90704 Sumber sejarah yang berasal dari pelaku atau saksi peristiwa sejarah disebut sumber

  c. Pithecanthropus mojokertensis :

  3. Jelaskan pengertian sejarah menurut ;

   Memiliki tulang rahang yang kuat  Tidak punya dagu  Memiliki otot kunyah yang kuat  Tulang pipi tebal  Tulang kening menonjol  Memiliki tonjolan di kepala belakang  Memakan jenis tumbuhan

  b. Meganthropus paleojavanicus :

  a. Meganthropus erectus :  Hidup antara 2 sampai 1 juta tahun yang lalu  Memiliki perawakan yang tegap dengan tinggi 2,1 – 3,7 meter  Memiliki otot kunyah yang kuat  Hidup mengumpulkan makanan  Memiliki tonjolan kening yang menyolok  Memiliki tonjolan belakang yang tajam  Badannya tegak  Rahangnya kuat  Memiliki tulang pipi yang tebal  Tidak memiliki dagu  Memakan jenis tumbuhan

  5. Sebutkan ciri-ciri manusia pra aksara :

  4. Apa yang dimaksud dengan manfaat inspiratif, edukatif, dalam ilmu sejarah?

  c. R. Moh. Ali : Menurut R. Moh. Ali, menyatakan bahwa sejarah adalah: o Jumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita. o Cerita tentang menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwamasa lampau, dan o Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa masa lampau.

  b. Muh. Yamin : Menurut M. Yamin, sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atau hasil penyelidiki berbagai peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataan.

  a. KBBI : sejarah/se·ja·rah/ 1. asal-usul (keturunan) silsilah; 2. kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; riwayat; tambo: cerita --; 3. pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau; ilmu sejarah;

  Penyusunan kronologi oleh para sejarawan bertujuan untuk menempatkan scenario peristiwa sejarah dalam setting waktu agar memudahkan setiap orang yang ingin mengetahui peristiwa sejarah sehingga dapat mempelajarinya secara berurutan dan sistematis.

  1. Sumber sejarah yang berasal dari pelaku atau saksi peristiwa sejarah disebut sumber…

  Tujuan Kronologi

  4. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan

  3. Menyederhanakan banyaknya peristiwa sejarah yang beraneka ragam sehingga mudah di pahami.

  2. Memudahkan klasifikasidalam ilmu sejarah.

  Para sejarawan mengadakan periodisasi atau pembabakan dengan tujuan sebagai berikut :

1. Memudahkan pengertian bagi sejarawan,peminat,pembaca,dan pemerhati sejarah pada umumnya.

  Tujuan Periodisasi

  2. Jelaskan tujuan konsep periodisasi dan konsep kronologi!

  ( orang yang menyaksikan langsung peristiwa / kejadian saat itu)

  Disebut Sumber lisan ya itu berupa keterangan langsung dari pelaku sejarah aau saksi sejarah

  • Manfaat Inspiratif yaitu diharapkan kisah sejarah dapat memberikan inspirasi bagi pembaca.
  • Manfaat Edukatif yaitu diharapkan kisah sejarah dapat berfungsi sebagai media pembelajaran dalam pendidikan.

  Memiliki badan yang tegap  Memiliki tinggi badan sekitar 165 sampai 180 cm

  • Memiliki tulang raham dan gigi graham yang kuat  Memiliki bagian kening yang menonjol  Tidak memiliki dagu, sama halnya dengan meganthropus
  • Volume otak masih belum sempurna seperti halnya pada jenis homo, yaitu sekitar 750 sampai 1.  300 cc volume otak Memiliki tulang atap tengkorak yang tebal dan berbentuk melonjong  Memiliki alat pengunyah dan telah memakan segalanya 
  • Otot tengkuk sudah kecil

