I. Executive Summary - Sekoci Resto Business Plan content

I. Executive Summary

Sekoci Resto adalah restoran yang menawarkan konsep yang unik, yaitu mengajak konsumennya untuk menikmati makanan bersama keluarga, teman, sahabat, pasangan, atau rekan kerja diatas perahu sambil mengarungi arus air. Karyawan menggunakan kostum pelaut agar menambah suasana laut. Selain konsep yang menarik, tentu saja kami menyiapkan masakan khas eropa yang rasanya sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Pengunjung dapat mendapatkan suasana yang unik dan menarik serta masakan yang lezat setiap saat tanpa perlu menempuh jarak yang jauh yang berada diluar kota Jakarta, karena kami menghadirkan restoran dekat dengan konsumen yaitu yang berlokasi di Pondok Indah Mall - Jakarta Selatan. Lokasi ini cukup mudah diakses oleh masyarakat khususnya yang berada di daerah Jakarta karena lokasi ini dekat dengan akses tol serta didukunng dengan banyaknya pilihan transportasi umum. Pondok Indah Mall dekat dengan tol Bintaro, selain itu banyaknya ketersediaan pilihan transportasi umum seperti taxi, transjakarta, metro mini, dll dapat mempermudah pengunjung datang ke PIM. Intensitas dan volume pengunjung PIM yang banyak menjadi peluang bagi kami untuk dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya, selain itu kelas masyarakat yang berkunjung ke PIM adalah kelas menengah keatas.

Dengan pengunjung kelas menengah keatas yang cenderung bersifat loyal, maka range harga Rp 15.000 – Rp 95.000 tidaklah berat. Harga yang kami tawarkan sepadan dengan cita rasa masakan yang lezat dan konsep unik dan menarik yang dapat mereka nikmati. Sekoci Resto memiliki kapasitas maksimum 50 orang pengunjung, karena terbatasnya lintasan dan kapal yang tersedia. Namun pengunjung tidak perlu khawatir, karena mereka dapat memesan tempat melalui telepon. Selain itu pengunjung dapat memesan tempat langsung ditempat dengan meninggalkan nomor telpon,selanjutnya kami akan menghubungi anda. Dengan sistem seperti ini, pengunjung akan merasa mendapatkan kenyamanan yang lebih (privatisasi) dengan terbatasnya pengunjung.

Dengan konsep yang kami tawarkan, kami belum memiliki kompetitor dengan konsep serupa. Namun dari segi jenis makanan yang kami tawarkan, kami menyadari bahwa sudah banyak kompetitor yang lebih unggul dari kami khususnya di lokasi Pondok Indah Mall. Sebagai contoh Fish and Co yang menawarkan konsep laut dengan makanan laut khas eropa. Selain itu NYDC dengan masakan yang benar-benar khas eropa dan masih banyak lagi. Menyadari hal ini, hal yang kami lakukan agar dapat tetap bertahan dalam kompetisi industri makanan yang semakin ketat ini, kami menggunakan beberapa strategi. Salah satunya angket yang kami berikan untuk diisi para pengunjung Sekoci Resto. Hasil angket tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi diri dan pengembangan kualitas yang lebih baik lagi.

Dengan sedikit gambaran konsep, jenis masakan, range harga, lokasi, serta strategi yang kami berikan. Kami optimis bahwa Sekoci resto dapat tetap eksis di industri ini dan dapat bersaing dengan para kompetitor dengan terus meningkatkan kualitas diri, baik rasa, pelayanan, dsb. Oleh karena itu bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama merasakan kesuksesan bersama Sekoci resto. Dan anda dapat merasakan balik modal dalam waktu 2,5 tahun. Waktu ini tentulah sangat realistis dengan besarnya modal awal yang dikeluarkan.

II. INDUSTRY AND COMPETITOR

2.1 Industry Overview Industri makanan (restoran) merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan hingga kini masih banyak diminati oleh pebisnis di Indonesia. Pertumbuhan industri ini, baik di DKI Jakarta maupun di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat cepat, karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia membutuhkan makanan setiap harinya. Makanan akan membantu manusia dalam memperoleh energi untuk menjalani kegiatan sehari-hari, membantu pertumbuhan otak, dan membantu pertumbuhan badan. Industri makanan dan minuman ini sendiri memberikan sumbangan bagi perkonomian Indonesia sebesar 6,5% - 7%. Dari fakta tersebut, satu demi satu mulai bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan. Mulai dari buah, 2.1 Industry Overview Industri makanan (restoran) merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan hingga kini masih banyak diminati oleh pebisnis di Indonesia. Pertumbuhan industri ini, baik di DKI Jakarta maupun di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat cepat, karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa manusia membutuhkan makanan setiap harinya. Makanan akan membantu manusia dalam memperoleh energi untuk menjalani kegiatan sehari-hari, membantu pertumbuhan otak, dan membantu pertumbuhan badan. Industri makanan dan minuman ini sendiri memberikan sumbangan bagi perkonomian Indonesia sebesar 6,5% - 7%. Dari fakta tersebut, satu demi satu mulai bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan. Mulai dari buah,

Restoran, atau dalam Bahasa Indonesia disebut Rumah Makan, adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan itu serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Walaupun umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga rumah makan yang menyediakan layanan take- out dining dan delivery service untuk melayani konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya, misalnya rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.

Konsep usaha kami ini bergerak di bidang jasa, khususnya restaurant. Namun di sini kami menghadirkan konsep restaurant yang berbeda, yaitu dengan menghadirkan konsep pedesaan namun tetap berkelas. Dalam mendirikan bisnis ini, kami juga memperhatikan bagaimana keadaan industri makanan (restaurant) khususnya di Indonesia, dan menyusun strategi apa yang kami gunakan untuk dapat menarik konsumen pada saat mulai memasuki industri ini.

