RKAS Sekolah Dasar Adiwiyata

(1)

RKAS Sekolah Dasar Adiwiyata

RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS)

TAHUN 2013 - 2014

1. ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH

Beberapa faktor penyelenggaraan pendidikan yang dapat mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan antara lain :

Kondisi Geografis

Secara geografis, SDN ... Surabaya berada di wilayah barat kota Surabaya. Meskipun agak jauh dari pusat kota, sekolah yang terletak di Jl. Raya ... ini cukup mudah di jangkau dari segala arah karena banyak kendaraan umum yang melintasi jalan tersebut. Dengan letak yang agak jauh dari pusat keramaian kota justru menjadi nilai tambah bagi siswa, karena jauh dari segala macam kebisingan dan gangguan, dan lokasi yang dekat dengan perumahan yang berkembang pesat, membuat animo masyarakat untuk menyekolahkan putranya di sekolah ini cukup tinggi.

Kondisi Ekonomi

Tingkatan sosial ekonomi yang mewarnai masyarakat sekitar SDN ... Surabaya sangat variatif, sehingga dapat digolongkan menjadi ekonomi bawah, menengah dan atas. Walaupun pada saat ini golongan ekonomi menengah kebawah lebih dominan, prediksi ke depan keadaan ekonomi orang tua siswa akan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, karena perkembangan kota Surabaya untuk saat ini banyak diarahkan ke wilayah Surabaya Barat, sehingga diasumsikan akan banyak masyarakat pendatang yang berekonomi lebih kuat atau mapan berdomisili di wilayah sekitar SDN ... Surabaya. Keadaan yang demikian ini akan mendukung perkembangan pendidikan kearah yang lebih baik. Diharapkan masyarakat atau orang tua siswa akan semakin sadar untuk mendukung pendidikan anaknya dengan memfasilitasi sarana dan prasarana pendidikan bagi anaknya, seperti memberikan kesempatan anak-anaknya untuk memperoleh pelajaran tambahan, dan keterampilan untuk menambah bekal masa depan anak-anak mereka dan lain sebagainya. Kondisi ekonomi yang lebih baik dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang berkualitas akan semakin mendukung perkembangan pendidikan kearah yang lebih baik.

Kondisi Politik, Keamanan, IPTEK, dan BudayaPolitik:


(2)

Lingkungan politik masyarakat sekitar SDN ... Surabaya adalah sebagai masyarakat partisipan, dan politik praktis dari golongan partai tertentu, yang terdiri dari masyarakat berbagai macam pendukung (partisipan) golongan partai politik maupun golongan masyarakat organisasi yang saling berinteraksi dengan baik dan menciptakan suasana kondusif. Hal ini sangat mendukung keberadaan lembaga pendidikan di sekitar wilayah SDN ... Surabaya terutama di dalam melaksanakan proses belajar mengajar, tidak terpengaruh secara langsung berbagai kegiatan partai politik sehingga para peserta didik kondusif dalam pembelajaran.

Keamanan:

Pola kerjasama warga disekitar lingkungan SDN ... dengan Polsek ... dan kerjasama warga dengan aparat keamanan di wilayah sekitar SDN ... Surabaya memberikan keamanan bagi masyarakat dan bagi lembaga pendidikan di wilayah ini. Situasi yang aman ini sangat mendukung terwujudnya pendidikan yang optimal.

IPTEK:

Perkembangan Iptek berlangsung demikian cepat. Hal ini berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Dengan perkembangan iptek saat ini masyarakat terbiasa untuk menggunakan dan memanfaatkannya dalam kehidupan mereka sehari-hari misalnya Televisi, Radio, DVD ,computer, laptop, internet, telephone maupun HP. Sehingga di era informasi ini menyebabkan siswa dapat memperoleh informasi dari sumber secara efektif dan efesien. Hak ini sangat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di SDN ... Surabaya.

Budaya:

Adanya budaya untuk berperilaku disiplin, budaya menghormati orang lain, budaya hidup mandiri, budaya bergotong-royong saling membantu satu sama lain,budaya kerja keras, budaya membaca adalah sumber kekuatan untuk menghadapi era globalisasi yang tampaknya akan mempengaruh terhadap perilaku dan moral manusia, sehingga sekolah diharapkan berperan dalam mendidik siswa menjadi anak bangsa yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dengan berlandaskan pada iman dan taqwa. Disamping itu, keanekaragaman latar belakang masyarakat baik masyarakat asli dan pendatang dii wilayah lingkungan SDN ... Surabaya akan menciptakan dinamika budaya yang mendukung proses pendidikan.


(3)

Kondisi yang menonjol adalah semangat dan minat orang tua untuk menyekolahkan anak SDN ... Surabaya sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari pendaftaran system PPDB Tahun Pelajajaran 2013 – 2014 yang jauh melebihi pagu yang tersedia.

