Borang Kinerja Program Studi S3 Ilmu Kedokteran

  

Borang Kinerja

Program Studi S3 Ilmu Kedokteran

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

  

2010 Borang Kinerja Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Kode Dokumen :

  

00821

09000

  Revisi : 1 Tanggal : 2 Desember 2010 Diisi oleh

  : Ketua Unit Jaminan Mutu Ttd dr. M. Saifur Rohman, Ph.D., Sp. JP

  Disetujui oleh

  : Ketua Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Ttd Prof. dr. M. Aris Widodo, Sp.FK., Ph.D

  Identitas Program Studi Nama Jurusan : Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Alamat : Jalan Veteran Malang No. Telepon : 0341-569117 No. Faksimili : 0341-564755 Homepage dan E-Mail : E-mail: ppsfkub@ub.ac.id Nomor dan Tanggal SK Pendirian Program Studi : 173/DIKTI/Kep/2000 Pejabat yang Menerbitkan SK : Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi

  

Daftar Isi

Standar 3. Kemahasiswaan dan Lulusan ...................................................................................................... Error! Bookmark not defined.

  

Standar 4. Sumber Daya Manusia ............................................................................................................... Error! Bookmark not defined.

Standar 6. Pembiayaan, Prasarana, Sarana, dan Sistem Informasi ................................................................. Error! Bookmark not defined.

  

Standar 7. Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama .......................................... Error! Bookmark not defined.

Daftar Lampiran ......................................................................................................................................... Error! Bookmark not defined.

1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian 1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian.

  1.1.1 Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Jurusan, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

  Memiliki visi, misi, tujuan, dan sasaran yang: sangat jelas; sangat realistik; saling terkait satu sama lain; melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat.

  1.1.2 Apa Sasaran dan bagaimana Strategi Pencapaiannya.

  Dengan tahapan waktu yang jelas dan sangat realistik. Didukung dokumen yang sangat lengkap.

1.2 Sosialisasi.

1.2.1 Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan Jurusan serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

  Sosialisasi yang efektif tercermin dari tingkat pemahaman pihak terkait. Dipahami dengan baik oleh seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

2. Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu 2.1 Sistem Tata Pamong.

  Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam Jurusan. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan input, sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan studio). Sistem tata pamong ( output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, proses, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

2.1.1 Uraikan secara ringkas sistem dan pelaksanaan tata pamong di Jurusan untuk membangun sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

  Adanya dokumen, data dan informasi yang sahih dan andal bahwa sistem tata pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan, memenuhi lima pilar berikut: (1) kredibel, (2) transparan, (3) akuntabel, (4) bertanggung jawab, dan (5) adil.

2.2 Kepemimpinan.

  Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam Jurusan, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat. Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi.

2.2.1 Jelaskan pola kepemimpinan dalam Jurusan.

  Karakteristik kepemimpinan yang efektif, mencakup: kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, kepemimpinan publik.

  Kepemimpinan Jurusan/Program Studi memiliki karakteristik yang kuat dalam: (1) kepemimpinan operasional, (2) kepemimpinan organisasi, (3) kepemimpinan publik.

2.3 Sistem Pengelolaan.

  Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Jurusan mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal.

2.3.1 Jelaskan sistem pengelolaan Jurusan serta dokumen pendukungnya.

  Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Jurusan/Program Studi mencakup: planning, organizing , staffing, leading, controlling, representasi dan penganggaran yang efektif dilaksanakan. Hal ini dicirikan dengan adanya dokumen: (1) Renstra, (2) Program Kerja, dan (3) Manual Prosedur (MP). Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Jurusan/Program Studi berjalan sesuai dengan Manual Prosedur (MP), yang didukung dokumen yang lengkap.

2.4 Penjaminan Mutu.

2.4.1 Bagaimanakah pelaksanaan penjaminan mutu di Jurusan? Jelaskan.

  Penjaminan mutu di Jurusan/Program Studi: (1) keberadaan kebijakan penjaminan mutu, (2) sistem dokumentasi, (3) tindak lanjut terhadap laporan pelaksanaan, dan (4) akreditasi program studi.

2.4.2 Keberadaan kebijakan penjaminan mutu, sistem dokumentasi, tindak lanjut terhadap laporan pelaksanaan, dan akreditasi program studi.

  review

  Ada kebijakan evaluasi dan pengendalian mutu program yang efektif. Sistem telaah ( ) program sangat baik (ada cara validasi yang handal). Ada sistem dokumentasi yang bermutu sangat baik. Semua laporan ditindaklanjuti. Diakreditasi oleh badan akreditasi regional atau internasional.

2.5 Umpan Balik.

2.5.1 Apakah Jurusan telah melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan mengenai harapan dan persepsi mereka? Jika Ya, jelaskan isi umpan balik dan tindak lanjutnya.

Tabel 2.1 Umpan Balik

  Umpan Balik dari Isi Umpan Balik Tindak Lanjut (1) (2) (3)

  Dosen Materi Kuliah pakar, penelitian yang dilakukan pakar Menetapkan topik kuliah pakar yang harus diberikan pada mahasiswa, menginformasikan kepada mahasiswa tentang kesempatan sharing penelitian Mahasiswa Proses pembelajaran, evaluasi kinerja dosen, materi Perbaikan proses pembelajaran, menetapkan kuliah pembelajaran dilakukan tepat waktu dan penyesuaian materi dan seminar karya ilmiah

  Alumni Sistem pembelajaran terutama keterampilan Menyelenggarakan pelatihan ketrampilan tekhnik laboratorium penunjang pelaksanaan laboratorium laboratorium Pengguna lulusan Produktifitas penulisan jurnal ilmiah baik nasional Mewajibkan publikasi ilmiah sebelum ujian tertutup maupun internasional dan menyelenggarakan pelatihan penulisan jurnal ilmiah 2.6 Keberlanjutan.