  6. Jelaskan pendapat Muh. Yamin, H. Kern, Van Hein Goldern tentang asal usul Indonesia!

  Pendapat Prof. Dr. H. Kern o Prof. Dr. H. Kern berpendapat bila nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daratan Asia. Ilmuan asal Belanda ini menyebut jika hasil penelitiannya menunjukan bahwa bahasa-bahasa yang dipakai oleh suku-suku di Indonesia, Mikronesia, Polinesia, dan Melanesia, mempunyai akar yang sama, yaitu bahasa Austronesia. Dengan fakta itu, ia menyimpulkan bahwa bangsa Indonesia berasal dari satu daerah yang sama dengan bangsa-bangsa lain di wilayah Austronesia. Menurutnya, nenek-moyang bangsa Indonesia menggunakan perahu-perahu bercadik menuju ke kepulauan Indonesia. Pendapat Kern ini didukung oleh adanya persamaan nama dan bahasa yang dipergunakan di daerah Campa dengan di Indonesia. Selain nama geografis, istilah-istilah binatang dan alat perang pun banyak kesamaannya. Tetapi pendapat ini disangkal oleh K. Himly dan P.W. Schmidt berdasarkan perbendaharaan bahasa Campa. Pendapat Van Heine Geldern o Pendapat Van Heine Geldern sebetulnya tak jauh beda dengan pendapat Kern. Ia menganggap jika bahasa Indonesia adalah bahasa yang berasal dari Asia Tengah. Kendati lebih baru dibanding dengan teori yang diajukan Kern, pendapat dan teori Geldern lebih dapat dipercaya karena didukung oleh penemuan beberapa artefak, dan benda-benda sejarah lainnya yang ditemukan di Indonesia memiliki kesamaan dengan benda-benda sejarah yang ditemukan di daratan Asia. Pendapat Prof. Mohammad Yamin o Prof. Mohammad Yamin menentang semua teori-teori yang menyebut jika nenek moyang bangsa Indonesia justru berasal dari luar Indonesia. Menurut beliau, orang Indonesia saat ini benar-benar asli berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Ia justru malah meyakini jika ada sebagian bangsa dan suku di luar negeri yang nenek moyangnya berasal dari Indonesia. Landasan pemikiran yang menjadi dasar Yamin adalah banyaknya temuan fosil dan artefak di Indonesia yang lebih lengkap dibanding daerah lain di Asia. Contohnya, temuan fosil Pithecanthropus soloensis dan wajakensis yang tidak diketemukan di daerah-daerah lain di Asia termasuk Asia Tenggara (Indochina).

  7. Tersiarnya agama Buddha di Indonesia diperkirakan pada abad ke-2 Masehi yang dibuktikan dengan…

  Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan arca Budha yang terbuat dari perunggu diberbagai daerah di Indonesia antara lain Sempaga (Sulsel), Jember (Jatim), Bukit Siguntang (Sumsel). Dilihat ciri-cirinya, arca tersebut berasal dari langgam Amarawati (India Selatan) dari abad 2 - 5 Masehi. Dan di samping itu juga ditemukan arca perunggu berlanggam Gandhara (India Utara) di Kota Bangun, Kutai (Kaltim).

  8. Sebutkan fungsi dari ;

  a. Keraton : Fungsi Kraton dapat dikategorikan menjadi dua yaitu fungsi kraton pada masa sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dan pada masa kemerdekaan Republik Indonesia.

  1. Pada masa sebelum kemerdekaan Republik Indonesia

   Sebagai tempat tinggal raja dan keluarganyaSebagai pusat pemerintahanSebagai pusat kebudayaan dan pengembangannya

  2. Pada masa kemerdekaan Republik Indonesia

   Sebagai obyek wisata dan pengembangan ilmu pengetahuanSebagi Museum Perjuangan Bangsa

  b. Candi : Fungsi candi bermacam-macam, di antaranya: Tempat beribadah. Fungsi ini dapat dikatakan yang paling utama di mana patung dan segala ornamen yang ada di dalam candi digunakan untuk beribadah kepada para dewa. Pusat pengajaran. Selain digunakan untuk tempat ibadah, candi juga digunakan sebagai tempat untuk mengajar agama kepada orang-orang yang patut mempelajarinya.

