Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sikap dan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah Pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan

ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN MAHASISWA
DALAM MEMILIH KULIAH PADA LEMBAGA POLITEKNIK MANDIRI BINA PRESTASI MEDAN  
TESIS
Oleh : ELPERIDA J SINURAT
097019033/IM
       
SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
Universitas Sumatera Utara

2011 ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN MAHASISWA
DALAM MEMILIH KULIAH PADA LEMBAGA POLITEKNIK MANDIRI BINA PRESTASI MEDAN
TESIS
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Magister Sains dalam Program Studi Ilmu Manajemen pada Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara
Oleh : ELPERIDA J SINURAT
097019033/IM
SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
Universitas Sumatera Utara

2011 ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN MAHASISWA
DALAM MEMILIH KULIAH PADA LEMBAGA POLITEKNIK MANDIRI BINA PRESTASI MEDAN
TESIS
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Magister Sains dalam Program Studi Ilmu Manajemen pada Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara
Oleh : ELPERIDA J SINURAT
097019033/IM
SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
MEDAN
Universitas Sumatera Utara

Judul Tesis

2011
: ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH KULIAH PADA LEMBAGA POLITEKNIK MANDIRI BINA PRESTASI MEDAN

Nama Mahasiswa : Elperida J Sinurat

Nomor Pokok

: 097019033

Program Studi : Ilmu Manajemen

Menyetujui Komisi Pembimbing

(Prof. Dr. Amrin Fauzi) Ketua
Ketua Program Studi

(Dr. Endang S. Rini, M.Si) Anggota
Direktur

(Prof. Dr. Paham Ginting, MS) (Prof. Dr. Ir. A. Rahim Matondang, MSIE)

Universitas Sumatera Utara

Tanggal Lulus : 18 Agustus 2011

Telah diuji pada

Tanggal

: 18 Agustus 2011

PANITIA PENGUJI TESIS

Ketua

: Prof. Dr. Amrin Fauzi

Anggota : 1. Dr. Endang S. Rini, M.Si

2. Prof. Dr. Paham Ginting, MS

3. Dr. Arlina Nurbaity Lubis, MBA

Universitas Sumatera Utara

4. Drs. Syahyunan, M.Si LEMBAR PERNYATAAN
Dengan ini saya menyatakan bahwa tesis yang berjudul : “ANALISIS PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP SIKAP DAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH KULIAH PADA LEMBAGA POLITEKNIK MANDIRI BINA PRESTASI MEDAN” adalah benar hasil karya saya sendiri yang belum pernah dipublikasikan oleh siapapun sebelumnya.
Sumber-sumber data dan informasi yang digunakan telah dinyatakan secara benar dan jelas.
Medan, 18 Agustus 2011 Yang membuat pernyataan,
Elperida J Sinurat
Universitas Sumatera Utara

ABSTRAK
Elperida J Sinurat, 2011, Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sikap dan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah Pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, dibawah bimbingan Prof Dr. Amrin Fauzi (ketua), Dr. Endang S Rini, M.Si (anggota).
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang saat ini dipercaya oleh masyarakat Sumatera Utara. Dalam 5 (lima) tahun terakhir mengalami trend naik turun atas jumlah mahasiswa baru. Tahun 2007 terjadi kenaikan jumlah mahasiswa namun 2 (dua) tahun berikunya mengalami penurunan dan selanjutnya tahun 2010 mengalami perubahan yang lebih baik, akan tetapi hal ini tidak dapat dijadikan patokan bahwa sikap mahasiswa terhadap Politeknik MBP Medan lebih baik. Trend naik-turun ini diduga karena strategi bauran pemasaran jasa yang dilakukan seperti produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan pelayanan konsumen.
Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap sikap mahasiswa? dan bagaimana pengaruh sikap mahasiswa terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang diberikan Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan terhadap sikap mahasiswa dan untuk menganalisis pengaruh sikap mahasiswa terhadap keputusan memilih kuliah pada lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 92 orang mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan wawancara, angket, dan studi dokumentasi dengan satuan pengukuran Skala Likert yang diuji terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan sampel sebanyak 30 orang mahasiswa AMIK MBP Medan.
Hasil penelitian menunjukkan variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Secara parsial variabel proses dan harga berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Variabel proses adalah yang paling dominan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa. Hasil hipotesis kedua melalui uji t menunjukkan sikap mahasiswa berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada Lembaga Politeknik MBP Medan.
Kata kunci : bauran pemasaran jasa, sikap, keputusan memilih
Universitas Sumatera Utara

ABSTRACT
Elperida J Sinurat, 2011, The Analysis of Strategy Influence Marketing Mix Services Toward Attitude and Student’s Decision In Choosing Study at Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, under the guidence of Prof. Dr. Amrin Fauzi (chairman), Dr. Endang S Rini, M.Si (member).
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan is a private institution that has been trusted by the community of North Sumatera. In five years recently has been trend ups and down for developing of total new students. In 2007, it happened increasing the total new student’s but two years later, it had decreased and then in 2010 has changed be better, but it can not be used as standart that student’s attitude towardsthe Politeknik MBP is better. The trend ups-down the new student’s is supposed of the strategy marketing mix services had been done as, product, price, promotion, place, people, process and customer service.
Identification on this study is to identify and analyze how the influencing of marketing mix service towards the student’s attitude and how the influencing of the student’s attitude towards the student’s decision to choose studying at Politeknik MBP. The purpose of this study is to analyze the influencing of the marketing mix service that has been given by Politeknik MBP. The samples of used in study is 92 students by using the proportioned stratified random sampling. The data was collected by using interview, questionaire and documentary study with Likert Scale standard of measurement, where the data earlier had tested by using the validity test and reliability test on 30 samples in (AMIK) Medan Business Polytechnic Medan.
The result of F test shows that product, price, promotion, place, people, process, and customer service significantly towards the influence student’s attitude. As partial, process and price variabel significantly towards the influence students attitude of Politeknik MBP Medan. The process variabel is the most dominant to influence the student’s attitude. The second result of t test shows the student attitude influence towards the decision to choose studying at Politeknik MBP Medan.
Keywords :marketing mix services, attitude, choosing decision.
Universitas Sumatera Utara