  2.6.1 Jelaskan upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) Jurusan ini, khususnya dalam hal:

  a. Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa:

  1. Dilakukan roadshow ke berbagai institusi kesehatan untuk memperkenalkan program S3 by research di Program Studi S3 Ilmu Kedokteran

  2. Mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan dan rencana yang akan dilakukan

  b. Upaya peningkatan mutu manajemen:

Diangkatnya Sekretaris Program Studi (SPS), distribusi pekerjaan untuk mengatur program S3 reguler dan kerjasama

c. Upaya untuk peningkatan mutu lulusan:

  1. Menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penelitian

  2. Mengatur sistem administrasi dan aktivitas mahasiswa melalui log book dan program komputer

  3. Menarik mahasiswa melakukan penelitian sesuai topik pohon penelitian yang ditetapkan FKUB

  4. Melakukan kerjasama dengan laboratorium di lingkungan UB, RSSA dan institusi diluar Ub seperti Stem Cell Cancer Institute, laboratorium klinik Prodia dan VEDC

  5. Memilih mahasiswa yang berbakat dari mahasiswa S1 dan S2 untuk mengikuti program by research

  d. Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan: Pembuatan MOU dan KSO dengan berbagai institusi laboratorium dan institusi pendidikan kedokteran yang lain Menyusun dan melakukan penelitian bersama dengan PEMDA yang teridentifikasi permasalahannya dalam RISKESDAS

e. Upaya dan prestasi memperoleh dana dari sumber selain mahasiswa:

  1. Mengoptimalkan dosen untuk mendapatkan dana penelitian dari berbagai program call research baik dari DIKTI, PEMDA maupun swasta sehingga mahasiswa dapat bergabung melaksanakan penelitian

  2. Mahasiswa dipacu untuk mendapatkan dana dari program hibah pasca sarjana DIKTI

  3. Mengupayakan kerjasama penelitian dengan PEMDA dan institusi lain

  5. Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

5.1 Kurikulum harus memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Jurusan/Program Studi.

5.1.1 Kompetensi lulusan.

  5.1.1.1 Uraikan secara ringkas kelengkapan dan perumusan kompetensi

  Kurikulum memuat kompetensi lulusan secara lengkap (utama, pendukung, lainnya) yang terumuskan secara sangat jelas Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/U/2002.

  5.1.1.2 Jelaskan orientasi dan kesesuaian dengan visi dan misi

  Sesuai dengan visi-misi, sudah berorientasi ke masa depan

  

5.2 Kurikulum memuat matakuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada

mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan dedisertasi matakuliah, silabus dan rencana pembelajaran.

5.2.1 Struktur Kurikulum.

Tabel 5.1 Jumlah sks minimum untuk kelulusan.

  Jenis Mata Kuliah sks Keterangan No. (1) (2) (3) (4)

  1 Mata Kuliah Wajib

  8

  1.Untuk mahasiswa yang tidak sebidang, misalnya mahasiswa dari fakutas tekhnik yang mempelajari ilmu kedokteran wajib mengikuti beberapa mata kuliah sesuai petunjuk dalam buku pedoman

  2. Untuk mahasiswa yang sebidang, guna memperluas

  12 wawasan kajian yang diminati mahasiswa diwajibkan membuat 6 karya ilmiah yang dibimbing 1 orang pembimbing, dan mahasiswa lain diwajibkan mengikuti semua presentasi karya tulis

  6

  3. Mata kuliah penunjang disertasi, wajib diikuti mahasiswa setelah ujian proposal, dipilih sesuai dengan kajian disertasi dimaksudkan untuk memperkuat teori dan konsep terkait topik disertasi

  2 Mata Kuliah Pilihan - -

3 Jumlah Total 5.2.1.1 Jelaskan kesesuaian matakuliah dan urutannya dengan standar kompetensi.

  Struktur kurikulum menunjang sepenuhnya pencapaian standar kompetensi

5.2.1.2 Persentase mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (PR atau makalah) (P TGS )

Tabel 5.2 Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester (buat tabel terpisah untuk masing- masing program studi).

  Smt Kode MK Nama Mata Kuliah * Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas *** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara Inti**

Insti-

tusional

  Dedisertasi Silabus SAP (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)

  I Imunologi

  • Polusi dan penyakit - - -

  Memberikan informasi tentang keilmuan terbaru,track record penelitian yang sedang dilakukan dan trend penelitian yang akan datang

  Radikal bebas dan patologi penyakit

  • Penyakit infeksi - - -
  • Dlll (etika penelitian, tata bahasa indonesia)
Dst

  Penyakit metabolik dan degeneratif

  II Karya ilmiah

  12 6 - -

  III Penunjang disertasi

  6 3 -

  IV Disertasi 30 - 30 - -

  48 - - Total sks Tuliskan mata kuliah pilihan sebagai mata kuliah pilihan I, mata kuliah pilihan II, dst. (nama-nama mata kuliah pilihan yang dilaksanakan * dicantumkan dalam tabel 5.1.3.)

  peer group

  • Menurut rujukan / SK Mendiknas 045/2002 (ps. 3 ayat 2e) *** Beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (PR atau makalah) ≥ 20%.
    • Beri tanda √ pada mata kuliah yang dilengkapi dengan dedisertasi, silabus, dan atau SAP. Sediakan dokumen pada saat visitasi.

  P TGS = …………………

  <jelaskan bagaimana data ini diperoleh>

5.2.1.3 Jelaskan berapa persen matakuliah yang dilengkapi dengan dedisertasi matakuliah, silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP).

  75 %, oleh karena program S3 by research ini lebih memfokuskan kepada kemandirian mahasiswa 5.2.1.4 Fleksibilitas mata kuliah pilihan.

