PENGGUNAAN PAKAN BERBASIS BUNGKIL KOPRA PADA PEMBESARAN IKAN BANDENG DI TAMBAK

  Penggunaan pak an ber basis bungk il k opr a pada pem besar an ikan ..... (Usm an) PENGGUNAAN PAKAN BERBASIS BUNGKIL KOPRA PADA PEMBESARAN IKAN BANDENG DI TAMBAK Usm an, Kam ar udd in , Asda Lain in g, d an Nelt je N ob ert in e Pali ng gi

  Bal ai Penel i ti an d an Peng em bangan Bud i daya Ai r Payau Jl . Makm ur Dg. Si tak ka No. 12 9, Mar os 905 12, Sulawesi Selat an E- m ai l: siganus00 7 @y ahoo.com (Nask ah dit er im a: 1 2 Juli 2 01 3; Diset uj ui publikasi: 22 Okt ober 2 01 3)

ABST RAK

  Bungkil k opra m erupakan hasil sam ping dari peng olahan kopr a untuk m enghasil kan m inyak, berpotensi digunakan sebagai kom ponen utam a dalam pakan ikan, khususnya i k an- i k an herb i vor a- om ni vora, k ar ena k andung an p r otei nnya cukup ti ng g i, k eter - sed iaannya relatif banyak di daer ah- daerah t ertentu dengan harga m urah. Penelit ian ini bertujuan m eningkatkan pem anfaatan bahan baku lokal (bungkil kopra) dalam pakan untuk pem besaran ikan bandeng di tam bak. Penelitian dilakukan dengan m enggunakan

  2 tam bak berukuran 2.500 m sebanyak tiga unit, m asing- m asing disekat dengan waring

  2 m enjadi dua bagian, sehingga m enjadi enam petak (@ 1.250 m ). Ikan uji yang digunakan adalah yuwana ikan bandeng berukuran awal 67 g/ ekor yang ditebar dengan kepadatan 6.00 0 ek or / ha. Ti ga p ak an uj i yang t er dir i at as d ua pakan buat an berb ahan utam a tepung bungkil kopra yaitu 65% (BK- 65) dan 55% (BK- 55), serta pakan kom ersil (PK).

  Hasil peneliti an m enunjukk an b ahwa ikan yang d iber i pakan berb asis bungkil kop ra (BK- 65 d an BK- 55 ) cenderung m em il ik i koefi si en k ecer naan b ahan keri ng , pr ot ei n, d an energ i yang lebi h r endah d ar i pada pakan kom er si l. Nam un laju p ert um buhan hari an i k an, r asi o konver si p ak an, d an r asi o ef i siensi p r ot ei n t i d ak b er b eda nyat a (P> 0,05) di antara perlakuan, kecuali bobot akhir ikan tertinggi (P< 0,05) pada ikan yang diberi pakan kom ersil. Sem entara retensi lem ak tertinggi terjadi pada ikan yang diberi pakan PK, diikuti berturut- turut yang diberi pakan BK- 65 dan BK- 55. Pakan berbasis b ung k i l k op r a l ayak d i g unak an seb ag ai p ak an al t er nat i f d al am p em b esar an i k an bandeng tradisional (+ ) di tam bak.

  KATA KUNCI: bu ng k il k opr a, p ak an, ik an band eng , per tu m b uhan, tam b ak ABST RACT : Ut il iz ati on of copr a cak e base diet f or m ilk f i sh gr ow - ou t in p on d . By : Us m an , Ka m a r u d d i n , As d a La i n i n g , a n d N e l t j e

  Nob er t i n e Pal i n g g i Copr a cake is a by -pr oduct in copr a pr ocessing to pr oduce coconut oil. It has potential to be used as a m ajor com ponent of f eed ingr edient f or her bivor ous-om nivor ous f ish, because it has r elatif high of pr otein cont ent, abundance in som e ar ea and low-pr ice. The objective of t he exper im ent was to incr ease t he ut ilization of local r aw-m ater ial

  2 (copr a cake) in diet f or m ilkf ish gr ow-out. Thr ee 2,500 m ponds, and the ever y pond was divided int o t wo equal com par tm ent s by m onoet hilen-net , so becom e six pond

  2

  2 units (@ 1,2 50 m ). Juvenile of m ilkf ish (6 7 g) wer e stocked into the each 1,2 50 m pond wit h densit y of 6 ,0 00 f ish/ ha. Thr ee test diets with consist of t wo dr y pellet s contain 65% of copr a cake (BK-65) or 55% of copr a cake (BK-55), and com m er cial f eed.

  The r esults shown that the BK-6 5 and BK-55 t end t o have dr y m att er , pr otein, and ener gy digestibility coef f icients wer e lower com par ed to the com m er cial f eed. However ,

  

the specif ic gr owt h r at e, f eed conver sion r at io, and pr ot ein ef f iciency r at io didn’ t

dif f er signif icant ly (P>0.0 5) am ong t r eatm ent s. Except, t he f inal weight of f ish was

signicf ica nt ly (<0 .0 5 ) higher value f or f ish f ed com m er cial f eed com pa r ed t o t he

other s f eed t ests. The higher st lipid r etention was f ound in f ish f ed com m er cial f eed,

was f ollowed by f ish f ed BK-5 5 and BK-65 r espectively . The copr a cak e based f eeds

wer e suitable as alt er native f eed f or m ilkf ish gr ow-out in tr aditional (+) pond sy stem .

  KEYWO RD S: copr a cak e, f eed, m i lk f ish, g row th , pond PENDAHULUAN

  Pakan m erupakan salah satu fakt or kun ci d al am k eg i at an b u d i d aya p er i k an an d an ko ntribusinya d apat m encapai 70 % d ari tot al biaya produksi pada kegiatan budidaya inten- sif (Harris, 200 6). Mening kat nya kepadat an ik an ten tu m em b utu hkan j uga pen ing kat an j u m lah k eb u t u h an p ak an sei ri n g d en g an penin gkatan biom assa ikan, sem ent ara daya d u k u n g p ak an al am i d ari ar eal b u d i d aya tersebut sangat terbat as. Ak ibat d aya du kung dari pak an alam i yang tidak m encu kup i d an ag ar ikan t etap d apat tu m bu h n orm al, m aka diperluk an adanya tam b ahan pakan dari luar.

