Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROPINSI
SUMATERA UTARA
OLEH SYAHROMI HASIBUAN
080502005 MANAJEMEN
PROGRAM STUDI STRATA 1 MANAJEMEN DEPARTEMEN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN 2013
Universitas Sumatera Utara

SURAT PERNYATAAN Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi saya yang berjudul “PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROPINSI SUMATERA UTARA” adalah benar hasil karya tulis saya sendiri yang disusun sebagai tugas akademik pada Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Bagian atau data tertentu yang saya peroleh dari perusahaan atau lembaga, dan/atau saya kutip dari hasil karya orang lain telah mendapat izin, dan/atau dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan ilmiah. Apabila kemudian hari ditemukan adanya kecurangan dan plagiat dalam skripsi ini, saya bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Medan, Januari 2013
SYAHROMI HASIBUAN
NIM: 080502005
Universitas Sumatera Utara

Nama NIM Program Studi Konsentrasi Judul

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS EKONOMI
DEPARTEMEN MANAJEMEN PERSETUJUAN PERCETAKAN
: Syahromi Hasibuan : 080502005 : Manajemen : Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) :“PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROPINSI SUMATERA UTARA”

Tanggal:

Januari 2013

Ketua Program Studi Manajemen

Tanggal:

Januari 2013

Dr. Endang Sulistya Rini, SE, M.Si NIP: 19620513 199203 2 001
Ketua Departemen Manajemen

Dr. Isfenti Sadalia, SE., M.E NIP: 19671019 199303 2 002
Universitas Sumatera Utara

Nama NIM Program Studi Konsentrasi Judul

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS EKONOMI
DEPARTEMEN MANAJEMEN
LEMBAR PENGESAHAN
: Syahromi Hasibuan : 080502005 : Manajemen : Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) : “PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROPINSI SUMATERA UTARA”

Dosen Pembimbing,

Dosen Pembaca Penilai,

Dr. Yeni Absah. S.E. M.Si NIP. 19591013 198601 2 003

Dr.Elisabeth Siahaan, SE, M.Ec NIP. 19780313 200212 2 001

Ketua Program Studi Manajemen,

Dr. Endang Sulistya Rini, S.E, M.Si NIP. 19620513 199203 2 001

Universitas Sumatera Utara

Nama NIM Program Studi Konsentrasi Judul

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS EKONOMI
DEPARTEMEN MANAJEMEN
PENANGGUNG JAWAB SKRIPSI
: SYAHROMI HASIBUAN : 080502005 : Manajemen : Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) : “PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROPINSI SUMATERA UTARA”

Medan, Januari 2013 Penulis

SYAHROMI HASIBUAN NIM: 080502005

Universitas Sumatera Utara

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dam menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kepuasaan kerja pada pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara yang menggunakan komputer dalam bekerja. Jumlah sample adalah 70 orang pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Penarikan sample digunakan dengan metode Stratified Random Sampling.
Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuesioner, dimana sebelum kuesioner disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner kepada 30 orang pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara diluar sampel penelitian. Data sekunder juga dikumpulkan untuk mendukung analisis dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriftif dan analisis kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Statistics 17. For windows.
Hasil menunjukan bahwa penggunaan teknologi informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara. Hal ini berdasarkan hasil uji T,dimana t hitung= 10.402 > t tabel = 1.995 dan signifikansi adalah 0,000, nilai ini lebih kecil dari = 5% (0,05). Pada pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R=0,784 yang menunjukan hubungan antara penggunaan teknologi informasi terhadap variabel kepuasan kerja pada dinas perhubungan propinsi sumatera utara sebesar 78,4% dan artinya hubungan erat. Sedangkan Nilai R Square= 0,614 menunjukan bahwa variabel kepuasan kerja pegawai dinas perhubungan propinsi sumatera utara dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan teknologi informasi sebesar 61,4%, sedangkan sisanya sebesar 38,6% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Penggunaan Teknologi Informasi, Kepuasan Kerja
Universitas Sumatera Utara

ABSTRACT
This study entitled "The Effect of Information Technology Usage Of Job Satisfaction Employee Transportation Agency of North Sumatra Province". The purpose of this study was to determine the dam analyze the effect of the use of information technology on employee job satisfaction at the Department of Transportation of North Sumatra Province.
The population in this study were all employees of the Department of Transportation of North Sumatra who use computers at work. Sample size was 70 employees of North Sumatra Province Transportation Department determined using a formula Slovin. Withdrawal of sample used with stratified random sampling method.
Primary data were collected through a questionnaire, which prior to the questionnaire distributed first tested the validity and reliability of the questionnaire to the 30 Department of Transportation employees outside of North Sumatra Province sample. Secondary data were also collected to support the analysis in this study. The method of analysis used in this study is a method of analysis that is descriptive and quantitative analysis with a simple linear regression analysis. Data management is done by using SPSS Statistics 17. For windows.
The results showed that the use of information technology has a positive and significant impact on job satisfaction Transportation Agency of North Sumatra Province. It is based on the results of tests T, where t = 10 402> t table = 1995 and signifikansi is 0.000, this value is smaller than α = 5% (0.05). On testing the coefficient of determination obtained value R = 0.784 which shows the relationship between the use of information technology on job satisfaction variables in northern Sumatra provincial transportation agencies amounted to 78.4% and it means a close relationship. While the value of R Square = 0.614 shows that employee satisfaction variable North Sumatra provincial transportation agencies can be explained by the variable use of information technology at 61.4%, while the remaining 38.6% can be explained by other variables not examined in this study .
Keywords: Use of Information Technology, Job Satisfaction
Universitas Sumatera Utara

KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara” Penulis telah banyak menerima bimbingan, saran, motivasi dan doa dari berbagai pihak selama penulisan skripsi ini. Secara khusus penulis mengucapkan terimakasih kepada Ayahanda Salam Syahdin Hasibuan dan Ibunda Ernawati Harahap yang telah memberikan dukungan kepada penulis baik moril maupun materil. Pada kesempatan ini penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan dalam penyelesaian skripsi ini, yaitu kepada:
1. Bapak Drs. Jhon Tafbu Ritonga, M.Ec., selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
2. Ibu Dr. Isfenti Sadalia, SE, M.E., selaku Ketua Departemen Manajemen dan Ibu Dra. Marhayanie, MSI., selaku Sekretaris Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
3. Ibu Dr. Endang Sulistya Rini, SE, MSI., selaku Ketua Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
4. Ibu Dr. Yenni Absah, S.E M.Si., selaku Dosen Pembimbing penulis yang telah meluangkan waktu dan memberikan arahan, koreksi, kritik, saran dan motivasi dalam penyelesaian dan kesempurnaan skripsi ini.
Universitas Sumatera Utara

5. Ibu Dr. Elisabeth Siahaan SE M.Ec, selaku Dosen Pembaca Penilai skripsi penulis yang telah memberikan kritik dan saran demi kesempurnaan skripsi ini.
6. Seluruh Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, khususnya Dosen Departemen Manajemen yang telah banyak memberikan pelajaran berarti kepada penulis selama masa perkuliahan.
7. Seluruh Pegawai Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara yang telah banyak membantu penulis selama masa perkuliahan baik dalam urusan administrasi maupun dalam proses kelancaran kegiatan perkuliahan.
8. Pimpinan dan seluruh Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara.
9. Sahabat-sahabat penulis Departemen Manajemen angkatan 2008 yang tergabung dalam Daimyo Community, Susanti Louis, Ifandy Akbar dan Ade Nurhidayat yang telah memberikan motivasi dan semangat kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna, baik dari segi isi, penulisan maupun penyajiannya, namun penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.
Medan, Januari 2013 Penulis,
Syahromi Hasibuan
Universitas Sumatera Utara

DAFTAR ISI

Halaman

ABSTRAK ...................................................................................................... ABSTRACT ..................................................................................................... KATA PENGANTAR.................................................................................... DAFTAR ISI................................................................................................... DAFTAR TABEL .......................................................................................... DAFTAR GAMBAR...................................................................................... DAFTAR LAMPIRAN ..................................................................................

i ii iii v vii viii ix

BAB 1

PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang .................................................................. 1.2. Perumusan Masalah .......................................................... 1.3. Tujuan Penelitian .............................................................. 1.4. Manfaat Penelitian ............................................................

1 8 8 8

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Teknologi Informasi..........................................................
2.1.1. Teknologi Informasi............................................... 2.1.2. Fungsi Teknologi Informasi................................... 2.1.3. Komponen Teknologi Informasi ............................ 2.1.4. Teknologi Informasi dalam Pemerintahan ............. 2.2. Kepuasan Kerja ................................................................. 2.2.1. Pengertian Kepuasan Kerja .................................... 2.2.2. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja ....... 2.2.3. Konsekuensi Kepuasaan Kerja............................... 2.3.Penelitian Terdahulu ......................................................... 2.4. Kerangka Konseptual ........................................................ 2.5. Hipotesis............................................................................

10 10 14 15 16 18 18 19 22 23 24 25

BAB III

METODE PENELITIAN 3.1. Jenis Penelitian ................................................................. 3.2. Tempat dan Waktu Penelitian........................................... 3.3. Batasan Operasional ......................................................... 3.4. Definisi Operasional Variabel .......................................... 3.5. Skala Pengukuran Variabel .............................................. 3.6. Populasi dan Sampel Penelitian........................................ 3.7. Metode Pengumpulan Data .............................................. 3.8. Uji Validitas dan Reliabilitas............................................ 3.9. Teknik Analisis Data .......................................................

26 26 27 27 29 29 32 34 34

Universitas Sumatera Utara

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1. Gambaran Umum Organisasi ..........................................
4.1.1. Sejarah Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara ....................................................................
4.1.2. Visi dan Misi Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara .....................................................
4.1.3. Struktur Organisasi Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara .....................................................
4.1.4. Rincian Tugas Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara.......................................
4.2. Hasil Penelitian................................................................ 4.2.1. Uji Validitas dan Reliabilitas ............................... 4.2.2. Analisis Deskriptif ............................................... 4.2.2.1. Analisis Deskriptif Responden ................. 4.2.2.2. Analisis Deskriptif Variabel ..................... 4.2.3. Uji Asumsi Klasik ................................................ 4.2.3.1. Uji Normalitas .......................................... 4.2.3.2. Uji Heteroskedastisitas ............................. 4.2.4. Analisis Regresi Linear Sederhana ...................... 4.2.5. Pengujian Hipotesisis ........................................... 4.2.5.1. Uji t (Uji Signifikan Parsial) ................... 4.2.5.2. Uji Koefisien Determinasi (R2) ..............
4.3. Pembahasan ......................................................................

