ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA SURAKARTA DAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008-2012

  ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KOTA SURAKARTA DAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008-2012 Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Syarat-Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta Oleh: Anindita Pramudya Wardani F0110011 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

  ABSTRAKSI

ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

KOTA SURAKARTA DAN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2008-2012

  Anindita Pramudya Wardani F0110011

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor unggulan berdasarkan Location Quotient (LQ), Trend Sektor, pertumbuhan ekonomi berdasarkan Shift Share (SS) dan Tipologi Klassen.

  Penelitian ini menggunakan alat analisis Location Quotient (LQ), Trend Sektor, Shift Share (SS) dan Tipologi Klassen. Hasil dari penelitian ini adalah Kota Surakarta memiliki sektor unggulan yaitu sektor pengangkutan & komunikasi, sektor listrik, gas dan air bersih, sektor keuangan, persewaan & jasa perusahaan, sektor bangunan serta sektor industri. Sedangkan, sektor non basisnya adalah sektor perdagangan, hotel & restoran, sektor jasa-jasa, sektor pertambangan dan penggalian serta sektor pertanian. Kemudian, sektor unggulan Kabupaten Klaten adalah sektor pertanian, sektor pertambangan dan penggalian, sektor jasa-jasa serta sektor perdagangan, hotel & restoran. Adapun sektor non basisnya adalah sektor industri, sektor keuangan, persewaan & jasa perusahaan, sektor listrik, gas dan air bersih serta sektor pengangkutan dan komunikasi. Dari sisi pertumbuhan ekonominya antara Kota Surakarta dan Kabupaten Klaten berbeda. Kota Surakarta total nilai output (N )

  ij

  adalah sebesar 213.905,9793 dan Kabupaten Klaten total nilai output (N ) adalah

  ij sebesar 214.745,6467.

  Berdasarkan temuan tersebut, maka saran yang dapat disampaikan untuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah dengan cara meningkatkan sektor unggulan dan sektor non basis yang terus meningkat.

  

Kata kunci: Location Quotient (LQ), Trend Sektor, Shift Share (SS), Tipologi

Klassen

  ABSTRACT

SECTOR ANALYSIS LEADING AND ECONOMIC GROWTH OF

SURAKARTA CITY AND KLATEN REGENCY AT YEAR 2008-2012

  Anindita Pramudya Wardani F0110011

  This research aims to determine the leading sector by Location Quotient (LQ), Sector Trend, economic growth based on the Shift Share (SS) and Typology Klassen.

  This research used Location Quotient (LQ) tools analysis, Sector Trend, Shift Share (SS) and Typology Klassen. The results of this research are Surakarta City have a leading sectors i.e. transportation and communication, electricity, gas and water, finance, leasing and business service, construction and industrial sector. Meanwhile, the non-base is trade, hotels & restaurant, service sector, mining and quarrying then agriculture. And then, Klaten leading sector is agriculture, mining and quarrying sector, service sector and trade, hotel and restaurant. The sector non-base is industry, finance, leasing and company service, electricity, gas and water then transportation and communication sector. In terms of economic growth between Surakarta and Klaten are different. Surakarta total output value (N ) is

  ij 213.905,9793 and Klaten total output value (N ) is 214.745,6467. ij

  Based on these findings, the suggestions can be submitted to improve Product Domestic Regional Bruto (PDRB) with optimize leading sector and non base sector.

  

Keyword: Location Quotient (LQ), Trend Sector, Shift Share (SS), Typology

Klassen

  MOTTO Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.

  (QS. Al-Insyirah 94:5-6) Jalan Tuhan belum tentu yang tercepat, bukan juga yang termudah. Tapi sudah pasti yang terbaik.

  Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras.

  PERSEMBAHAN Karya ini saya persembahkan kepada: Allah SWT

  Yang telah memberikan kekuatan dan kemudahan dalam hidup ini.

  Orang Tua Tercinta Terima kasih atas limpahan cinta dan kasih sayang serta motivasi yang diberikan selama ini. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan rahmatnya sehingga Ekonomi Kota Surakarta dan Kabupaten Klaten Tahun 2008- diselesaikan tepat waktu.

  Skripsi ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan program sarjana (S1) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

  Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, tidak mungkin dapat menyusun skripsi ini dengan baik karena keterbatasan penulis.

  Untuk itu dalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada semua pihak yang telah membantu terutama kepada:

  1. Prof. Dr. Ravik Karsidi., M.S. selaku Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta.

  2. Dr. Wisnu Untoro., M.S. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

  3. Drs. Supriyono., M.Si. selaku Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta serta dosen pembimbing akademik yang telah memberikan kesempatan untuk melanjutkan studi pada program sarjana dan memberikan dorongan selama

  4. Drs. Kresno Sarosa Pribadi., M.Si. selaku dosen pembimbing yang telah sabar dan telaten member arahan dan bimbingan, sehingga skripsi ini selesai tepat waktu. Semoga menjadi ilmu yang sangat bermanfaat.