  Saat ini, harga pakan kom ersil cend eru ng semakin m eningkat, sementara harga ikan hasil bu did aya tidak m engalam i penin gkatan yang seim b ang , m enyebabkan pem bu did aya ik an t eru s m en cari p ak an alt ern at if yang d ap at menunjang keberlanjutan usahanya. Para pem- bu did aya ik an ban deng di tam bak m isalnya, saat in i b an yak m en g g u n ak an m i ap k iran sebag ai pak an alt ern atif . Nam u n, akibat per- m intaan yang banyak m enyebabkan m i apkiran in i j uga m enjadi rebu tan para pem bud idaya dan m enj adi lan gka. Oleh karen a it u, harus diupayakan pakan alternatif lainnya, utam anya den gan m enggu nakan bah an baku lo kal yang ketersediaannya cukup banyak dan sepanjang tahun.

  Tepun g b ungk il kop ra m erupak an salah satu lim b ah (hasil sam pin g) dari p engo lah an k op ra u nt u k m eng h asilk an m in yak k elapa. Tepun g b ung kil ko pra ini berpo ten si unt uk digun akan sebagai kom pon en utam a dalam pakan ik an, khu susnya ik an- ikan herbivora- omnivora, karena kandungan proteinnya relatif tinggi sekitar 18%- 24%, meskipun juga memili- ki kandu ngan serat kasar yang cuku p t ing gi sekitar 13%- 16% (Hertam pf & Piedad- Pascual, 200 0). Pengam atan di lapangan juga m en un- ju kkan b ahwa ikan ban den g yang dipelihara d i tam b ak deng an k ep adatan cu k up t in gg i sekit ar 2 5.0 00 eko r/ ha dapat m engon sum si dan m em an faatkan langsung tepun g bu ngk il kelapa ini dengan baik seperti pakan bandeng (pelet) kom ersil (Makmur, kom unikasi pribadi, 20 10 ). Beberapa pem b ud idaya j uga m en g- inform asikan bahwa ikan bandeng yang diberi m akan an bun gkil k elap a atau bu ngk il kop ra d ap at b eb as d ari b au lu m p u r (g eo sm in e). Sem entara produksi bungkil kopra di beberapa tem pat seperti Su lawesi Selatan cuku p t ing gi dengan harga sekitar Rp 2.000- 2.500/ kg atau leb ih ren dah d ari h arg a d ed ak halu s yait u sekit ar Rp 2 .50 0- 3 .000 / kg yang m eru pak an salah sat u b ahan d asar ut am a dalam pak an ikan bandeng. Berdasarkan hal tersebut, m aka untuk mendapatkan harga pakan ikan bandeng yang m urah dan ek onom is khu susnya pada pem eliharaan di tam bak , m aka pem anf aat an tepun g b ung kil ko pra dalam pak an ikan ini perlu dioptim alkan.

  Ik an b an d en g m er u p ak an sal ah s at u ko m od itas yang ban yak dikem bang kan oleh p em b u d i d aya ik an d i In d o n esia t erm asu k k aw asan Asi a Ten g g ar a l ain n ya. Ik an in i cen d eru n g t erg o lo n g h erb ivo ra- o m n ivo ra (Huism an , 19 87; Bagarinao, 199 4), dan pada uk uran yuwan a m em b utu hkan p rotein pak an yan g relat if r en d ah u n t u k t u m b u h secara o pt im u m yait u sekitar 2 4 % (Su m ag aysay & Borlongan, 1995), 23%- 29% (Sudradjat, 2010), bahkan p akan ik an ban den g k om ersil yang bered ar di p asaran ad a yang m em iliki kad ar protein sekitar 17 %. Mesk ipu n Pascual (19 89

  dalam Millam ena 20 02 ) m elapo rkan b ah wa

  kadar protein dalam pakan untuk pertumbuhan op tim um yuwana ikan b and eng ant ara 30 %- 40%. Perbedaan kebutuhan kadar protein dalam pakan untuk ikan bandeng ini dipengaruhi oleh banyak faktor utamanya sumber protein pakan, su sun an bahan d alam f orm ulasi p akan d an m etode pem eliharaan ikan.

  Sehub ung an d eng an hal terseb ut, m aka telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk m ening katkan pem anfaatan b ahan baku lokal (bungkil kopra) dalam pakan untuk pem besaran ikan bandeng di tam bak.

  J. Ris. Akuakultur Vol. 8 No. 3 Tahun 20 13: 41 7-4 27

  Penggunaan pak an ber basis bungk il k opr a pada pem besar an ikan ..... (Usm an)

BAHAN DAN METODE Tambak Percobaan dan Pemeliharaan

Ikan

  Pakan Uji

  Penelitian ini dilakukan di tam bak Instalasi Ad a t iga pak an uji yang dicobak an dalam

  Pen el i t i an M ar an a, Bal ai Pe n e l i t i an d an p en elit ian in i yan g t erd iri at as d u a p ak an Pen gem b an gan Bud id aya Air Payau . Wadah buatan berb asis bungkil kopra yaitu m engan- perco baan yang dig unakan ad alah tiga pet ak

  2

  dung 65% bungkil kopra (BK- 65) dan mengan- tam bak beruku ran 2.500 m , m asing - m asing du ng 5 5% bung kil kop ra (BK- 55), serta pak an dibag i du a (disekat dengan waring, seh ing ga kom ersil (PK) (Tabel 1). Jum lah pem berian pro- m en j ad i en am p et ak d en g an u k u ran lu as

  2

  tein harian ke dalam t am b ak disam akan (6 g/ m asin g- m asing 1.2 50 m ). Tam bak terleb ih kg ik an) (Su m ag aysay, 199 1), sehin gga dosis d ah u l u d ilak u k an p ersiap an b eru p a p em - pem b erian p ak an h arian nya seban yak 2,7% beran tasan h am a, p engerin gan , p engapuran dari biom assa ikan uj i. Aplikasi p akan uj i ini (dolom it 600 kg/ ha), dan pemupukan (urea 150 d id esain d en g an ran can g an acak len g k ap kg / ha dan TSP 7 5 k g/ ha). Set elah m akan an yan g t er d i ri at as t i g a p er lak u an d an d u a alam i t u m bu h , m ak a d ilak u k an p en ebaran yuwana ikan bandeng dengan bobo t rata- rata ulangan.

