LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM DI LINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG TAHUN 2017

  

LAPORAN

HASIL SURVEY KEPUASAN

TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM

DI LINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES

PALEMBANG

TAHUN 2017

KEMENTERIAN KESEHATAN RI

TAHUN 2017

LAPORAN HASIL SURVEY KEPUASAN TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM DI LINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG TAHUN 2017 A. PENDAHULUAN.

  Dalam rangka tercapainya tujuan pelayanan administrasi dalam sebuah organisasi menjadi hal yang sangat penting dalam menunjang tugas pokok organisasi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Palembang merupakan koordinator sekaligus pemberi dukungan administrasi kepada semua unsur di lingkungan Poltekkes Palembang. Politeknik Kesehatan Palembang juga sebagai salah satu institusi yang mendukung kegiatan pemerintahan. Dalam melaksanakan tugas tersebut salah satunya menyelenggarakan fungsi pelaksanaan administrasi kepegawaian, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, dokumentasi dan layanan pengadaan yang merupakan tugas pokok dan fungsi dari Bagian Umum dan Kepegawaian.

  Pada dasarnya administrasi kepegawaian melakukan 2 (dua) fungsi diantaranya fungsi manajerial dan fungsi teknis. Fungsi manajerial berkaitan dengan menggunakan pikiran, misalnya seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Sedangkan fungsi terknis berkaitan dengan berbagai macam kegiatan yang dilakukan menggunakan fisik, misalnya seperti : pengadaan, kompensasi, pengembangan, integritas, pemeliharaan, maupun pensiun.

  Pengelolaan administrasi kepegawaian yang dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada akan memberi manfaat yang besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah dan masyarakat. Ketersediaan arsip secara utuh, otentik dan terpercaya pada setiap kementerian/lembaga dan pemerintah akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi utamanya untuk kemanfaatan penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan umum.

  Untuk mengetahui tingkat kepuasan dalam setiap pelayanan yang dilaksanakan oleh pegawai khususnya pelayanan kepegawaian yang ada di Direktorat Poltekkes Kemenkes Palembang maka di pandang perlu untuk melaksanakan Survey Kepuasan Terhadap Sistem Pengelolaan SDM dalam rangka perbaikan untuk menuju pengelolaan administrasi kepegawaian yang diharapkan oleh semua pihak.

B. TUJUAN 1.

  Untuk mengetahui kepuasan pegawai dalam hal layanan kepegawaian di Direktorat Poltekkes Kemenkes Palembang 2. Meningkatan pelayanan kepegawaian yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman peraturan maupun kebijakan terkait ketatausahaan kepegawaian.

  C. SASARAN

  Kegiatan survey kepuasan layanan kepegawaian ini ditujukan kepada pejabat, dosen dan tenaga administrasi yang terlibat dalam pengurusan administrasi di Prodi, Jurusan dan Direktorat. Oleh karena itu, yang menjadi sasaran dalam survey ini berdasarkan jabatan yaitu :

  1. Dosen

  2. Pustakawan

  3. Laboran

  4. Teknisi

  5. Administrasi Lainnya

  6. Seluruh pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di lingkungan Poltekkes Kemenkes Palembang baik yang ada di Direktorat maupun yang berada di Jurusan dan Program Studi.

  D. PELAKSANA Pelaksana : Sub Bagian Kepegawaian Poltekkes Kemenkes Palembang.

  E. WAKTU DAN TATA CARA SURVEY

  Survey dilaksanakan dalam waktu 2 bulan yaitu bulan Juli sampai dengan Agustus 2017 dan dapat diakses melalui Web : dengan memilih Survey

  Kepuasan Terhadap Sistem Pengelolaan SDM. Apabila ada pegawai yang tidak dapat

  mengakses dan menggunakan internet maka kami menyediakan kuesioner manual untuk diisi selanjutnya hasil isian tersebut diinput oleh salah satu pegawai yang ditunjuk oleh ketua jurusan dan prodi poltekkes kemenkes Palembang.

  KUESIONER

Survey Kepuasan Pelayanan Kepegawaian Di Lingkungan Kerja Poltekkes Kemenkes

Palembang

I. Identitas Responden

  1. Golongan : □IV □III □II □I

  2. Jabatan : □Dosen □Pustakawan □Laboran □Teknisi □Adm

  3. Pendidikan Lainnya

  4. Umur (tahun) : □s3 □s2 □s1 □D3 □SMA □SMP □SD

  5. Jenis Kelamin : □20 – 30 □31 – 40 □41 – 50 □51 – 60 □61 - 65 : □Laki-laki / □Perempuan *)

II. Pengantar

  1. Daftar pertanyaan ini dibuat untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pelayanan Kepegawaian di Lingkungan Kerja Poltekkes Kemenkes Palembang.