KATA PENGANTAR
Puji syukur diucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih karena atas berkat dan karuniaNya peneliti dapat menyusun dan menyelesaikan penelitian tesis ini. Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa dalam penelitian tesis ini masih banyak kekurangan baik dari segi bahasa, cara penelitian dan analisis dimana semuanya masih jauh dari sempurna. Untuk itu peneliti masih mengharapkan masukan ataupun kritikan dari semua pihak yang membaca tesis ini agar tesis ini lebih baik.
Penelitian ini merupakan tugas akhir pada Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, judul penelitian dalam tesis ini adalah “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sikap dan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah Pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan.
Peneliti sangat menyadari bahwa dalam penelitian tesis ini banyak menerima masukan dari berbagai pihak yang membantu serta membimbing peneliti untuk menyelesaikan tesis ini atas dasar itu saya menyampaikan terima kasih yang tulus kepada : 1. Bapak Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, MSc(CTM), Sp.A(K), selaku
Rektor Universitas Sumatera Utara. 2. Bapak Prof. Dr. A. Ir. Rahim Matondang, MSIE, selaku Direktur Sekolah
Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Universitas Sumatera Utara

3. Bapak Prof. Dr. Paham Ginting, MS, selaku Ketua Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Univesitas Sumatera Utara.
4. Ibu Dr. Arlina Nurbaity Lubis, SE, MBA, selaku Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Univesitas Sumatera Utara.
5. Bapak Prof. Dr. Amrin Fauzi, selaku ketua komisi pembimbing dan Ibu Dr. Endang S. Rini, M.Si, selaku anggota komisi pembimbing yang telah banyak meluangkan waktu serta memberikan arahan dan bimbingan yang sangat berarti bagi peneliti untuk menyelesaikan tesis ini.
6. Bapak Prof. Dr. Paham Ginting, MS, Ibu Dr. Arlina Nurbaity Lubis, SE, MBA, dan Bapak Drs. Syahyunan, M.Si, selaku komisi pembanding yang telah meluangkan waktu dan memberikan kritikan dan masukan serta pengarahan untuk kesempurnaan tesis ini.
7. Bapak dan Ibu staf pengajar Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara yang telah memberikan banyak ilmu dan wawasan yang sangat bermanfaat bagi peneliti.
8. Bapak dan Ibu pegawai administrasi Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara yang membantu dan melayani peneliti khususnya mengenai administrasi.
9. Bapak dan Ibu Dosen Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan selaku rekan kerja yang banyak membantu peneliti, dan kepada Bapak Direktur Politeknik MBP Medan yang telah memberikan ijin belajar.
10. Kepada Ayahanda tercinta Marcenius Sinurat (Alm) dan Ibunda tercinta Hotnida br Simbolon yang saya kasihi dan hormati yang selalu memberikan
Universitas Sumatera Utara

doa, kasih sayang, perhatian dan motivasi; Kakanda dan Abangnda yang selalu memberikan doa, perhatian dan semangat bagi peneliti. 11. Mertuaku tercinta Pangondingan Pospos (Alm) dan Nursia br Siregar serta kakak dan abang saya yang selalu mendukung dalam doa dan perhatian tulus serta semangat bagi peneliti. 12. Suamiku tercinta Harrys Parlindungan Pospos yang selalu mendampingi serta mendukung dalam doa, cinta dan kasih sayang serta perhatian tulus; Kedua anak-anakku tersayang Yockye Efrat Alexsandro Pospos dan Ferdio Albert Torkis Pospos atas dukungan, doa dan kasih sayang yang selalu diberikan. 13. Seluruh Mahasiswa Angkatan XVII Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara yang tetap memberikan semangat dan dukungan. 14. Mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan yang menjadi responden dalam penelitian ini yang telah bersedia memberikan waktu untuk mengisi kuisioner penelitian. 15. Seluruh pihak yang terkait yang tidak dapat peneliti sebutkan satu per satu dalam penelitian tesis ini.
Semoga Tuhan yang memberikan rahmat dan karuniaNya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moral maupun materil kepada peneliti, sehingga peneliti dapat menyelesaikan tesis ini.
Medan, 18 Agustus 2011 Peneliti,
Elperida J Sinurat
Universitas Sumatera Utara

RIWAYAT HIDUP
Elperida Juniarni Sinurat, lahir pada tanggal 25 Juni 1975 di Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Anak kedelapan dari delapan bersaudara dari Ayahanda Marcenius Sinurat (Alm) dan Ibunda Hotnida br Simbolon. Menikah dengan Harrys Parlindungan Pospos pada tahun 1998.
Pada tahun 1981 – 1987 sekolah di SD Negeri 173741 Pangururan, tahun 1987 - 1990 sekolah di SMP Negeri 1 Pangururan, pada tahun 1990 – 1993 sekolah di SMU Negeri 4 Medan, tahun 1993 – 1998 kuliah di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sumatera Utara dan pada tahun 2009 – 2011 kuliah di Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Pekerjaan saat ini sebagai Dosen Tetap Yayasan di Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan.
Medan, 18 Agustus 2011
Elperida J Sinurat
Universitas Sumatera Utara