 Perkembangan Keadaan Industri Bisnis di bidang servis penyajian makanan (restaurant) memang

sudah ada sejak dulu. Namun, tren dari animo masyarakat terhadap restaurant selalu meningkat. Kebutuhan utama akan kualitas makanan dan suasana restaurant yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis di bidang restaurant. Kami melihat tersebut sebagai sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis ini. Di samping itu kami juga menilai bahwa bisnis restaurant adalah bisnis yang sudah ada sejak dulu. Namun, tren dari animo masyarakat terhadap restaurant selalu meningkat. Kebutuhan utama akan kualitas makanan dan suasana restaurant yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis di bidang restaurant. Kami melihat tersebut sebagai sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis ini. Di samping itu kami juga menilai bahwa bisnis restaurant adalah bisnis yang

Walaupun jumlah restaurant yang ada sudah sangat banyak, namun kami sangat yakin konsep restaurant kami mampu bersaing dengan dengan restaurant- restaurant yang pernah ada sebelumnya. Karena konsep restaurant kami berbeda dari konsep restaurant yang pernah ada sebelumnya. Keunikan dari konsep kamilah yang akan menjadi daya tarik bagi customer yang akan memilih untuk mencoba restaurant kami.

 Entry Strategi ke Industri

Sekalipun kami memiliki banyak pesaing, yaitu berbagai macam restaurant dengan konsep yang bervariasi, kami berusaha untuk mencari perhatian dari customer dengan keunikan konsep kami. Strategi awal kami untuk terjun ke industry ini adalah dengan mendirikan restaurant kami ini di pusat keramaian. Terutama mall- mall besar di kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Diharapkan entry strategy kami ini akan menjadi sebuah gebrakan bagi kemajuan bisnis ini. Kuncinya adalah dengan mass attraction , yaitu menarik perhatian orang banyak sehingga banyak pula customer yang tertarik ke restaurant kami.

2.2 Competitor Analysis Perubahan gaya hidup telah membuat konsumen semakin kritis, mereka tidak hanya mencari makanan yang enak, namum pelayanan yang baik dan suasana atau konsep yang menarik menjadi bahan pertimbangannya.

Kompetitor Industri makanan tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negrei. Efek globalisasi memberikan kesempatan bagi para investor untuk membuka usaha restorannya di Indonesia. Selain itu, tidak hanya para pengusaha tetapi juga mahasiswa sudah mulai mengekspresikan “sense of business” mereka. Akibatnya persaingan di pasar domestic semakin ketat. Makanan merupakan hal Kompetitor Industri makanan tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negrei. Efek globalisasi memberikan kesempatan bagi para investor untuk membuka usaha restorannya di Indonesia. Selain itu, tidak hanya para pengusaha tetapi juga mahasiswa sudah mulai mengekspresikan “sense of business” mereka. Akibatnya persaingan di pasar domestic semakin ketat. Makanan merupakan hal

Dengan konsep ini, Sekoci Resto tidak memiliki kompetitor karena konsep ini benar – benar baru dan belum pernah ada khususnya di. Namun karena makanan yang kami sajikan adalah makanan eropa, maka ada beberapa kompetitor yang juga menyajikan hal serupa, selain itu faktor lokasi yang kami pilih yaitu Pondok Indah Mall juga mempengaruhi jumlah kompetitor. Kompetitor antara lain :

Fish & Co

Fish and Co adalah restaurant yang lebih awal memasuki Industri makanan. Sudah banyak cabang yang mereka buka baik di dalam maupun diluar negeri. Fish and Co menawarkan masakan seafood bergaya eropa. Di Pondok Indah Mall sendiri, Fish and Co terletak di Restaurant Row Pondok Indah Mall 2, dimana tempat ini memang disiapkan untuk restaurant. Konsep Fish and Co memang sedikit menyerupai konsep sekoci resto, tempatnya di desain seperti interior dalam kapal. Selain itu didukung dengan pernak –pernik lainnya seperti alat makan, hiasan, dsb. Namun, Fish and Co memiliki beberapa kelemahan yaitu harganya yang relatif mahal untuk masakan seafood eropa, melihat banyak pilihan makanan seafood yang ada di Indonesia yang lebih terjangkau harganya dan tentunya cocok di lidah orang Indonesia. Pilihan makanan dan cita rasa yang kurang begitu cocok untuk orang Indonesia.

NYDC

NYDC adalah restaurant bergaya eropa yang menyajikan masakan eropa. Restarant ini belum memiliki banyak cabang di Indonesia, salah satu cabangnya berlokasi di Restaurant Row Pondok Indah Mall 2. Kelemahan NYDC adalah tempatnya yang tidak terlalu besar dan range harga yang mahal yaitu Rp 30.000 - Rp 100.000.

III. Company and Product Description

3.1 Company Description

3.1.1 Company Profile

Sekoci Resto adalah restoran yang menyajikan makanan khas eropa dengan konsep yang menarik. Pengunjung diajak untuk makan diatas kapal sambil mengitari arus air, dengan demikian pengunjung akan merasakan sensasi makan diatas perahu dengan suara gemericik air. Nama sekoci diambil karena melambangkan konsep yang khas dari restoran ini. Menggabungkan unsur

Indonesia dengan nama “Sekoci” dan unsur eropa dengan “Resto”. Disampin itu jenis makanan khas eropa yang kami sajika. Tujuan kami adalah ingin menyajikan masakan eropa namun cita rasa pas di lidah orang Indonesia dan kesederhanaan. Selain itu, nama-nama makanan yang kami sajikan di dalam daftar menu juga menggabungkan nama eropa dan Indonesia.

Pada dasarnya logo Sekoci Resto tidak memiliki filosofi khusus, logo Sekoci Resto dibuat sesuai dengan konsep restorannya sendiri. Sehingga Anda perhatikan, pasti anda dapat Pada dasarnya logo Sekoci Resto tidak memiliki filosofi khusus, logo Sekoci Resto dibuat sesuai dengan konsep restorannya sendiri. Sehingga Anda perhatikan, pasti anda dapat

3.1.2 Ownership and Partnership

Sekoci Resto didirikan pada tanggal November 2009 di Jakarta. Struktur keorganisasian Sekoci Resto ialah : Astari Kirana Putri sebagai CEO , Danny Rakhmandita Akhwan sebagai Operating Manager , Muhammad Ridho sebagai Financing Manager , Muhammad Immadudin Hanif sebagai Marketing Manager, dan Dian Putra Perdana sebagai HR Assistant.