Tabel 5.3 Daftar mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir (buat tabel terpisah untuk masing-masing program studi).

  Unit/ Jur/ Fak Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot sks Bobot Tugas* Pengelola (1) (2) (3) (4) (5) (6)

  Mata kuliah pilihan tidak ada, yang ada mata kuliah wajib pilihan (mata kuliah penunjang  tercantum pada buku pedoman disertasi)

  Akademik Pasca Sarjana * beri tanda √ pada mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (PR atau makalah) ≥ 20%.

5.2.2 Substansi praktikum dan pelaksanaan praktikum.

Tabel 5.4 Daftar praktikum (buat tabel terpisah untuk masing-masing program studi).

  Isi Praktikum/Praktek Tempat/Lokasi No. Nama Praktikum/Praktek Praktikum/Praktek Judul/Modul Jam Pelaksanaan

  

(1) (2) (3) (4) (5)

  Tekhnik penelitian molekuler dan 1.

  1 hari (8 jam) LSIH

  1. Isolasi DNA seluler 1 hari (8 jam) LSIH

  2. Tekhnik ELISA

  1 hari (8 jam) Biomedik

  3. Kultur sel

  4. Pemeriksaan oksidan dan 1 hari (8 jam) Farmakologi antioksidan 1 hari (8 jam) Farmakologi

  5. Bioassay

  

5.3 Kurikulum dan seluruh kelengkapannya harus ditinjau ulang dalam kurun waktu tertentu oleh Jurusan/Program Studi

bersama fihak-fihak terkait (relevansi sosial dan relevansi epistemologis) untuk menyesuaikannya dengan stakeholders). perkembangan Ipteks dan kebutuhan pemangku kepentingan ( 5.3.1 Pelaksanaan peninjauan kurikulum selama 5 tahun terakhir.

Tabel 5.5 Peninjauan kurikulum (buat tabel terpisah untuk masing-masing program studi).

  Perubahan pada Atas usulan/ Berlaku MK Baru/ No.

  Alasan No. Nama MK masukan mulai MK

  Peninjauan Lama/Hapus Silabus/SAP Buku Ajar dari Sem./Th. (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)

  Tidak ada mata kuliah baru tetapi topik baru dari kuliah pakar

  5.3.2 Jelaskan upaya jurusan untuk menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan pemangku kepentingan.

  Pembaharuan kurikulum minor dilakukan sesuai dengan perkembangan ilmu di bidangnya dan kebutuhan pemangku kepentingan 5.4 Persyaratan dalam mengikuti pendidikan magister dan doktor serta persyaratan kelulusannya.

  

5.4.1 Uraikan persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa selama mengikuti pendidikan, proses pelaksanaan dan persyaratan kelulusannya.

  Persyaratan adminsitrasi, akademik, psikotest dan wawancara secara eksplisit tercantum dalam buku pedoman akademik program pasca sarjana tahun 2009/2010 FKUB 5.4.2 Jelaskan persyaratan penguasaan bahasa Inggris. Untuk bahasa Inggris standarnya adalah TOEFL.

  Menguasai bahasa Inggris secara aktif ( active English proficiency ) setara dengan TOEFL lebih dari 500

5.4.3 Jelaskan persyaratan perkuliahan dan ujian mata kuliah yang isinya berupa perkembangan ilmu mutakhir dalam bidangnya. Berikan pula penjelasan tentang pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

  state of the art

  Isi kuliah pakar menyajikan sekumpulan pengetahuan yang luas, dalam, dan mutakhir ( ) 5.4.4 Jelaskan ujian kualifikasi program doktor: cara/bentuk ujian dan mutu soal ujian.

  Dilakukan pada mahasiswa yang telah menyelesaikan 6 (enam) karya tulis dan dinyatakan lulus. Ujian kualifikasi dilakukan secara tertulis, dilakukan dalam bentuk pembuatan pra-proposal/tertulis dan secara lisan, untuk mempertahankan materi yang ditulis. Komponen yang dinilai pada ujian tertulis meliputi evaluasi terhadap bab pendahuluan, permasalahan dan metode penelitian. Komponen yang dinilai pada ujian lisan meliputi: a. Kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan karyanya meliputi latar belakang penelitian, pendekatan dan tujuan penelitian

  b. Penguasaan substansi keilmuan dan kemampuan mahasiswa mengajukan argumentasi ilmiah dalam menjawab pertanyaan

  c. Penguasaan metode penelitian dan kemampuan mahasiswa mengajukan argumentasi ilmiah dalam menjawab pertanyaan

d. Kemampuan mahasiwa menyakinkan/mengkomunikasikan materi ilmiah 5.4.5 Jelaskan cara penyajian dan penilaian rencana penelitian.

  Dilakukan pada mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian kuaifkasi dan dinyatakan lulus. Ujian proposal dilakukan secara tertulis, dilakukan dalam bentuk ptertulis dan secara lisan, untuk mempertahankan materi yang ditulis. Komponen yang dinilai pada ujian tertulis meliputi evaluasi terhadap bab pendahuluan, permasalahan dan metode penelitian. Dilakukan dengan tujuan menilai kelayakan penelitian yang akan dilakukan oleh promotor, ko-promotor, konsultan teknis dan 1 (satu) orang penguji dari luar FKUB.Apabila diperlukan sebelum ujian proposal dapat diselenggarakan sidang komisi untuk mempersiapkan lebih matang proposal yang akan diajukan. Sidang komisi ini dilakukan di hadapan promotor dan ko promotor

  5.4.6 Jelaskan peraturan tentang kewajiban penyajian hasil penelitian dalam seminar (internasional, nasional, wilayah, lokal PT) serta pelaksanaan dan kendala yang dihadapi.