39
39
40
42
44 56 56 59 60 65 72 73 76 78 79 79 81 82

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN 5.1. Kesimpulan ...................................................................... 90 5.2. Saran ................................................................................ 90

DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 93 LAMPIRAN.................................................................................................... 94

Universitas Sumatera Utara

DAFTAR TABEL

No. Tabel
1.1
1.2
3.1 3.2 3.3
3.4 4.1 4.2 4.3 4.4 4.5 4.6 4.7 4.8
4.9
4.10 4.11 4.12 4.13 4.14

Judul

Halaman

Rekapitulasi Jumlah Kebutuhan Komputer Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara .................................... Rekapitukasi Absen Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara Tahun 2011..................................................... Operasionalisasi Variabel ........................................................ Instrumen Skala Likert............................................................. Jumlah Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara ....................................................................................... Distribusi Sampel ..................................................................... Hasil Uji Validitas ................................................................... Hasil Uji Reliabilitas ................................................................ Karakteristik Responden Berdasarkan Jabatan ........................ Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin ............. Karakteristik Responden Berdasarkan Usia............................. Karakteristik Responden Berdasarkan Tingkat Pendidikan….. Karakteristik Responden Berdasarkan Lama Bekerja.............. Distribusi Jawaban Responden Terhadap Variabel Penggunaan Teknologi Informasi (X)...................................... Distribusi Jawaban Responden Terhadap Variabel Kepuasan Kerja (Y) .................................................................................. Hasil Uji Normalitas Pendekatan Kolmogorov-Smirnov ........ Hasil Uji Geljser Heteroskedastisitas....................................... Hasil Regresi Linear Sederhana ............................................... Hasil Uji t ................................................................................. Hasil Pengujian Koefisien Determinasi ...................................

5
6 28 29
30 32 58 59 60 61 62 63 65
68
71 77 79 80 82 83

Universitas Sumatera Utara

DAFTAR GAMBAR

No. Gambar
2.1 4.1
4.2 4.3 4.4

Judul

Halaman

Kerangka Konseptual ...................................................... Bagan Struktur Organisasi Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara………………………………... Histogram Uji Normalitas ............................................... Normal P-P Plot Uji Normalitas ..................................... Scatterplot Uji Heteroskedastisitas .................................

25
43 75 76 78

Universitas Sumatera Utara

DAFTAR LAMPIRAN

No. Lampiran
1 2 3 4 5 6

Judul

Halaman

Kuesioner Penelitian ....................................................... Output Uji Validitas ....................................................... Frekuensi Distribusi Jawaban Responden Penelitian ..... Hasil Uji Regresi Linier Sederhana................................. Hasil Uji Asumsi Klasik ................................................. Surat Izin Penelitian ........................................................

95 98 99 104 106 107

Universitas Sumatera Utara

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dam menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kepuasaan kerja pada pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara yang menggunakan komputer dalam bekerja. Jumlah sample adalah 70 orang pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Penarikan sample digunakan dengan metode Stratified Random Sampling.
Pengumpulan data primer dilakukan melalui kuesioner, dimana sebelum kuesioner disebarkan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner kepada 30 orang pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara diluar sampel penelitian. Data sekunder juga dikumpulkan untuk mendukung analisis dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriftif dan analisis kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS Statistics 17. For windows.
Hasil menunjukan bahwa penggunaan teknologi informasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara. Hal ini berdasarkan hasil uji T,dimana t hitung= 10.402 > t tabel = 1.995 dan signifikansi adalah 0,000, nilai ini lebih kecil dari = 5% (0,05). Pada pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R=0,784 yang menunjukan hubungan antara penggunaan teknologi informasi terhadap variabel kepuasan kerja pada dinas perhubungan propinsi sumatera utara sebesar 78,4% dan artinya hubungan erat. Sedangkan Nilai R Square= 0,614 menunjukan bahwa variabel kepuasan kerja pegawai dinas perhubungan propinsi sumatera utara dapat dijelaskan oleh variabel penggunaan teknologi informasi sebesar 61,4%, sedangkan sisanya sebesar 38,6% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Penggunaan Teknologi Informasi, Kepuasan Kerja
Universitas Sumatera Utara

ABSTRACT
This study entitled "The Effect of Information Technology Usage Of Job Satisfaction Employee Transportation Agency of North Sumatra Province". The purpose of this study was to determine the dam analyze the effect of the use of information technology on employee job satisfaction at the Department of Transportation of North Sumatra Province.
The population in this study were all employees of the Department of Transportation of North Sumatra who use computers at work. Sample size was 70 employees of North Sumatra Province Transportation Department determined using a formula Slovin. Withdrawal of sample used with stratified random sampling method.
Primary data were collected through a questionnaire, which prior to the questionnaire distributed first tested the validity and reliability of the questionnaire to the 30 Department of Transportation employees outside of North Sumatra Province sample. Secondary data were also collected to support the analysis in this study. The method of analysis used in this study is a method of analysis that is descriptive and quantitative analysis with a simple linear regression analysis. Data management is done by using SPSS Statistics 17. For windows.
The results showed that the use of information technology has a positive and significant impact on job satisfaction Transportation Agency of North Sumatra Province. It is based on the results of tests T, where t = 10 402> t table = 1995 and signifikansi is 0.000, this value is smaller than α = 5% (0.05). On testing the coefficient of determination obtained value R = 0.784 which shows the relationship between the use of information technology on job satisfaction variables in northern Sumatra provincial transportation agencies amounted to 78.4% and it means a close relationship. While the value of R Square = 0.614 shows that employee satisfaction variable North Sumatra provincial transportation agencies can be explained by the variable use of information technology at 61.4%, while the remaining 38.6% can be explained by other variables not examined in this study .
Keywords: Use of Information Technology, Job Satisfaction
Universitas Sumatera Utara