  Tabel 1. Kom posisi bahan dan analisis proksim at pakan uji (% bobot kering)

  Table 1. Com posit ion and pr oxim at e analysis of t he exper im ent al diet s (% dr y m at t er ) Pakan uji ( Test diet s) Bahan Bungkil kopra 65 Bungkil kopra 55 Pakan komersil

  Ingr edient s Copr a ca ke 65 Copr a ca ke 55 Com m er cia l f eed

  Tepung ikan lokal (Local fish m eal )

  10.00

  15.00 Tepung bungkil kopra

  65.00

  55.00 Copr a cake m eal Dedak halus (Rice br and )

  10.00

  10.00 Tapioka (Cassava st ar ch )

  14.50

  19.50

  1)

  Vitamin mix

  0.25

  0.25

  2)

  Mineral mix

  0.25

  0.25 Total 100.00 100.00 100.00

  Analisis proksimat ( Pr oxim a t e a na lysis)

  • Protein kasar (Cr ude pr ot ein )

  20.3

  21

  21.5

  • Lemak (Lipid )

  14.9

  13.3

  6.6

  3)

  • BETN (NFE)

  43.5

  44.8

  56.3

  • Serat kasar (Cr ude fibr e )

  10.8

  9.7

  7.7

  • Abu (Ash )

  10.5

  11.2

  7.9

  4)

  • Energi total (Tot al ener gy ) (MJ/ kg)

  18.2

  17.9

  17.4 Harga pakan (Feed pr ice ) (Rp/ kg) 3,500 4,000 6,100 Ket erangan (Rem ar k): 1 )

Vit am in m ix (dalam 1 kg pakan): Vit . A 3000 IU; Vit . D 500 IU; Vit . E 2 IU; Vit . K 0,5 m g; Vit . B 0,5 m g; Vit .

1 B 1,25 m g; Vit . B 0,125 m g; Vit . B 3 mg; Vit. C 6,25 m g; Calcium D- Pentat henat e 1,5 m g; Niacin 10 m g, 2 6 12 2 ) dan Cholin chloride 2,5 m g

Mineral m ix (dalam 1 kg pakan): Mananese 30 m g; Iron 5 m g; Iodine 0,05 m g; Zinc 25 m g; Cobalt 0,05

3 ) m g; dan Copper 1 m g 4 ) BETN (Bahan ekst rak t anpa nit rogen) / NFE (Nit r ogen f r ee ext r act )

Energi t otal dihitung berdasarkan nilai konversi prot ein = 23,6 MJ/ kg; lemak 39,5 MJ/ kg; dan BETN = 17,2

  

MJ/ kg (NRC, 1993) (Calculat ion f r om t he det er m ined pr ot ein, lipid and NFE of t he diet using gr oss ener gy

conver t ion coef f icient s of 23,6; 39,5 and 17,2 MJ/ kg r espect ively (Nat ional Resear ch Council, 1993))

  J. Ris. Akuakultur Vol. 8 No. 3 Tahun 20 13: 41 7-4 27

  67± 6,5 g; sebanyak m asing- masing 750 ekor/ pen gum pu lan feses dilakukan set iap t iga jam

  2

  1.250 m atau 6.0 00 eko r/ h a. Setelah satu untuk m encegah terjadi leaching nutrien pada bu lan pem eliharaan ik an terseb ut, m akan an feses. Feses yang terkum pul secepatnya d i- sim p an dalam fr eezer h in gg a cuk up u nt uk alami m ulai berkurang secara drastis, sehingga analisis kem udian dikeringkan. m u lai d ilak u k an p em b er ian p ak an b u at an (perlakuan). Sebelum pem berian pakan buatan,

  Perhitungan Respons Pertum buhan

  terlebih dah ulu dilaku kan sam pling sehing ga

  Ik an dan Pem anf aatan Pakan Uji

  didapatkan data bobot rata- rata ikan 90± 10,1 g sebag ai acu an pen entu an awal d osis p em b e- Setelah aplikasi pakan uji selam a 120 hari, rian pakan. peubah p ertu m bu han yang dih itun g adalah

  Selam a pem eliharaan, dilakukan pergantian laju pertumbuhan spesifik (SGR) ikan berdasar- air setiap dua m inggu seban yak 30 %. Unt uk kan fo rm u lasi berik ut (Sch ulz et al., 2 005 ). mempertahankan produksi m akanan alami dan ln We – ln Ws m enyuplai nutrien untuk mem percepat proses - 1

  SGR (% day ) = x 1 00% dekom posisi bahan org anik, m ak a d ilakuk an d pem berian pu puk Ph onska (m engan dun g n i-

  di m ana:

  trogen- phospor- kalium - sulphur dengan per-

  We = b ob ot r at a- r at a i nd ivi d u i k an p ada akhi r

  band ingan 15 - 15- 15- 1 0) seban yak 24 k g/ ha

  percobaan (g), Ws= b obot rat a- r at a individu ik an

  set iap set elah p erg an t ian ai r. Mo n it o ri n g

  p ad a aw al p er c o b aan (g ), d an d = p er i o d e

  kualitas air yang m eliputi: suhu, pH, salinit as,

  pem eliharaan (har i)

  dan oksig en terlaru t dilakukan setiap m in ggu secara in sit u d an d i labo rato riu m , sem entara Rasio konversi pakan (FCR) = Jum lah pakan

  TAN (t ot al am onia nit r ogen), nit rit, nitrat, dan yang diberikan (g) / (Pertambahan bobot ikan fo sfat d ilak ukan setiap dua m inggu . Peng a-

  • Bobot ikan m ati (g)) m at an p ro d u k t ivit as p rim er d an p lan k t o n

  Rasio efisiensi protein = Pertam bahan bobot dilak ukan pada awal dan akhir b ulan pertam a ikan (g bobot basah) / Jumlah konsumsi pro- p em b erian p ak an b u at an d an sel an j u t n ya tein (g bo bo t kering) (Tak eu ch i, 1 98 8; setiap d ua m ing gu, sem en tara pengam at an Hardy, 1989) total bakteri heterotrof dilakukan setiap bulan.