DAFTAR ISI

Halaman
ABSTRAK.................................................................................................... i ABSTRACT................................................................................................... ii KATA PENGANTAR................................................................................... iii RIWAYAT HIDUP....................................................................................... vi DAFTAR ISI ………….……………………………………..…………....…... vii DAFTAR TABEL…………………………………………..………………..... x DAFTAR GAMBAR…...…………………………………………………….... xi DAFTAR LAMPIRAN................................................................................. xii

BAB I

PENDAHULUAN ……………………………………………........... 1 1.1. Latar Belakang ……………………………………….............. 1 1.2. Perumusan Masalah ……………………………….…............... 9 1.3. Tujuan Penelitian……..………………………………….......... 9 1.4. Manfaat Penelitian …………………………………….…......... 9

BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN.........…………….……………....... 11 2.1. Penelitian Terdahulu …………………………………….......... 11 2.2. Landasan Teori........................................................................ 12 2.2.1. Strategi Bauran Pemasaran…………………………....... 12 2.2.2. Strategi Bauran Pemasaran Jasa.....................................13 2.2.3. Teori Tentang Produk dan Jasa...................................... 14 2.2.3.1. Pengertian Produk............................................ 14 2.2.3.2. Pengertian Jasa................................................. 15 2.2.4. Produk................................ ......................................... 16 2.2.5. Harga............................................................................ 17 2.2.6. Promosi......................................................................... 19 2.2.7. Lokasi........................................................................... 21 2.2.8. Orang-orang................................................................. 22 2.2.9. Proses........................................................................... 24 2.2.10. Pelayanan Kepada Konsumen....................................... 25 2.2.11. Sikap Konsumen ..........................................................25 2.2.12. Keputusan Memilih ..................................................... 33 2.3. Kerangka Konseptual …………………....………….…............ 35 2.4. Hipotesis Penelitian....……………………….…...……………. 38

BAB III METODE PENELITIAN ……….……………......………………… 39 3.1. Jenis dan Sifat Penelitian......................................................... 39 3.1.1. Jenis Penelitian............................................................. 39 3.1.2. Sifat Penelitian.............................................................. 39 3.2. Lokasi dan Waktu Penelitian …….…………………………..... 39

Universitas Sumatera Utara

3.3. Populasi dan Sampel …………………………………………. 40 3.3.1. Populasi …………………………………….….............. 40 3.3.2. Sampel......................................................................... 41
3.4. Metode Pengumpulan Data ..................................................... 44 3.5. Jenis dan Sumber Data ........................................................... 45 3.6. Identifikasi dan Definisi Operasional Variabel......................... 45 3.7. Uji Validitas dan Reliabilitas................................................... 49
3.7.1. Pengujian Validitas....................................................... 49 3.7.2. Pengujian Reliabilitas................................................... 54 3.8. Teknik Analisis Data............................................................... 55 3.8.1. Analisis Statistik Deskriptif.......................................... 55 3.8.2. Analisis Statistik Infrential............................................ 55 3.9. Pengujian Hipotesis................................................................. 56 3.9.1. Uji Asumsi Klasik......................................................... 56
3.9.1.1. Uji Normalitas ................................................. 56 3.9.1.2. Uji Multikolinearitas........................................ 57 3.9.1.3. Uji Heteroskedastisitas .................................... 58 3.9.2. Analisis Regresi Linear Berganda..................................59 3.9.3. Koefisien Determinasi................................................... 60 3.9.4. Uji Serempak (Uji F) .................................................... 60 3.9.5. Uji Parsial (Uji t)...........................................................62
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN................................. 66 4.1. Hasil Penelitian........................................................................ 66 4.1.1. Gambaran Umum ................................................................ 66 4.1.1.1. Sejarah Singkat Politeknik MBP Medan .......... 66 4.1.1.2. Visi dan Misi Politeknik MBP Medan.............. 67 4.1.1.3. Struktur Organisasi Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan ..................................... 68 4.1.2. Karakteristik Responden............................................... 71 4.1.2.1. Karakteristik Responden Berdasarkan Usia..... 71 4.1.2.2. Karakteristik Responden Berdasarkan Jenis Kelamin........................................................... 71 4.1.3. Analisis Statistik Deskriptif (Penjelasan Responden Atas Variabel Penelitian) ..................................................... 72 4.1.3.1. Penjelasan Responden Atas Variabel Produk.... 72 4.1.3.2. Penjelasan Responden Atas Variabel Harga...... 74 4.1.3.3. Penjelasan Responden Atas Variabel Promosi...76 4.1.3.4. Penjelasan Responden Atas Variabel Tempat.... 78 4.1.3.5. Penjelasan Responden Atas Variabel Orang..... 80 4.1.3.6. Penjelasan Responden Atas Variabel Proses..... 82 4.1.3.7. Penjelasan Responden Atas Variabel Pelayanan84 4.1.3.8. Penjelasan Responden Atas Variabel Sikap Mahasiswa.............................................. 87 4.1.3.9. Penjelasan Responden Atas Variabel Keputusan.
Universitas Sumatera Utara

Memilih ........................................................ 88 4.1.4. Analisis Statistik Infrential........................................... 90 . 4.1.4.1. Hasil Uji Asumsi Klasik................................. 90
4.1.4.1.1. Uji Normalitas................................. 90 4.1.4.1.2. Uji Multikolinearitas........................ 92 4.1.4.1.3. Uji Heterokedastisitas...................... 93 4.1.4.2. Hasil Analisis Regresi Linier Berganda Hipotesis Pertama .......................................................... 95 4.1.4.3. Koefisien Determinasi Hipotesis Pertama......... 97 4.1.4.4. Uji Serempak (Uji F) Hipotesis Pertama.......... 97 4.1.4.5. Uji Parsial (Uji t) Hipotesis Pertama................ 98 4.1.4.6. Hasil Analisis Regresi Linier Berganda Hipotesis Kedua........................................................... 101 4.1.4.7. Koefisien Determinasi Hipotesis Kedua.......... 102 4.1.4.8. Uji Parsial (Uji t) Hipotesis Kedua................. 103 4.2. Pembahasan............................................................................104 4.2.1. Pembahasan Hipotesis Pertama....................................104 4.2.2. Pembahasan Hipotesis Kedua...................................... 109 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN......................................................... 110 5.1. Kesimpulan............................................................................ 110 5.2. Saran-Saran ........................................................................... 111
DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 113 LAMPIRAN................................................................................................ 116
Universitas Sumatera Utara

DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1.1 Jumlah Mahasiswa yang Diterima di Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan Tahun Akademik 2006/2007-2010/2011................. 3
Tabel 1.2 Target dan Realisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Mandiri Bina Prestasi Tahun 2010 ................................................... 4
Tabel 1.3 Anggaran Biaya Promosi Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan Tahun Akademik 2006/2007-2010/2011 .......................................... 4
Tabel 1.4 Akreditasi Program Studi Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan Tahun Akademik 2010/2011........................................................... 6
Tabel 3.1 Jumlah Populasi Mahasiswa Aktif Angkatan 2008-2010 Politeknik MBP Medan............................................................................... 40
Tabel 3.2 Jumlah Sampel Mahasiswa Politeknik MBP Medan................... 42 Tabel 3.3 Jumlah Sampel Mahasiswa Berdasarkan Program Studi.............. 43 Tabel 3.4 Identifikasi dan Operasionalisasi Variabel Penelitian …............. 48 Tabel 3.5 Uji Validitas ............................................................................... 53 Tabel 3.6 Uji Reliabilitas............................................................................ 55 Tabel 4.1 Persentase Responden Berdasarkan Usia...................................... 71 Tabel 4.2 Persentase Responden Berdasarkan Jenis Kelamin........................ 71 Tabel 4.3 Penjelasan Responden Atas Variabel Produk................................. 72 Tabel 4.4 Penjelasan Responden Atas Variabel Harga.................................. 74 Tabel 4.5 Penjelasan Responden Atas Variabel Promosi.............................. 76 Tabel 4.6 Penjelasan Responden Atas Variabel Tempat................................ 78 Tabel 4.7 Penjelasan Responden Atas Variabel Orang................................. 80 Tabel 4.8 Penjelasan Responden Atas Variabel Proses.................................. 82 Tabel 4.9 Penjelasan Responden Atas Variabel Pelayanan............................. 84 Tabel 4.10 Penjelasan Responden Atas Variabel Sikap Mahasiswa................. 87 Tabel 4.11 Penjelasan Responden Atas Variabel Keputusan Memilih............. 88 Tabel 4.12 Hasil Uji Multikolinieritas Hipotesis Pertama................................ 93 Tabel 4.13 Hasil Uji Heteroskedastisitas Hipotesis Pertama........................ 94 Tabel 4.14 Hasil Uji Koefisien Regresi Berganda Hipotesis Pertama............... 96 Tabel 4.15 Koefisien Determinan Hipotesis Pertama.................................. 97 Tabel 4.16 Uji Serempak (Uji F) Hipotesis Pertama........................................ 98 Tabel 4.17 Uji Parsial (Uji t) Hipotesis Pertama.............................................. 99 Tabel 4.18 Hasil Uji Koefisien Regresi Berganda Hipotesis Kedua.............. 101 Tabel 4.19 Koefisien Determinan Hipotesis Kedua........................................ 102 Tabel 4.20 Uji Parsial (Uji t) Hipotesis Kedua............................................. 103
Universitas Sumatera Utara

DAFTAR GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Konseptual............................................................... 38 Gambar 4.1 Struktur Organisasi................................................................... 70 Gambar 4.2 Hasil Uji Normalitas Hipotesis Pertama (Histogram)................ 91 Gambar 4.3 Hasil Uji Normalitas Hipotesis Pertama (P-P Plot).……........... 91 Gambar 4.4 Hasil Uji Heterokedastisitas Hipotesis Pertama (Scatterplot)..... 95
Universitas Sumatera Utara

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1 Lampiran 2 Lampiran 3 Lampiran 4

Angket Penelitian.................................................................. 116 Uji Validitas dan Reliabilitas................................................. 123 Hasil Regresi Hipotesis Pertama............................................ 132 Hasil Regresi Hipotesis Kedua............................................... 133

Universitas Sumatera Utara

ABSTRAK
Elperida J Sinurat, 2011, Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sikap dan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah Pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, dibawah bimbingan Prof Dr. Amrin Fauzi (ketua), Dr. Endang S Rini, M.Si (anggota).
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang saat ini dipercaya oleh masyarakat Sumatera Utara. Dalam 5 (lima) tahun terakhir mengalami trend naik turun atas jumlah mahasiswa baru. Tahun 2007 terjadi kenaikan jumlah mahasiswa namun 2 (dua) tahun berikunya mengalami penurunan dan selanjutnya tahun 2010 mengalami perubahan yang lebih baik, akan tetapi hal ini tidak dapat dijadikan patokan bahwa sikap mahasiswa terhadap Politeknik MBP Medan lebih baik. Trend naik-turun ini diduga karena strategi bauran pemasaran jasa yang dilakukan seperti produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan pelayanan konsumen.
Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap sikap mahasiswa? dan bagaimana pengaruh sikap mahasiswa terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang diberikan Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan terhadap sikap mahasiswa dan untuk menganalisis pengaruh sikap mahasiswa terhadap keputusan memilih kuliah pada lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 92 orang mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Data yang dikumpulkan menggunakan wawancara, angket, dan studi dokumentasi dengan satuan pengukuran Skala Likert yang diuji terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan sampel sebanyak 30 orang mahasiswa AMIK MBP Medan.
Hasil penelitian menunjukkan variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Secara parsial variabel proses dan harga berpengaruh signifikan terhadap sikap mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan. Variabel proses adalah yang paling dominan berpengaruh terhadap sikap mahasiswa. Hasil hipotesis kedua melalui uji t menunjukkan sikap mahasiswa berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada Lembaga Politeknik MBP Medan.
Kata kunci : bauran pemasaran jasa, sikap, keputusan memilih
Universitas Sumatera Utara