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan. Teknologi informasi memberikan pengaruh yang besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, transportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu, Sangatlah penting meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang bergelut dalam bidang teknologi informasi. Teknologi yaitu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan ilmu untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisien. (http://regieranjana.blogspot.com/2012/01/pengertian-teknologi.html) Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penggunanya (Jogiyanto 2005 :8) . Jadi dapat dikatakan sistem informasi merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi (Indrajit, 2000:2-3).
Universitas Sumatera Utara

Teknologi informasi adalah pemanfaatan Teknologi komputer dan Teknologi terkait (Media Elektronik) dalam mengintegrasikan suatu data, gambar, grafik dan suara sehingga menghasilkan informasi secara komprehensif (Syampurnajaya,2000) dalam (Sujatmiko).
Berbicara mengenai teknologi informasi tidak akan lepas dari komputer, karena komputer merupakan bentuk teknologi informasi pertama (cikal bakal) yang dapat melakukan proses pegolahan data menjadi informasi (Indrajit, 2000:2). Komputer tidak harus berupa PC (Personal Computer) yang sering kita jumpai di rumah atau di kantor, tetapi juga bisa berupa peralatan-peralatan yang lain seperti mesin pembuat kopi, oven mikro gelombang (microwave), televisi, remote untuk TV, ponsel, CD Player dan lain-lain. Peralatan seperti itu pada masa kini bergantung pada komputer dalam bentuk cip (chip) yang disebut mikroprosesor (Kadir dan Triwahyuni, 2005:2).
Transformasi Informasi yang tidak pernah berhenti, Telah merubah keseimbangan antara supply dan demand dalam semua bidang temasuk Teknologi Informasi Dalam Pemerintahan. Dimana informasi banyak diterima dan banyak tersedia dan menjadi begitu penting sehingga siapa dapat menguasai informasi, maka akan ia adalah pemenangnya. Dengan makin banyaknya informasi yang tersedia, maka akan mempengaruhi organisasi yang banyak memanfaatkan informasi tersebut. Oleh sebab itu mau tidak mau organisasi harus melatih Pegawainya untuk dapat menggunakan teknologi informasi. Dalam pelatihan, karyawan dilatih bagaimana menggunakan teknologi informasi intuk membantu menyelesaikan masalah-masalah organisasi (Delancy, 1997) dalam
Universitas Sumatera Utara

Sujatmiko (2003). Dengan makin meningkatnya kecepatan prosessor setiap saat, tentu saja membawa konsekuensi bagi pemakai. Hal ini disebabkan perangkat lunak (software) juga ikut berkembang mengikuti kecepatan prosesor dengan penambahan filtur-filtur baru yang disesuaikan dengan spesifikasi Prosessor. Hal ini bertujuan agar kinerja perangkat lunak dan perangkat kerasa dapat terintegrasi satu dengan yang lain.
Ada berbagai faktor yang menyebabkan kepuasan kerja bagi seorang karyawan dalam bekerja diantaranya: karakteristik pekerjaan itu sendiri, gaji atau imbalan yang diterima, kesempatan untuk maju (promosi), dukungan atasan dan rekan kerja. Pekerjaan yang menantang, menuntut tanggungjawab yang tinggi apabila dapat diselesaikan dengan baik akan memberikan kepuasan bagi karyawan dalam bekerja.
Penggunaan teknologi informasi akan membantu karyawan untuk menyelesaikan tugasnya dengan cepat. Iqbaria et al, (1989) dalam Sujatmiko (2003) menyatakan bahwa faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan dalam penggunaan teknologi informasi yaitu demografi, perilaku penggunaan komputer (personality), dan gaya kognitif (cognitive style). Sedangkangkan Colin Ferguson et al, (1997) dalam Sujatmiko (2003) menyatakan bahwa kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu perilaku penggunaan komputer (computer attitude), penggunaan komputer itu sendiri (computer usage) dan machine enjoyment.
Kemudahan yang didapatkan dengan penggunaan teknologi informasi akan memberikan kepuasan bagi karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
Universitas Sumatera Utara

Kepuasan kerja merupakan evaluasi yang menggambarkan seseorang atas perasaan sikapnya senang atau tidak senang, puas atau tidak puas dalam bekerja (Rivai dan Sagala, 2009:856). Adanya sikap positif dari diri pegawai itu sendiri maka akan dapat menjadikan pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.
Dinas Perhubungan mempunyai fungsi Pokok : 1. Merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis di bidang perhubungan. 2. Mengumpulkan dan mengolah data, menyusun rencana dan program
bidang perhubungan. 3. Melaksanakan koordinasi, pengendalian dan pengawasan serta
mengevaluasi pelaksanaan tugas dibidang perhubungan darat, laut dan udara serta pos dan telekomunikasi. 4. Melaksanakan seluruh kewenangan yang ada sesuai dengan bidang tugasnya. 5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah. Dalam melakukan pekerjaannya, Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara dituntut untuk melaksanakan pekerjaannya tepat waktu, karena hasil kerjanya berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Dengan demikian diharapkan kegiatan pegawai berjalan dengan lancar dan tepat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Untuk itu dibutuhkan pegawai yang mampu untuk mengelola administrasi , mengolah dan menganalisis data mutasi, melaksanakan administrasi penganggaran dan pengalokasian penggunaan dana, mengelola data informasi kerja pegawai, menyusun laporan pelaksanaan program kerja, dan lainlain.
Universitas Sumatera Utara