  Retensi protein (%) = 100 x {Pertambahan pro- Pro du k t ivit as p rim er d iu k u r m en g g u nak an tein ikan (g) / Jum lah konsum si protein (g)} botol terang (BT)- botol gelap (BG) berdasarkan

  (Takeuchi, 1988) m et o d e yan g d il ak u k an o l eh Tam b ar u & Sintasan (%) = {Jum lah ikan akhir / Jumlah ikan

  Sam awi (2 008 ). Sem en tara kelim pahan d an k o m p o sisi j en is p l an k t o n d i am at i m en g - awal} x 100 gunak an m ikro skop dan alat bantu Sedgewick

  Koefisien kecernaan (AD) bahan kering (DM)

  Raft er Count ing Cell (SRC) serta bu ku iden-

  at au b iasa d iseb u t k ecern aan t o t al p ak an tifikasi plankton dari Yamaji (1979) dan Newell dihitung berdasarkan rumus (Mohapatra et al., & Newell (197 7). 2012) berikut:

  Selain itu, jug a d ilakuk an analisis k ecer- naan pakan. Wad ah percobaan yan g digun a- M

  D

  k an b er u p a t ig a t an k i conica l f i br e g la ss AD (%) = 1 – x 1 00%

  DM

  M

  F

  b ervo lum e 2 0 0 L yang d ilen g k ap i d en g an sistem aerasi dan pergantian air. Ikan bandeng

  di m ana:

  u k uran sek it ar 1 5 0 - 2 0 0 g d it ebar d eng an

  M d an M b er t ur u t - t u r u t ad al ah k on sen t r asi D F

  k ep ad at an 1 0 ek o r/ t an k . Ket ig a p ak an u j i

  indik at or Cr O d alam p akan d an feses 2 3

  tersebut ditam bahkan krom ium oksida (Cr O )

  2

  3

  sebag ai indikat or m asing- m asing seb anyak Sem en tara k o efisien k ecernaan n u t rien

  0,70% (Furuichi, 1 988 ). Ikan d iberi p akan u ji (NUT) pakan yang m eliput i protein k asar (CP), secara satiasi per h ari den gan freku ensi d ua lem ak (L), dan energi (E) dihitung berdasarkan kali seh ari pad a p agi dan sore hari. Beb erapa r u m u s (Wat an ab e , 1 9 8 8 ; H ar d y , 1 9 8 9 ; saat setelah pem berian pakan , air dikeluar- Masagounder et al., 2009) berikut: kan u ntu k m em b uan g sisa pak an yan g ada dengan membuka kran bagian bawah. Sebelum

  M x A

  D F

  pengambilan feses, ikan diadaptasikan dengan AD (%) = 1 – x 1 00%

  NUT

  M x A

  F D

  pakan uji tersebut selam a satu m in ggu, lalu

  Analisis Kimia dan Statistik

  di m ana: A D and A F adal ah konsent r asi pr ot ein kasar , l em ak, dan ener gi ber t ur ut - t ur ut dalam pakan dan f eses.

  o

  C selam a 16 jam , serat kasar d en gan ek strak si eth er, abu d eng an p em - bakaran dalam muffle fur nace pada suhu 550

  o

  C selam a 24 jam , protein kasar dianalisis dengan m icro - Kj eldahl, lem ak didet erm inasi secara g ravim et r i c d en g an ex t r ak si ch lo r o f o rm : m ethanol pada sam pel. Kadar krom ium dalam sam pel pakan dan feses dianalisis berdasarkan pro sedur Takeuchi (198 8).

  Peubah yang d iam ati berupa laj u p ertu m - buhan spesifik ikan, rasio konversi pakan, rasio ef isien si p r o t ein , ret en si p r o t ein , ret en si lem ak , k o m p o sisi k im ia t u b u h , k ecern aan nu trien p akan, analisis b iaya p rod uksi, d an ku alit as air (Tot al am m onia nit r ogen (TAN), nitrit, nit rat, fo sfat, pH, alkalinit as, ok sig en terlarut, salin itas, dan pro duk tivitas prim er, b ak t eri het ero t ro f ). Beb erap a h asil p en ga- m atan peubah tersebut dianalisis ragam d an dilanjutkan dengan uji nilai tengah dengan LSD taraf 5% (St eel & Torrie, 1 995 ), d an seb agian dianalisis secara deskriptif.

  Pada analisis p rok sim at p akan d an f eses, sam p el yang r epr esent at ive d ianalisis ber- dasarkan m et ode AOAC Int ern ational (1 999 ): bahan kerin g (DM) dik eringk an den gan oven pada suhu 10 5

  Kecernaan Pak an

  Kecernaan p akan m erupakan salah satu in dik ato r awal unt uk m en guk ur k em am pu an ik an m em an f aat k an p ak an . Nilai k oef isien kecernaan pakan uj i disaj ikan p ada Tab el 2. Pada tab el terseb ut terlihat b ahwa k edu a p a- kan yang berbasis bun gkil k opra cend eru ng m em iliki koefisien kecernaan b ahan kerin g, protein, dan energi yang lebih rendah daripada p ak an k o m er sil . Salah sat u k em u n g k in an p e n y e b ab r e n d ah n y a k e c e r n aan b ah an kering, p rot ein , dan energi pakan b erb asis bungkil kopra ini adalah kandungan serat kasar pakan yan g cuku p t ingg i (9,7 %- 1 0,8 %) (Tab el 1). Kandu ngan serat kasar pakan yang t ing gi m erup akan ko ntribu si d ari ko m po nen bah an utam a bungkil kopra yang m eng andung serat kasar cu kup tin ggi (1 3,5 %). Menuru t Nyin a- Wam wiza et al. (2010), kandungan serat kasar bahan yang tinggi dalam pakan dapat m enye- babkan kecernaan b ahan kerin g d an energi p akan m en j adi ren d ah. Selain serat k asar, bu ngkil k opra ju ga m en gand ung non-st ar ch

  polysaccar ida yang cu kup tingg i k hususn ya

  m anna dan galactom ann an (25 %- 30 %), yang d ik et ah u i m em ili k i si f at an t i- n u t ri si p ad a beberapa jenis hewan m onogast ic (Sun du et

  al., 20 09). Ko efisien kecernaan lem ak pada

  pakan berbasis bungkil kopra juga cenderung lebih rend ah diband in gk an pakan ko m ersil (Tabel 2 ). Men uru t De Silva & Perera (1 984 ), kecernaan n utrien bah an atau p akan cend e- ru ng m en uru n j ika kan dun gan nu trien dalam b ah an / p ak an t ersebu t san g at t in g g i. Kan - du ngan lem ak p akan m asin g- m asing unt uk pakan berbasis kopra 65% sebanyak14,9%; dan yang berb asis b ung kil kop ra 55% seb anyak 13,3%; sedang kan pakan kom ersil hanya 6,6%