  Tempat penyimpanan abu jenazah. Hal ini merupakan hal yang juga sering mewarnai fungsi candi di berbagai tempat di Indonesia, di mana abu jenazah diletakkan di atas meja penyembahan.

  9. Sebutkan faktor-faktor pendorong munculnya golongan terpelajar di Indonesia pada abad ke-20! Pada awal ke-20, pendidikan mendapatkan perhatian yang lebih baik dari pemerintah kolonial.

  Hal itu sejalan dengan diterapkannya politik etis. Melalui penguasaan bahasa asing yang diajarkan di sekolah-sekolah modern, mereka dapat mempelajari berbagai ide-ide dan paham- paham baru yang berkembang di Barat, seperti ide tentang HAM, liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi.

  10. Budi Utomo menerapkan fajar baru dalam pergerakan nasional karena mempunyai cita-cita…

  • merekrut golongan priyayi Jawamencapai Indonesia Merdekamenghidupkan kebudayaan Jawamengumpulkan dana untuk studyfonds

  11. Sebutkan penyebab khusus perlawanan rakyat Aceh terhadap Belanda!

  Kapal-kapal rakyat Aceh yang berlayar ke Selat Malaka ditangkapi oleh Belanda. Perang Aceh bersifat perang keagamaan dan perang kemerdekaan untuk menguasai penjajah Belanda. Perlawanan rakyat Aceh terhadap Belanda juga karena Belanda menuntut Aceh tunduk pada Belanda tetapi di tentang oleh Sultan Mahmud Syah/ di tolak oleh Aceh. 4 hari setelah penolakan pemerintah kolonial mengumumkan Perang Aceh.

  12. Sebutkan tokoh perumus naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia! Berikut ini tokoh-tokoh yang terlibat secara langsung dalam perumusan teks proklamasi.

  a. Ahmad Subardjo mengusulkan konsep kalimat pertama yang berbunyi; “ Kami rakyat

  Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan kami” kemudian berubah menjadi “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”.

  b. Soekarno menuliskan konsep kalimat kedua yang berbunyi; “Hal-hal yang mengenai

  pemindahan kekuasaan, dan lain-lain akan diselenggarakan dengan cara yang secermat- cermatnya serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”.

  c. Mohammad Hatta menggabungkan kedua kalimat di atas dan disempurnakan sehingga berbunyi seperti teks proklamasi yang kita miliki.

  13. Siapakah yang menjabat sebagai Presiden pada masa kabinet Djuanda!

  Ir. Djuanda Kartawidjaja Ir. Soekarno

  14. Sebutkan 3 tokoh pembicara pada sidang pertama BPUPKI!

  Pada sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945, ada tiga pembicara yang mencoba secara khusus membicarakan mengenai dasar negara. Ketiga pembicara tersebut adalah Mr. Mohammad Yamin, Prof. Dr. Mr. Supomo, dan Ir. Soekarno.

  15. Apa pengertian Oldefo menurut Ir. Soekarno? Negara-negara Imperialis Barat/kekuatan lama yang telah mapan yakni negara-negara kapatalis yang neokolonialis dan omperalis (nekolim).

  16. Sebutkan 5 agenda reformasi! 1. Suksesi kepemimpinan nasional.

  2. Amandemen UUD 1945

  3. Pemberantasan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme)

  4. Penghapus Dwifungsi ABRI

  5. Penegakan supremasi hukum

  6. Pelaksanaan otonomi daerah

  17. Sebutkan ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908! Ciri-ciri perjuangan kemerdekaan sebelum tahun 1908

  1. bersifat kedaerahan 2. perlawanan sporalis 3. bergantung pada pemimpin 4. mudah di adu domba a. Paleolitikum(batu tua) :  Hidupnya nomaden atau selalu berpindah-pindah tempat.