Para pegawai harus bekerja menggunakan teknologi informasi seperti komputer untuk membantu menyelesaikan tugasnya secara efektif dan efisien. Kondisi ini mendorong pelayanan dapat diberikan dengan cepat, sehingga tercipta kepuasan kerja bagi pegawai, karena penggunaan computer memberikan kemudahan dalam memproses setiap pekerjaan yang dilakukan. Hal tersebut dapat terwujud apabila masing-masing pegawai diberi fasilitas yang memadai misalnya mendapat fasilitas komputer, spesifikasi komputer yang mencukupi dan adanya dukungan penggunaan Internet,Lan,dsb. Tetapi berdasarkan fenomena yang terjadi, terdapat kesenjangan antara pegawai yang membutuhkan komputer dalam bekerja dengan jumlah komputer yang tersedia, seperti dapat dilihat pada Tabel 1.1:

Tabel 1.1 Rekapitulasi Jumlah Kebutuhan Komputer Pegawai Dinas
Perhubungan Propinsi Sumatera Utara

No Bagian

Jumlah Pegawai

Jumlah Pegawai yang Membutuhkan Komputer dalam Bekerja (Orang)

1 Bagian Umum

70 70

2 Bidang Darat

40 40

3 Bidang Laut

24 24

4 Bidang Udara

23 23

5 Keuangan

29 29

6 Sarana dan Prasarana

47

47

jumlah

233 233

Sumber : Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara, 2012.

Jumlah Komputer
26 18 5 7 14 12 82

Dari Tabel 1.1 Dapat dilihat bahwa terjadi kesenjangan diantara pegawai yang membutuhkan komputer untuk bekerja dengan komputer yang tersedia pada

Universitas Sumatera Utara

semua bagian Substansi Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara. Kondisi ini

tentu tidak baik, dimana kebutuhan akan komputer tidak sesuai dengan kebutuhan

para pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara, sehingga 1 komputer

bisa digunakan oleh 3 orang pegawai atau lebih.

Apabila setiap pegawai membutuhkan komputer pada saat yang bersamaan

tentu saja pekerjaannya akan terganggu, terutama bagian Umum dan Keuangan.

Hal ini akan berpengaruh terhadap kepuasan kerja Pegawai Dinas Perhubungan

Propinsi Sumatera Utara. Seperti yang dinyatakan oleh Robins dan Judge (2008)

bahwa salah satu bentuk ungkapan dari kepuasan kerja seorang karyawan dapat

diungkapkan dengan ketidakhadiran. Hal tersebut dapat dilihat pada Tabel 1.2:

Tabel 1.2 Rekapitulasi Absen Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara Tahun 2011

Bulan

Jumlah Pegawai

Jumlah Hari Kerja

Keterangan Ketidakhadiran

Tingkat Persentasi

Sakit Izin Alpha Total

%

Januari

233

20

40 64 56

160 3,43

Februari

233

18

29 50 47

126 3,01

Maret

233

23

46 66 42

154 2,87

April

233

20

39 87 36

162 3,47

Mei

233

21

21 70 41

132 2,69

Juni

233

20

62 28 39

129 2,76

July

233

21

32 92 12

136 2,77

Agustus

233

19

46 40 26

112 2.52

Spetember

233

20

54 77 17

148 3,17

Oktober

233

22

48 57 42

147 2,86

November

233

21

43 62 50

155 3,16

Desember

233

23

62 60 36

158 2,94

Rata-Rata

3.21

Sumber: Daftar Absensi Tiap Substansi Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera

Utara.

Dapat dilihat bahwa persentase ketidakhadiran Pegawai Dinas

Perhubungan Propinsi Sumatera Utara selama tahun 2011 dari bulan

Universitas Sumatera Utara

Januari – Desember bervariasi setiap bulannya, rata-rata persentasi ketidakhadiran pegawai dalam satu tahun sebesar 3,21%, menurut Flippo (2002:40) rata-rata persentasi jumlah ketidakhadiran karyawan yang normal adalah sebesar 3% per tahun. Hal ini berarti persentase sebesar 3,21% menunjukkan bahwa tingkat ketidakhadiran pegawai yang mangkir dari tugas dan tanggung jawabnya cukup tinggi. Jumlah ketidakhadiran Pegawai tersebut dapat mengganggu aktivitas dalam bekerja sehingga dapat menimbulkan kurangnya tingkat kepuasan kerja.
Selain itu berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada saat pra survey bahwa masih ada sebagian Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara yang datang ke tempat kerja tidak sesuai dengan peraturan. Masih ada pegawai yang datang terlambat ketempat kerja yakni diatas jam kerja yang ditentukan yaitu pukul 08.00WIB. Hal tersebut kurang baik, karena keterlambatan akan menghambat pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
Menurut Robbins dan Judge (2008) ketidakpuasan dalam bekerja yang ditunjukkan pegawai dengan keterlambatan datang ketempat kerja lebih bersifat pasif dan destruktif. Sehingga atasan terkadang kurang menyadari bahwa keterlambatan juga dapat mempengaruhi kepuasan kerja bawahan yang pada akhirnya mempengaruhi kinerja seorang pegawai.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara”.
Universitas Sumatera Utara