  Peraturan tentang kewajiban penyajian hasil penelitian dalam seminar (internasional, nasional, wilayah, lokal PT) tercantum secara jelas dan eksplisit dalam buku pedoman akademik program pasca sarjana tahun 2009/2010 FKUB

  5.4.7 Jelaskan peraturan tentang publikasi hasil penelitian.

  Terdapat peraturan publikasi hasil penelitian mahasiswa pada jurnal terakreditasi nasional maupun internasional sebelum melaksanakan ujian tertutup.

  5.4.8 Jelaskan peraturan tentang penilaian kelayakan disertasi.

  Peraturan tentang penilaian kelayakan disertasi tercantum secara jelas dan eksplisit tercantum dalam buku pedoman akademik program pasca sarjana tahun 2009/2010 FKUB

  5.4.9 Jelaskan sistem penjaminan mutu tesis, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.

  Sebelum dilakukan ujian dilaksanakan ujian tertutup dilakukan sidang komisi yang dihadiri oleh pembimbing dan seminar hasil yang dihadiri mahasiswa dan pembimbing maupun penguji untuk menetapkan kelayakan hasil penelitian disertasi (cukup tidaknya kualitas penelitian, novelity, originalitas).

  5.4.10 Jelaskan peraturan tentang keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi, pelaksanaan serta kendala yang dihadapi.

  Peraturan tentang keanggotaan tim penguji dalam ujian akhir studi tercantum secara jelas dan eksplisit tercantum dalam buku pedoman akademik program pasca sarjana tahun 2009/2010 FKUB

5.5 Sistem pembimbingan penelitian dan penulisan hasil penelitian.

5.5.1 Uraikan ketersediaan panduan, sosialisasi, dan pelaksanaan pembimbingan penelitian dan penulisan hasil penelitian.

  Ketersedian panduan pembimbingan dan penulisan hasil disertasi ada secara jelas dan tersirat pada buku Pedoman Akademik Pasca Sarjana dan buku Panduan lain (tentang pembuatan dan penulisan karya tulis ilmiah ). Sosialisasi dilakukan dengan mengadakan pertemuan dengan semua personel yang terlibat dan pelaksanaan nya pembimbingan tercatat dalam log book mahasiswa/pembimbing.

5.5.2 Tuliskan nama dosen pembimbing dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel berikut:

Tabel 5.6 Daftar pembimbingan penelitian dan penulisan hasil penelitian (buat tabel terpisah untuk masing-masing program studi).

  No Nama Dosen Pembimbing Akademik Jumlah Mahasiswa Bimbingan Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester (1) (2) (3) (4) 1. Achdiat Agoes, Dr.dr.,SpS.

  1 10/mhs/semester 2. Achmad Rudijanto, Dr.dr.,SpPD.,KEMD. 3 10/mhs/semester 3. Aulaniam, Prof.Dr.drh.,DESS. 2 10/mhs/semester 4. Basuki B. Purnomo, Dr.dr.,SpU. 1 10/mhs/semester 5. Diana Lyrawati, Dra.,Apt.,MS.,Ph.D. 1 10/mhs/semester

  6. Djanggan Sargowo, Prof.Dr.dr.,SpPD.,SpJP.(K).FIHA.FACC.FCAPC.FESC.

  9 10/mhs/semester

  7. Djoko Wahono S., Prof.dr.,SpPD.,KEMD 9 10/mhs/semester

  8. Edi Widjajanto, Prof.Dr.dr.,MS.,SpPK.(K) 7 10/mhs/semester 9. Fatchiyah, Dra.,M.Kes.,Ph.D. 1 10/mhs/semester 10. H.M.S. Chandra Kusuma, Prof.Dr.dr.,SpA.,(K). 5 10/mhs/semester 11. Handono Kalim, Prof.Dr.dr.,SpPD.,KR. 7 10/mhs/semester

  12. Harijono Achmad, Prof.Dr.dr.,SpPD.,KGEH. 3 10/mhs/semester 13. Hidayat Sujuti, dr.,Ph.D.,SpM. 3 10/mhs/semester 14. HM. Sumarko, Prof. Dr.dr.,SpB.,KBD. 1 10/mhs/semester 15. Kusnarman Keman, Dr.dr.,SpOG. 2 10/mhs/semester 16. Kusworini Handono, Dr.,dr.,M.Kes. 2 10/mhs/semester 17. Loeki Enggar Fitri, Dr.dr.,M.Kes.,SpParK. 1 10/mhs/semester 18. M. Aris Widodo, Prof.dr.,MS.,SpFK.,Ph.D. 11 10/mhs/semester 19. M. Hidayat, Prof.Dr.dr.,SpOT. 5 10/mhs/semester 20. M. Rasjad Indra, Prof.Dr.dr.,MS. 7 10/mhs/semester 21.

  Moch. Istiadjid Eddy Santoso, Prof.Dr.dr.,SpB.,SpBS.

  1 10/mhs/semester 22. Mohammad Cholis, Prof.dr.,SpKK.(K). 1 10/mhs/semester 23. Mulyohadi Ali, Prof.Dr.dr.,SpFK. 2 10/mhs/semester 24. Noorhamdani AS., Prof.Dr.dr.,DMM.,SpMK. 1 10/mhs/semester 25. Nur Permatasari, Dr.drg.,M.Kes. 2 10/mhs/semester 26. Retty Ratnawati, Dr.dr.,M.Sc. 1 10/mhs/semester 27. RR. Tinny Endang Hernowati, Dr.dr.,SpPK. 1 10/mhs/semester 28. Saifurrohman, dr.,SpJP.,Ph.D. 1 10/mhs/semester

  29. Sanarto Santoso, Prof.Dr.dr.,SpMK. 2 10/mhs/semester 30. Setyawati Karyono, Dr.dr.,M.Kes. 1 10/mhs/semester 31. Sri Widyarti, Dr.Dra.,M.Si. 1 10/mhs/semester 32. Sumarno, Prof.Dr.dr.,DMM.,SpMK. 7 10/mhs/semester 33. Sutiman B. Sumitro, Prof.Drs.,SU.,D.Sc. 5 10/mhs/semester

  34. Teguh Wahju Sardjono, 2 10/mhs/semester Prof.Dr.dr.,DTMH.,M.Sc.SpParK.

  Total 109

  

5.5.3 Tuliskan nama dosen pembimbing penelitian tesis dan disertasi serta jumlah mahasiswa yang dibimbingnya pada TS dengan mengikuti

format tabel berikut:

Tabel 5.7 Daftar pembimbingan penelitian tesis dan disertasi (buat tabel terpisah untuk masing-masing program studi).