Sekoci Resto menawarkan masakan khas eropa yang sebagian besar bahan – bahannya berupa daging, ayam, sosis, makanan laut, sayur mayur, dan buah – buahan. Masakan dibuat dari bahan – bahan yang segar setiap harinya. Untuk menjaga kesegarannya, Sekoci Resto memiliki beberapa partner sebagai penyuplai bahan – bahan tersebut tiap harinya. Salah satu partner kami adalah Carefour supermarket. Carefour merupakan supermarket yang sudah cukup besar dan banyak dikunjungi oleh masyarakat karena tidak saja harga barang – barang yang lebih murah dari supermarket lain, namun Carefour selalu menediakan dan menjaga produk – produknya segar terutama untuk daging, sayur, dan buah. Mengenai supplier akan dijelaskan lebih dalam pada bab 7.

3.1.3 Vision and Mission

Sebagai restoran yang baru berdiri, sekoci resto memiliki visi dan misi, antara lain :

Visi

Menjadi floating resto pertama di Indonesia bahkan di dunia.

Misi

Menciptakan konsep yang menarik didukung dengan cita rasa yang

lezat serta memberikan pelayanan yang terbaik.

3.1.4 Value

Kami memiliki value yang ditanamkan kepada seluruh karyawan Sekoci Resto. Value ini juga bertindak sebagai strategi organisasi kami, yaitu :

KONSER KEKO KON : Konsep yang menarik

Sekoci Resto menawarkan konsep menarik yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia.

SE

: Service yang baik

Seluruh karyawan Sekoci resto selalu berusaha memberikanservice yang terbaik bagi para pengunjung, melayani dengansepenuh hati dan kehangatan.

: Rasa yang lezat

Menyajikan makanan dengan cita rasa yang lezat sesuai denga lidah masyarakat Indonesia dan selalu menjaga kesegaran makanan.

: Kontrol

Melakukan kontrol secara rutin terhadap segala hal seperti rasa, pelayanan, fasilitas, dsb.

E : Evaluasi

Rutin melakukan evaluasi setiap hari dan satu bulan sekali dengan tujuan untuk meminimalisasi kesalahan dan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama.

KO : Kepuasan Konsumen Pada akhirnya tujuan kami adalah untuk dapat melihat

senyum pengunjung saat masuk maupun keluar restaurant dan itu menunjukkan bahwa mereka puas.

3.2 Product Description

3.2.1 Konsep Tempat

A. Tempat

Pintu Masuk

Dapur

Konsumen memasuki retaurant melalui pintu geser yang tujuannya untuk menghemat tempat. Kemudian konsumen akan segera bertemu dengan pelayan kami yang akan berbusana seperti ini:

Selanjutnya pengunjung diantarkan berjalan ke arah kanan yang mengantarkannya ke meja resepsionis unuk memesan tempat untuk kemudian menaiki sekoci atau meninggalkan nomor telepon (jika penuh).

Konsumen akan diberi daftar menu yang kemudian akan memesan dan mengambil makanan diluar jalur yang sudah disiapkan (pitstop). Jadi ketika makanan telah siap untuk diantarkan kepada pemesan, maka perahu yang dinaiki pemesan akan dimasukkan ke dalam pitstop. Selanjutnya makanan akan diberikan dan pengunjung dapat berkeliling kembali sambil menikmati hidangan yang disediakan.

Pitstop adalah tempat di dalam lintasan yang akan menjadi tempat dimana pengunjung akan naik, turun dan Pitstop adalah tempat di dalam lintasan yang akan menjadi tempat dimana pengunjung akan naik, turun dan

B. Perahu dan Lintasan Desain perahu kami adalah sebagai berikut:

Perahu ini memiliki kapasitas hingga 5 orang dewasa, yaitu 2 di samping kanan, 2 di samping kiri, dan 1 di bagian belakang perahu. Kami menggunakan sistem lesehan, tapi dapat kita lihat bahwa desain kapal dibuat memiliki cekungan di bagian bawahnya sebagai tempat kaki. Sehingga walaupun tampaknya pengunjung sedang duduk lesehan, namun sebenarnya mereka seperti sedang duduk di kursi. Kami menggunakan bantal duduk sebagai media tempat pengunjung akan merebahkan tubuhnya, kemudian dapat kita lihat pula di di gambar sebelah kanan, bahwa di bibir kapal juga terdapat bantalan yang berguna untuk tempat pengunjung menyandarkan bahunya.

Untuk meja sendiri kita menggunakan meja kayu dengan

4 kaki, dengan maksud untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung ketika duduk.

Perahu ini sendiri dilengkapi dengan roller di kedua sisinya (masing-masing sisi 2 roller), yang berguna untuk bantala ketika perahu menabrak dinding sungai, sehingga tidak berhenti dan tetap berjalan mengikuti arus sungai.

Untuk menggerakkan perahu, kita menggunakan pompa air yang terdapat di sepanjang aliran sungai, dan akan menyedot air dari dalam sungai, kemudian akan menghembuskannya kembali ke arah sesuai kemana perahu akan dialirkan.

3.2.2 Makanan dan Minuman

Kami menawarkan makanan dan minuman khas eropa yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Bahan dasar makanan dan minuman yaitu daging, ayam, seafood (ikan, udang), kentang, sosis, sayur – mayur dan buah- buahan. Bahan dasar yang fresh diolah oleh chief kami yang pakar dalam bidang masakan eropa dan paham akan lidah orang Indonesia. Makanan kami bagi menjadi tiga bagian yaitu Appetizer, Main Course, dan Dessert. Beberapa contoh menu kami adalah sebaga berikut :

APPETIZER

Vegetable Salad

Fruit Salad

Zuppa Soup

Chicken Ranjang

MAIN COURSE

Tenderloin Steak

Chicken Steak

Spagettimy Bakso

Lasagna

DESSERT

Tripple Chocolate

Strawberry Cake

King Banana Red Bean

Pancake Ice Craem

Selain makanan, kami juga menyajikan minuman yang menarik seperti minuman soda, milkshake, aneka jus, dll.

Cocorange Ice

Soft Drink

Equil

3.3 SWOT Analysis

Strenght  First Mover

Dengan konsep seperti ini Sekoci Resto adalah first mover karena belum ada restaurant yang memiliki konsep yang serupa. Kami dapat memiliki pangsa pasar yang besar dengan keunikan yang kami tawarkan.