Kondisi menonjol lainnnya adalah semangat belajar siswa dan antusiasme terhadap kemajuan iptek yang tinggi walaupun dengan segala keterbatasan, hal ini tampak pada tingginya minat untuk belajar semua mata pelajaran terutama matematika, IPA, bahasa Inggris, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi. Disamping itu semangat untuk berlatih dalam kegiatan olah raga dan seni sangat tinggi, terutama terlihat dari prestasi olah raga volley, bola Basket karate, seni tari dan Band.

Dengan demikian, ditinjau dari kondisi eksternal maupun internal sekolah, telah menjadikan SDN ... Surabaya berpotensi dan bersaing untuk meraih prestasi tinggi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Kondisi Sosial Masyarakat :

Kondisi sosial masyarakat di wilayah SDN ... Surabaya mempunyai tingkat kepedulian yang cukup terhadap pendidikan. Hal ini disebabkan karena tingkat pendidikan masyarakat di wilayah ini cukup tinggi, sehingga pemahaman tentang dunia pendidikan cukup baik. Dengan demikian akan terdapat kontribusi yang baik terhadap kemajuan pendidikan di SDN ... Surabaya. Namun demikian, diantaranya masih ada beberapa orang yang masih kurang pemahamannya terhadap dunia pendidikan, sehingga perlu diadakan pendekatan-pendekatan yang lebih baik.

Kondisi Demografis masyarakat :

Secara demografi, orang tua siswa bermata pencaharian heterogen. Mulai Pegawai Negeri Sipil (PNS), ABRI, pegawai Swasta, pedagang, petani maupun sektor informal lainnya. Meskipun ada sebagian kecil orang tua kurang memiliki kepedulian, namun tidak sedikit orang tua siswa yang memiliki kepedulian tinggi sehingga sangat membantu dalam pembangunan fisik sekolah maupun proses pembelajaran. Peranan komite sekolah sangat membantu sekolah untuk hal itu. Sehingga dengan konstribusi dan kerja sama yang optimal prestasi yang tinggi akan dapat teraih.

Perkembangan Globalisasi :

Berdasarkan kondisi sosial masyarakat di sekitar SDN ... Surabaya yang mayoritas berlatar belakang pendidikan rata-rata dari SMA keatas, secara umum


(4)

masyarakat sekitar dapat mengikuti perkembangan globalisasi yang terjadi saat ini.

2. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI :

Kondisi pendidikan di SDN ... Surabaya saat ini secara umum adalah sebagai berikut :

a. Standar Kompetensi Lulusan

Prestasi belajar siswa rata-rata cukup baik diketahui dari data lulusan tahun 2013-2014 yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional mencapai 8,62 Sedangkan Ujian Sekolah rata – rata 8.70 Harapannya adalah prestasi belajar siswa dapat meningkat pada tahun yang akan datang.

b. Standar Isi

 Pedoman yang digunakan dalam penyusunan silabus , RPP dan kegiatan pembelajaran di SDN ... Surabaya untuk kelas 1sd 6 menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum KTSP 2013  Pedoman yang digunakan dalam penyusunan silabus , RPP dan kegiatan

pembelajaran di SDN ... Surabaya untuk kelas kelas 1, dan 4 (Kurikulum KTSP 2013)sedangkan kelas 2,3,5,dan Kelas 6 ( Kurikulum KTSP )

c. Standar Proses:

 Proses Belajar Mengajar di SDN ... Surabaya menggunakan metode pembelajaran inovatif dengan rasio guru banding siswa 1 : ...

 Pelaksanaan pembelajaran untuk kelas 1sd 6 dengan menggunakan pen-dekatan Saintefik sesuai dengan kurikulum KTSP 2013.

d. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

 Tenaga pendidik di SDN ... Surabaya berjumlah 54 orang, dengan kwalifikasi akademik S-2 sebanyak 23 orang, S-1 sebanyak 30 Orang, dan S-0 sebanyak 1 orang.

 Kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan mencapai 95%, sehingga tenaga pendidik mampu menampilkan kinerja yang unggul. Namun demikian, kemampuan dalam bahasa Inggris ma-sih pasif perlu ditingkatkan dan kemampuan dalam mengoperasikan komputer masih perlu ditingkatkan.

 Tenaga Tata Usaha berjumlah 23 orang dengan kwalifikasi akademik S-1 sebanyak 5 orang, berkwalifikasi SMA sebanyak 14 orang. Berkwalifikasi SMP 3 Orang, sedangkan pegawai tetap sebanyak 3 orang , Security berjum-lah 4 orang berkwalifikasi SMA. Semua tenaga Tata Usaha mempunyai


(5)

kemampuan yang cukup baik dalam mengoperasikan komputer, sehingga kegiatan administrasi berbasis ICT dapat terlaksana dengan baik. Namun dalam management administrasi terutama dalam hal penyimpanan data (back Up) masih belum dapat terselenggara dengan maksimal. Disamping itu, ke-mampuan dalam Bahasa Inggris masih kurang.