   Hidup dalam kelompok-kelompok kecil agar memudahkan mereka bergerak dalam mencari makanan.  Hidupnya sangat tergantung pada alam sekitar mereka.  Masih menggunakan alat-alat yang sangat sederhana untuk mendukung kegiatan mereka mencari makan. Alat yang dibuat masih dalam bentuk yang sangat kasar, contohnya kapak genggam yang berfungsi untuk memotong, menggali dan menguliti binatang.

   Masih menggunakan bahasa yang sederhana untuk berkomunikasi.

  b. Mesolitikum (batu tengah) :  Masih melakukan kegiatan mengumpulkan makanan.

   Sudah memiliki tempat tinggal semi tetap.  Sudah mempunyai kemampuan bercocok tanam secara sederhana.  Kebanyakan bertempat tinggal di tepi pantai dan di goa-goa.

  c. Neolitikum (batu muda) :  Peralatan sudah halus & diberi tangkai untuk dipegang  Sebagian besar menggunakan kapak persegi & kapak lonjiong  Tempat tinggal sedenter  Sudah menganut kepercayaan

  d. Megalitikum (batu besar) : ciri ciri social : berkembang dari zaman neolitimkun sampai zaman perunggu manusia sudah dapat membuat dan meninggalkan kebudayaaan di batu batu besar ciri ciri kebudayaan : terbuat dari batuan besar

  • kapak persegi
  • kapak lonjong
  • menhir
  • dolmen
  • kubur batu
  • wa>sarkobagus
  • puden ber
  • arca ciri ciri ekonomi : membuat alat alat dari batu besar ciri ciri kepercayaan : mulai mengembangkan ide keagaman dengan mendirikan bangunan batu berukuran besar atau megalitik. Budaya megalitik inilah yang menjadi ciri khas asli nenek moyang di indonesia

  19. Mengapa peristiwa sejarah dipandang sebagai suatu peristiwa yang unik? Karena peristiwa itu hanya terjadi satu kali. (tidak berulang-ulang)

  20. Jelaskan teori-teori masuknya ;

  a. Hindu ; Pertama, teori Brahmana. Teori tersebut sesuai dengan pendapat J.C. van Leur bahwa Hindunisasi di Kepulauan Indonesia disebabkan oleh peranan kaum Brahmana. Pendapat van Leur didasarkan atas temuan-temuan prasasti yang menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa. Bahasa dan huruf tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kedua, teori Ksatria. Dalam kaitan ini R.C. Majundar berpendapat, bahwa munculnya kerajaan atau pengaruh Hindu di Kepulauan Indonesia disebabkan oleh peranan kaum ksatria atau para prajurit India. Ketiga, teori Waisya. Teori ini terkait dengan pendapat N.J. Krom yang mengatakan bahwa kelompok yang berperan dalam dalam penyebaran Hindu-Buddha di Asia Tenggara, termasuk Indonesia adalah kaum pedagang. Keempat, teori yang dinamakan teori Arus Balik. Teori ini lebih menekankan pada peranan bangsa Indonesia sendiri dalam proses penyebaran kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia. Artinya, orang-orang di Kepulauan Indonesia terutama para tokohnya yang pergi ke India.

  b. Islam di Indonesia ; Pertama, Teori Mekah mengatakan bahwa proses masuknya Islam ke Indonesia adalah langsung dari Mekah atau Arab. Proses ini berlangsung pada abad pertama Hijriah atau abad ke-7 M. Tokoh yang memperkenalkan teori ini adalah Haji Abdul Karim Amrullah atau HAMKA, salah seorang ulama sekaligus sastrawan Indonesia. Kedua, Teori Gujarat mengatakan bahwa proses kedatangan Islam ke Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-7 H atau abad ke-13 M. Gujarat ini terletak di India bagain barat, berdekaran dengan Laut Arab. Tokoh yang menyosialisasikan teori ini kebanyakan adalah sarjana dari Belanda. Sarjana pertama yang mengemukakan teori ini adalah J. Pijnapel dari Universitas Leiden pada abad ke 19.