HASIL DAN BAHASAN

  Tabel 2. Koefisien kecernaan pakan uji pada ikan bandeng

  87.0

  Va r ia b l e of f eed d ig est i b il it y ( %) Penggunaan pak an ber basis bungk il k opr a pada pem besar an ikan ..... (Usm an)

  T est d iet s Peub ah kecernaan p akan

  87.4 Pakan uji

  93.1

  91.6

  73.9

  82.1 Pakan komersil (Com m er cial f eed)

  92.1

  67.5

  Table 2. Appar ent digest ibilit y coefficient s of t est diest for m ilkfish Bahan kering

  83.0 Bungkil kopra 55 (Copr a cake 55 )

  91.2

  87.5

  68.0

  Bungkil kopra 65 (Copr a cake 65 )

  En er g y

  Sal ah sat u u p aya u n t u k m en in g k at k an produ ksi dan m enek an b iaya p ada keg iat an bu did aya ikan adalah m em anf aatk an bah an baku lokal pakan yang tersedia secara memadai khususnya limbah (sisa hasil pengolahan) per- t an ian / p erk eb u n an sep ert i b u n g k il k o p ra. Pem anf aat an b un g kil k op ra seb agai b ahan baku utam a dalam pakan telah dicobakan pada budidaya pem besaran ikan bandeng di tam bak.

  Dr y m a t t er Pro t ei n Lemak

  Li pid Energ i

  • )

  17.7±2.8

  Produksi (kg/ petak) (Product ion (kg/ pond) ) 229±1.0

  a

  228±8.5

  a

  236±4.7

  a

  Retensi protein ( Prot ein ret ent ion ) (%) 38.2±0.6

  a

  37.7±0.3

  a

  38.5±0.6

  a

  Retensi lemak (Lipid ret ent ion ) (%) 14.7±0.4

  a

  a

  95.3±0.6

  62.4±10.4

  b

  Biaya pakan (Rp)/ kg produksi ikan

  Feed cost (Rp)/ kg of fish product ion

  Harga penjualan ikan-biaya pakan (Rp)/ petak

  Fish product ion price-feed cost (Rp)/ compart ment Peubah (Variable) Pakan uji (Test diet s) Pakan komersil

  Commercial feed

  8,650 9,950 14,600 1.04±0.01

  a

  1.04±0.01

  a

  1.06±0.02

  a

  1,896,000 1,715,250 1,495,250

  a

  a

  (Tab el 1 ). Kecern aan n u t rien u n t u k k ed u a pakan berbasis bun gkil k opra t ersebut relat if sam a, meskipun salah satu dari pakan tersebut m em il ik i k an d u n g an b u n g k i l k o p r a leb i h ban yak (65%) den gan k andu ngan tepu ng ikan leb ih sed i k it (1 0 %) d ari p ad a yan g l ain n ya (m eng andu ng bun gkil ko pra 55 % d engan t e- pu ng ikan 15 %). Hal in i k em u ngk inan kan- d u n g an t ep u n g t ap io k a lo k al yan g cu k u p tinggi (1 9,5 %) d alam p akan b erbasis bu ngk il ko pra 55 % sehingg a m em berik an pen garuh n eg at if t erh ad ap k ecernaan n u trien pak an tersebut . Tepu ng t apioka lo kal gr ade-2 yang digunakan seb agai binder dan sum b er energi (k arb ohidrat ) t am b ahan d alam p akan in i m e- rupakan salah satu produk dari pengolahan ubi k ayu t an p a m em bu an g k u lit luar d an ku lit dalam nya.

  Specific growt h rat e (%/ days)

  Performansi Pertum buhan Ikan dan Pemanf aatan Pakan Uji

  Setelah pem eliharaan dan pem berian p a- kan uji selama 120 hari, ikan bandeng yang di- beri pakan berbahan utama bungkil kopra 65% m aupu n yang berbah an u tam a b ung kil kop ra 55% m em iliki laju pertum buhan dan rasio kon- versi pakan yang relatif sam a (P> 0,05) dengan ikan yang diberi pak an kom ersil (Tabel 3). Hal ini menunjukkan bahwa bungkil kopra tersebut dap at dim anfaatkan oleh ikan bandeng un tuk p ert u m b u h an n ya. Nam u n d em ik ian, b ob o t akh ir ikan yang diberi pakan berbasis bung kil kopra ini lebih rendah (P< 0,05) dibandin gkan ikan yang diberi pak an kom ersil.

  Salah satu faktor nutrisi yang m enentukan pertum b uhan ikan adalah k andu ngan prot ein dan profil asam am ino pakan. Kandungan pro- tein pak an yang dicob akan d alam penelitian ini rata- rata 20%- 21%. Hasil analisis ragam m e- nu nju kkan bahwa nilai rasio ef isiensi protein pakan tid ak m en unj ukkan adan ya perb edaan yang nyata (P> 0,0 5) di antara perlak uan (Ta- bel 3 ). Bila m elihat tin gkat k ecernaan bah an kerin g, prot ein dan energi pak an yang relat if rendah pad a p akan b erbasis bun gkil kop ra tersebut, dan adan ya laju pertu m bu han ikan, rasio kon versi p akan , d an rasio efisiensi pro- tein pakan yang tidak berbeda nyat a di ant ara perlakuan, m aka hal in i diduga karena adanya peran m akanan alami yang tum buh di tam bak. Makan an alam i m asih cu kup berperan dalam bu did aya ikan b and eng di tam bak (skala tra-

  Tabel 3. Perform ansi pemanfaatan pakan uji dan pertumbuhan ikan bandeng di tam bak

  Table 3. Feed ut ilizat ion and gr owt h per for m ances of m ilkfish in t he ponds Ket erangan (Rem ar k):

Nil ai d al am bari s yang sam a di ik ut i oleh super scr i pt yang sam a m enunj ukk an t i dak b er beda nyat a

(P> 0,05) (Means in t he sam e r ow f ollowed by t he sam e super scr ipt ar e not signif icant ly dif f er ent (P>0.05))

  Bungkil kopra 65 Copra cake 65

  Bungkil kopra 55 Copra cake 55

  Bobot akhir (Final weight ) (g) 312±4.2

  a

  309±7.1

  a

  330±4.2

  b

  Laju pertumbuhan spesifik (%/ hari)

  Rasio konversi pakan (Feed conversion rat io)

  98.5±1.4

  2.47±0.03

  a

  2.48±0.11

  a

  2.39±0.10

  a

  Rasio efisiensi protein (Prot ein efficiency rat io) 2.20±0.03

  a

  2.12±0.09

  a

  2.25±0.09

  a

  Sintasan (Survival rat e) (%) 97.9±1.7

  a

  J. Ris. Akuakultur Vol. 8 No. 3 Tahun 20 13: 41 7-4 27 disonal plus- sem i intensif), khu susn ya un tuk m ensu plai kebut uhan n utrien essensial yang tidak tersedia secara m em adai di dalam pakan tam bahan (Sum agaysay, 1991 ; Sum agaysay & Borlongan , 199 5; Yap & Villalu z, 201 0).