 Tenaga Laboran telah tersedia 1 orang dengan kwalifikasi S-2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 965 orang, jumlah tenaga laboran dirasakan masih belum memadai.

 Pustakawan telah tersedia 1 orang dengan kwalifikasi akademik S-0. Dengan jumlah pengunjung setiap hari, maka jumlah tenaga pustakawan dirasakan juga belum memadai.

 Tenaga paramedis telah tersedia sebanyak 1 orang, dengan kwalifikasi akademik D-3. Namun tenaga paramedis masih belum dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya tenaga medis (dokter).

e. Standar sarana dan Prasarana

 Ruangan kelas berjumlah 27 buah. 25 ruangan dengan kondisi yang cukup baik dan menyenangkan untuk kegiatan pembelajaran, namun masih ada 2 ruang yang kondisinya kurang baik dan kurang menyenangkan siswa untuk kegiatan pembelajaran.

 Masih terdapat 5 ruang kelas yang belum representatif untuk pembelajaran , ruang multimedia, Ruang Laboratorium dan ruang keterampilan. Kantin yang telah memenuhi standar kelayakan kebersihan dan kenyamanan bagi siswa ,guru dan karyawan

 Lapangan upacara yang tersedia masih kurang luas. Dengan jumlah siswa 965 sehingga pelaksanaan upacara bendera masih belum bisa tertip masih berdempetan.

 Lahan parkir untuk guru dan karyawan masih kurang memadai

 Sarana yang tersedia di Laboratorium, ruang guru,ruang OSIS, ruang UKS, ruang staf masih belum lengkap.

 Media pengajaran tersedia dalam bentuk jadi. Sedangkan media pembelajaran yang merupakan produk dari tenaga pendidik masih sangat minim.

f. Standar Pengelolaan:

 Peserta didik berasal dari ... yang cukup berkwalitas di lingkungan wilayah Surabaya Barat, dengan rata-rata nilai UNAS bagus , dengan kondisi


(6)

sosial ekonomi menengah ke bawah. Namun mereka mempunyai motivasi yang cukup baik untuk belajar dan sekolah.

 Komite sekolah menunjukkan kerjasama yang cukup baik dengan pihak sekolah, namun kepedulian terhadap kegiatan sekolah masih perlu ditingkatkan lagi.

 Menajemen sekolah telah membangun komunikasi dengan masyarakat melalui media massa , siaran radio , televisi dan Internet

 Program-program kegiatan inovatif telah di upayakan dengan pemberian reward untuk siswa berprestasi akademik maupun non akademik, mempunyai kebiasaan yang tinggi dalam mengunjungi perpustakaan.

 Kultur sekolah berbasis transparansi, akuntabilitas, kolaboratif antar komponen sekolah, kondusif untuk kegiatan pembelajaran, harmonis dan etos kerja yang tinggi.

g. Standar Pembiayaan

Sumber Dana Sekolah berasal dari Dana Rutin, BOS-APBN, BOS-APBD, Block Grant, Donatur, serta Proyek Sekolah Kawasan serta usaha lain.

h. Standar Penilaian

Teknik penilaian difokuskan pada pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Misal: Penilaian Kognitif dengan menggunakan instrumen non tes, sementara penilaian efektif dan psikomotor menggunakan intrumen non tes, seperti tes perbuatan dan portofolio serta unjuk kerja.

Untuk meningkatkan keakuratan hasil penilaian, Ulangan menggunakan instrumen tes, serta untuk efektivitas dan effisiensi waktu penilaian, maka untuk soal obyektif koreksi dilakukan dengan menggunakan scanner.

i. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah

Pengembangan budaya sekolah yang telah berjalan baik adalah budaya tata krama siswa. Sedangkan pengembangan budaya yang lain seperti tertib aturan, cinta kebersihan, cinta tanaman, dll masih perlu ditingkatkan. Budaya demokratis dalam pengambilan keputusan sekolah kecenderungannya ke depan semakin baik, hal ini berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah. Kesadaran warga sekolah tentang pentingnya kontroling menunjukkan kecenderungan terus membaik. Yang cukup memprihatinkan adalah budaya partisipasi wali murid yang telah terbangun baik dan memiliki potensi yang bagus, dengan kebijakan sekolah gratis sangat menurunkan tingkat partisipasi wali murid.

Lingkungan SDN ... Surabaya ditanami oleh beberapa jenis tanaman, terutama Sansivera dan bambu-bambuan. Disamping itu diciptakan budaya reuse, reduce dan recycle, sehingga pada tahun pelajaran 2009-2010 berhasil meraih


(7)

penghargaan sebagai Juara II Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Surabaya, Tahun Pelajaran 2010 -2011 mewakili tingkat Jawa Timur, Tahun Pelajaran 2011-2012 meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional, dan TahunPelajaran 2012-2013 meraih penghargaan Adiwiyata Nasional Mandiri.

3. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 1 TAHUN KE DEPAN

Berdasarkan dari analisa di atas SDN ... Surabaya pada Tahun Pelajaran 2012/2013 menargetkan hal-hal berikut ini:

1. Standar Kompetensi Kelulusan

a. Peningkatan kedisiplinan siswa dan peningkatan Ketaqwaan Terhadapa Tuhan Yang Maha Esa melalui kegiatan pengembangan diri rutin dan terprogram. b. Peningkatan nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) 8,27 menjadi 8,40 dan UNAS

dengan rerata 8,62 menjadi rerata 9,80 .

c. Peningkatan KKM menjadi 75 s.d. 80 untuk semua mata pelajaran.

d. Peningkatan prestasi kejuaraan di bidang olah raga terutama bola volley di tingkat Kota, Propinsi, Regional dan Nasional melalui kegiatan pengembangan diri terprogram.

e. Peningkatan prestasi di bidang seni terutama seni tari, seni lukis dan band melalui kegiatan pengembangan diri terprogram.

f. Peningkatan prestasi di bidang akademik Matematika dan IPA dengan pembentukan kelompok persiapan olimpiade melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi Terkait.

2. Standar Isi

a. Pengembangan Dokumen 1 KTSP 2013 b. Pengembangan Silabus kelas 2,3 dan kelas 5,6

c. Pengembangan Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP). d. Pengembangan bahan ajar, modul, buku, LKS.

e. Pengembangan Panduan Pembelajaran.

f. Pengembangan panduan evaluasi hasil belajar. 3. Standar Proses

a. Pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mengintegrasikan IMTAQ , Karakter ,Iptek dan Life skills,enterprenevship b. Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan ; student centered,reflective

learning,active learning ,enjoyble and joyful learning,cooperatif learning,quantum learninng, contectual teaching learning.

c. Pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan menggunakan berbagai sumber belajar.


(8)

d. Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan saintefik.

e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran dengan jadwal yang terprogram.

4. Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

a. Peningkatan pemahaman Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Kependidikan tentang Kurikulum KTSP 2013.

b. Peningkatan kompetensi berbahasa Inggris untuk guru dan Tenaga Kependidikan.

c. Peningkatan kemampuan penguasaan komputer dan internet.

d. Peningkatan kompetensi pengembangan media pembelajaran berbasis IT. e. Peningkatan kompetensi guru melalui Lesson Study Berbasis Sekolah 5. Standar Sarana dan Prasarana

a. Pemenuhan fasilitas ruang belajar yang dilengkapi LCD projector, AC, 1 set sound system, pojok baca , dan Loker kelas

d. Perpustakaan Digital (Digital Library) :

AC, internet, 10 Komputer terkoneksi internet, 1 LCD projector, 1 set sound system, mebeler sesuai dengan SNP.

c. Laboratorium IPA : AC, 1 komputer, 1 LCD projector, 1 set sound system. d. Laboratorium Komputer : 1 LCD projector, 1 set sound system, dan Loker

kelas

e. Laboratorium IPS : 1 LCD Projector ,AC , 1 set sound system, dan Loker kelas

f. Laboratorium Matematika : 1 LCD Projector , AC, 1 set soud system dan Loker kelas

g. Ruang Tata Boga : Perangkat peralatan tata boga dan lemari penyimpan barang , penghisap Asap , tempat cuci piring dan kompor 4 tungku.

h. Ruang Studio radio : perangkat siar , AC ,Komputer dan lemari dokumen ,satu set kursi dan meja dan TV .

i. Ruang Elektronika : 1 LCD Proyektor ,AC dan lemari penyimpan barang j. Ruang Guru : 5 unit komputer ber-LAN dan berkoneksi dengan internet, 1

LCD projector, 1 set sound system, Loker kelas

k. Ruang Kendali ICT; ber-AC, berukuran 10 x 5 m2, 1 set meja kursi, 1 set pesawat kendali ICT terpadu dan scanner.

l. Ruang OSIS; 1 lemari dokumen, 1 Komputer LAN, 1 printer, AC.

m. Ruang Multi Media : AC, 1 pesawat komputer ber-LAN dan internet, 1 LCD projector, 1 set sound system, 1 pesawat TV, 1 pesawat DVD, 40 set meja kursi, 1 set microphone jaringan, 1 kamera video.


(9)

n. Ruang Gudang : untuk penyimpanan barang – barang 6. Standar Pengelolaan

a. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah.

b. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah. c. Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah. d. Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan (Humas).

e. Pengembangan standar ISO: 9001 : 2008. f. Pengembangan standar ISO : 14001: 2004

g. Pengimplementasian TQS (Total Quality Service). h. Pengimplementasian TQM (Total Quality Manajemen).

i. Pemenuhan kerjasama dengan sekolah dalam negeri “ sister school progam”. j. Pemenuhan kerjasama dengan dunia usaha.

k. Pemenuhan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan dalam negeri.

l. Penciptaan sekolah terbebas dari rokok, narkoba, kekerasan, kriminal, pelecehan seksual dan trafikking.