  Banyaknya Mahasiswa yang Dibimbing dan Pendidikan Jabatan Akademik Status Pembimbing No Nama Dosen Pembimbing Tertinggi Dosen Ketua Anggota

(1) (2) (3) (4) (5) (6)

  1. Prof.Dr.dr. Edi Widjajanto,

  2

  3 MS.,SpPK.(K)

  2. Prof.Dr.dr. Handono Kalim,

  2

  2 SpPD.,KR.

  3. Prof.dr. Djoko Wahono S.,

  2

  2 SpPD.,KEMD.

  4. Prof.Drs. Sutiman B. Sumitro, SU.,D.Sc.

  2 10. Dr.dr. Kusworini Handono, M.Kes.

  1

  14. Prof.Ir. ING Wardhana, Meng.,Ph 1 15. Prof.Dr.dr. Sanarto Santoso, SpMK.

  1

  1 13. Ir. Sukoso, MSc.,PhD.

  12. Prof.Dr.dr. Harijono Achmad, SpPD.,KGEH.

  1

  11. Prof.Dr.dr. Lukito

  1

  2

  2

  4 9. Prof.Dr.dr. Sumarno, DMM.,SpMK.

  3

  4 7. Dr.dr. Ketut Muliarta, SpPA. 1 8. Prof.Dr.dr. M. Rasjad Indra, MS.

  3

  5 6. Prof.Dr.dr. Djanggan Sargowo, SpPD.,SpJP.(K).FIHA.FACC.

  5

  5. Prof.dr. M. Aris Widodo, MS.,SpFK.,Ph.D.

  2

  5.5.4 Uraikan secara ringkas rata-rata jumlah pertemuan/pembimbingan selama penyelesaian disertasi Pembimbingan Karya Tulis Ilmiah rata-rata 12x/semester Pembimbingan pra proposal sampai penulisan disertasi 10x/semester

5.5.5 Jelaskan kelayakan dosen dalam proses pembimbingan

  Dosen yang terlibat dalam proses pembimbingan adalah professor atau doktor dan jabatan fungsional minimal Lector , yang juga pakar/ menguasai pengetahuan mutakhir di bidangnya dan telah dikenal secara luas di dalam berbagai forum ilmiah dan lembaga lain

  

5.5.6 Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/tesis pada tiga tahun terakhir : 18 bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan …2

semester)

5.6 Pelaksanaan proses pembelajaran.

  

5.6.1 Jelaskan mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki setiap semester tentang: (a) kehadiran mahasiswa; (b) kehadiran

dosen; (c) materi kuliah.

  Kehadiran mahasiswa mengikuti kuliah pakar dan seminar karya tulis ilmiah direkam oleh secretariat secara baik karena kehadiran minimal 75% dijadikan syarat untuk menempuh tahapan –tahapan dalam studi. Kehadiran dosen dan materi kuliah dimonitor selain oleh secretariat juga diberikan umpan balik oleh mahasiswa.

  5.6.2 Jelaskan mekanisme penyusunan materi perkuliahan.

  Penyusunan materi kuliah pakar ditetapkan oleh pengelola (KPS/SPS dan dosen tetap program studi), untuk kemudian disampaikan kepada pengampu untuk diberikan masukan.

  5.6.3 Jelaskan bagaimana mutu soal ujian, dengan melampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya.

  Ujian dari tahapan studi S3 dilakukan secara lisan dan tertulis (seperti pada format penilaian)

5.7 Sistem Pembimbingan Akademik (PA): banyaknya mahasiswa per dosen PA, pelaksanaan kegiatan, rata-rata pertemuan per semester, efektivitas kegiatan perwalian.

5.7.1 Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen Pembimbing Akademik (PA) per semester.

Tabel 5.8 Daftar dosen PA dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya (buat tabel terpisah untuk masing-masing program studi).

  No Nama Dosen Pembimbing Jumlah Mahasiswa (1) (2) (3) 1. Prof.Dr.dr. M. Hidayat, SpBO(K).

  2 2. Prof.Dr.dr. Handono Kalim, SpPD(KR).

  2 3. Prof.Dr.dr. Haryono Achmad, SpPD.KGEH.

  2 4. Prof.Dr.dr. Djanggan Sargowo, SpPD,SpJP(K).

  2

  5. Prof.Dr.dr. Mulyohadi Ali,

  2 6. Prof.dr. M. Aris Widodo, MS,SpFK,PhD.

  2 7. Prof.Dr.dr. M. Istiadjid E.S, SpS, SpBS.

  2 8. Prof.Dr.dr. M. Rasjad Indra, MS .

  2

  9. Prof.Dr.dr. Teguh Wahju S, DTM&H,SpParK.

  1 3. Dr. Kusworini Handono, dr, MKes.

  1 13. Diana Lyrawati, dra, MKes, PhD.

  2 12. Saiffurrahman,dr, PhD.

  2 11. Hidayat Suyuti, dr, PhD.

  1 10. Dr.Achmad Rudijanto, dr, SpPD. KEMD.