  Ik an ban deng yang dib eri pakan berbasis bungkil kopra dan pakan komersil memiliki nilai retensi protein (37,7%- 38,5%) yang relatif sama (P> 0,05). Sem en tara ikan yang diberi pak an kom ersil mem iliki retensi lemak yang tertinggi (62,4%), diikuti ikan yang diberi pakan berbasis bungkil kopra 55% (17,7%), dan terendah pada ikan yang diberi pakan berbasis bungkil kopra 65% (14,7%) (Tabel 3). Tingginya retensi lem ak pada ik an yang diberi p ak an ko m ersil m e- nu nju kkan bahwa pada ikan t ersebut terjadi proses lipo gen esis yang tin ggi. Kand ung an lem ak pak an yan g relat if ren dah (6 ,6% bob ot kerin g) m am p u m em bu at kan dun gan lem ak tu buh ik an cuk up ting gi (7,1% bob ot basah atau 22,8% bobot kering) (Tabel 4). Hal ini terjadi karen a kecernaan energ i p akan yang cuk up tingg i (87,4%) (Tabel 2). Sem entara p ada ik an yan g d ib eri p akan b erb asis bu n gk il ko p ra, ret en si lem ak n ya h an ya 1 4 ,7 %- 1 7 ,7 % d an k ed u an ya t i d ak b er b ed a n yat a (P> 0 ,0 5 ). Ret en si lem ak yan g rend ah in i diseb ab kan karen a selain k adar lem ak p akan yang cuk up tinggi (13,3%- 14,9%), kandungan lem ak tubuh juga relatif rendah (4,2%- 4,5% bobot basah atau 15 ,0%- 15 ,4% bob ot kering ) akib at k ecernaan energi yan g relatif ren dah dibandin gkan j enis p akan ko m ersil, seh in g g a laj u lip og en esis relat if rend ah dib and ing kan pada ikan yang diberi pakan kom ersil tersebut.

  a

  Abu (Ash ) 5.5 4.8±0.1

  a

  4.8±0.1

  a

  4.7±1.0

  a

  BETN (NFE) 1.3 1.6±0.7

  a

  1.3±0.7

  0.9±1.0

  0.3±0.2

  a

  Air (Wat er ) 72.2 71.9±0.8

  a

  71.2±1.6

  a

  68.9±0.4

  ab Set elah pemberian pakan uji ( Af t er fed t he t est diet s) Ikan aw al

  Init ia l fish Nut rien

  Nut r ient s Ket erangan (Rem ar k):

Nil ai d al am bari s yang sam a di ik ut i oleh super scr i pt yang sam a m enunj ukk an t i dak b er beda nyat a

(P> 0,05) (Means in t he sam e r ow f ollowed by t he sam e super scr ipt ar e not signif icant ly dif f er ent (P>0.05))

  a

  a

  Ik an yan g diberi p akan b erb asis bu ngk il ko pra 65 % cend eru ng m em ilik i b iaya p akan/ kg produk si ikan yang terend ah, kem udian disusul ikan yang diberi pakan berbasis bungkil ko pra 55 %, d an tertin ggi yang diberi pak an ko m ersil (Tabel 3 ). Sem entara selisih antara h arga penj ualan ik an d eng an biaya p ak an , t ert i n g g i d ip ero leh p ad a ik an yan g d i b eri pakan berb asis bu ngkil ko pra 65%, kem udian disusul ikan yang diberi pakan berbasis bungkil ko pra 55 %, dan terend ah yan g d iberi pak an k om ersil. Ikan yan g d ib eri p ak an k om ersil m em ilik i harga ju al ikan rata- rata lebih tin ggi d i b an d i n g k an p ad a ik an yan g b er i p ak an berbasis bu ngk il kop ra, karena ik an terseb ut dijual p er eko r (per ind ividu) dan ikan yang diberi pakan kom ersil tam pak mem iliki ukuran yan g relatif lebih b esar (m em iliki kadar lem ak tu buh yan g lebih tinggi).

  18.0±0.5

  Kualitas Air

  Sebagai hewan akuatik, ikan membutuhkan kualitas air m edia pem eliharaan yang optim al untuk tum buh secara m aksim um. Kisaran me- dia kualitas air selam a pem eliharaan disajikan p ad a Tab el 5 . Pad a t ab el t ersebu t t erlih at bahwa beberapa peu bah ku alitas air seperti suhu, pH, am onia total (TAN), nitrit, nitrat, dan fosfat relatif cukup baik bagi pertum buhan ikan bandeng. Sem entara kandungan oksigen ter-

  Tabel 4. Kom posisi proksimat tubuh ikan bandeng sebelum dan setelah pem berian pakan uji di tam bak (% bobot basah)

  

Table 4. Whole body pr oxim at e com posit ion of m ilkfish befor e and aft er fed t he t est diet s in

t he pond (% wet basis) Bungkil kopra 65

  Copr a ca ke 65 Bungkil kopra 55

  Copr a ca ke 55 Pakan komersil

  Com m er cia l f eed

  Protein kasar (Cr ude pr ot ein ) 18.3 17.7±0.2

  a

  a

  0.3±0.2

  18.2±0.4

  a

  Lemak (Lipid) 2.4 4.2±0.1

  a

  4.5±0.7

  a

  7.1±1.0

  b

  Serat kasar (Cr ude fibr e) 0.3 0.3±0.04

  a

  Penggunaan pak an ber basis bungk il k opr a pada pem besar an ikan ..... (Usm an) larut sangat rendah pada waktu- waktu tertentu yaitu pada pag i h ari seb elu m m atahari t erb it kh usu snya setelah m em asu ki awal b ulan k e- 3, sehin gga sej ak saat itu m ulai d iop erasik an kincir pada malam hari. Dem ikian juga salinitas air b eru bah m ulai dari 5 pp t p ada awal p e- nebaran h ing ga 42 ppt pad a akhir pem eli- haraan. Peru bahan salinitas tam bak ini terjadi secara p erlahan - lahan karen a ada p eralih an dari m usim hujan m enjadi musim kemarau.