7. Standar Pembiayaan

a. Peningkatan sumber dana pendidikan dari pemerintah daerah , Propinsi dan pusat

b. Pemenuhan penggunaan dana yang transparan dan akuntabel. c. Pemenuhan pelaporan penggunaan dana yang akuntabel. d. Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana.

e. Pengembangan income generating unit/unit produksi/unit usaha sekolah. f. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan alumni.

g. Pemenuhan penggalian dana dengan dunia usaha/industri.

h. Terbangunnya kerjasama dengan lembaga independen non pemerintah baik dalam negeri.

8. Standar Penilaian Pendidikan

a. Terimplementasikannya model evaluasi pembelajaran secara lengkap dan komprehensif dengan teknik penilaian yang bervariasi berbasis IT untuk semua kelompok mata pelajaran.

b. Pengembangan Instrumen penilaian materi untuk ulangan kenaikan kelas c. Pengembangan Interumen penilaian UAS

d. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru.

e. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah. f. Pengembangan perangkat pendokumentasian penilaian. 9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah


(10)

a. Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang, sejuk dengan taman sekolah dan hutan sekolah.

b. Penciptaan budaya berbudi pekerti luhur.

c. Pengembangan kegiatan yang menumbuhkan sikap peduli terhadap kelestarian lingkungan.

d. Pengembangan kerjasama dengan lembaga lingkungan baik dalam maupun luar negeri.

4. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN

Identifikasi tantangan nyata berdasar atas analisis situasi, baik internal maupun eksternal sekolah, analisa kondisi sekolah sekarang dan yang diharapkan selama satu tahun ke depan dan kemudian dapat diketahui kesenjangan yang terjadi. Adapun analisis identifikasi tantangan nyatanya sebagai berikut:

No KONDISI SAAT INI KONDISI YANG

DIHARAPKAN (1TAHUN KE DEPAN)

BESAR

TANTANGAN NYATA

1 Standar Kompetensi Lulusan a Bidang Akademik

b.

-Siswa memahami dan melak-sanakan tingkat kedisiplinan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME. - Nilai rata –rata UNAS = 8,62 rata

– rata UAS= 8,70

- Rata –rata pencapaian KKM 78 - Memperoleh juara ke tk kota

bidang matematika

- Memperoleh juara ke tk kota bidang IPA

Bidang non akademik

-. Prestasi bidang olah raga bola vol-ley , Silat , futsal juara 1 tingkat Kota.

-. Prestasi di bidang seni juara tari ngremo Juara paduan suara Juara Band

Juara Drama Sekolah -. Prestasi akademik

Juara1 Pidato Bahasa Inggris ting-kat jawa timur

- Kedisiplinan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME se-makin meningkat

-Nilai rata – rata UNAS = 8,72 rata –rata UAS = 8,80

-Rata – rata pencapaian KKM 80

- Memperoleh juara ke 1 tk kota bidang matematika - Memperoleh juara ke 1 tk

kota bidang IPA

- Prestasi bidang olah raga bola volley , silat

Juara tingkat propinsi - Prestasi bidang seni

Juara tingkat propinsi.

- Prestasi akademik Juara tingkat nasional

30 %

0,01 0,2 1 tingkat 1 tingkat

1 tingkat

1 tingkat


(11)

c.

d.

Kelulusan

- Jumlah Kelulusan 100 % Melanjutkan Studi

- Jumlah lulusan yang dapat lolos se-leksi PPDB SMP Negeri 88 %

- Jumlah Kelulusan 100 % - Jumlah lulusan yang dapat lo-los seleksi PPDB SMP Negeri 90 %

0 % 0,2 %

2. Standar Isi :

a. Pengembangan Buku -1 KTSP 2013 ( Dokumen 1 KTSP ) 80 % b. Pengembangan silabus kelas 8

dan 9 60 %

c. Pengembangan RPP . 60 %

d. Pengembangan bahan ajar modul ,buku ,LKS .10 %

e. Pengembangan Panduan evaluasi 50 %

a. Target yang ingin dicapai 100 %

b. Target yang ingin dicapai 90 %

c. Target yang ingin dicapai 90 %

d. Target yang ingin dicapai 60 %

e.Target yang ingin dicapai 70 %

20 % 30 % 30 %

50% 20 %

3. Standar Proses:

a. Penerapan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mengintegrasikan IMTAQ ,pen-didikan karakter ,Iptek , life skill dan enterprenership.40 %

b. Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan ; student centered,reflective

learning,active learning ,enjoyble and joyful learning,cooperatif learning, quantum learninng, contectual teaching learning. 60 %

c. Pengembangan pembelajaran un-tuk semua mata pelajaran dengan menggunakan berbagai sumber belajar 70 %.

d. Pengembangan pembelajaran berbasis IT. 70 %

e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran dengan jadwal ter-program. 70 %

a. Target yang ingin dicapai 70 %

b. Target yang ingin dicapai 80 %

c. Target yang ingin dicapai 90 %

d. Target yang ingin dicapai 90 %

e. Target yang ingin dicapai 80 %

30 %

20 %

20 %

20 %

10 %

4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan : a. Peningkatan pemahamam Kepala

Sekolah , guru dan Tenaga

a. Target yang ingin dicapai 80 %


(12)

Kependidikan tentang Kuriku-lum 2013. 60 %

b. Peningkatan kemampuan pen-guasaan computer dan inter-net.70 %

c.Peningkatan kompetensi pengem-bangan media pembelajaran berbasis IT.