  Ketiga, Teori Persia mengatakan bahwa proses kedatangan Islam ke Indonesia berasal dari daerah Persia atau Parsi (kini Iran). Pencetus dari teori ini adalah Hoesein Djajadiningrat, sejarawan asal Banten. Dalam memberikan argumentasinya, Hoesein lebih menitikberatkan analisisnya pada kesamaan budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakat Parsi dan Indonesia. Keempat, Teori Cina mengatakan bahwa proses kedatangan Islam ke Indonesia (khususnya di Jawa) berasal dari para perantau Cina. Orang Cina telah berhubungan dengan masyarakat Indonesia jauh sebelum Islam dikenal di Indonesia. Pada masa Hindu- Buddha, etnis Cina atau Tiongkok telah berbaur dengan penduduk Indonesia—terutama melalui kontak dagang. Bahkan, ajaran Islam telah sampai di Cina pada abad ke-7 M, masa di mana agama ini baru berkembang.

  a. Jawa Barat =Seoekarmadji Maridjan Kartosuwirjo

  2. Pemberantasan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme)

  1. Penegakan supremasi hukum

  29. Sebutkan beberapa tuntutan reformasi sejak tahun 1998!

  28. Kapan Soekarno turun dari jabatannya? Pada tanggal 22 Februari 1967

  b. Pengunduran diri Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 : “Pernyataan Berhenti sebagai Presiden Republik Indonesia”

  a. Pertanggungjawaban Soekarno pada sidang umum tanggal 20 Juni 1966 : “Nawaksara”

  27. Apa nama judul ;

  Penyederhanaan partai politik yang dilakukan Soeharto pada pemilu 1977 merupakan pelaksanaan dari maksud mempertahankan kekuasaan. Artinya bahwa ketika kebebasan berpartisipasi dalam politik sebagai hak salah satu utama warga negara mampu dipersempit oleh penguasa, kekuasaan menjadi aman.

  26. Apa yang menjadi alasan penyederhanaan partai politik pada masa Orde Baru?

  e. Kalimantan Selatan =Ibnu Hadjar

  d. Aceh =Tengku Daud Beureueh

  c. Sulawesi Selatan =Kahar Muzakar

  b. Jawa Tengah =Amir Fatah

  25. Sebutkan pemimpin pemberontakan DI TII di ;

  21. Pada masa pemerintahan siapakah kerajaan Aceh mencapai masa kejayaan? Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

  Mas Mansyur. Mereka kemudian dikenal dengan sebutan Empat Serangkai.

  24. Sebutkan pemimpin organisasi Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA)! Para pemimpin Putera terdiri atas Ir. Soekarno, Drs. M. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H.

  3. Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

  c. 22 Agustus 1945 1. Pembentukan Komite Nasional.

  3.Menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri negara.

  2.Membentuk Komite Nasional (Daerah).

  b. 19 Agustus 1945 1.Pembagian wilayah, terdiri atas 8 provinsi.

  3. Dibentuk Komite Nasional untuk membantu tugas Presiden sementara, sebelum dibentuknya MPR dan DPR.

  2. Memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai wakil

  1. Mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945

  a. 18 Agustus 1945

  23. Sebutkan hasil siding PPKI :

  22. Apa yang dimaskud dengan Local Genius? Local genius adalah kemampuan masyarakat indonesia untuk menerima, memilah2 dan mengambil kebudayaan dari luar yang dianggap baik. Contohnya kebudayaan hindu dan budha mudah di terima karena masyarakat indonesia pintar memilah dan memilih untuk disesuaikan dengan kebudayaan asli Indonesia.