  Produk tivitas Pr imer

  Tabel 5. Nilai kisaran kualitas air m edia selam a pemeliharaan ikan bandeng di tam bak

  Pakan uj i ( T est d i et s) Peub ah Va r ia b les

  1.1-5.4 0.9-5.7 1.2-6.3 pH 7.5-8.8 7.5-8.4 7.5-8.6 Salinitas (Salinit y ) (ppt) 5-42 5-42 5-42 TAN (mg/ L) 0.016-0.686 0.027-0.709 0.010-0.875 Nitrit (Nit r it e ) (mg/ L) 0.002-0.096 0.003-0.094 0.001-0.071 Nitrat (Nit r at e ) (mg/ L) 0.003-0.797 0.002-0.83 0.024-0.875 Fosf at (Phosphat e ) (mg/ L) 0.030-0.374 0.016-0.263 0.003-0.170

  Dissolved ox y gen (mg/ L)

  C) 26.3-33.5 26.4-33.2 26.7-33.4 Oksigen terlarut

  o

  Suhu (Tem per at ur e ) (

  Com m er cia l f eed

  Copr a ca ke 55 Pakan ko mersil

  Copr a ca ke 65 Bung kil ko p ra 55

  

Table 5. Range of wat er qualit y var iables dur ing r ear ing per iod of m ilk fish gr ow-out in ponds

Bung kil ko p ra 65

  4 CFU/ m L d an relatif sam a

  Salah satu indikat or kesubu ran perairan tam bak ad alah produk tivitas prim er. Produ k- tivit as prim er m erupakan laju pem ben tuk an senyawa- senyawa organik yang kaya energi d ari sen yawa- sen yawa an o rg an ik. Sem akin tinggi nilai produktivitas primer, sem akin subur tambak tersebut. Dinamika produktivitas primer di tam bak bandeng disajikan pada Gam b ar 1. Nilai produktivitas prim er tam bak berfluktuasi dari waktu ke waktu, nam un m em iliki nilai ki- saran yang relatif sam a di ant ara petak per- lakuan yaitu berkisar antara 120- 190 m g C/ m

  Dinamika populasi bakteri heterotrof dalam air tambak disajikan pada Gambar 3. Pada gam- bar t ersebut t erlihat b ahwa rata- rata pop ulasi bakteri sek itar 1 0

  Bak te r i H et er ot r of

  dari jen is zoo plankt on d ido m in asi oleh jen is Copepoda, Acar t ia sp . d an Br achionus sp . Plank ton in i m eru pakan m akanan alam i yang c u k u p p e n t i n g b ag i p e r t u m b u h an i k an band en g.

  Chlor ella sp. dan Oscillat or ia sp., sem entara

  / h ari m e- rup akan perairan yang t ergo long eut r ophic. Nilai produk tivitas p rim er dalam t am b ak tersebut berkaitan dengan kelim pahan plank- ton. Semakin tinggi kelim pahan plankton khu- su snya f itop lan kto n, m ak a n ilai produ ktivit as prim er juga tinggi. Pada Gambar 2 terlihat pola d in am ik a k el im p ah an p lan k t o n d i t am b ak perco baan . Secara um um ju m lah k elim pah an plank ton unt uk pet ak ikan yang dib eri pak an berbasis bun gkil k opra 6 5% berkisar antara 8.810 - 13 .940 sel/ L, p etak ikan yan g d iberi pakan berbasis bungkil kopra 55% antara 7.780- 13.790 sel/ L, dan petak ikan yang diberi pakan komersil antara 7.520- 14.530 sel/ L. Hal ini me- nunjukkan bahwa rataan kelim pahan plankton cu kup tinggi un tuk sem ua petak tam bak . Hal in i d isebab kan karena ad anya suplai pup uk an org anik setiap d ua m in ggu unt uk sem ua perlakuan. Abdel- Tawwab et al. (2005) bahkan m en d ap at k an k ep ad at an p l an k t o n an t ar a 4 9 .0 0 0 - 1 1 1 .0 0 0 sel / L p ad a t am b ak i k an belan ak (Mugil cephalus) yan g d iberi pup uk anorganik+ organik dan pakan buatan 3%/ hari, serta 30.000- 67 .000 sel/ L p ada tam bak yang hanya diberi pakan buatan 5%/ hari. Jenis plank- to n yang tum buh di dalam tam bak dari g o- lo n gan f ito p lan k to n d id om in asi o leh jen is

  3

  / hari, sehingga tergo lon g perairan yang cuk up subu r p lan k- ton. Menurut Rodhe dalam Tum belaka (1986), p erairan yan g m em ilik i n ilai p ro d u k t ivit as prim er an tara 30 0- 3 .00 0 m g C/ m

  3

  / jam atau 1.440- 2.280 mg C/ / m

  3

  J. Ris. Akuakultur Vol. 8 No. 3 Tahun 20 13: 41 7-4 27 d an t er lib at d alam l in g k u n g an d an p eran ekolog inya relatif sam a.

  KESIMPULAN

  3.5 PB- 1 PB- 2 PK

  5.0

  5.5

  3 3 0 6 0 9 0 1 2 0

  6.0

  Waktu pem eliharaan (hari) Rear ing per iod (day s)

  (l o g C F U / m L )

  H e te r o tr o f b a c te r ia p o p u la ti o n

  

Figur e 3. Dynam ic pat t er n of het er ot r of bact er ia dur ing r ear ing per iod

in m ilkfish pond gr ow-out P o p u la s i b a k te ri h e te ro tr o f

  Gambar 3. Pola dinam ika populasi bakteri heterotrof selama periode peme- liharaan dalam tam bak pembesaran ikan bandeng

  Pak an b an den g b erbasis b u ng k il k o pra (6 5% dan 55%) m em ilik i k oef isien k ecernaan bahan kering, protein, lem ak dan energi yang lebih rendah d ibandin gkan p akan k om ersil. Sem en t ara p erfo rm ansi p ert u m b uh an ik an sepert i laj u p ert u m bu h an h arian , ko n versi pakan , rasio ef isiensi p rotein, retensi pro tein, dan p rod uksi ik an relatif sam a unt uk sem ua pakan uji, kecuali bobot akhir ikan dan retensi lem ak yang relatif tinggi pada ikan yang diberi pakan kom ersil. Pendapatan tertinggi didapat- kan berturut- turut pada ikan yang diberi pakan berbasis bun gkil k opra 6 5%, pakan berbasis bungkil kopra 55%, dan pakan kom ersil. Pakan b er b asi s b u n g k i l k o p r a layak d i g u n ak an sebag ai pak an alt ernatif dalam pem besaran ikan bandeng tradisional (+ ) di tam bak. Untuk m eningkatkan pem anfaatannya, m utu bungkil kopra perlu ditingk atkan k ualitasnya.