60 %

d. Peningkatan kompetensi lesson study berbasis sekolah (LSBS). 80 %

b.Target yang ingin dicapai 90 %

c. Target yang ingin dicapai 80 %

d. Target yang ingin dicapai 90 %

20 % 20 %

10 %

5. STANDAR SARAN DAN PRASARANA a. Pemenuhan fasilitas ruang belajar

yang dilengkapi LCD projector, AC, 1 set sound system, , pojok baca ,Loker kelas. 70 %

b. Perpustakaan Digital (Digital Library) :

AC, internet, 10 Komputer terkoneksi internet,1 LCD projector, 1 set sound system, mebeler lengkap. 70 %

c. Laboratorium IPA : AC, 1 komputer, 1 LCD projector, 1 set sound system. 80 %

d. Laboratorium Komputer : 1 LCD projector, 1 set sound system. 80 %

e. Laboratorium IPS : 1 LCD Projector ,AC , 1 set sound system. 80 %

f. Laboratorium Matematika : 1 LCD Projector , AC, 1 set soud system. 70 %

g. Ruang Tata Boga :

Perangkat peralatan tata boga dan lemari penyimpan barang , penghisap Asap , tempat cuci piring dan kompor 4 tungku.60 % h. Ruang Studio radio : perangkat

siar , AC ,Komputer dan lemari dokumen ,satu set kursi dan meja dan TV .70 %

i. Ruang Elektronika : 1 LCD Proyektor ,AC dan lemari

a. Target yang ingin dicapai 80 %

b. Target yang ingin dicapai 80 %

c. Target yang ingin dicapai 90 %

d. Target yang ingin dicapai 90 %

e. Target yang ingin dicapai 90 %

f. Target yang ingin dicapai 90 %

g. Target yang ingin dicapai 80 %

h. Target yang ingin dicapai 90 %

i. Target yang ingin dicapai 50 %

10 %

10 %

10 %

10 %

10 % 20 %

80%

20 %


(13)

penyimpan barang. 0 %

j. Ruang Guru : 5 unit komputer ber-LAN dan berkoneksi dengan internet, 1 LCD projector, 1 set sound system. 80 %

k. Ruang Kendali (UKM) ICT; ber-AC, berukuran 10 x 5 m2, 1 set meja kursi, 1 set pesawat kendali ICT terpadu dan scanner. 80 % l. Ruang OSIS; 1 lemari dokumen, 1

Komputer LAN, 1 printer, AC.60 %

m. Ruang Multi Media : AC, 1 pesawat komputer ber-LAN dan internet, 1 LCD projector, 1 set sound system, 1 pesawat TV, 1 pesawat DVD, 80 set meja kursi, 1 set microphone jaringan, 1 kamera video. 70 %

n. Ruang Gudang : untuk penyimpanan barang – barang .20 %

o.Lapangan upacara yang tersedia masih kurang luas, sehingga pelaksanaan upacara bendera ter-lalu berdekatan . 90 %

p.Lahan parkir untuk guru dan karyawan masih kurang memadai.40 %

j. Target yang ingin dicapai 90 %

k. Target yang ingin dicapai 90 %

l. Target yang ingin dicapai 80 %

m.Target yang ingin dicapai 90 %

n. Target yang ingin dicapai 60 %

o. Target yang ingin dicapai 100 %

p. Target yang ingin dicapai 70 %

10 %

10 %

20 %

20 %

40 %

10 %

30 %

6. STANDAR PENGELOLAAN

a.Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah.80 % b.Pemenuhan struktur organisasi dan

mekanisme kerja sekolah.90 % c.Peningkatan supervise ,monitoring

evaluasi dan akreditasi sekolah.80 %

d.Peningkatan peran serta masyarakat dan kemitraan ( Hu-mas ).70 %

a.Target yang ingin dicapai 100 %

b.Target yang ingin dicapai 100 %

c.Target yang ingin dicapai 100 %

d. Target yang ingin dicapai 80 %

20 %

10 % 10%


(14)

e.Pengembangan PAS/SIM sekolah menuju e-school.