 Lokasi Strategis

Pondok Indah Mall merupakan lokasi yang sangat strategis karena merupakan salah satu mall terfavorit di Jakarta, banyak akses transportasi dan jalan, serta dekat dengan sekolah dan perkantoran. Sselain itu, volume dan intensitas pegunjung yang datang cukup tinggi, dan rata –rata pengunjung adalah kelas menengah keatas dan dikunjungi berbagai kalangan usia. Dengan berbagai keunggulan lokasi, maka kesempatan kunjungan ke Sekoci Resto akan semakin besar.

Weakness  Modal Besar

Untuk mewujudkan konsep ini, dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Apalagi kami sebagai retaurant yang baru akan memulai usaha ini, selain itu pilihan tempat yang tergolong memiliki harga sewa yang relatif mahal khusunya bagi pemula.

Opportunity  Budaya masyarakat

Masyarakat Indonesia cenderung suka mencoba sesuatu yang baru. Setelah itu, mereka mulai mebicarakannya dari mulut ke mulut. Dengan budaya seperti ini memberikan kesempatan bagi kami untuk membantu memasarkan.

Threat  Kompetitor

Banyaknya kompetitor yang menawarkan masakan khas eropa khususnya di daerah Pondok Indah seperti Fish and Co, NYDC, dll yang lebih awal memasuki industry ini dan membuka cabangnya di PIM.

3.4 Property Protection Planning

3.4.1 Intelectual Property Right

Sekoci Resto merupakan Restaurant pertama yang menyajikan sebuah konsep yang unik, berbeda, dan belum pernah ada. Untuk melindungi Sekoci Resto dari segala bentuk kejahatan perampasan hak kekayaan intelektual maka Sekoci Resto mengajukan permohonan untuk mendapatkan pengakuan dan sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual. Ada berbagai macam bentuk Hak kekayaan Intelektual misalnya hak cipta, merek dagang, dll. Namun untuk saat ini, pihak Sekoci Resto belum bisa menentukan Hak Kekayaan Intelektual apa yang akan diajukan untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual Sekoci Resto karena pihak dari DirJen HKI sendiri yang akan menimbang Hak Kekayaan Intelektual apa yang cocok untuk Sekoci resto. Hal ini akan memberikan perlindungan hukum pada Sekoci Resto apabila Hak Kekayaan Intelektualnya dirampas pihak lain.

3.4.2 Sertifikat Halal (MUI)

Berbagai cara telah dilakukan Sekoci Resto untuk mendapatkan kepercayaan dari customer, salah satu cara yang dilakukan dengan mendapatkan sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Sebagaimana kita ketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Islam mempunyai batasan-batasan dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi umatnya seperti dilarang memakan daging babi, anjing, bangkai, dan hal-hal yang dianggap haram lainnya. Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia menerbitkan sertifikat halal, yang bertujuan untuk membantu umat Islam dalam memenuhi kebutuhannya sesuai dengan ketentuan Berbagai cara telah dilakukan Sekoci Resto untuk mendapatkan kepercayaan dari customer, salah satu cara yang dilakukan dengan mendapatkan sertifikat halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Sebagaimana kita ketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam. Islam mempunyai batasan-batasan dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi umatnya seperti dilarang memakan daging babi, anjing, bangkai, dan hal-hal yang dianggap haram lainnya. Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia menerbitkan sertifikat halal, yang bertujuan untuk membantu umat Islam dalam memenuhi kebutuhannya sesuai dengan ketentuan

IV. Marketing Plan

Dalam menjalankan bisnis ini, tentunya usaha ini membutuhkan pemasaran yang baik agar memiliki pangsa pasar yang luas sehingga produk kami akan lebih diminati. Untuk mencapai tujuan tersebut, kami telah menyusun rencana pemasaran (marketing plan) agar prospek ke depan dari usaha kami akan lebih baik. Sehingga pada akhirnya investor juga akan mendapatkan dananya kembali dengan cepat dan keuntungan yang lebih banyak.

Pada dasarnya target utama customer kami adalah masyarakat kelas menengah ke atas yang menginginkan suasana dan konsep yang berbeda pada saat menikmati hidangan di restaurant. Di samping itu kami juga menginginkan agar usaha kami ini lebih diketahui dan dapat dinikmati masyarakat luas agar perkembangan usaha kami juga lebih cepat. Untuk itu, kami berencana untuk menghadirkan konsep usaha kami ini di tempat yang strategis namun tetap berkelas.

4.1 Customer Analysis

Customer Primer yang kami targetkan adalah educated customer, di mana pada umumnya adalah kalangan kelas menengah ke atas. Para customer yang telah bekerja maupun mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan merupakan customer yang potensial dalam target customer dalam mengembangkan usaha ini.

Untuk mereka yang telah bekerja, menikmati hidangan di restaurant kami dengan konsep yang unik ini merupakan sarana refreshing yang sangat menarik untuk melepas kepenatan yang ada di kantor. Disamping itu karena mereka bekerja di kantor, ada peluang mereka akan menceritakan konsep unik restaurant kami sehingga pemasaran restaurant kami menjadi lebih cepat. Sama halnya dengan mereka yang masih menempuh perkuliahan. Karena konsep kami menghadirkan sesuatu yang berbeda dan pada umumnya para mahasiswa menyukai suatu konsep yang berbeda. Oleh karena itu kami juga menargetkan mahasiswa sebagai salah satu target pemasaran kami.

Selain target customer di atas kami juga tidak menutup kemungkinan adanya customer- customer lain, seperti:

- Pelajar, terutama sekolah menengah ke atas - Senior citizen - Anak- anak - Kalangan menengah.

Sebagai tambahan terhadap informasi dari customer kami, kami akan memberikan sedikit penjelasan dan alasan mengapa kami menjadikan mereka sebagai salah satu target customer kami. Untuk pelajar, terutama sekolah menengah ke atas, kami berpikir bahwa mereka merupakan salah satu customer potensial. Pasalnya tempat dan konsep restaurant kami yang menarik merupakan salah satu tempat yang sangat menarik untuk “hang out” dan refreshing. Di samping itu konsep kami

yang menarik membuat customer seperti mereka akan tertarik terhadap konsep kami.