  9. Dr.dr.Retty Ratnawati, dr.MSc

  1

  8. Dr.Kusnarman Keman, dr. SpOG (K)

  1

  1 7. Dr. Loeki Enggar Fitri, dr, SpParK, MKes.

  1 6. Dr. Nur Permatasari, drg, MKes.

  1 5. Dr. Setyawati Karyono, dr, Mkes.

  2 4. Dr. Tiny Rasyad Indra, dr, SpPK.

  1 2. Dr. Ketut Muliarta, dr, SpA, MS.

  2 10. Prof.Dr.dr. Edi Widjajanto, MS,SpPK(K).

  1. Dr. Achdiat Agus, SpS

  2

  1 19. Prof. Dr. Aulanni’am, drh, DES.

  2 18. Prof.Ir. ING. Wardana, Meng,PhD.

  2 17. Prof.Drs. Sutiman B. Sumitro, SU, DSc.

  16. Prof. Dr.dr. HMS Chandra Kusuma SpA(K)

  2

  2 15. Prof. Dr.dr. Noorhamdani DMM, SpMK(K).

  1 14. Prof.dr. Djoko Wahono S, SppD(KE).

  2 13. Prof.Dr.dr. Soemarko, SpB(K-BD).

  2 12. Prof.Dr.dr. Sanarto Santoso, DTMH, SpMK(K).

  11. Prof.Dr.dr. Sumarno,DMM, SpMK(K)

  2

  1

  5.7.2 Jelaskan pelaksanaan pembimbingan akademik: ketersediaan panduan, sosialisasi dan pelaksanaannya.

  Pembimbingan untuk setiap mahasiswa dilakukan sejak awal masa pendidikan yaitu ketika mahasiswa diwajibkan membuat karya ilmiah dengan menetapkan pembimbing akademik yang diajukan oleh mahasiswa dan disetujui oleh KPS. Untuk mendapatkan kesepakatan tentang kesediaan pembimbingan antara kedua pihak, program studi memfasiliatsi dengan mengadakan pertemuan. Tatacara pembimbingan tercantum pada buku Pedoman Akademik Pasca Sarjana.

  5.7.3 Berapakah jumlah rata-rata pertemuan pembimbingan per mahasiswa per semester (PP).

  Pembimbingan Karya Tulis Ilmiah rata-rata 12x/semester Pembimbingan pra proposal sampai penulisan disertasi 10x/semester Data ini diperoleh dari log book 5.7.4 Jelaskan bagaimana efektifitas kegiatan perwalian.

  Pembimbing akademik dan promotor/ko promotor berperan dalam: 1. Membimbing mahasiswa dalam proses penyelesaian studinya.

  2. Memfasilitasi mahasiswa dalam proses belajar-mengajar dan melakukan penelitian;

  3. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk secara terbuka berkomunikasi, memberi penilaian, dan mengemukakan pendapatnya dalam kegiatan akademik;

  4. Memberi informasi mengenai referensi/literatur, kontak person ( human resource ) maupun lembaga/institusi yang relevan, dan bahkan sering meminjamkan buku/literatur kepada mahasiswa untuk penulisan disertasinya; Melibatkan mahasiswa sebagai mitra dalam kegiatan penelitian dosen maupun aktivitas akademik lainnya 5.

5.8 Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran.

5.8.1 Jelaskan bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses penyusunan usulan penelitian dan pelaksanaan penelitian.

  Program studi menyediakan log book untuk mencatat kegiatan pembimbingan mulai pembuatan karya tulis ilmiah, proposal, pelaksanaan penelitian dan penulisan disertasi 5.8.2 Jelaskan bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses penulisan disertasi, tesis dan disertasi.

  Program studi menyediakan log book untuk mencatat kegiatan pembimbingan mulai pembuatan karya tulis ilmiah, proposal, pelaksanaan penelitian dan penulisan disertasi

  

5.8.3 Jelaskan bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi kelayakan dosen dalam proses pembimbingan penelitian disertasi, tesis dan disertasi.

  Program studi menyediakan log book untuk mencatat kegiatan pembimbingan mulai pembuatan karya tulis ilmiah, proposal, pelaksanaan penelitian dan penulisan disertasi

  5.8.4 Jelaskan bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi ujian akhir studi.

  Ujian akhir disertasi dipimpin oleh Dekan FKUB atau yang mewakili, ujian dilakukan secara lisan dimana promovendus mempresentasikan hasil penelitiannya dan menyampaikan argumentasi ilmiahnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh panitia ujian akhir disertasi. Ujian dapat dilaksanakan kalau dihadiri oleh minimal dua orang pembimbing (Promotor dan/atau Ko-Promotor), dua orang dosen penguji, dan seorang dosen penguji dari luar UB. Hasil ujian dirapatkan da ditetakan di dalam forum team penguji tersebut dan SK kelulusan diterbitkan oleh dekan.

  

5.8.5 Jelaskan bagaimana pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan ujian kualifikasi: (1) mutu SOP monev, (2) komisi/lembaga monev, dan

(3) kemampuan monev mendeteksi penyimpangan dalam ujian kualifikasi doktor.

  Tim penguji kualifikasi terdiri dari 5 (lima) orang pakar dan seorang sekretaris yang ditetapkan oleh Dekan FKUB, yang ditetapkan dengan suarat tugas. Saat pelaksanaan ujian disediakan daftar kehadiran penguji dan mahasiswa, hasil ujian ditetapkan oleh ketua penguji, dan SK kelulusan diterbitkan oleh dekan 5.9 Upaya perbaikan sistem pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir.

  5.9.1 Jelaskan upaya perbaikan sistem pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir berkaitan dengan: (a) materi; (b) metode pembelajaran; (c) penggunaan teknologi pembelajaran; (d) cara-cara evaluasi.

