Pelaksanaan Analisis Hasil Praktik Mengajar RPP ke-4 a. Persiapan

19 pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan selanjutnya. Tujuan mahasiswa melakukan review adalah untuk mengingatkan siswa mengenai struktur teks hasil observasi. Setelah melakukan review, siswa diminta mengerjakan latihan soal yang telah disiapkan secara mandiri. Meskipun mandiri, siswa diperbolehkan berdiskusi dengan teman sebangkunya. Waktu mengerjakan adalah 1 x 40 menit. Sisa waktu yang masih ada digunakan untuk membahas soal satu per satu. Tujuan dari membahas soal ini adalah agar siswa langsung dapat mengetahui jawaban dari soal yang mereka jawab. Selain itu, jika masih ada siswa yang belum jelas atau belum paham, langsung dapat menanyakannya.

c. Analisis Hasil

Berdasarkan latihan soal yang telah diberikan, hasil pekerjaan siswa menunjukkan hasil yang cukup baik. 85 siswa meraih nilai lebih dari 75 yakni angka kriteria minimal KKM. Nilai tersebut dimasukkan sebagai salah satu nilai tugas siswa.

d. Refleksi

Mahasiswa harus lebih memperhatikan langkah-langkah pembelajaran dalam pendekatan saintifik. Masih sering dijumpai terdapat langkah pembelajaran yang belum sesuai dengan RPP yang telah dibuat.

4. Praktik Mengajar RPP ke-4 a. Persiapan

Persiapan yanag dilakukan oleh mahasiswa adalah menyusun RPP dan menyiapkan materi pembelajaran. Alokasi waktu yang digunakan adalah 2 x 40 menit. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik dan menggunakan metode diskusi, tanya jawab. Materi pembelajaran yang disampaikan adalah unsur kebahasaan teks hasil observasi yakni afiks dan kata rujukan.

b. Pelaksanaan

Kegaiatan pembelajaran dimulai dari kelas VII A pada hari Jumat, 15 Agustus 2014. Siswa yang mengikuti pembelajaran ada 32 orang siswa. Pembelajaran dimulai dengan penyampaian kompetensi inti dan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan mereview materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang dipelajari saat ini. Siswa diajak mengamati sebuah teks hasil observasi dan mencermati 20 penggunaan afiks dan kata rujukan. Kemudian mahasiswa memberikan penjelasan mengenai afiks dan kata rujukan. Setelah siswa paham, siswa diminta mencari afiks dan kata rujukan di dalam teks hasil observasi. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah lembar kerja siswa. siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok dan mengerjakan tugas yang diberikan. salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelompok lain menanggapi dan memberikan sanggahan. Pada akhir pembelajaran tugas dikumpulkan dan mahasiswa memberikan kesimpulan dari pembelajaraan yang telah dilaksanakan. Materi yang sama juga diajarkan di kelas VII B, C, dan D. Kelas VII C melaksanakan kegiatan pembelajaran pada hari Sabtu, 16 Agustus 2014. Siswa yang hadir sebanyak 32 siswa. Pembelajaran di kelas VII D dan VII B dilaksanakan pada hari Senin, 18 Agustus 2014. Kelas VII D diikuti oleh 31 orang siswa. Siswa yang tidak berangkat adalah Firdaus Eko Saputro. Sedangkan kelas VII B diikuti oleh 32 orang siswa. Siswa yang tidak hadir adalah Fachrul Rizqy Achmad Setiyawan dan Wahyu Seta Sani Kusuma.

c. Analisis Hasil

Hasil pekerjaan siswa sudah cukup baik. Akan tetapi, masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam membedakan jenis-jenis afiks. Siswa harus dibiasakan untuk mengaplikasikan afiks dan kata rujukan langsung di dalam teks hasil observasi.

d. Refleksi