Untuk senior citizen dan anak- anak, kami menganggap bahwa mereka juga tertarik menikmati konsep restaurant kami. Dengan adanya nuansa makan di atas perahu, senior citizen akan merasa nyaman pada saat makan. Untuk anak- anak, mereka bisa bermain dengan air dan rasa ingin tahu mereka membuat mereka akan merasa betah untuk menikmati konsep di restoran kami.

Kalangan menengah ke atas memang target utama customer kami, namun kami juga tidak menutup kemungkinan untuk customer kelas menengah. Di samping konsep yang menarik dan unik yang menjado daya tarik dari restaurant kami, kami juga menawarkan makanan dengan harga yang terjangkau. Yang bisa dijangkau oleh mereka yang ingin menikmati konsep unik restaurant kami dengan budget yang minim. Karena kami selalu terbuka pada customer apapun yang dating dan kami ingin memberikan yang terbaik untuk customer.

4.1.1 Target Customer Profile

Untuk primary customer, businessman, kriteria demografi dari customer kami antara lain:

- Penghasilan >3 juta per bulan - Usia antara 17-30 tahun - Educated - Family atau Corporate - Tinggal atau bekerja di daerah business district

kalangan mahasiswa/pelajar:

- Not price sensitive - Mengutamakan prestige tempat - Mengutamakan kenyamanan tempat - Hang outers

Kebanyakan dari primary customer kami merupakan mereka yang mengutamakan service. Kenyamanan restaurant dan pelayanan merupakan suatu hal yang menjadi hal yang utama dalam konsep pemasaran restaurant kami. Karena loyalitas customer merupakan suatu hal yang kita inginkan agar hubungan dengan customer berjalan baik.

4.1.2 Customer Need

Kebutuhan akan makanan bukanlah suatu hal yang dicari oleh customer saat ini, meskipun kebutuhan akan makanan tidak lepas dari suatu daya tarik restaurant itu sendiri. Namun, kami menyadari bahwa customer menginginkan suatu konsep yang berbeda. Kenyamanan dan keunikan dari sebuah tempat itulah yang menjadi sebuah daya tarik yang luar biasa.

Oleh karena itu, karena kami menyadari sebuah konsep yang berbeda dan menarik adalah suatu hal yang diinginkan customer. Restaurant kami menghadirkan konsep restaurant yang belum pernah ada sebelumnya. Restaurant yang memiliki meja makan berupa perahu yang dapat berjalan mengikuti arus merupakan suatu hal baru yang unik dan menarik yang bisa menarik customer. Dan kami sangat yakin, hal yang baru dan benar- benar berbeda ini menjadikan perkembangan restaurant ini bisa berkembang dengan pesat.

4.2 Market Opportunity

Sebelum masuk ke strategi pemasaran yang akan kami jelaskan secara lebih dalam, kami akan menjelaskan tentang market opportunity, yaitu mengenai apa saja yang menjadi peluang kami yang dapat kami manfaatkan untuk marketing dari usaha kami ini.

1. Konsep bisnis belum pernah ada sebelumnya

Bisa dikatakan konsep makan di atas air yang mengalir memang sangat baru dan belum pernah ada. Hal ini akan menimbulkan keingintahuan bagi customer yang akan mencoba untuk merasakan pengalaman seperti itu di restaurant kami. Rasa keingintahuan itulah yang dapat menjadi salah satu daya tarik customer untuk datang ke restaurant kami.

2. Target Customer adalah orang yang berpendidikan

Antara peluang dan tantangan, namun lebih cocok dikatakan peluang karena target customer yang merupakan orang yang berpendidikan akan lebih mampu menilai antara konsep yang kami hadirkan, pelayanan restaurant, dan harga yang kami tawarkan. Cost yang tinggi akan terbayar dengan pengalaman dan kenyamanan yang mereka rasakan. Di samping itu orang yang berpendidikan tersebut merupakan suatu kunci untuk membangun networking kami dalam mengembangkan bisnis ini.

3. Lokasi mendirikan bisnis yang strategis

Terletak di daerah Sudirman Central Business District (SCBD), tempat ini menjadi salah satu tempat paling strategis yang terdapat di tengah kota. Customer yang berselera tinggi, tempat di tengah kota yang di penuhi keramaian, dan juga di kawasan bisnis di mana peluang- peluang bisnis juga banyak terdapat yang dapat juga berguna untuk pengembangan restaurant kami ini.

4.3 Pricing Strategy

Karena target primer customer sudah diketahui, yaitu kalangan menengah ke atas dan umumnya telah memiliki penghasilan yang lebih dari cukup, maka kami juga menawarkan harga yang wajar dengan apa yang akan mereka dapatkan. Untuk itu kami memberikan range harga:

No. Item

Type

Price Range

1. Food

Appetizer

Rp.18.000,00 – Rp.40.000,00

Main Course

Rp.25.000,00 – Rp.95.000,00

Dessert

Rp.20.000,00 – Rp.60.000,00

2. Drink

Beverages

Rp.5.000,00 – Rp.45.000,00

Juices

Rp.10.000,00 – Rp.40.000,00

Harga yang cukup bervariasi menyebabkan customer yang tertarik dengan restaurant kami terdiri dari berbagai macam kalangan. Keberagaman inilah yang sebenarnya yang akan menjadi salah satu Harga yang cukup bervariasi menyebabkan customer yang tertarik dengan restaurant kami terdiri dari berbagai macam kalangan. Keberagaman inilah yang sebenarnya yang akan menjadi salah satu

4.4 Distribution Strategy

Untuk dapat berkembang tentunya kami harus melakukan distribution mix agar lebih banyak customer yang dapat menikmati restaurant kami ini. distribution mix yang akan kami lakukan ini juga berguna untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar. Kami menargetkan dengan distribution mix ini pertumbuhan bisnis kami akan meningkat sebesar 35% pada tahun- tahun awal dan kemudian perkembangan tersebut dapat lebih besar lagi tergantung banyaknya channel distribution yang kami miliki. Untuk itu kami akan menjelaskan distribution strategy kami.

 Direct to Customer

Ini adalah bentuk distribution strategy yang paling sederhana, yaitu dengan menjual secara langsung kepada customer. Dalam hal ini kami menargetkan revenue yang kami dapat dari penjualan langsung kepada customer sebesar 90% pada tahun- tahun awal. Sisanya akan kami peroleh dari sumber revenue lain seperti iklan. Kami mengharapkan distribution strategy seperti ini dapat menghasilkan revenue yang melimpah sehingga proses pengembangan bisnis kami semakin pesat.