1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, maka masalah
dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “Apakah teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara?”
1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara.
1.4. Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
a) Bagi Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara Diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk menyusun perencanaan dalam pengimplementasian teknologi informasi terutama dalam menggunakan komputer agar dapat meningkatkan kepuasan kerja Pegawai Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Utara.
b) Bagi Peneliti Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan penulis mengenai Pengaruh Teknologi Informasi terhadap kepuasan kerja pada Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara.
Universitas Sumatera Utara

c) Bagi Peneliti Selanjutnya Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian terhadap objek dan masalah yang sama di masa yang akan datang.
Universitas Sumatera Utara

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Uraian Teoritis
2.1.1 Teknologi Informasi
Teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi persorangan maka teknologi ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan, Kadir dan Triwahyuni (2003).
Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis (1983) dalam Jogiyanto (2005:11) Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu oraganisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Menurut William dan Sawyer (2003) dalam Kadir dan Triwahyuni (2003) teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Perbedaan karakteristik pengguna TI dipengaruhi juga oleh banyak faktor , salah satunya adalah aspek prilaku. Prilaku ini dipengaruhi oleh persepsi pengguna terhadap TI yang secara teoritis dideskripsikan oleh para ahli pengembang TI sebagai pengguna dan pengaruhnya terhadap penggunaan computer, Ferguson
Universitas Sumatera Utara

(1991) dalam Nasution (2004). Kemanfaatan dengan estimasi dua faktor oleh Chin dan Todd (1995) dalam Nasution (2004) dibagi menjadi dua kategori lagi yaitu kemanfaatan dan efektifitas, dengan dimensi-dimensi masing-masing yang dikelompokkan sebagai berikut:
1. Kemanfaatan meliputi dimensi : (1) menjadikan pekerjaan lebih mudah job (2) Bermanfaat (usefull), (3) Menambah produktifitas (Increase productivity).
2. Efektifitas meliputi dimensi: (1) mempertinggi efektifitas (enchance my effectiveness), (2)mengembangkan kinerja pekerjaan (improve my job performance).
Berdasarkan beberapa definisi dan telaah literatur dapat disimpulkan bahwa kemanfaatan penggunaan TI dapat diketahui dari kepercayaan pengguna TI dalam memutuskan penerimaan TI, dengan satu kepercayaan bahwa penggunaan TI tersebut memberikan kontribusi positif bagi penggunanya. Seseorang mempercayai dan merasakan dengan menggunakan komputer sangat membantu dan mempertinggi prestasi kerja yang akan dicapainya, atau dengan kata lain orang tersebut mempercayai penggunaan TI telah memberikan manfaat terhadap pekerjaan dan pencapaian prestasi kerjanya. John Burch dan Gary Grudnitski (1986) dalam Jogiyanto (2005:12) mengemukakan bahwa sistem informasi dari komponen-komponen yang disebutnya dengan istilah block bangunan (building block ), yaitu:

1. Block Masukan

Universitas Sumatera Utara

Input mewakili dari data yang dimasuk ke dalam sistem informasi. In put disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.
2. Block Model Block ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik
yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basic data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Block Keluaran Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi
yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4. Block Teknologi Tekhnologi merupakan “kotak alat” (tool-box) dalam informasi.
Tekhnologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengkakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Tekhnologi terdiri dari 3 bagian utama, yaitu tekhnisi (humanware atau brainware), perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
5. Block Basic Data Basic data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling
berhubungan satu dengan lainnya, tersimpan di perangkat keras computer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan di dalam bisnis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut.
Universitas Sumatera Utara

6. Block Kendali Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti misalnya
bencana alam, api, temperature, air, debu, kecurangan-kecurangan, kegagalankegagalan dalam sistem itu sendiri, kesalahan-kesalahan, ketidak efisien,sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.
Menurut Bodnar dan Hopwood (1995) dalam Nasution (2004) ada tiga hal yang berkaitan dengan penerapan Teknologi Informasi berbasis komputer yaitu ;
a) Perangkat keras (Hardware) adalah media yang digunakan untuk memproses informasi
b) Perangkat lunak (software) yaitu sistem dan aplikasi yang digunakan untuk memproses masukan (input) untuk menjadi informasi
c) Pengguna (brainware) merupakan hal yang terpenting karena fungsinya sebagai, pengembang hardware dan software, serta sebagai pelaksanan (operator) masukan (input) dan sekaligus penerima keluaran (output) sebagai pengguna sistem (user). Pengguna sistem adalah manusia (man) yang secara psikologi memiliki
suatu prilaku (behavior) tertentu yang melekat pada dirinya, sehingga aspek keprilakuan dalam konteks manusia sebagai pengguna (brainware) TI menjadi penting sebagai faktor penentu pada setiap orang yang menjalakan TI. 2.1.2 Fungsi Teknologi Informasi
Ada 5 (lima) fungsi teknologi informasi (Simarmata, 2005:4-5) yaitu:
Universitas Sumatera Utara

