Layanan Pemanduan City Tour

d. Layanan Pemanduan City Tour

Salah jenis kegiatan pemanduan yang dilaksanakan oleh seorang guide/pramuwisata adalah pemanduan perjalanan wisata keliling kota/dalam kota yang biasa disebut dengan city tour.

Berikut ini dipaparkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemanduan city tour.

Sebelum melaksanakan kegiatan city tour ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pahami jenis perjalanan yang akan dilaksanakan (pagi hari, siang, sore atau

malam hari) Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai objek yang akan dikunjungi Pahami rute perjalanan yang akan dilalui Perbaharui informasi dan cek kondisi terakhir setiap objek dengan menggunakan

sarana komunikasi yang ada dan teknik pengumpulan informasi Siapkan diri secara fisik untuk melakukan kegiatan tersebut

Contoh Pemanduan City Tour

Titik pemberangkatan

: Hotel

Waktu pemberangkatan : 09.00 Lama city tour

4 jam

Objek yang dikunjungi :

2 objek

Selamat pagi Bapak/Ibu sekalian, Selamat datang di Kota .......................... (nama kota atau wilayah pelaksanaan tour). Bagaimana kondisi Anda pada pagi hari ini?

Saya berharap semua dalam kondisi sehat dan siap untuk menikmati dan menjelajahi wilayah Kota ......... yang indah ini. Baik Bapak/Ibu sekalian, sebelum kita meninggalkan hotel kita ini, saya persilakan untuk mengecek kelengkapan yang Anda ingin bawa selama pelaksanaan city tour kita pagi ini.

Baik, jika semua sudah lengkap mari kita menuju Bus. Selamat datang di dalam bus ................... Travel (nama Travel Anda/Bus Anda). Perkenankan saya memperkenalkan driver kita pada pagi hari ini Bapak .................... (nama sopir kita) dan saya sendiri ......................... (nama tour guide) atau biasa dipanggil .............(nama panggilan jika ada) akan menemani Anda selama perjalanan Anda.

Baik, sebelum kita melakukan tour pada pagi hari ini saya akan menyampaikan rute kita pagi ini.

Kita akan mengelilingi kota ................ dan melihat sejumlah tempat menarik dan pusat keramaian kota ini. Dalam perjalanan pagi ini kita akan berhenti di dua objek yang sangat terkenal di kota ini yaitu ............................. dan .............................

Di masing-masing objek saya memberikan Anda waktu 30 menit untuk melihat lebih dekat objek tersebut.

Bapak driver, mari kita mulai perjalanan. Bapak-Ibu sekalian sekarang kita sudah meninggalkan hotel. Kita akan berbelok ke

kiri di Jl. .............. (nama jalan). Jalan ini berasal dari nama ............. (ceritakan keunikan dan asal nama jalan tersebut)....................................... (lanjutkan dengan menjelaskan spot yang ada).

Bapak-Ibu sekalian, kita sudah sampai di objek wisata kita yang pertama pada pagi hari ini. Silakan Anda turun dari bus dan langsung menuju pintu gerbang. Saya akan menyusul dan mengurus izin masuk Anda.

Selamat datang di ................................ (sebutkan nama objek). Bapak-Ibu silahkan masuk, Anda akan ditemani oleh local guide kita Bapak ......... (nama local guide). Bapak-Ibu sebelum masuk saya perlu mengingatkan bahwa kita berkumpul kembali di bus 30 menit ke depan yaitu pukul 10.00. Terima kasih. Silakan menikmati tour Anda di tempat ini.

(suasana di dalam bus setelah mengunjungi objek wisata pertama) Baik Bapak-Ibu, apakah semua sudah lengkap? Tolong mengecek masing-masing

rekan kita. Terima kasih.

Bagaimana perasaan Anda setelah mengunjungi objek wisata ........................... (nama objek wisata). Saya berharap Anda menikmati dan memberikan kesan kepada Anda, objek ini sangat terkenal dengan ...................................................... (berikan info sebagai kesimpulan dari semua info yang telah di dapat wisatawan dari local guide).

Sekarang kita akan melanjutkan perjalanan ke objek kunjungan kita berikutnya ....................................... (nama objek wisata berikutnya).

Baik, Bapak-Ibu, kita sudah sampai kembali di hotel. Saya berharap perjalanan kita pagi ini berkesan dan memberikan pengalaman baru bagi Anda. Atas nama ............. (nama travel) mengucapkan terima kasih telah mempercayakan kami untuk memandu dan menemani perjalanan Anda. Kami tetap menanti kedatangan Anda selanjutnya dengan keluarga dan rekan-rekan untuk menikmati suasana di kota ini.