  3. Pengadilan mantan Presiden Soeharto dan kroninya

  5. Pencabutan dwifungsi TNI/Polri

  6. Pemberian otonomi daerah seluas- luasnya.

  30. Zaman pra aksara dibagi menjadi 2 yaitu zaman batu dan zaman logam, sebutkan masing-masing! Zaman Batu Zaman Batu terjadi sebelum logam dikenal dan alat-alat kebudayaan terutama dibuat dari batu, di samping kayu dan tulang. Zaman batu ini diperiodisasi lagi menjadi 4 zaman, antara lain: Zaman Batu Tua (Zaman Palaeolithikum), Zaman Batu Tengah (Zaman Mesolithikum), Zaman Batu Muda (Zaman Neolithikum) dan Zaman Batu Besar (Zaman Megalithikum). Zaman Logam Pada zaman Logam orang sudah dapat membuat alat-alat dari logam di samping alat-alat dari batu. Orang sudah mengenal teknik melebur logam, mencetaknya menjadi alat-alat yang diinginkan. Teknik pembuatan alat logam ada dua macam, yaitu dengan cetakan batu yang disebut bivalve dan dengan cetakan tanah liat dan lilin yang disebut a cire perdue. Kelebihan teknik bivalve dari a cire perdue adalah dapat digunakan berkali-kali. Periode ini juga disebut masa perundagian karena

dalam masyarakat timbul golongan undagi yang terampil melakukan pekerjaan tangan.

Zaman logam ini dibagi atas: Zaman Perunggu (disebut juga dengan kebudayaan Dongson-Tonkin Cina) dan Zaman Besi (Pada zaman ini orang sudah dapat melebur besi dari bijinya untuk dituang menjadi alat-alat yang diperlukan).

  31. Sebutkan faktor intern dan ekstern munculnya rasa kebangsaan Indonesia!

  1) Faktor intern yang memengaruhi munculnya rasa kebangsaan Indonesia adalah sebagai berikut.

  a. Timbulnya kembali golongan pertengahan, kaum terpelajar.

  b. Adanya penderitaan dan kesengsaraan yang dialami oleh seluruh rakyat dalam berbagaibidang kehidupan.

  c. Pengaruh golongan peranakan

  d. Adanya keinginan untuk melepaskan diri dari imperialisme 2) Faktor ekstern yang mempengaruhi munculnya rasa kebangsaan Indonesiaadalah sebagai berikut.

  a. Paham-faham modern dari Eropa (liberalisme, humanisme, nasionalisme, dan komunisme).

  b. Gerakan pan-islamisme.

  c. Pergerakan bangsa terjajah di Asia.

  d. Kemenangan Rusia atas Jepang.

  32. Sebutkan 7 kabinet yang ada pada masa demokrasi liberal! 1) KABINET NATSIR (6 September 1950 – 21 Maret 1951) 2) KABINET SUKIMAN (27 April 1951 – 3 April 1952) 3) KABINET WILOPO (3 April 1952 – 3 Juni 1953) 4) KABINET ALI SASTROAMIJOYO I (31 Juli 1953 – 12 Agustus 1955) 5) KABINET BURHANUDDIN HARAHAP (12 Agustus 1955 – 3 Maret 1956) 6) KABINET ALI SASTROAMIJOYO II (20 Maret 1956 – 4 Maret 1957) 7) KABINET DJUANDA ( 9 April 1957- 5 Juli 1959)

  33. Sebutkan 4 fungsi partai politik dalam negara demokrasi! 1. Partai politik sebagai sarana komunikasi politik.

  Bagaimana aspirasi masyarakat ini bisa tersalurkan kepada pemerintah, disinilah fungsi dari partai politik yang akan menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat dan mengaturnya sedemikian rupa. Melihat hal ini, partai politik dalam menjalankan fungsinya sering disebut sebagai broker (perantara) dalam suatu bursa ide-ide (clearing house of ideas) dan bisa juga dikatakan bahwa partai politik bagi pemerintah bertindak sebagai alat pendengar dan bagi warga masyarakat sebagai pengeras suara.

  2. Partai politik sebagai sarana sosialisasi politik.

  Partai politik berfungsi sebagai salah satu sarana sosialisasi politik. Untuk dapat menjadi pemenang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serta menguasai pemerintah (dalam artian menjadi kepala daerah, presiden ataupun pimpinan lainnya), partai politik harus bisa mensosialisasikan dan mendapatkan dukungan masyarakat sebanyak mungkin dengan mengedepankan bahwa partai politik berjuang untuk masyarakat dan kepentingan umum.