ABSTRACT
Elperida J Sinurat, 2011, The Analysis of Strategy Influence Marketing Mix Services Toward Attitude and Student’s Decision In Choosing Study at Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, under the guidence of Prof. Dr. Amrin Fauzi (chairman), Dr. Endang S Rini, M.Si (member).
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan is a private institution that has been trusted by the community of North Sumatera. In five years recently has been trend ups and down for developing of total new students. In 2007, it happened increasing the total new student’s but two years later, it had decreased and then in 2010 has changed be better, but it can not be used as standart that student’s attitude towardsthe Politeknik MBP is better. The trend ups-down the new student’s is supposed of the strategy marketing mix services had been done as, product, price, promotion, place, people, process and customer service.
Identification on this study is to identify and analyze how the influencing of marketing mix service towards the student’s attitude and how the influencing of the student’s attitude towards the student’s decision to choose studying at Politeknik MBP. The purpose of this study is to analyze the influencing of the marketing mix service that has been given by Politeknik MBP. The samples of used in study is 92 students by using the proportioned stratified random sampling. The data was collected by using interview, questionaire and documentary study with Likert Scale standard of measurement, where the data earlier had tested by using the validity test and reliability test on 30 samples in (AMIK) Medan Business Polytechnic Medan.
The result of F test shows that product, price, promotion, place, people, process, and customer service significantly towards the influence student’s attitude. As partial, process and price variabel significantly towards the influence students attitude of Politeknik MBP Medan. The process variabel is the most dominant to influence the student’s attitude. The second result of t test shows the student attitude influence towards the decision to choose studying at Politeknik MBP Medan.
Keywords :marketing mix services, attitude, choosing decision.
Universitas Sumatera Utara

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam menjamin
perkembangan dan kelangsungan hidup suatu bangsa. Melalui pendidikan potensi seseorang akan berkembang dengan mendapatkan bimbingan, pengajaran serta latihan yang dikenal dan diakui masyarakat.
Era globalisasi sekarang menuntut mutu pendidikan yang berkualitas yang mampu menjawab kemajuan informasi dan teknologi serta kompetisi yang tinggi. Dimensi daya saing sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dimana hal itu mampu dicapai dengan memberi perhatian yang besar terhadap bidang pendidikan dengan meningkatkan kualitas lulusannya agar memiliki daya saing dengan lulusan lainnya baik dari dalam maupun dari luar negeri.
Pada kondisi sekarang ini terlihat bahwa daya tampung mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat terbatas, sehingga seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) khususnya di Sumatera Utara memiliki peluang untuk dipilih calon mahasiswa yang tidak dapat ditampung di PTN dalam melanjutkan studinya. Itulah sebabnya setiap PTS harus melakukan strategi khusus yang berbeda dengan PTS lain. Besar kecilnya kemampuan untuk memperoleh mahasiswa tergantung dari penyampaian informasi tentang PTS yang bersangkutan, yang secara nyata terlihat
Universitas Sumatera Utara

dari strategi pemasaran jasa yang diterapkan oleh setiap PTS. Hal ini juga berlaku pada Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang berkembang di Sumatera Utara saat ini.
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan merupakan salah satu perguruan tinggi yang terletak di Jalan Letjen Djamin Ginting No. 287-289 Padang Bulan Medan. Berdiri pada tahun 2001 yang terdiri dari 12 (dua belas) program Studi yaitu : Administrasi Bisnis, Bahasa Inggris, Keuangan dan Perbankan, Akuntansi, Budi Daya Tanaman Holtikultura, Agribisnis Peternakan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Konstruksi Gedung, Perhotelan, Teknik Elektronika. Sebagai perguruan tinggi yang dipercaya masyarakat untuk menciptakan alumnialumni yang memiliki kompetensi dan berbudi pekerti, seharusnya lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan berusaha menjaga kualitas jasa yang ditawarkan agar mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Apabila konsumen (mahasiswa) merasa puas atas jasa yang ditawarkan maka otomatis mahasiswa tersebut akan memberitahukan kepada temannya atau saudara dan tetangganya.
Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan mengalami tren naik turun jumlah mahasiswa. Hal ini bisa terlihat pada Tabel 1.1
Universitas Sumatera Utara

Tabel 1.1 Jumlah Mahasiswa yang Diterima di Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan Tahun Akademik 2006/2007-2010/2011

No Program Studi
1 Administrasi Bisnis 2 Bahasa Inggris 3 Keuangan & Perbankan 4 Akuntansi 5 Budi Daya Tanaman Holtikultura 6 Agribisnis Peternakan 7 Teknik Mesin 8 Teknik Elektro 9 Teknik Telekomunikasi 10 Konstruksi Gedung 11 Perhotelan 12 Teknik Elektronika    TOTAL
Sumber : Bagian Akademik Politeknik MBP Medan

Jumlah Mahasiswa Per Tahun (orang)