  Program studi mengeluarkan jadwal seminar karya tulis ilmiah dan ditetapkan peraturan (mendisiplinkan penggunaan log book) yang lebih dapat mendorong mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tahapan studi dengan tepat sesuai yang ditetapkan program studi

  5.9.2 Jelaskan bagaimana keberadaan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan lulusan program doktor dalam beradaptasi dengan versatility), berupa kuliah, seminar, pelatihan, perubahan/perkembangan atau kemampuan melakukan beragam pekerjaan ( workshop dll.

  Program studi menerapkan kurikulum by research yang lebih menerapkan kemandirian mahasiswa. Belajar mandiri meliputi : pembuatan 6 karya tulis, penelitian terstruktur, pemberian tugas-tugas membaca, membuat ringkasan, mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil penelitian. Belajar dalam lingkup komunitas kedokteran meliputi : berpartisipasi aktif dalam diskusi, seminar hasil penelitian, presentasi karya tulis dan komunikasi ilmiah. Program studi juga meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian di laboratorium dengan melaksanakan pelatiha teknik laboratorium.

5.10 Upaya peningkatan suasana akademik: Kebijakan tentang suasana akademik, Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana, Program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik, Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, serta pengembangan perilaku kecendekiawanan.

5.10.1 Uraikan kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, kemitraan dosen-mahasiswa). Siapkan dokumen terkait.

  Dalam proses belajar-mengajar mahasiswa secara terbuka dan obyektif dilatih untuk berani mengemukakan pendapat dan argumentasinya melalui forum diskusi dan seminar yang dilakukan dalam perkuliahan, atau dalam forum seminar hasil penelitian mahasiswa. Mahasiswa juga diberi ruang kebebasan untuk menentukan pilihan untuk menentukan mata kuliah yang relevan dengan rencana penelitian disertasinya. Peluang bagi mahasiswa untuk melakukan interaksi akademik dengan dosen sangat terbuka, berupa tatap muka, elektronik mail (e-mail), dll. Dosen yang memperoleh dana penelitian dari berbagai sumber, melibatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan penelitian, sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam proses studinya, dan semakin mempererat interaksi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen

  

5.10.2 Jelaskan ketersediaan dan kelengkapan jenis prasarana (laboratorium, ruang kerja mahasiswa, ruang seminar, perpustakaan, common

room, prasarana olah raga dan seni, ibadah dll.), sarana (koleksi jurnal ilmiah dan buku, akses internet, fasilitas komputer, fasilitas

lab., sarana olah raga dan seni dll.) dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.

  Untuk mengembangkan perilaku ilmuwan dan suasana akademik yang kondusif, program studi menyediakan infrastruktur akademik seperti literature dan jurnal yang memadai di perpustakaan, komputer dan jaringan internet untuk mengakses informasi perkembangan ilmu dan teknologi secara cepat dan mudah serta laboratorium penelitian yang dilengkapi alat laboratorium yang canggih.

  5.10.3 Uraikan program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama dll).

  Mahasiswa dalam kegiatan akademik secara aktif terlibat dalam diskusi pada presentasi makalah ilmiah atau literatur review yang dipresentasikan oleh mahasiswa dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen. Dosen yang memperoleh dana penelitian dari berbagai sumber, melibatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan penelitian, sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam proses studinya, dan semakin mempererat interaksi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen. Dosen juga mengikutsertakan mahasiswa bimbingannya dalam kegiatan- kegiatan ilmiah nasional maupun internasional dalam bentuk presentasi oral dan atau poster.

  

5.10.4 Jelaskan interaksi akademik berupa program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam

maupun di luar kelas, untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni).

  Dosen yang memperoleh dana penelitian dari berbagai sumber, melibatkan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan penelitian, sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam proses studinya, dan semakin mempererat interaksi dan komunikasi mahasiswa dengan dosen. Dosen juga mengikutsertakan mahasiswa bimbingannya dalam kegiatan-kegiatan ilmiah nasional maupun internasional dalam bentuk presentasi oral dan atau poster

  5.10.5 Jelaskan upaya PS untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan dalam hal kepedulian terhadap lingkungan dan kemampuan untuk memberikan tanggapan dan solusinya.

  Program studi mengupayakan mahasiswa melakukan penelitian dengan kajian yang terkait dengan lingkungan/daerah mahasiswa berasal agar dapat ikut memberikan solusinya.

5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

5.1 Universitas/Fakultas/Program memiliki kebijakan, peraturan, pedoman atau buku panduan untuk melakukan perencanaan, pengembangan, dan pemutakhiran kurikulum secara berkala dan berkesinambungan.

  

5.1.1 Bagaimana peran Universitas/Fakultas/Program dalam penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum untuk

jurusan/program studi yang dikelola.

  Bentuk dukungan Universitas/fakultas/Program dalam penyusunan, implementasi, dan pengembangan kurikulum antara lain dalam bentuk penyediaan fasilitas, pengorganisasian kegiatan, serta bantuan pendanaan.

  Universitas/Fakultas/Program sangat berperan dengan memberi fasilitas yang sangat baik, termasuk pendanaan.

  5.1.2 Uraikan kepemilikan dokumen kebijakan tentang pengembangan kurikulum yang lengkap.

  Ada bukti berupa dokumen tertulis yang mencakup :(1) Kebijakan;(2) Peraturan,(3) pedoman atau buku panduan yang memfasilitasi jurusan/program studi untuk melakukan perencanaan, pengembangan, dan pemutakhiran kurikulum secara berkala.

  

5.2 Universitas/Fakultas/Program memiliki komitmen untuk mengalokasikan anggaran dan mempersiapkan sumberdaya

yang dapat digunakan oleh jurusan/program studi untuk merencanakan melaksanakan, mengembangkan, memutakhirkan kurikulum.