Direct channel utama kami adalah para customer yang memang sering mengunjungi mall terutama mereka yang menjadi primary target kami. Kami juga dapat mempromosikan restaurant unik kami melalui website dan facebook yang memang saat ini sedang booming. Untuk itu tidak menutup kemungkinan perkembangan restaurant ini akan lebih cepat dari prediksi awal. Media dan internet sangat mendukung kami untuk melakukan ekspansi lebih jauh.

Pembuatan situs dan blog untuk bisnis kami juga sangat menunjang pemasaran restaurant kami. Hal- hal dan info mengenai restaurant kami dapat kami masukkan ke dalam situs atau blog tersebut yang selanjutnya dapat kami edarkan melaui jaringan internet. Selanjutnya kami bisa mengiklankannya ke kantor- kantor yang berada di wilayah restaurant kami untuk mendapatkan paangsa pasar yang lebih besar.

 Franchising

Membuka cabang yang lebih luas merupakan cara yang brilliant untuk mengembangkan restaurant. Revenue bisa berklipat- lipat lebih besar dengan adanya cabang dari restaurant ini. Untuk itu kami tidak menutup kemungkinan untuk melakukan franchising untuk ekspansi restaurant kami. Ada dua keuntungan yang bisa didapatkan dengan franchising:

1. Pangsa pasar akan lebih besar sehingga revenue yang didapatkan akan semakin besar pula. Bisa jauh lebih besar daripada hanya memiliki satu restaurant tanpa cabang.

2. Promosi dari restaurant ini akan secara tidak langsung lebih cepat. Membuka cabang dan franchising berarti memperbanyak restaurant yang berarti juga dapat membuat pandangan terhadap restaurant kami semakin baik.

Untuk itu kami memang berencana melakukan franchising pada restaurant ini. Namun, hal tersebut baru bisa kami laksanakan setelah tahun ketiga untuk menyempurnakan konsep franchising kami agar citra restaurant kami tetap baik sehingga mutu restaurant bisa di jaga.

4.5 Communication Strategy

Pada tahun pertama kami inging memfokuskan communication strategi untuk meningkatkan direct selling kami dan memasarkan produk restaurant kami ke pasaran yang seluas-luasnya. Tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui tentang keunikan konsep restaurant kami dan ingin mencobanya. Keingintahuan akan hal baru merupakan suatu hal yang dapat kami manfaatkan untuk mempromosikan restaurant kami.

Untuk itu kami memiliki beberapa strategi untuk strategi komunikasi pemasaran kami, yaitu :

No. Strategi

Bentuk Konkrit

Pemasangan Replika Pengunjung

akan Saat renovasi (1

Promotion

kapal sebagi bentuk penasaran

dengan bulan)

dari restaurant.

konsep dari Sekoci

(untuk coming soon)

tiket Pengunjung

yang Saat

untuk datang bisa membantu opening

kedatangan

menarik customer lain

bulan pertama)

customer yang datang

3. Brochure

Membagikan brosur Pengunjung mall akan

3 bulan pertama

mengenai restaurant tertarik untuk dating ke kepada

pengunjung Sekoci Resto mall yang datang

4. Internet

Mempromosikan

Akan lebih banyak Secara berlanjut, melalui facebook dan orang yang mengetahui dan ditingkatkan twitter, serta melalui Sekoci Resto, terutama quarterly forum bebas, seperti mereka

yang

kaskus

menggunakan internet

5. Newspaper

Mempromosikan

Akan lebih banyak Secara

berkala,

Ads.

Sekoci Resto melalui orang yang mengetahui quarterly, surat

kabar Sekoci Resto terutama dimulai

dari

terkemuka,

seperti kalangan menengah ke bulan ketiga

Kompas.

Terutama atas pada hari minggu

6. Public

Dengan menyediakan Masukan yang didapat Secara

Relation

layanan

untuk dapat

membantu berkelanjutan

customer agar bisa menyempurnakan menampung masukan Sekoci Resto customer agar bisa menyempurnakan menampung masukan Sekoci Resto

 Word of Mouth

Ini adalah salah satu cara promosi yang paling mudah, murah dan efektif. Kami sebagai pemilik Sekoci Resto akan berperan penting dalam mempromosikan Sekoci Resto yaitu langsung memasarkan dari mulut ke mulut. Kami akan memulainya melalui relasi (teman, keluarga, rekan kerja) , acara arisan, mahasiswa dan anak sekolah. Diharapkan dengan media ini dapat mengundang lebih banyak orang untuk datang ke restaurant kami.

 Pre Promotion

Ini adalah salah satu cara yang menarik yang akan kami lakukan pada saat renovasi restaurant berlangsung selama tiga bulan. Kami akan menaruh sebuah miniatur kapal Sekoci Resto dan sales pada koridor mall. Promosi ini bertujuan untuk menarik pengunjung Pondok Indah Mall melihat melihat dan berfoto bersama keluarga atau teman sambil medapatkan informasi bahwa akan ada restaurant baru dengan konsep yang menarik segera hadir di mall tersebut. Dengan strategi pre-promotion orang akan penasaran dengan Sekoci Resto, mereka akan bertanya- tanya apakah Sekoci Resto itu, menyebarkan ke teman atau keluarganya dan mereka akan menunggu – nunggu kehadiran Sekoci Resto. Dengan demikian, kami berharap pada saat grand opening restaurant kami akan banyak customer yang berminat untuk datang ke Sekoci Resto.

 Promotion Discount

Promotion discount kami berikan pada saat tiga bulan pertama pembukaan Sekoci Resto. Tujuannya adalah untuk menarik customer lain melalui customer yang mendapatkan kartu diskon. Discount ini diberikan apabila orang yang memiliki promotion discount ini Promotion discount kami berikan pada saat tiga bulan pertama pembukaan Sekoci Resto. Tujuannya adalah untuk menarik customer lain melalui customer yang mendapatkan kartu diskon. Discount ini diberikan apabila orang yang memiliki promotion discount ini

 Brochure

Pemasaran dengan menggunakan brosur kami lakukan dengan target pengunjung mall. Dengan memberikan brosur ini, pengunjung mall akan mengetahui Sekoci Resto dan tertarik untuk datang ke restaurant kami. Dengan demikian pengunjung akan memilih tempat makan di Sekoci Resto. Bisa dikatakan kami mengajak mereka untuk berkunjung ke Sekoci Resto.