  2. Hasil survey ini akan ditelaah dan akan ditindaklanjuti oleh karena itu Bapak/ibu/sdr/i untuk mengisi sesuai dengan pendapat masing – masing sesuai keadaan yang dialami.

  3. Ucapan terima kasih atas segala bantuan dan partisipasi Bapak/ibu/Sdr/i,

III. Petunjuk Pengisian

  1. Isilah dengan alternarive jawaban yang telah disediakan sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Sdr/i dengan mengklik pada pilihan jawaban yang telah disediakan.

  2. Tidak ada jawaban salah atau benar dalam kuesioner ini, tetapi yang dibutuhkan adalah jawaban yang objektif sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu/Sdr/i masing masing.

  No Pertanyaan Jawaban

SP CP KP TP

  4 Pelayanan Proses Cuti Pegawai

  5 Pelayanan Usulan Kartu Pegawai

  6 Pelayanan Usulan Karis / Karsu

  7 Pelayanan Proses KP4

  8 Pelayanan Usulan Penghargaan Pegawai Keterangan SP : Sangat Puas CP : Cukup Puas KP : Kurang Puas

  2 Pelayanan Pengembangan Karier

  1 Pelayanan Proses Kenaikan Pangkat Pegawai

  3 Pelayanan Gaji Berkala Pegawai

F. HASIL SURVEY

  Dari hasil yang diperoleh dalam Survey Kepuasan Terhadap Sistem Pengelolaan SDM, bahwa survey diikuti oleh 238 respondan dapat digambarkan sebagai berikut : Dari 238 responden : Golongan IV : 11,8% Golongan III : 72.3% Golongan II : 11,8% Golongan I : 4,2% Dari 238 responden : Dosen : 47,9% Pustakawan : 1,7% Laboran : 7,1% Teknisi : 0,8% Administrasi Lainnya : 42,4% Dari 238 responden : S3 : 0% S2 : 53,8% S1 : 20,6% D3 : 5% SMA : 14,7% SMP : 2,5% SD : 3,5% Dari 238 responden :

  Umur 31 sampai dengan 40 tahun : 26,1% Umur 41 sampai dengan 50 tahun : 29,4% Umur 51 sampai dengan 60 tahun : 34,9% Umur 61 sampai dengan 65 tahun : 4,2% Dari 238 responden : Jenis Kelamin Laki – Laki : 37,4% Jenis Kelamin Perempuan : 62,6% Dari 238 responden : Sangat Puas : 17,2% Cukup Puas : 68,1% Kurang Puas : 10,1%

  Tidak Puas : 4,6% Dari 238 responden : Sangat Puas : 8% Cukup Puas : 53,4% Kurang Puas : 33,2% Tidak Puas : 5,5% Dari 238 responden : Sangat Puas : 33,6% Cukup Puas : 61,8% Kurang Puas : 3,8% Tidak Puas : 0,8%

  Dari 238 responden : Sangat Puas : 26,5% Cukup Puas : 66,4% Kurang Puas : 6,3% Tidak Puas : 0,8% Dari 238 responden : Sangat Puas : 25, 6% Cukup Puas : 68,1%

  Tidak Puas : 1,3% Dari 238 responden : Sangat Puas : 22,3% Cukup Puas : 71% Kurang Puas : 5,5% Tidak Puas : 1,3% Dari 238 responden : Sangat Puas : 27,7% Cukup Puas : 66,4%

  Kurang Puas : 5% Tidak Puas : 0,8% Dari 238 responden : Sangat Puas : 19,3% Cukup Puas : 68,5% Kurang Puas : 10,9% Tidak Puas : 1,3% Terdapat jawaban 10,9% responden menyatakan kurang puas dan 1,3% responden menyatakan tidak puas, hal ini mungkin responden menganggap kepuasan penghargaan dalam bentuk yang lain, sementara yang dimintai adalah penghargaan berdasarkan masa kerja; satya lancana karya satya 10, 20, 30 tahun.

  

TABEL UJI VALIDASI INSTRUMEN

SURVEY KEPUASAN TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM

KORELASI ANTARA NILAI KORELASI (r hitung) NILAI r (n=100,Α=5%) KETERANGATabelN KESIMPULAN

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  Uji Reliabalitas

  Instrumen tersebut di uji dengan pengujian validitas konstruk, untuk menilai apakah data hasil angket/kuisioner sudah benar-benar tepat/cermat/valid untuk mengukur variabel penelitian. Didapat semua butir pertanyaan pada Instrumen survey layanan kepuasan kepegawaian semuanya VALID.