  5. Dr. Mulyanto., M.E. selaku dosen pengampu yang telah memberikan dorongan dan pengarahan selama studi kepada penulis serta member kesempatan untuk diskusi kepada penulis.

  6. Bapak dan ibu dosen pengampu yang telah memberikan ilmunya selama penulis menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

  7. Kedua orang tua penulis Bapak Eko Budi Santoso dan Ibu Indah Satyani terima kasih atas segala limpahan cinta dan kasih sayang serta doanya yang tiada terputus kepada ananda. Alhamdulillah sehingga ananda mampu menyelesaikan kuliah dengan baik.

  8. Nenekku terima kasih atas dukungan dan doanya.

  9. Christian Bagus Pranata terima kasih atas waktu, tenaga, perasaan dan kesabaran untuk menemani penulis dalam suka dan duka.

  10. Teman-teman jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2010 yang telah menjadi teman yang menyenangkan selama penulis menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

  11. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

  Atas segala bantuan yang telah diberikan, hanya doa yang dapat penulis panjatkan, semoga Allah SWT memberikan karunia dan menjadikan amal ibadah yang mulia. Akhirnya semoga amal kebaikan Bapak/Ibu/Saudara mendapatkan pahala dari Allah SWT. Semoga penelitian ini bermanfaat bagi kita semua.

  Surakarta, 14 April 2014 Penulis

  Anindita Pramudya Wardani F0110011

  Halaman BAB

  I A.

  B.

  C.

  D. BAB

  II A.

  1.

  2. Perencanaan Pembanguna 3.

  4.

  5. Strategi Pengembangan Wilayah Dalam Pelaksanaan B.

  C. BAB

  III A.

  B.

  C.

  D.

  1.

  2.

  3.

  4.

  5.

  6. E.

  2.

  3.

  4. BAB

  IV A.

  1.

  2.

  3.

  4. B.

  1.

  2.

  3.

  4. BAB

  V A.

  B.

  DAFTAR TABEL

Tabel 1.1 Pertumbuhan Ekonomi Kota Surakarta dan Kabupaten Klaten

  Tahun 2008-

Tabel 1.2 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga

  Konstan 2000 Kota Surakarta Tahun 2008-

Tabel 1.3 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga

  Konstan 2000 Kabupaten Klaten Tahun 2008- Tabel 3.1

Tabel 4.1 Produk Domestik Regional Bruto Menurut Kelompok Sektor Atas

  Dasar Harga Konstan 2000 Kota Surakarta Tahun 2008-

Tabel 4.2 Produk Domestik Regional Bruto Menurut Kelompok Sektor Atas

  Dasar Harga Konstan 2000 Kabupaten Klaten Tahun 2008- 2012................................................................................................54

Tabel 4.3 Location Quotient (LQ) Kota Surakarta Tahun 2008-Tabel 4.4 Location Quotient (LQ) Kabupaten Klaten Tahun 2008-Tabel 4.5 Hasil Perhitungan Shift Share Kota Surakarta Tahun 2008-

  2012................................................................................................64

Tabel 4.6 Hasil Perhitungan Shift Share Kabupaten Klaten Tahun 2008-Tabel 4.7 Hasil Analisis Tipologi Klassen Kota Surakarta Tahun 2008-Tabel 4.8 Hasil Analisis Tipologi Klassen Kabupaten Klaten Tahun 2008-

  DAFTAR GAMBAR

Gambar 1.1 Pertumbuhan Ekonomi Kota Surakarta Dan Kabupaten Klaten

  Tahun 2008- Gambar 2.1 Gambar 4.1 Gambar 4.2

Gambar 4.3 Rerata Kontribusi PDRB Kota Surakarta Tahun 2008-Gambar 4.4 Rerata Kontribusi PDRB Kab. Klaten Tahun 2008-Gambar 4.5 Location Quotient (LQ) Kota Surakarta Tahun 2008-Gambar 4.6 Location Quotient (LQ) Kabupaten Klaten Tahun 2008-

  ....58

Gambar 4.7 Trend Sektor Pengangkutan & Komunikasi Kota Surakarta Tahun

  2008-

Gambar 4.8 Trend Sektor Perdagangan, Hotel & Restoran Kota Surakarta

  Tahun 2008-

Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

117 3871 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

40 1029 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

40 924 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

20 620 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

26 774 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

60 1322 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

65 1215 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

20 805 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

31 1086 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

41 1318 23