 Internet

Internet bukanlah hal yang asing lagi dalam kehidupan manusia pada abad ini. Hampir seluruh orang didunia ini menggunakan internet sebagai media untuk mengetahui informasi apapun di dunia ini. Kami menilai bahwa media ini merupakan salah satu cara promosi yan cukup efektif dan murah, sehingga Sekoci Resto ikut memanfaatkan media ini sebgai alat mempromosikan diri. Kami memilih menggunakan situs jejaring facebook, dan twitter sebagai alat promosi yang saat ini sedang diminati banyak orang dari berbagai kalangan usia dan lapisan masyarakat.

Di samping itu kami juga berencana untuk membuat web atau blog sendiri yang diantaranya berisi profile restaurant, kegiatan- kegiatan yang akan kami lakukan, serta daftar menu. Tujuannya adalah selain untuk memperkenalkan keunikan Sekoci Resto, tetapi juga untuk memfasilitasi konsumen dalam mengetahui lebih dalam dan mudah seputar informasi dan kegiatan di Sekoci Resto. Website atau blog tersebut akan di promosikan di forum- forum internet yang memiliki banyak user seperti kaskus. Kami pun berniat ingin melakukan kerjasama dengan google atau yahoo dalam pemcarian di search enginge mereka. Misal keywordnya restaurant, maka dengan Di samping itu kami juga berencana untuk membuat web atau blog sendiri yang diantaranya berisi profile restaurant, kegiatan- kegiatan yang akan kami lakukan, serta daftar menu. Tujuannya adalah selain untuk memperkenalkan keunikan Sekoci Resto, tetapi juga untuk memfasilitasi konsumen dalam mengetahui lebih dalam dan mudah seputar informasi dan kegiatan di Sekoci Resto. Website atau blog tersebut akan di promosikan di forum- forum internet yang memiliki banyak user seperti kaskus. Kami pun berniat ingin melakukan kerjasama dengan google atau yahoo dalam pemcarian di search enginge mereka. Misal keywordnya restaurant, maka dengan

 Iklan Koran

Tipe promosi ini membutuhkan dana yang besar, sehingga baru akan dilakukan pada awal tahun kedua setelah restaurant dibuka. Kami akan memasukkan iklan Sekoci Resto khusunya pada hari minggu yang intensitas pembacanya lebih banyak dan memang dikhususkan untuk wisata keluarga. Dengan tipe promosi ini kami berharap dapat menarik pengunjung lebih banyak dan luas lagi.

 Public Relationship

Untuk menunjang communication dengan customer yang baik dan untuk membantu promosi dari restaurant kami ini, maka public relationship kami gunakan. Dengan adanya PR kami berharap hubungan antara customer dengan kami akan semakin baik. PR ini juga bertujuan untuk membantu melayani keluhan customer guna untuk meningkatkan pelayanan restaurant kami. Di samping itu PR ini sendiri berguna sebagai sarana untuk membantu memasarkan restaurant kami baik dari koneksi yang ada ataupun dengan bantuan media.

4.6 Location

Dalam melakukan kegiatan usahanya, Sekoci resto menyewa tempat berukuran 120m 2 yang terletak di Lantai 3 Pondok Indah Mall 1.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Pondok Indah Mall merupakan salah satu mall terfavorit di Jakarta sehingga orang berkeinginan untuk dapat mengunjungi mall ini, mall ini terletak di kawasan Jakarta Selatan yang berada dikawasan Perumahan Pondok Indah, dekat dengan kawasan Lebak Bulus dan pintu Tol yang yang mengarah ke Bintaro dan BSD maupun arah Ragunan dan Pasar Minggu Seperti yang telah kita ketahui bahwa Pondok Indah Mall merupakan salah satu mall terfavorit di Jakarta sehingga orang berkeinginan untuk dapat mengunjungi mall ini, mall ini terletak di kawasan Jakarta Selatan yang berada dikawasan Perumahan Pondok Indah, dekat dengan kawasan Lebak Bulus dan pintu Tol yang yang mengarah ke Bintaro dan BSD maupun arah Ragunan dan Pasar Minggu

Pondok Indah Mall mempunyai fitur yang lengkap mulai dari berbagai macam tempat perbelanjaan seperti Metro, Sogo, Hero, Tb.Gramedia, Tb.Gunung Agung, dkk sampai dengan tempat makan dan hiburan sehingga orang pun cenderung ingin datang ke mall ini karena fasilitas yang all in one.

Pemilihan PIM ini sendiri sebenarnya mengundang beberapa pertanyaan mengenai alasan pendirian first mover business ditempat yang tergolong memiliki harga sewa yang relatif mahal. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pemikiran kami bahwa lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah marketing karena dengan lokasi yang tepat maka target kita lebih mudah untuk dicapai. Pemikiran ni juga merujuk dari pendapat salah satu businessman terkemuka di dunia yaitu Florentino Perez, seorang businessman asal Spanyol yang merupakan President of Real Madrid Club de Futbol, yang berpendapat bahwa “Sesungguhnya sesuatu yang paling mahal itu justru adalah yang paling murah ”. Dengan menggunakan konsep ini, maka Pondok Indah Mall yang mempunyai harga sewa yang tinggi tidak terlalu berdampak pada Sekoci Resto karena Mall ini memiliki pengunjung yang relatif banyak tiap harinya dan menunjang proses marketing Sekoci Resto.

PIM 1

V. THE TEAM

Sekoci Resto telah memiliki tim yang solid. Dimana di dalamnya sudah terdapat adanya differensiasi tugas dari masing-masing departemen, sehingga akan semakin menigkatkan efektivitas dan effisiensi dalam usaha guna mencapai misi dan tujuan Sekoci Resto.

Team Sekoci Resto terdiri dari Astari Kirana Putri sebagai Chief Executive Officer, kemudian Danny Rakhmandita Akhwan sebagai Operating Manager, Muhammad Imadudin Hanif sebagai Marketing Manager, Muhammad Ridho sebagai Financing Manager, dan yang terakhir Dian Putra Pradana sebagai Human Resources Assistant.