1. Capture, merupakan proses penyusunan record aktivitas yang terperinci. 2. Proceessing, merupakan proses mengubah, menganalisis, menghitung, dan
mengumpulkan semua bentuk data atau informasi. Hal ini meliputi: a. Pengolahan data b. Pengolahan informasi c. Pengolahan kata d. Pengolahan gambar e. Pengolahan suara 3. Generation, merupakan proses yang mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat, apakah sebagai angka-angka, teks, bunyi, atau gambar visual. 4. Strorage dan Retrieval Strorage merupakan proses komputer penguat informasi untuk penggunaan masa depan. Retrieval adalah proses di mana penempatan komputer dan menyimpan salinan data atau informasi untuk pengoalahan lebih lanjut atau untuk di transmisikan ke pengguna lain. 5. Transmission, merupakan proses komputer mendistribusikan informasi melalui jaringan komunikasi. Contohnya yaitu Electonic Mail (E-Mail) maupun voice message atau voice mail.
2.1.3 Komponen-Komponen Teknologi Informasi Komponen teknologi informasi merupakan sub sistem yang terbentuk
sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Menurut Seesar (2010: 6)
Universitas Sumatera Utara

teknologi informasi terdiri dari 3 (tiga) komponen utama yang terdiri dari : 1. Perangkat keras (hardware) Merupakan perangkat fisik yang membangun sebuah tekhnologi informasi. Contohnya : Monitor, Keyboard, Mouse, Harddisk, CPU . 2. Perangkat lunak (software) a) Merupakan program yang dibuat untuk keprluan khusus yang tersusun atas program yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga, yaitu : Perangkat lunak sistem, merupakan perangkat lunak yang dibuat khusus untuk dapat mengontrol semua perangkat keras, sehingga semua perangkat keras teknologi informasi dapat bekerja dengan kompak sebuah sistem yang utuh. Misalnya : Sistem Operasi Window, Linux, Unix, OS/2, dan FreeBSD. b) Perangkat lunak bahasa pemrograman, merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat program aplikasi maupun perangkat lunak sistem. Misalnya: Visual Basic, Delphi, Turbo C. c) Perangkat lunak aplikasi, merupakan program jadi siap pakai yang dibuat untuk keperluan khusus. Misalnya untuk keperluan multimedia : ada perangkat lunak Jet Audio, Windows Media Player, Winamp, Real Player. Untuk keperluan aplikasi perkantoran: ada Microsoft Office dan Open Office yang terdiri atas beberapa program untuk berbagai keperluan seperti pengolahan kata, angka, data dan presentasi. 3. Manusia (Brainware)
Universitas Sumatera Utara

Merupakan personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem Analis, Web Master, Web Disigner, Animator, Programmer, Operator, User dan lain-lain. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer, antaralain : a) Analis sistem, berperan melakukan analisis terhadap masalah yang
dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program computer. b) Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis ke dalam bahasa pemrograman sehingga solusi dapat di jalankan komputer. c) Operator berfungsi menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan. Berdasarkan uraian sebelumnya, dapat dinyatakan bahwa komponen teknologi informasi terdiri dari satu kesatuan yang saling ketergantungan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
2.1.4 Teknologi Informasi dalam Pemerintahan
Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan (Kusmulyadi 2009:41). Dalam teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pemerintahan disebut dengan E-government (Electronic Government). Penggunaan teknologi informasi dalam pemerintahan sudah banyak digunakan,bahkan penggunaannya hampir selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Setelah ada internet, pemerintah daerah maupun dinas-dinas
Universitas Sumatera Utara

daerah mulai membuat situs lembaganya masing-masing. Tentu saja pembuatan situs ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum tanpa harus datang ke instansi pemerintahan tersebut untuk mengetahui informasi terbaru.
Ada tiga bentuk hubungan yang dikenal dalam pemanfaatan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan (Kusmulyadi 2009:55), yaitu :
1. Manfaat teknologi informasi untuk G2C (Government to Citizen) adalah untuk melayani kebutuhan masyarakat luas seperti melayani administraasi dan urusan kependudukan.
2. Manfaat teknologi informasi untuk G2B (Government to Bussiness) adalah untuk melayani dunia usaha, seperti izin mendirikan usaha, dan data statistic perkembangan perekonomian.
3. Manfaat teknologi informasi untuk G2G (Government to Government) adalah melayani kebutuhan lembaga pemerintahan, departemen, pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dan sebagai nya.

2.2 Kepuasan Kerja 2.2.1 Pengertian Kepuasan Kerja

Universitas Sumatera Utara

Kepuasaan kerja merupakan kombinasi aspek ekonomis, psikologis, sosiologis, kultural, aktualisasi diri, penghargaan, dan suasana lingkungan. Kepuasaan kerja adalah sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Kepuasaan kerja dinikmati dalam pekerjaan, luar pekerjaan dan kombinasi dalam dan luar pekerjaan, Hasibuan (2000:199).
Kepuasaan kerja dalam pekerjaan adalah kepuasaan kerja yang dinikmati dalam pekerjaan dengan memperoleh pujian hasil kerja, penempatan, perlakuan, peralatan, dan suasana lingkungan kerja yang baik. Sedangkan Rivai dan Sagala (2009:856) menyatakan kepuasan kerja merupakan evaluasi yang menggambarkan seseorang atas perasaan sikapnya senang atau tidak senang, puas atau tidak puas dalam bekerja. Berdasarkan beberapa defenisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Kepuasan kerja adalah tingkat perasaan seseorang akan kesukaan dan ketidaksukaannya dalam memandang pekerjaannya, artinya seorang karyawan akan menyukai atau tidak menyukai pekerjaannya dapat terlihat dari sikapnya terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya.
Menurut Robbins dan Judge (2008:112) ketidakpuasan kerja dapat ditunjukkan oleh dalam 4 (empat) cara, yaitu:
1. Keluar Perilaku yang ditunjukkan untuk meninggalkan organisasi, termasuk mencari posisi baru dan mengundurkan diri
2. Aspirasi
Universitas Sumatera Utara