30 %

f.Pengembangan standar ISO : 9001 : 2008. 90 %

g.Pengembangan standar ISO : 14001 : 2004. 90 %

h.Pengimplementasian TQS ( Total Quality Servis ) 50 % i.Pengimplemantasian TQM (Total Quality manajemen) 60 %

j.Pemenuhan kerjasama dengan sekolah bertaraf internasional dalam negeri. 60 %

k.Pemenuhan kerjasama dengan sekolah bertaraf internasional luar negeri “ sister school progam “ 10%

l.Pemenuhan kerjasama dengan dunia usaha. 4 perusahaan

m.Pemenuhan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan dalam negeri. 20 %

n.Pemenenuhan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan di luar negeri.0%

o.Penciptaan sekolah terbebas dari rokok, narkoba, kekerasan, crimi-nal,pelecehan seksual dan lain – lain .90 %

e.Target yang ingin dicapai 60 %

f.Target yang ingin dicapai 100 %

g.Target yang ingin dicapai 100 %

h.Target yang ingin dicapai 60 %

i.Target yang ingin dicapai 70 %

j.Target yang ingin dicapai 80 %

k.Target yang ingin dicapai 30 %

l.Target yang ingin dicapai 6 perusahaan

m.Target yang ingin dicapai 40 %

n. Target yang ingin dicapai 10 %

o.Target yang ingin dicapai 100 %

30 % 10 % 10 %

10 % 10 %

20 %

20 %

2 perusahaan 20 %

10 %

10 %

7. STANDAR PEMBIAYAAN

a. Peningkatan sumber dana pen-didikan berasal dari pemerintah daerah. 70 %

b. Pemenuhan pengalokasian dana sesuai kebutuhan dalam bentuk progam pengawasan . 75 % c. Pemenuhan penggunaan dana

yang transparan dan akuntabel. 95 %

a.Target yang ingin dicapai 80 %

b.Target yang ingin dicapai 100 %

c.Target yang ingin dicapai 100 %

10 %

25 %


(15)

d. Pemenuhan pelaporan penggu-naan dana yang transparan dan akuntabel

95 %

e. Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana. 95 %

f. Penegembangan income generat-ing unit/ unit produksi /unit us-aha sekolah . 50 %

g. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan alumni

30 %

h. Pemenuhan penggalian dana den-gan usaha / industri. 4 perusaha-an

i. Terbangunnya kerjasama dengan lembaga independen non pemer-intah baik dalam negeri maupun luar negeri. 10 %

d.Target yang ingin dicapai 100 %

e.Target yang ingin dicapai 100 %

f. Target yang ingin dicapai 70 %

g. Target yang ingin dicapai 70 %

h.Target yang ingin dicapai 6 dari dudi

i.Target yang ingin dicapai 40 %

5 %

15 %

20 %

40 %

2 perusahaan

30 %

8. STANDAR PENILAIAN

a. Terimplementasikannya model evaluasi pembelajaran secara lengkap dan komprehensif den-gan teknik penilaiaan yang bervariasi berbasis IT untuk se-mua keleompok mata pelajaran. 40 %

b. Pengembangan instrument peni-laian materi untuk ulangan ke-naikan kelas.50 %

c. Pengembangan instrument peni-laian UAS. 50 %

d. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru 70 % e. Pemenuhan mekanisme dan

prosedur penilaian oleh sekolah 70 %

f. Pengembangan perangkat pen-dokumentasian penilaian. 80 %

a. Target yang ingin dicapai 70 %

b. Target yang ingin dicapai 80 %

c.Target yang ingin dicapai 80 %

d.Target yang ingin dicapai 90 %

e.Target yang ingin dicapai 90 %

f. Target yang ingin dicapai 90 %

30 %

30 % 30 % 20 %

20 % 10 %

9. PENGEMBANGAN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH

a. Penciptaan lingkungan sehat ,asri ,indah ,rindang ,sejuk dengan taman sekolah dan hutan sekolah. 80 %

a.Target yang ingin dicapai 100 %


(16)

b. Penciptaan budaya berbudi pekerti luhur.

80 %

c. Pengembangan kegiatan yang menumbuhkan sikap peduli terhadap kelestarian lingkungan. 80 %

d. Pengembangan kerjasama dengan lembaga lingkungan baik dalam maupun luar negeri.

20 %

b.Target yang ingin dicapai 90 %

c.Target yang ingin dicapai 90 %

d.Target yang ingin dicapai 60 %

10 % 10 %

A. TUJUAN SITUASIONAL / SASARAN

Berdasarkan kondisi yang ada di SDN ... Surabaya dan melihat tantangan dan peluang yang dimiliki serta di hadapi oleh pihak internal sekolah maupun harapan yang diletakkan oleh pihak eksternal yang menuntut customer satisfaction, maka tujuan situasional yang diharapkan dapat diwujudkan adalah:

1 Standar Kelulusan

1.1. Peningkatan kedisplinan siswa dan peningkatan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME

1.1.1. Pemantapan tata tertib siswa

1.1.2. Mengaktifkan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha dan baca alqur’an secara bersama , kebaktian

1.2. Peningkatan Nilai Ujian Sekolah dan Nilai ujian Nasonal 1.2.1. Pemantapan materi UAS dan UNAS

1.2.2. 1.2.3. 1.2.4.