  

5.2.1 Jelaskan komitmen Universitas/Fakultas/Program dalam pengalokasian dana dan sumberdaya manusia untuk pengembangan

kurikulum.

  Ada alokasi dana dalam anggaran institusi dan sumber daya yang jelas dan memadai, serta realisasi sesuai jadwal untuk semua jurusan/program studi.

5.3 Universitas/Fakultas/Program melaksanakan monitoring dan evaluasi pengembangan kurikulum program studi.

  5.3.1 Bagaimana peran Universitas/Fakultas/Program dalam memonitor dan mengevaluasi proses pembelajaran.

  Universitas/Fakultas/Program melakukan monitoring dan evaluasi secara bersistem dan hasilnya digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran.

  Universitas/Fakultas/Program melakukan monitoring dan evaluasi secara bersistem dan terus menerus dan hasilnya digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran.

  Ada laporan evaluasi yang lengkap.

  5.3.2 Bagaimana monitoring dan evaluasi pengembangan kurikulum jurusan/program studi.

  Ada bukti tertulis tentang analisis dan evaluasi pemutakhiran kurikulum jurusan/program studi dan melakukan tindaklanjut untuk penjaminan mutu secara berkesinambungan.

5.4 Universitas/Fakultas/Program memiliki unit atau lembaga yang mempunyai fungsi mengkaji dan mengembangkan sistem dan mutu pembelajaran.

  

5.4.1 Jelaskan keberadaan/fungsi kepemilikan unit pengkajian dan pengembangan sistem dan mutu pembelajaran mendorong mahasiswa

untuk berfikir kritis, bereksplorasi, berekpresi, bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber yang hasilnya dimanfaatkan oleh institusi.

  Universitas/Fakultas/Program memiliki unit atau lembaga yang khusus berfungsi untuk mengkaji dan mengembangkan sistem serta mutu pembelajaran, melaksanakan fungsinya dengan baik serta hasilnya dimanfaatkan oleh institusi.

  

5.5 Kepemilikan pedoman yang dijadikan acuan unit pelaksana dibawahnya dalam merencanakan dan melaksanakan

program tridharma Universitas/Fakultas/ Program.

  

5.5.1 Uraikan pedoman pelaksanaan tridharma Universitas/Fakultas/Program yang digunakan sebagai acuan bagi perencanaan dan

pelaksanaan program tridharma unit dibawahnya, menjamin keselarasan visi dan misi Universitas/Fakultas/Program dengan program pencapaiannya.

  Universitas/Fakultas/Program memiliki pedoman yang dijadikan acuan unit pelaksana dalam merencanakan dan melaksanakan seluruh program tridharma Universitas/ Fakultas/Program.

  5.6 Universitas/Fakultas/Program memiliki sistem pembelajaran yang efektif dan diperbaiki secara berkelanjutan.

  

5.6.1 Bagaimana sistem pembelajaran yang menjamin mutu penyelenggaraan proses pembelajaran yang baik dicerminkan dari adanya

evaluasi mahasiswa terhadap proses pembelajaran diberlakukan secara berkala dan hasilnya ditindaklanjuti.

  Ada bukti bahwa Universitas/Fakultas/Program memiliki sistem yang menjamin terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif berpusat kepada mahasiswa dengan memanfaatkan aneka sumber belajar minimal mencakup: (1) Pendekatan sistem pembelajaran dan pengajaran; (2) Perencanaan dan sumber daya pembelajaran; (3) Syarat kelulusan dan dilaksanakan secara konsisten, dimonitor serta dievaluasi secara berkala.

  

5.6.2 Bagaimana sistem pengembangan suasana akademik yang kondusif bagi mahasiswa untuk meraih prestasi akademik yang maksimal.

  Ada bukti Universitas/Fakultas/Program menciptakan, dan memfasilitasi pengembangan suasana akademik dalam bentuk: (1) Adanya kebijakan dan strategi; (2) Program implementasi yang terjadwal; (3) Pengerahan sumber daya; (4) Monitoring dan evaluasi; (5) Tindak lanjut untuk langkah perbaikan secara berkelanjutan.

  5.6.3 Tuliskan peran Universitas/Fakultas/Program dalam penciptaan suasana akademik.

Tabel 5.1 Peran Universitas/Fakultas/Program dalam penciptaan suasana akademik

  Peran Universitas/Fakultas/Program PS-3 (1) (3)

  Kebijakan tentang suasana akademik Program studi menciptakan suasana pendidikan yang kondusif, interaksi antar civitas akademika yang terjaga dengan baik, membuka kebebasan ilmiah di lingkungan mahasiswa yang seluas-luasnya dalam suasana akademik dan dilaksanakan menurut ketentuan tata krama kehidupan kampus dan kode etik dosen.

  Menyediakan sarana dan prasarana Program studi memiliki sarana dan prasarana pendidikan dan penelitian serta sarana terkait kesejahteraan yang sangat lengkap Program studi mempunyai dana yang dapat memenuhi/

  Dukungan dana sangat memadai untuk kegiatan operasional.

  Program studi menyelenggarakan seminar karya tulis

  Kegiatan akademik yang mendorong interaksi akademik antara dosen dan

  ilmiah dan hasil penelitian yang terjadwal di setiap

  mahasiswa untuk pengembangan perilaku kecendekiawanan

  minggu; dan dihadiri dosen dan mahasiswa karena kurikulum by research mewajibkan setiap mahasiswa untuk mempresentasikan karya tulis ilmiah sebanyak enam kali disamping sebagian hasil penelitiannya

Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

117 3901 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

40 1037 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

40 932 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

20 624 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

26 780 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

60 1327 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

65 1227 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

20 813 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

31 1097 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

41 1326 23