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  0,743

  Item No.8 dengan total

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  0,739

  Item No.7 dengan total

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  0,757

  Item No.6 dengan total

  0,779

  Item No.1 dengan total

  Item No.5 dengan total

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  0,663

  Item No.4 dengan total

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  0,648

  Item No.3 dengan total

  r Positif, r hitung > r tabel Valid

  0,678

  Valid Item No.2 dengan total

  0,195 r Positif, r hitung > r tabel

  0,710

  Dengan mengkorelasikan total skor ganjil dengan total skor genap, dengan menggunakan Excel , diperoleh hasil korelasi (r hitung) sebesar 0,814 Selanjutnya dilakukan pengujian dengan memasukkan nilai korelasi ke dalam rumus Spearman Brown: R = 2r / 1 + r R = 2 x 0,814 / 1 + 0,814 R = 0,897 Dengan demikian instrumen ini memiliki reliabilitas yang baik karena lebih dari 0,60 sesuai kriteria yang telah dikemukakan sebelumnya. Nilai reliabilitas juga dapat dibandingkan dengan nilai r table, dengan n=100, dan taraf signifikan (α)=0,05, adalah 0,897 perbandingan ini menunjukkan hasil yang signifikan, atau dengan kata lain reliabilitas instrumen survey layanan kepuasan pegawai Poltekkes kemenkes Palembang signifikan atau dapat dipercaya.

  

RINCIAN PROSEDUR

SURVEY KEPUASAN TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM DI

DILINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG

TAHUN 2017

  

1. Sub Bagian Kepegawaian menyiapkan dan membuat kuesioner layanan kepegawaian

meliputi produk layanan kepegawaian terdiri dari ; layanan proses kenaikan pangkat, layanan pengengembangan karir (tugas belajar, izin belajar, workshop, pelatihan, tau seminar), layanan gaji berkala, layanan cuti pegawai, layanan usulan kartu pegawai,

layanan karis dan karsu, layanan KP-4 dan layanan usulan penghargaan (masa kerja).

  2. Sub Bagian kepegawaian mensosialisasi survey kepuasan layanan kepegawaian.

  3. Responden melakukan pengisian kuesioner kepuasan layanan kepegawaian.

  4. Sub Bagian Kepegawaian membuat laporan survey layanan kepegawaian

  5. Sub Bagian Kepegawaian menyerahan laporan

  

6. Sub Bagian Kepegawaian mempublikasi hasil survey layanan kepegawaian agar dapat

dilihat secara umum.

  

7. Tindak lanjut ; Sub Bagian Kepegawaian mengadakan rapat untuk melakukan langkah

langkah untuk perbaikan pelayanan kepegawaian yang ada di Direktorat Poltekkes kemenkes Palembang.

TINDAK LANJUT DARI HASIL SURVEY KEPUASAN TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM DI DILINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG TAHUN 2017

  1. HASIL SURVEY HASIL SURVEY KEPUASAN TERHADAP SISTEM PENGELOLAAN SDM DI LINGKUNGAN POLTEKKES KEMENKES PALEMBANG TAHUN 2017

  No Pertanyaan Jawaban

  Sangat Puas Cukup Puas Kurang Puas Tidak Puas

  1 Pelayanan Proses Kenaikan Pangkat Pegawai 17,2% 68,1% 10,1% 4,6%

  2 Pelayanan Pengembangan Karier 8% 53,4% 33,2% 5,5%

  3 Pelayanan Gaji Berkala Pegawai 33,6% 61,8% 3,8% 0,8%

  4 Pelayanan Proses Cuti Pegawai 26,5% 66,4% 6,3% 0,8%

  5 Pelayanan Usulan Kartu Pegawai 25,6% 68,1% 5,5% 1,3%

  6 Pelayanan Usulan Karis / Karsu 22,3% 71% 5,5% 1,3%

  7 Pelayanan Proses KP4 27,7% 66,4% 5% 0,8%

  8 Pelayanan Usulan Penghargaan Pegawai 19,3% 68,5% 10,9% 1,3%

  2. TINDAK LANJUT

a. Terhadap layanan kepegawaian yang mendapat rata rata puas, urusan kepegawaian harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian tersebut.

  b. Terhadap layanan kepegawaian yang mendapatkan penilaian kurang puas yakni pelayanan pengembangan karier dan pelayanan usul penghargaan pegawai urusan kepegawaian mengambil langkah langkah :

  • Perbaikan kinerja internal urusan kepegawaian kkhususnya untuk memberikan pelayanan pengembangan pegawai (proses tugas belajar, izin belajar, pelatihan atau workshop) dan
  • Perbaikan kinerja internal urusan kepegawaian kkhususnya untuk memberikan pelayanan pelayanan penghargaan.

  

c. Melakukan sosisalisasi terkait kedua layanan kepegawaian tersebut kepada pegawai

sehingga informasi tentang layanan kepegawaian tersebut bias diterima dengan baik oleh pegawai

  

d. Terhadap system survey kepuasan online, urusan kepegawaian akan terus menelaah dan

memperbaharui aspek aspek penilalian dengan memperhatikan masukan masukan dari pihak yang berkompeten.

Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

103 3198 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

37 805 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

36 718 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

16 466 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

25 618 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

54 1066 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

55 972 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

15 586 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

24 853 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

36 1061 23