Berikut adalah struktur dari Sekoci Resto:

CHIEF EXECUTIVE OFFICER Astari Kirana Putri

MARKETING MANAGER

OPERATING MANAGER

FINANCING MANAGER

Muhammad Imadudin Hanif

Muhammad RIdho

Danny Rakhmandita Akhwan

HUMAN RESOURCES ASSISTANT Dian Putra Pradana

Masing-masing jabatan yang disebutkan di atas memiliki Job Description yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Chief Executive Officer

Sebagai pemimpin perusahaan, Astari Kirana Putri bertugas untuk melaksanakan tujuan dan sasaran strategis Sekoci Resto. Selain itu, beliau juga memiliki tugas untuk memberikan arahan dan kepemimpinan menuju pencapaian

filosofi, misi, strategi, tujuan dan sasaran tahunan yang ada di Sekoci Resto.

2. Operating Manager

Sebagai Operating

Danny Rakhmandita Akhwan bertanggung jawab atas semua kegiatan operasional Sekoci Resto.

Manager

perusahaan,

Tugas-tugas yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:  Meningkatkan sistem operasional, proses dan kebijakan dalam

mendukung misi Sekoci Resto.  Memainkan peran penting dalam perencanaan jangka panjang Sekoci Resto  Bertanggung jawab terhadap penggajian staff dan karyawan.

3. Financing Manager

Sebagai Financing Manager perusahaan, Muhammad Ridho bertugas untuk mengatur alur keuangan yang ada di Sekoci Resto. Mulai dari awal berdiri, pembangunan, hingga biaya yang masuk dan dikeluarkan dalam kegiatan operasional,

semuanya akan dicatat dalam buku tahunan perusahaan. Maka dari itu beliau juga bertanggung jawab untuk Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di Sekoci Resto dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu. Hal ini berguna untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial Sekoci Resto.

4. Marketing Manager

Sebagai Marketing Manager Perusahaan, Muhammad Imadudin Hanif bertugas untuk merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran bersama Sales & Marketing Supervisor(s) untuk mencapai target

penjualan Sekoci Resto. Selain itu, beliau juga bertanggung jawab untuk mengembangkan pasar secara efektif dan efisien guna tercapainya target Sekoci Resto.

5. Human Resources Assistant

Berkedudukan di bawah Operating Department, Dian Putra Pradana sebagai Human Resources Assistant bertugas untuk membantu kelancaran kegiatan operasional, khususnya di bidang Human Resources. Jadi beliau-lah yang bertanggung

jawab terhadap kinerja karyawan, staff, dan termasuk juga juru masak. Lebih rincinya, tugas dari Human Resources Assistant adalah sebagai berikut:  Merencanakan dan mengembangkan kebijakan dan sistem pengelolaan

Sumber Daya Manusia (SDM) Sekoci Resto  Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan fungsi manajemen

Sumber Daya Manusia (SDM) di seluruh bagian perusahaan agar dapat menunjang dan meningkatkan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mencapai target Sekoci Resto.

VI. Operations Plan

6.1 Operating Details

Dalam pelaksanaan operasional harian restaurant kami, kami juga menargetkan adanya perkembangan dan perubahan ke arah yang lebih

baik terutama untuk pengembangan restaurant kami, untuk mengembangkan restaurant ini, kami mengandalkan adanya pembukaa cabang baru untuk restaurant ini. Namun, seperti pada umumnya, pembukaan cabang baru membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal tersebut akan kami kumpulkan dari retained earning dari restaurant kami sebelum akhirnya kami akan mendapatkan modal yang cukup untuk mengembangkan perusahaan ini.

Berikut akan dijelaskan mengenai gambaran operating detail kami dan rencana pengembangan. Namun sebelumnya akan kami jelaskan hal- hal yang menjadi gambaran umum pengembangan restaurant kami ini.

6.1.1 Daily Operation Operasional harian restaurant kami akan menghasilkan revenue yang bisa menutupi modal yang telah dikeluarkan untuk mendirikan restaurant ini. revenue tersebut pastinya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya profit dan promotion dari restaurant ini. Konsep restaurant yang unik ini tentunya akan menjadi daya tarik yang sangat menarik bagi customer sehingga akan lebih banyak customer yang akan memilih untuk makan di restaurant kami. Hal tersebut dapat menambah revenue harian dari restaurant kami yang dapat kami gunakan untuk mengembangkan restaurant kami. Keseluruhan revenue tersebut akan kami sisakan atau kami tahan sebagai retained earning untuk pengembangan restaurant kami. Apabila modal yang didapat dari revenue tersebut 6.1.1 Daily Operation Operasional harian restaurant kami akan menghasilkan revenue yang bisa menutupi modal yang telah dikeluarkan untuk mendirikan restaurant ini. revenue tersebut pastinya akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya profit dan promotion dari restaurant ini. Konsep restaurant yang unik ini tentunya akan menjadi daya tarik yang sangat menarik bagi customer sehingga akan lebih banyak customer yang akan memilih untuk makan di restaurant kami. Hal tersebut dapat menambah revenue harian dari restaurant kami yang dapat kami gunakan untuk mengembangkan restaurant kami. Keseluruhan revenue tersebut akan kami sisakan atau kami tahan sebagai retained earning untuk pengembangan restaurant kami. Apabila modal yang didapat dari revenue tersebut

6.1.2 Networking Development Proses perkembangan restaurant kami ini tidak lepas dari adanya networking yang baik yang dapat kami bangun melalui relasi- relasi yang ada dan dengan customer. Tujuan kami untuk mengembangkan networking kami adalah untuk mempermudah pengembangan restaurant kami ini. Semakin banyak networking kami akan memudahkan pengembangan restaurant kami. Selain itu networking juga memungkinkan adanya investor yang ingin menginvestasikan sebagian dananya untuk pengembangan restaurant kami, namun untuk networking development kami menargetkan agar mendapatkan banyak networking sehingga restaurant kami dapat mendapatkan banyak masukkan untuk pengembangan restaurant ini ke depannya.


Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

64 1442 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

23 379 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

25 339 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

6 211 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

18 314 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

27 424 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

21 386 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

9 236 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

13 396 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

21 450 23