  3. Partai politik sebagai sarana rekruitmen politik.

  Partai politik juga berfungsi untuk mencari dan mengajak orang untuk turut aktif dalam kegiatan politik sebagai anggota partai (political recruitment), dengan demikian partai politik turut memperluas partisipasi politik.

  4. Partai politik sebagai sarana pengatur konflik.

  Dalam suasana demokrasi, persaingan dan perbedaan pendapat dalam masyarakat merupakan soal yang wajar. Jika terjadi suatu konflik dalam pemerintahan, maka partai politik berusaha untuk mengatasinya dengan jalan pendekatan ataupun cara-cara yang dilakukan oleh partai, seperti sering mengadakan rapat-rapat mulai dari sifatnya biasa sampai luar biasa, dari yang rapat berskala kecil sampai yang berskala besar ataupun konsolidasi dengan kader-kader partai atau dengan pemerintah.

  

34. Sebutkan 7 tindakan penyimpangan terhadap UUD 1945 masa periode Indonesia merdeka sampai

demokrasi terpimpin!

  1. Kedudukan Presiden

  2. Pembentukan MPRS

  3. Pembubaran DPR dan Pembentukan DPR-GR

  4. Pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara

  5. Pembentukan Front Nasional

  6. Pembentukan Kabinet Kerja

  7. Keterlibatan PKI dalam Ajaran Nasakom

  8. Adanya ajaran RESOPIM (Revolusi, Sosialisme Indonesia, dan Pimpinan Nasional)

  9. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

  10. Pentaan Kehidupan Partai Politik

  11. Arah Politik Luar Negeri

  35. Sebutkan tahap-tahap penelitian sejarah!

  1.Pemilihan Topik Langkah awal dalam penelitian sejarah adalah menentukan topik bahasan yang akan diteliti. Penentuan topik harus mencakup 5W+1H (What,Where,When,Who,Why, dan How).

  2.Heuristik Heuristik adalah tahap pencarian sumber sejarah baik sumber lisan, tulisan atau benda. Selain itu, dikenal dua macam sumber, yaitu Sumber Primer dan Sumber Sekunder.

  3.Verifikasi Verifikasi adalah tahap mengkritisi sumber yang sudah didapatkan. Ada dua macam kritik, yaitu Kritik Ekstern dan Kritik Intern. Dari proses Verifikasi dihasilkan Fakta Sejarah.

  4.Interpretasi Interpretasi adalah tahap menafsirkan fakta-fakta sejarah yang sudah didapatkan. Penafsiran ini dapat dilakukan melalui Analisis dan Sintetis.

  5.Historiografi Historiografi adalah tahap menuliskan kembali suatu peristiwa sejarah sebagai sebuah bentuk catatan sejarah.

  36. Siapakah yang menulis pidato pengunduran diri Soeharto?

   Bapak Yusril Ihza Mahendra

  

37. Apa latar belakang sehingga kaum reformis dan mahasiswa/ahli hukum yang mengatakan bahwa

pengangkatan BJ. Habibie bermasalah?

  Pengangkatan BJ Habibie menjadi presiden menimbulkan polemik di kalangan ahli hukum. Satu pihak menilai bahwa pengangkatan BJ. Habibie sebagai presiden adalah konstitusional. Hal ini didasarkan pasal 8 UUD 1945 yang mengataan bahwa "Bila presiden mangkat, berhenti, atau tidak dapat melakukan kewajibannya ia diganti oleh wakil presiden sampai habis waktunya”. Sedangkan kelompok yang menilai bahwa pengangkatan Prof. BJ Habibie menjadi presiden inkonstitusional didasarkan pada Pasal 9 UUD 1945 yang menyatakan bahwa "Sebelum presiden memangku jabatan, maka presiden harus mengucapkan sumpah di depan MPR atau DPR”. Padahal langkah ini tidak dilakukannya. Akan tetapi, BJ Habibie mengucapkan sumpah dan janji di hadapan Ketua Mahkamah Agung dan anggota MPR dan DPR yang bukan bersifat kelembagaan. DalamTap.MPR Nomor VII/MPR/1983 memang ketentuan melaksan akansumpah di depan Ketua Mahkamah Agung dapat dilakukan, jika keadaan terpaksa atau darurat. Akan tetapikeadaan itu tidak terdapat alasan tersebut. Oleh karena itu, kondisi itu pada awai pemerintahan Presiden BJ. Habibie dapat mengganggu perjalanan pemerintahannya. Namun dengan keyakinan dan langkah-langkah yang diambil oleh presiden, permasalahan ini dapat diatasi.

