaan, diperlukan sistem informasi akuntansi biaya yang sistematik dan komparatif serta data analisis biaya dan laba yang menjadi pedoman manajemen untuk pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil dapat berupa penentuan harga jual. Perusahaan memerlukan informasi biaya produk dalam penentuan harga jual, meskipun biaya bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga jual.

  UD. Surya Mandiri Nusantara merupakan perusahaan di Indonesia yang menjalankan proses bisnisnya dalam pengembangan bebek non kolesterol, kaya protein, dan herbal. Perusahaan ini terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Provinsi

  Jawa Timur. Dalam menjalankan proses bisnisnya, saat ini UD. Surya Mandiri Nusantara melakukan proses menentukan harga jual. Tujuan dari penentuan harga jual tersebut adalah dapat memperkirakan laba yang didapatkan oleh perusahaan.

  Selama perusahaan menjalankan usahanya, penentuan harga jual perusahaan hanya fokus pada biaya-biaya bahan baku seperti bibit bebek, pakan BR 1, formula, dedak halus, sayur dan buah. Biaya-biaya bahan baku tersebut diakumulasi hingga menjadi harga pokok produksi. Setelah mendapatkan harga pokok produksi perusahaan menambahkan markup yang sudah ditentukan untuk menentukan harga jual. Sedangkan biaya-biaya operasional yang lain seperti biaya tenaga kerja, biaya overhead, biaya administrasi dan pemasaran tidak dicatat dalam proses perhitungan harga jual tersebut.

  Dari hasil perhitungan harga jual yang digunakan oleh perusahaan, perusahaan memperkirakan bahwa harga jual tersebut dapat memenuhi biaya operasional. Akan tetapi, tidak tercatatnya biaya-biaya seperti biaya tenaga kerja, biaya overhead, biaya administrasi dan pemasaran menyebabkan harga jual cenderung rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu dalam proses menghitung harga jual, sehingga harga jual tidak dapat memenuhi biaya operasional.

  Berdasarkan permasalahan diatas maka UD. Surya Mandiri Nusantara membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menentukan harga jual secara tepat dengan menggunakan metode biaya total. Metode full costing merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi baik yang bersifat tetap (fixed) maupun tidak tetap (variable), yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik dan biaya non produksi (mulyadi,2009).

  Sistem tersebut dibangun menggunakan aplikasi berbasis web. Dengan adanya aplikasi tersebut UD. Surya Mandiri Nusantara dapat menentukan harga jual berdasarkan metode biaya total, sehingga dapat mengetahui dengan tepat dan dapat memperkirakan laba yang di tentukan oleh UD. Surya Mandiri Nusantara.

  METODE Analisa Permasalahan Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi penentuan harga jual berdasarkan metode full costing menggunakan konsep System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode Prototype Modeling. Metode ini berfungsi untuk menggambarkan tahapan di dalam proses pembuatan Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Harga Jual Berdasarkan Metode Full Costing Pada UD. Surya Mandiri Nusantara.

  Identifikasi Masalah UD. Surya Mandiri Nusantara, dalam menenuakan harga jual perusahaan hanya berfokus pada pembelian bahan baku. Biaya bahan baku yang dibeli oleh perusahaan digunakan untuk menghitung harga pokok produksi per unit (1000 ekor bebek). Untuk menghitung harga pokok produksi, biaya bahan baku dan overhead seperti (bibit, pakan 511, formula, dan lainnya) di jumlahkan. Sedangkan biaya-biaya lain seperti (tenaga kerja, listrik, dan lainya) tidak dicatat dalam proses perhitungan harga pokok produksi.

  Hasil perhitungan pokok produksi digunakan oleh UD. Surya Mandiri Nusantara sebagai acuan untuk menentukan harga jual bebek non kolesterol. Perusahaan memperkirakan bahwa biaya dari sumber daya yang tidak teridentifikasi dalam menentukan haga jual, tidak berpengaruh terhadap pembebanan pada biaya produksi. Dengan tanpa adanya pembebanan pada biaya produksi, akan mempengaruhi dari penentuan harga jual suatu produk pada perusahaan. Penentuan harga jual tanpa menentukan target laba untuk mengembalian biaya investasi, menujukkan perusahaan belum mampu dalam menentukan harga jual suatu produk.