2006 2007 2008 2009 2010

40 70 48 59 54

34 54 31 41 39

26 60 51 31 64

109 123 134 116 161

11 6 8 3 16

25 6 0 14

0

31 27 35 30 37

0 17 8 9

7

0948

4

5004

0

7736

9

23 10 19 14 17

311 389 341 335 408

Dalam 5 (lima) tahun terakhir Politeknik Mandiri Bina Prestasi

mengalami trend naik-turun dimana pada tahun 2007 jumlah mahasiswa yang yang

diterima meningkat cukup tinggi yaitu dari 311 orang menjadi 389 orang atau naik

sebanyak 78 mahasiswa (25,08%), tetapi dua tahun berikutnya terjadi penurunan

yaitu menjadi 341 orang (12,33%) dan 335 orang (1,76%). Pada tahun 2010 terjadi

peningkatan jumlah mahasiswa menjadi 408 orang (21,79%) tetapi peningkatan ini

sebenarnya belum sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Penetapan target ini

didasarkan pada kapasitas ruang dan jumlah dosen tetap serta orientasi pasar atau

tuntutan konsumen saat ini. Tahun 2010 Politeknik Mandiri Bina Prestasi

menetapkan target penerimaan mahasiswa baru sebanyak 620 orang tetapi

realisasinya jauh dari yang direncanakan Politeknik Mandiri Bina Prestasi hanya

Universitas Sumatera Utara

menerima 408 orang mahasiswa.Target dan realisasi penerimaan mahasiswa baru

pada tahu 2010 seperti pada Tabel 1.2.

Tabel: 1.2 Target dan Realisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Mandiri Bina Prestasi tahun 2010

No Program Studi 1 Administrasi Bisnis 2 Bahasa Inggris 3 Keuangan & Perbankan 4 Akuntansi 5 Budi Daya Tanaman Holtikultura 6 Agribisnis Peternakan 7 Teknik Mesin 8 Teknik Elektro 9 Teknik Telekomunikasi
10 Konstruksi Gedung 11 Perhotelan 12 Teknik Elektronika    TOTAL
Sumber : Bagian Akademik Politeknik MBP Medan

Target 80 60 80
180 30 20 40 30 20 20 30 30
620

Realisasi 54 39 64
161 16 0 37 7 4 0 9 17
408

Setiap tahunnya Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan selalu melakukan

promosi kepada calon-calon mahasiswa dan juga sekolah- sekolah dan setiap

tahunnya juga anggaran promosi selalu dinaikkan dengan harapan jumlah mahasiswa

yang diterima meningkat. Adapun anggaran biaya promosi Politeknik Mandiri Bina

Prestasi Medan untuk tahun 2006-2010 adalah seperti Tabel dibawah ini.

Tabel 1.3 Anggaran Biaya Promosi Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan

Tahun Akademik 2006/2007-2010/2011

Tahun

Anggaran Promosi

2006

Rp 293,895,000,-

2007

Rp 396,780,000,-

2008

Rp 404,085,000,-

2009

Rp 442,200,000,-

2010

Rp 538,560,000,-

Sumber : Bagian Keuangan Politeknik MBP Medan

Universitas Sumatera Utara

Anggaran biaya promosi mulai dari tahun 2006 sampai tahun 2010 terus naik, tetapi hal ini tidak diikuti dengan kenaikan jumlah mahasiswa yang diterima dimana pada tahun 2009 jumlah mahasiswa yang diterima turun padahal padahal anggaran biaya promosi naik pada tahun tersebut.
Pencapaian target mahasiswa di Lembaga Politeknik MBP tidak terlepas dari strategi bauran pemasaran sebab bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan suatu organisasi, karena strategi bauran pemasaran memiliki keterkaitan terhadap kebijakan strategi pemasaran. Dalam memahami bauran pemasaran jasa, pendidikan tinggi tidak terlepas dari variabel-variabel seperti produk (program studi), harga (uang kuliah), promosi, lokasi, orang, proses dan pelayanan.
Produk (Program Studi) merupakan kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik. Program Studi ini diselenggarakan atas dasar kurikulum yang ditujukan agar mahasiswa dapat memiliki pengetahuan sesuai dengan bidangnya, sikap dan perilaku/ ketrampilan yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Politeknik Mandiri Bina Prestasi menawarkan 12 (dua belas) program studi Diploma 3 (D-3) yaitu: Administrasi Bisnis, Bahasa Inggris, Keuangan dan Perbankan, Akuntansi, Budi Daya Tanaman Holtikultura, Agribisnis Peternakan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Konstruksi Gedung, Perhotelan, Teknik Elektronika. Produk (program studi) yang ditawarkan kepada konsumen haruslah produk yang bermutu sebab mutu merupakan suatu keharusan bagi suatu perguruan tinggi. Secara umum penilaian mutu suatu perguruan tinggi dijabarkan dalam suatu status (peringkat akreditasi) yang biasanya dinilai oleh BANPT.
Universitas Sumatera Utara

Status akreditasi suatu perguruan tinggi merupakan cermin kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan dan menggambarkan mutu, efisiensi serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan. Dengan adanya status terakreditasi maka mahasiswa akan semakin yakin dan percaya untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi tersebut. Saat ini status program studi di Politeknik Mandiri Bina Prestasi untuk beberapa program studi adalah B dan beberapa program studi dengan status C dan sebagian masih dalam proses akreditasi (Tabel 1.4) Tabel 1.4 Akreditasi Program Studi Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan
Tahun Akademik 2010/2011

No Program Studi

Akreditasi

1 Administrasi Bisnis 2 Bahasa Inggris 3 Keuangan & Perbankan 4 Akuntansi 5 Budi Daya Tanaman Holtikultura 6 Agribisnis Peternakan 7 Teknik Mesin 8 Teknik Elektro 9 Teknik Telekomunikasi 10 Konstruksi Gedung 11 Perhotelan 12 Teknik Elektronika
Sumber : Bagian Akademik Politeknik MBP Medan

B B B B C C C C C Proses Akreditasi Proses Akreditasi C

Harga (uang kuliah) yang ditetapkan sebesar Rp. 4.400.000,- (empat juta

empat ratus ribu rupiah) per tahun. Uang kuliah ini dianggap sangat mahal

dibandingkan dengan perguruan tinggi sejenis.