  38. Apa latar belakang Ir. Soekarno mengikrarkan Dekrit Presiden 5 Juni?

  Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah dekrit yang dikeluarkan oleh Presiden Indonesia yang pertama. Dekrit ini dilatarbelakangi oleh kegagalan Badan Konstituante untuk menetapkan

  UUD baru sebagai pengganti UUDS 1950. Anggota konstituante mulai bersidang pada 10

  November 1956. Namun pada kenyataannya sampai tahun 1958 belum berhasil merumuskan UUD yang diharapkan. Sementara, di kalangan masyarakat pendapat-pendapat untuk kembali kepada UUD 45 semakin kuat. Setalah konstituante gagal menetapkan undang-undang Dasar 1945 menjadi Konstitusi Republik Indonesia. Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit yang diumumkan dalam upacara resmi di istana merdeka pada tanggal 5 Juli 1959, pukul 17.00.

  39. Sebutkan isi tugas utama kabinet Ampera yaitu DwiDharma!

  1. Mengusahan stabilitas politik

  2. Mengusahakan stabilitas ekonomi

  Adapun program kerja kabinet Ampera disebut Caturkarya yang berisi :

  1. Memperbaiki kualitas kehidupan rakyat Indonesia terutama dalam hal sandang dan pangan

  2. Menggelar pemilihan umum secepatnya hingga tanggal 5 Juli 1968 seperti yang telah ditetapkan di dalam TAP MPRS No XI/MPRS/1966

  3. Kembali meluruskan dan melaksankan prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif sesuai dengan TAP MPRS No XI/MPRS/1966

  4. Meneruskan perjuangan untuk menolak imperialisme dan kolonialisme dalam berbagai bentuk

  Terjadinya reformasi tidak lain karena meruaknya kasus KKN oleh pemerintahan Soeharto, yang dimulai ketika ekonomi Indonesia sedang mengalami kekacauan, harga rupiah makin turun, sehingga para mahasiswa menuntut pengunduran Soeharto dari kursi presiden, dan membersihkan semua pemerintahan dari antek-antek Soeharto . Melihat hal ini maka Soeharto pun mengundurkan diri dan B J habibie maju sebagai presiden menggantikan Soeharto. Faktor-faktor penyebab munculnya Reformasi ; 1) Faktor politik meliputi hal-hal berikut.

  a. Adanya KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) dalam kehidupan pemerintahan.

  b. Adanya rasa tidak percaya kepada pemerintah Orba yang penuh dengan nepotisme dan kronisme serta merajalelanya korupsi.

  c. Kekuasaan Orba di bawah Soeharto otoriter tertutup.

  d. Adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  e. Mahasiswa menginginkan perubahan. 2) Faktor ekonomi, meliputi hal-hal berikut.

  a. Adanya krisis mata uang rupiah.

  b. Naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat.

  c. Sulitnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok. 3) Faktor sosial masyarakat : adanya kerusuhan tanggal 13 dan 14 Mei 1998 yang melumpuhkan perekonomian rakyat. 4) Faktor hukum : belum adanya keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga negara.


Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

69 1618 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

25 417 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

26 377 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

8 237 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

19 345 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

28 488 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

22 431 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

9 277 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

13 446 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

23 512 23