  Kebutuhan menentuan harga jual sangatlah penting peranannya dalam perkembangan sebuah perusahaan, karena dibutuhkan sebagai acuan pemilik untuk menentukan harga sebuah produk. Kendala perhitungan penentuan harga jual seperti yang dialami oleh UD. Surya Madiri Nusantara dapat diatasi dengan menggunakan suatu alat bantu yang dapat menentukan harga jual sehingga didapatkannya seluruh biaya yang telah dikeluarkan perusahaan untuk mengembalikan biaya yang telah diinvestasikan. Oleh karena itu, dengan dikembangkannya aplikasi penentuan harga jual berdasarkan full costing, aplikasi diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna paad saat menentukan harga jual.

  Block Diagram Block Diagram Input Proses Output

  Biaya bahan Daftar Biaya Baku Bahan Baku Biaya Tenaga Daftar Biaya Menghitung

  Kerja Tenaga Kerja Harga Pokok Produksi Biaya Daftar Biaya

  Overhead Overhead Pabrik variable Pabrik variable Biaya Daftar Biaya

  Overhead Overhead Pabrik Tetap Pabrik Tetap Harga Pokok

  Produksi Data Investasi Menentukan Target ROI Perusahaan Target ROI

  Target ROI Data Investasi Menentukan Laba Laba Yang Perusahaan Yang Diharapkan Diaharapkan Data Biaya

  Menghitung Persentase Pemasaran Dan Persentase Markup Markup

  Gambar 2. Contex diagram penentuan harga jual Administrasi Harga Pokok Produksi Menghitung Harga

  Laporan Harga jual G ambar 2 Context Diagram pada Persentase Jual e

  Markup s a aplikasi penentuan harga pokok produksi

  Ph strandar pada PT Sinar Baja Hutama ini Gambar 1. Block Diagram Penentuan Harga Jual memiliki tiga entitas yang memberikan input kepada sistem atau pun menerima output dari

  Alur perjalanan aplikasi yang nantinya sistem. Ketiga entitas tersebut adalah akan dibangun dapat dilihat pada gambar 1. Pada administrasi, pengendali produksi, pemilik. gambar tersebut menunjukkan input apa saja dan out put apa saja dari aplikasi yang dijalankan.

  HIPO (Hierarchy Input Process output) Aplikasi dimulai dari menghitung harga pokok Hipo dibuat untuk menggambarkan produksi dengan inputan biaya bahan baku, subproses dari proses besar pada aplikasi tenaga kerja, overhead pabrik. Setelah penentuan harga jual. Terdapat 4 subproses yaitu menghitung harga pokok produksi sistem menghitung harga pokok produksi, menentukan mengeluarkan laporan berupa daftar biaya bahan target ROI, menghitung persentase markup, baku, daftar biaya tenaga kerja, daftar biaya menghitung harga jual. overhead pabrik, dan laporan harga pokok produksi. Setelah harga pokok produksi didapatkan sistem berlanjut menentukan harga jual dengan inputan data investasi perusahaan, laba yang diharapkan, persentase markup. Dari proses tersebut mendapatkan output berupa laporan harga juall perkilogram bebek non kolesterol.

  Gambar 3. HIPO aplikasi penentuan harga jual Contex Diagram

  DFD (Data Flow Diagram) Setelah membuat HIPO, maka proses selanjutnya membuat DFD Level 0 yang memiliki enam proses. Proses tersebut antara lain, menghitung harga pokok produksi, menetukan target ROI, menghitung laba yang diharapkan, menghitung biaya pemasaran, menghitung harga jual, pembuatan laporan.

  <M> Identifier_1 <pi> membutuhkan

  M_Bahan_Baku id_bahan_baku nama_bahan_baku jumlah_bahan_baku satuan_bahan_baku harga_satuan_bahan_baku varchar(8) varchar(30) int int int

  Keterangan_pemasaran_dan_admisnistrasi tgl_pemasaran_dan_administrasi biaya_pemasaran_dan_administrasi varchar(8) varchar(50) datetime int

  <pk> M_Pemasaran_dan_Administrasi id_pemasaran_dan_administrasi

  <pk> M_Mesin id_mesin nama_mesin lama_investasi harga_perolehan_mesin nilai_residu_mesin umur_mesin varchar(8) varchar(50) int int int int

  <pk> M_Gedung id_gedung nama_gedung harga_perolehan_gedung nilai_residu_gedung umur_gedung varchar(8) varchar(30) int int int

  Id_tenaga_kerja nama_tenaga_kerja Jabatan gaji status_aktif varchar(8) varchar(30) varchar(20) int varchar(15)

  <pk> M_Tenaga_Kerja

  PDM berfungsi untuk mendetailkan atau menginformasikan secara detail dan merupakan generate dari CDM. Dapat dilihat pada Gambar 6.