Secara aktif dan konstruktif berusaha memperbaiki kondisi, termasuk menyarankan perbaikan, mendiskusikan masalah dengan atasan, dan beberapa bentuk aktivitas serikat kerja. 3. Kesetiaan Secara pasif tetapi optimis menunggu membaiknya kondisi, termasuk membela organisasi ketika berhadapan dengan kecaman eksternal dan mempercayai organisasi dan manajemennya untuk “melakukan hal yang benar”. 4. Pengabaian Secara pasif membiarkan kondisi menjadi lebih buruk, termasuk ketidakhadiran atau keterlambatan yang terus-menerus, kurangnya usaha, dan meningkatnya angka kesalahan.
2.2.2 Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Smith et al (Munandar, 2004 : 74), menyatakan ada lima dimensi dari
kepuasan kerja yaitu : 1. Kepuasan terhadap pekerjaan itu sendiri, dimana hal itu terjadi bila pekerjaan tersebut memberikan kesempatan individu untuk belajar sesuai dengan minat serta kesempatan untuk bertanggung jawab. 2. Kepuasan terhadap imbalan, dimana sejumlah uang gaji yang diterima sesuai dengan beban kerjanya dan seimbang dengan karyawan lain pada organisasi tersebut.
Universitas Sumatera Utara

3. Kesempatan promosi yaitu kesempatan untuk meningkatkan posisi pada struktur organisasi.
4. Kepuasan terhadap supervis, bergantung pada kemampuan atasannya untuk memberikan bantuan teknis dalam memotivasi.
5. Kepuasan terhadap rekan kerja yaitu seberapa besar rekan sekerja memberikan bantuan teknis dan dorongan sosial. Menurut Luthans (2006:244) terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi
kepuasan kerja. Akan tetapi, pengaruh utama dapat diringkas dalam lima dimensi berikut ini:
1. Pekerjaan itu sendiri Kepuasan pekerjaan itu sendiri merupakan sumber utama kepuasan.
Misalanya, penelitian yang berhubungan pendekatan karakteristik pekerjaan pada desain kerja, menunjukkan bahwa umpan balik dari pekerjaan itu sendiri dan otonomi merupakan dua faktor motivasi utama yang berhubungan dengan pekerjaan. Penelitian terbaru menemukan bahwa karakteristik pekerjaan dan kompleksitas pekerjaan menghubungkan antara kepribadian dan kepuasan kerja, dan jika persyaratan kreatif terpenuhi, maka merecenderung menjadi puas. Pekerjaan yang sedikit variasinya akan menyebabkan pekerja merasa jenuh dan keletihan, dan sebaliknya pekerjaan yang terlalu banyak variasinya dan terlalu cepat menyebabkan karyawan merasa tertekan secara psikologis (Yuli, 2005:198)
2. Gaji Upah/gaji merupakan faktor multidimensi dalam kepuasan kerja. Uang
tidak hanya membantu orang memperoleh kebutuhan dasar, tetapi alat untuk
Universitas Sumatera Utara

memberikan kebutuhan kepuasan pada tingakt yang lebih tinggi. Karyawan melihar gaji sebagai refleksi dari bagaimana manajemen memandang kontribusi mereka terhadap perusahaan. Sunarto (2004:112) mengatakan bahwa kunci yang menautkan gaji/upah dengan kepuasan bukanlah jumlah mutlak yang dibayarkan; lebih penting lagi adalah persepsi keadilan.
3. Pengawasan (Supervisi) Ada dua dimensi gaya pengawasan yang mempengaruhi kepuasan kerja.
Pertama, adalah berpusat pada karyawan, diukur menurut tingkat di mana penyelia menggunakan ketertarikan personal dan peduli pada karyawan. Hal itu secara umum dimanifestasikan dalam cara-cara seperti meneliti seberapa baik kerja karyawan, memberikan nasihat dan bantuan pada individu, dan berkomunikasi dengan rekan kerja secara personal maupun dalam konteks pekerjaan. Dimensi kedua adalah partisipasi atau pengaruh, seperti diilustrasikan oleh manajer yang memungkinkan orang untuk berpastisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka.
4. Kesempatan Promosi Promosi memberikan kesempatan utuk pertumbuhan pribadi, tanggung
jawab yang lebih banyak, dan status sosial yang meningkat. Oleh karena itu individu yang mempersepsi

Dokumen baru

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

98 2947 16

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

36 752 43

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

33 650 23

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

15 422 24

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN TES LISAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

24 578 23

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

49 969 14

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

49 881 50

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

14 536 17

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

21 792 30

KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG Institutional Repository of IAIN Tulungagung

33 955 23