  Lev el ” : Rev i t al i sasi u n t u k k e t ah an an pangan, daya saing ekspor dan kelestarian lingkungan. Orasi Ilm iah Guru Besar tetap Ilmu Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, 65 hlm . Hertrampf, J.W. & Piedad- Pascual, P. 2000. Hand- book on ingr edient for aquacult ur e feeds.

  4.0

  Academic Press, Inc. San Diego, p. 476- 549. Harris, E. 2006. Akuakultur berbasis “Trophic

  sciences, University of Fisheries, hlm . 44- 55. Hardy, R.W. 1989. Diet preparation. In Halver, J.E. (ed.). Fish Nut r it ion. Second Edition.

  cultur e. Tokyo: Departement of Aquatic Bio-

  Watanabe T, Editor. Fish Nutr ition and Mar i-

  De Silva, S.S. & Perera, M.K. 1984. Digestibility in Sar ot her odon nilot icus fry: effect of di- etary protein level and salinity with further observations on variability in daily digest- ibility. Aquacultur e, 38: 293- 306. Fu r u ich i , M. 1 9 8 8 . Carb o h yd r at e. Dal a m

  chanos. Envir onm ent al Biology of Fishes, 39: 23- 41.

  A n al y t i c al Ch e m i s t s In t e r n at i o n al , Gaithersberg, Maryland, USA, 1,141 pp. Bagarinao, T.U. 1994. System atics, distribution, genetics and life history of milkfish, Chanos

  Analysis, 16 t h edn. Association of Official

  AOAC International. 1999. Official Met hods of

  J. Ris. Akuakultur Vol. 8 No. 3 Tahun 20 13: 41 7-4 27

  4.5

DAFTAR ACUAN

  Kluwer Academ ic Publishers, 573 pp. Huism an, E.A. 1987. Pr inciples of fish pr oduc-

  Abdel- Tawwab, M., Eid, A.H.M., Abdelghany, A.E., & El- Marakby, H. 2005. The assessm ent of water quality and prim ary production in earthen fishponds stocked with stripped m ullet (Mugil cephalus) and subjected to different feeding regim e. Tur kish Jour nal of Fisher ies and Aquatic Sciences, 5: 1- 10.

  t ion. Departm ent of Fish Culture and Fish- eries, Wageningen Agricultural University, Wageningen, Netherlands. 170 pp. Masagounder, K., Firm an, J.D., Hayward, R.S.,

  Sun, S., & Brown, P.B. 2009. Apparent di- gestibility of com m on feedstuffs for blue- gill, Lepom is macr ochir us and largem outh,

  cultur e. JICA Kanagawa International Fish- eries Training Centre, Tokyo, p. 179- 233.

  chanos Forsskal) production in brackish-

  water ponds. Asian Fisher ies Science, 4: 189- 199. Su m ag aysay, N.S. & Bo rlo n g an , I.G. 1 9 9 5 .

  Growth and production of m ilkfish (Chanos

  chanos) in brackishwater ponds: effect of

  dietary protein and feeding levels. Aqua- cult ur e, 132: 273- 283. Sundu, B., Kumar, A., & Dingle, J. 2009. Feeding value fo copra meal for broiler. Wor ld’s Poul-

  t r y Science Jour nal, 65: 481- 492.

  Takeuchi, T. 1988. Laboratory work- chem ical e val u at i o n o f d i e t ar y n u t r i e n t s . In : Watanabe, T. (ed.) Fish Nut r it ion and Mar i-

  Tam baru, R. & Sam awi, M.F. 2008. Penentuan selang waktu inkubasi yang terbaik dalam pengukuran produktivitas primer di perairan kepulauan Sperm onde. Tor ani, 8(3): 227- 238. Tumbelaka, R. 1986. Produktivitas primer kolam- kolam percobaan yang ditebari ikan nila

  Aq u acu lt u r e i n Asi a. Nat i o n al Tai wan Ocean University, The Fisheries Society of Taiwan, Asian Fisheries Society and World Aquaculture Society, p. 17- 30.

  (Or eoch r om is n ilot i cu s Trewavas) d an d ip up u k deng an TSP- Urea serta pu pu k kandang di stasiun percobaan IPB Darm aga Bogor. Karya Ilm iah. Jurusan Manajem en Sum berdaya Perairan, Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor, 92 hlm . Watanabe, T. 1988. Fish Nut r ition and Mar icul-

  t ur e. JICA Textbook The General Aquacul-

  ture Course. Departm ent of Aquatic Bio- scien ces, Tokyo University of Fisheries. Tokyo, 233 pp. Yamaji, I. 1979. Illust r at ion of The Mar ine Plank- t on of Japan. Hoikusha Publishing Co. Ltd.

  Osaka Jepang, 350 pp. Yap, W.T. & Villaluz, A.C. 2010. Milkfish produc- tion systems in brackishwater ponds in the

  Philippines. In: Liao, C.I & Leano, E.M (Eds.),

  Milkfish Aquacult ur e in Asia. National Tai-

  wan Ocean University, The Fisheries Soci- ety of Taiwan, Asian Fisheries Society and World Aquaculture Society, p. 71- 87.

  Su m ag aysay, N.S. 1 9 9 1 . Ef f ect o f f ib re in supplem ental feeds on m ilkfish (Chanos

  In: Liao, C.I & Leano, E.M (Eds.), Milkfish

  Micr opter us salm oides using individual test

  Hutchinson of Londong, 244 pp. Nyina- Wam wiza, L., Wathele, B., Richir, J., Rollin,

  ingredie

Dokumen yang terkait

Dokumen baru