  <pk> <fk1> <fk2> <fk3>

  Gambar 5. CDM aplikasi penentuan harga jual PDM (Physical Data Model)

  Menghiutng

  Menghitung Membutuhkan

  Detail Overhead Menghitung

  (D) Menghitung Detail Bahan Baku

  (D) Membutuhkan

  <pk> Aktiva_Operasional id_aktiva id_gedung id_mesin id_ROI nama_aktiva tgl_aktiva jumlah_aktiva total_aktiva varchar(8) varchar(8) varchar(8) varchar(8) varchar(50) datetime int int

  Harga_Pokok_Produksi id_hpp tanggal_hpp total_bahan_baku total_pekerja total_overhead total_hpp jumlah_panen hpp_perkilo varchar(8) date int int int int int int

  <pi> Variable characters (8) Integer Integer Integer Integer

  <pk> Detail_Tenaga_Kerja

  Gambar 8. Halaman Utama Aplikasi Penentuan Harga Jual

  Gambar 7. Halaman Login Setelah melakukan login, aplikasi akan menampilkan halaman utama sesuai hak akses yang diberikan. Seperti yang ditampilkan pada gambar 8.

  Setelah komponen-komponen yang bersangkutan dan mendukung pada proses sistem, proses selanjutnya yaitu penerapan sistem. Untuk dapat menggunakan aplikasi pengguna harus melakukan login terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hak akses untuk Login , pengguna harus memasukkan data login melalui admin.

  Gambar 6. PDM aplikasi penentuan harga jual

  <pk,fk1> <pk,fk2>

  Id_tenaga_kerja id_hpp Biaya_Pekerja varchar(8) varchar(8) int

  <pk,fk1> <pk,fk2> user username password hak_akses varchar(50) varchar(50) varchar(30)

  <pk Overhead id_overhead id_mesin id_gedung keterangan_overhead biaya varchar(8) varchar(8) varchar(8) varchar(50) int

  Detail_Overhead id_overhead id_hpp jumlah_detail_overhead harga_detail_overhead subtotal_detail_overhead varchar(8) varchar(8) int int int

  <pk,fk1> <pk,fk2>

  Detail_Bahan_Baku id_hpp id_bahan_baku jumlah_detail_bahan_baku harga_detail_bahan_baku subtotal_detail_bahan_baku varchar(8) varchar(8) int int int

  <pk> <fk1> <fk2> <fk3>

  <pk> Harga_Jual id_harga_jual id_pemasaran_dan_administrasi id_hpp id_ROI biaya_administrasi_dan_pemasaran persentase_markup harga_markup_perkilo harga_jual_perkilo varchar(8) varchar(8) varchar(8) varchar(8) int int int int

  ROI_Mesin id_ROI tahun_awal lama_investasi nilai_investasi hasil_ROI varchar(8) int int int int

  <pk> <fk1> <fk2>

HASIL DAN PEMBAHASAN

  Gambar 4. DFD aplikasi penentuan harga jual CDM (Conceptual Data Model)

  CDM berfungsi untuk menggambarkan konsep struktur database yang dirancang untuk sebuah aplikasi. CDM dapat dilihat pada gambar 5.

  <pi> Variable characters (50) Variable characters (50) Variable characters (30)

  <pi> Variable characters (8) Variable characters (30) Integer Integer Integer

  Membutuhkan (D) M_Bahan_Baku id_bahan_baku nama_bahan_baku jumlah_bahan_baku satuan_bahan_baku harga_satuan_bahan_baku

  Membutuhkan (D)

  Menghitung (D)

  Detail Tenaga Kerja Membutuhkan

  <M> Identifier_1 <pi>

  Integer Integer Integer user username password hak_akses

  M_Tenaga_Kerja Id_tenaga_kerja nama_tenaga_kerja Jabatan gaji status_aktif

  Detail_Overhead jumlah_detail_overhead harga_detail_overhead subtotal_detail_overhead

  Detail_Tenaga_Kerja Biaya_Pekerja Integer

  Integer Integer Integer

  Identifier_1 <pi> Detail_Bahan_Baku jumlah_detail_bahan_baku harga_detail_bahan_baku subtotal_detail_bahan_baku