Promosi atau penyampaian informasi kepada calon-calon mahasiswa

dilakukan melalui kunjungan sekolah, brosur, spanduk, melalui surat kabar, serta

pengadaan acara-acara yang biasanya ditangani oleh bagian kemahasiswaan dan

Universitas Sumatera Utara

mahasiswa. Metode promosi yang dilakukan dari tahun ketahun tidak berubah dan hanya dilakukan pada masa-masa penerimaan mahasiswa baru sementara perguruan tinggi lain melakukan metode promosi seperti memberikan pelatihan dan melaksanakan tryout kepada siswa-siswa SMA/SMK sederajat dan promosi dalam bentuk lain dilakukan secara kontinue seperti penyampaian informasi melalui radio dan koran.
Lokasi Politeknik MBP berada di Jl. Letjen Djamin Ginting Padang Bulan Medan cukup strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat, disamping dekat dengan lingkungan perguruan tinggi lainnya sehingga akses yang diperoleh mahasiswa lebih banyak dan mudah. Namun lokasi gedung berada di belakang AMIK MBP (masih satu yayasan) sehingga masyarakat masih banyak yang belum mengetahui keberadaan kampus Politeknik MBP.
Setiap personil yang ada di Politeknik MBP memberikan pelayanan kepada mahasiswa berdasarkan kebutuhan mahasiswa yang terdiri dari staf manajemen, staf pegawai dan dosen. Staf Manajemen berjumlah 14 (empat belas) orang dimana sebagian personil (5 orang) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 2 (dua) orang Dosen Tidak Tetap yang mengajar di Perguruan Tinggi Negeri dan perguruan tinggi lain sehingga tidak full time mengelola institusi. Selain itu dari tingkat staf pegawai hampir seluruhannya 22 (23) memiliki pendidikan D-3 dan merupakan alumni dari Politeknik MBP (96,6%) sehingga kemampuan dan wawasan sangat terbatas. Selain itu pengembangan yang diberikan lembaga dalam menunjang kemampuan pelayanan kepada mahasiswa sangat terbatas. Pada tingkat dosen tetap (27 orang) hampir secara keseluruhan memiliki jenjang pendidikan S-1 (22 orang) dan saat ini sedang proses
Universitas Sumatera Utara

belajar di Pasca Sarjana (12 orang) dan Doktor (1 orang). Dari segi usia terlihat bahwa secara keseluruhan dosen-dosen masih tergolong muda menyebabkan pengalaman masih kurang.
Politeknik MBP belum melakukan seleksi yang ketat dalam proses penerimaan mahasiswa baru sehingga calon mahasiswa yang mendaftar otomatis diterima menjadi mahasiswa. Kondisi akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa yang akan dibimbing selama 3 (tiga) tahun. Selain itu proses pembelajaran yang dilaksanakan belum maksimal akibat seringnya staf pengajar terlambat mengajar ke kelas
Penyediaan pelayanan akademik kepada mahasiswa diberikan oleh seluruh personil seperti pelayanan sistem pembelajaran e-learning, akses nilai dengan sistem on line, serta menerima masukan-masukan atas kegiatan belajar-mengajar yang terjadi di Politeknik MBP melalui buku saran. Namun dalam penyediaan fasilitas praktikum masih sangat terbatas sehingga mahasiswa tidak bisa mengaplikasikan materi yang diperoleh. Dalam melaksanakan fungsinya, dosen kurang mampu berkonsentrasi karena dosen tidak hanya mengajar di Politeknik MBP tetapi juga di perguruan tinggi lainnya.
Kondisi di atas tentu saja akan mempengaruhi sikap mahasiswa dalam menyampaikan informasi tentang Lembaga Politeknik MBP kepada masyarakat. Apabila kondisinya tidak baik tentu saja sikap masyarakat cenderung ragu dalam memutuskan memilih Politeknik MBP sebagai tempat belajar dan sebaliknya.
Universitas Sumatera Utara

1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana pengaruh strategi bauran pemasaran jasa yang terdiri dari : produk (program studi), harga (Uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses dan pelayanan konsumen terhadap sikap mahasiswa?
2. Bagaimana pengaruh sikap terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan?
1.3. Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran jasa yang terdiri dari : produk (program studi), harga (Uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses dan pelayanan terhadap sikap mahasiswa.
2. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan.
1.4. Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah:
1. Bagi pihak Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan, dalam rangka meningkatkan jumlah mahasiswa yang memilih kuliah di Lembaga Politeknik Mandiri Bina Prestasi Medan.
Universitas Sumatera Utara

2. Bagi Program Studi Magister Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana USU, merupakan tambahan kekayaan penelitian studi kasus untuk dapat dipergunakan dan dikembangkan.
3. Bagi Peneliti, dengan adanya penelitian ini diharapkan pengetahuan yang dimiliki akan bertambah terutama mengenai bauran pemasaran jasa.
4. Bagi Peneliti berikutnya, sebagai referensi dalam melakukan penelitian khususnya mengenai bauran pemasaran jasa.
Universitas Sumatera Utara

BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN
2.1. Penelitian Terdahulu Kalsum (2008) melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh
Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan”. Penelitian ini dilakukan kepada 51 orang responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan, variabel yang diteliti adalah bauran pemasaran yang terdiri dari produk (program studi), harga (uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses, pelayanan dan keputusan memilih. Pengujian secara serempak menunjukkan bahwa produk (program studi), harga (uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses, pelayanan berpengaruh terhadap keputusan memilih Fakultas Ekonomi Universitas Al-Azhar Medan. Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih fakultas ekonomi Universitas Al-Azhar Medan, dan memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan variabel yang lain yaitu produk (program studi), harga (uang kuliah), lokasi, promosi, orang, dan proses.
Khodri (2008) melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Business College LP3I Medan”. Penelitian ini dilakukan terhadap 205 siswa Business College LP3I Medan dengan teknik pengumpulan sampel Proportionate Stratified Random Sampling, variabel dalam penelitian ini adalah produk (program studi), harga (uang kuliah),
Universitas Sumatera Utara

lokasi, promosi, orang, proses, pelayanan dan keputusan memilih. Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan produk (program studi), harga (uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah pada Business College LP3I Medan, dan dalam uji parsial ditunjukkan bahwa uang kuliah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih kuliah di Business College LP3I Medan.
Rezeki (2004) melakukan penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI Medan”. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah produk (program studi), harga (uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses, pelayanan dan keputusan memilih. Teknik analisis datanya adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah bahwa secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari produk (program studi), harga (uang kuliah), lokasi, promosi, orang, proses, pelayanan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih belajar di STIE IBBI Medan. Secara uji parsial ditunjukkan bahwa promosi berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih STIE IBBI Medan. 2.2. Landasan Teori 2.2.1. Strategi Bauran Pemasaran
Radiosunu (1993), menyatakan “Bauran pemasaran adalah merupakan kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen, variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pembeli adalah produck, place, promotion dan price.
Universitas Sumatera Utara

Kotler (1993), menyatakan “serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasarannya, bauran pemasaran terdiri dari segala hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan atas produknya dikenal sebagai “empat P” produk, tempat, harga dan promosi.
Bauran pemasaran sebagaimana dikemukakan di atas terdiri dari empat elemen yaitu : produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi (promotion). Dengan sejumlah penyesuaian ke-empat elemen ini juga penting dalam pemasaran jasa. 2.2.2. Strategi Bauran Pemasaran Jasa
Menurut Yazid (2001), “Dalam pemasaran jasa, ada elemen-elemen lain yang bisa dikontrol dan dikoordinasikan untuk keperluan komunikasi dengan dan pemuasan konsumen jasa. Elemen-elemen tersebut adalah : orang (people or participants), lingkungan fisik dimana jasa diberikan atau bukti fisik (physical evidence) dan proses (process) jasa itu sendiri.
Selanjutnya Lupioyadi (2006) menyatakan bahwa elemen marketing mix services (bauran pemasaran jasa) terdiri dari tujuh hal, yaitu : a) Product : jasa seperti apa yang ingin ditawarkan, b) Price : bagaimana strategi penentuan harga, c) Promotion : bagaimana promosi yang harus dilakukan, d) Place : bagaimana sistem penghantaran (delivery system) yang akan diterapkan, e) People : tipe kuantitas dan kualitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa, f) Process : bagaimana proses dalam operasi jasa tersebut, g) Customer
Universitas Sumatera Utara

service : tingkat pelayanan (service level) yang bagaimana yang akan diberikan kepada konsumen.
Sebagai suatu bauran, elemen-elemen tersebut saling mempengaruhi satu sama lain sehingga bila salah satu tidak tepat pengorganisasiannya akan mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan. 2.2.3. Teori Tentang Produk dan Jasa 2.2.3.1. Pengertian Produk
Produk merupakan hasil proses produksi dari pabrikan maupun perusahaan jasa dalam bentuk jasa. Kemudian dengan melihat cara-cara untuk mengklasifikasikan banyak jenis produk yang akan ditemukan dalam pasar-pasar konsumen dan industri, dengan harapan menemukan jalinan antara strategi pemasaran yang tepat dengan jenis-jenis produk. Kemudian dengan mengenali bahwa setiap produk bisa diubah menjadi sebuah merek, yang melibatkan beberapa keputusan. Produk juga bisa dikemas dan diberi label dan disertai berbagai jasa tambahan yang ditawarkan kepada konsumen.
Purnama (2001), menyatakan “produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan”.
Sedangkan Kotler (1993), menyatakan “ produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada sebuah pasar agar diperhatikan, diminta, dipakai atau dikonsumsi sehingga mungkin memuaskan keinginan dan kebutuhan”.
Selanjutnya Purnama (2001), menyatakan “produk-produk yang dipasarkan meliputi barang fisik (misalnya buku, mobil), jasa (misalnya dokter, salon), orang (seperti artis, selebritis), tempat (misalnya tempat wisata),
Universitas Sumatera Utara

organisasi (misalnya Yayasan Jantung Indonesia), dan gagasan (misalnya cara memasak yang praktis). 2.2.3.2. Pengertian Jasa
Kotler dan Amstrong (2004), menyatakan “Jasa adalah segala aktivitas dan berbagai kegiatan atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual oleh suatu pihak kepada pihak lain yang secara esensial jasa ini tidak berwujud dan tidak menghasilkan perpindahan kepemilikan atas apapun”.
Sedangkan Lupiyoadi ( 2001), menyatakan empat karakteristik produk jasa : 1) Intangibility : jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud, 2) Heterogenity/variability : bersifat non standar dan sangat variabel, 3) Inseparability : umumnya diproduksi dan dikonsumsi pada waktu yang bersamaan dengan partisipasi konsumen dalam prosesnya, 4) Perishability : jasa tidak mungk

Dokumen yang terkait

Dokumen baru