  <pi> Variable chara Integer Integer Integer Integer

  Harga_Jual id_harga_jual biaya_administrasi_dan_pemasaran persentase_markup harga_markup_perkilo harga_jual_perkilo

  <M> Identifier_1 <pi>

  <pi> Variable characters (8) Variable characters (30) Variable characters (20) Integer Variable characters (15)

  <pi> Variable characters Variable characters Integer

  Aktiva_Operasional id_aktiva nama_aktiva tgl_aktiva jumlah_aktiva total_aktiva

  Overhead id_overhead keterangan_overhead biaya

  <M> Identifier_1 <pi>

  <pi> Variable characters (8) Date Integer Integer Integer Integer Integer Integer

  Harga_Pokok_Produksi id_hpp tanggal_hpp total_bahan_baku total_pekerja total_overhead total_hpp jumlah_panen hpp_perkilo

  <M> Identifier_1 <pi>

  <pi> Variable characters (8) Variable characters (50) Date & Time Integer Integer

  <M> Identifier_1 <pi>

  <M> Identifier_1 <pi>

  <pi> Variable characters (8) Variable characters (50) Date & Time Integer

  M_Pemasaran_dan_Administrasi id_pemasaran_dan_administrasi Keterangan_pemasaran_dan_admisnistrasi tgl_pemasaran_dan_administrasi biaya_pemasaran_dan_administrasi

  <M> Identifier_1 <pi>

  <pi> Variable characters (8) Variable characters (50) Integer Integer Integer Integer

  Identifier_1 <pi> M_Mesin id_mesin nama_mesin lama_investasi harga_perolehan_mesin nilai_residu_mesin umur_mesin

  <pi> Variable characters Variable characters Integer Integer Integer

  M_Gedung id_gedung nama_gedung harga_perolehan_gedung nilai_residu_gedung umur_gedung

  Identifier_1 <pi> ROI_Mesin id_ROI tahun_awal lama_investasi nilai_investasi hasil_ROI Gambar 9. Merupakan form untuk menampilkan perhitungan sekaligus laporan markup

  Gambar 9.Form Perhitungan Markup Berikut adalah gambar form perhitungan harga jual, form ini berfungsi sebagai perhitungan harga jual dan juga bisa dijadikan laporan. Dapat dilihat pada Gambar 10.

  Gambar 10. Form Laporan Harga Jual KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan

  Berdasarkan hasil uji coba dan evaluasi pada alplikasi, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi penentuan harga jual pada UD. Surya Mandiri Nusantara dapat ditarik kesumpulan sebagai berikut:

  1. Aplikasi penentuan harga jual dapat menentukan komponen biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead dengan cara memasukkan data dari masing-masing komponen. Aplikasi juga dapat memberikan informasi berupa daftar biaya dari masing-masing komponen biaya.

  2. Aplikasi berhasil menghitung harga pokok produksi sesuai dengan teori akutansi, dari hasil implementasi dan evaluasi sejumlah Rp 26.067.566, beserta harga pokok produksi per kg sejumlah Rp 20.098.

  3. Aplikasi dapat menghitung laba yang diharapkan sesuai dengan teori akutansi, dari hasil implementasi dan evaluasi laba yang diharapkan sejumlah Rp 5.916.666.

  4. Aplikasi menghasilkan otuput perhitungan harga jual sesuai dengan metode full costing dari hasil implementasi dan evaluasi sejumlah Rp 25.524, sedangkan dari perhitungan perusahaan Rp 22.402.

  Saran Adapun saran yang dapat diberikan kepada peneliti berikutnya apabila ingin mengmbangkan aplikasi agar menjadi lebih baik dengan mengintegrasikan seluruh sistem perusahaan, serta bisa di akses online dan di berbagai gadget.

  RUJUKAN Krismiaji, 2002, Dasar Dasar Akutansi Manajemen, Unit Penerbit dan

  Percetakan AMP YKPN, Yogyakarta. Mulyadi, 2002, Akuntansi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN,

  Yogyakarta. Mulyadi, 2009, Akuntansi Biaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN, Yogyakarta.

  Ursy, 1995, Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.

Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

110 3503 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

39 893 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

39 809 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

18 527 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

26 679 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

57 1176 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

61 1073 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

19 675 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

29 956 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

39 1167 23