Membuat slogan persiapan UNAS Kegiatan Tutor Sebaya

Pembahasan SKL

1.3. Peningkatan KKM untuk semua mata pelajaran

1.3.1. Mengadakan workshop peningkatan pemahaman KKM 1.4. Peningkatan Prestasi di bidang Olah raga

1.4.1 Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler di bidang olah raga ( sepak bola ,futsal , bola Volley , basket , bulu tangkis ,pencak silat , karate 1.4.2 Mengikutsertakan dalam turnamen/event secara rutin atau periodik 1.5. Peningkatan Prestasi di bidang Seni

1.5.1 Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler di bidang Seni ( seni tari , seni lukis dan seni suara

1.5.2 Mengikutsertakan dalam event / pagelaran di bidang seni 1.6. Peningkatan prestasi di bidang akademik

1.6.1 Mengefektifkan kegiatan ekstrakurikuler di bidang akademik ( Matematika , IPA , Bahasa Inggris dan IPS )

1.6.2. Mengikutsertakan dalam kegiatan dalam lomba baik dalam kota maupun luar kota

2. Standar Isi


(17)

1.1.1. Membuat buku -1 Kurikulum KTSP 2013 ( Dokumen -1 )

1.1.2. Mengadakan workshop peningkatan pemahamam Kurikulum KTSP 2013 ( Dokumen -1).

2.2. Pengembangan Silabus

2.2.1 Penyusunan dan pengembangan silabus semua mata pelajaran Kelas 8 dan 9.

2.3. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

2.3.1 Penyusunan dan Pengembangan Rencana Pelaksanan Pembelajaran semua mata pelajaran Kelas 7, 8, dan 9

2.4. Pengembangan bahan ajar dan LKS bertaraf Internasional

2.4.1 Penyusunan dan pengembangan bahan ajar dan LKS Kelas 7, 8 dan 9 2.5. Pengembangan Panduan pembelajaran bertaraf Internasional

2.5.1 Membuat panduan pembelajaran

2.5.2. Mengadakan kegiatan workshop dalam penyusunan panduan 2.6.Pengembangan Panduan evaluasi bertaraf Internasional

2.6.2. Membuat panduan evaluasi 3. Standar Proses

3.1. Pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mengitegrasikan IMTAQ , Karakter , Iptek , Life skills dan enterpreneship.

3.1.1. Mengadakan IHT dengan mengitegrasikan IMTAQ ,Karakter ,Iptek, life skill dan interprenenship

3.1.2. Menyusun perangkat pembelajaran dengan mengintegrasikan IMTAQ dan karakter

3.2. Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan ; student centered,reflective learning,active learning,enjoyable and joyful learning, cooperatife learning,quantum learning,contectual teaching learning.

3.2.1. Merencanakan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan berbagai pendekatan terutama pendekatan saintefik

3.3. Pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan menggunakan berbagai sumber belajar

3.3.1. Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan berbagai sumber pelajaran

3.4. Pengembangan pembelajaran dengan berbasis IT.

3.4.1 Meningkatkan kompetensi pembelajaran tenaga pendidik berbasis IT. 3.5. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran dengan jadwal terprogam 3.5.1. Meningkatkan kegiatan monitoring secara periodik dan terprogam 4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

4.1. Peningkatan pemahaman Kepala Sekolah ,Guru, dan Tenaga Kependidikan tentang Kurikulum KTSP 2013

4.1.1. Mengadakan In House Traning ( IHT ) Kurikulum KTSP 2013 4.2. Peningkatan kemampuan penguasaan komputer dan internet

4.2.1 Mengadakan Kursus komputer dan internet untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan


(18)

IT

4.3.1 Mengadakan pelatihan multi media dan pembuatan media pembelajaran berbasis IT

4.4. Peningkatan kompetensi guru melalui Lesson Study berbasis Sekolah 4.4.1 Mengaktifkan kegiatan Lesson Study berbasis Sekolah

5. Standar Sarana Prasarana

5.1. Pemenuhan fasilitas ruang belajar

5.1.1. Pemenuhan ruang kelas dilengkapi LCD projektor ,AC,1sound system , 1 komputer , locker kelas , pojok baca dan CCTV Camera

4.2. Perpustakaan Digital ( Digital Library )

4.2.1. Pemenuhan 10 Komputer terkoneksi internet ,LCD projektor , 1 set sound system , AC ,CCTV Camera dan mebeler secara lengkap

5.3. Pemenuhan Ruang Laboratorium IPA

5.3.1. Pemenuhan 1 komputer terkoneksi internet , printer ,AC ,LCD projektor ,1 set soud system ,CCTV dan peralatan laboratorium secara lengkap. 5.4. Pemenuhan Ruang Komputer

5.4.1. Pemenuhan 34 Komputer terkoneksi internet , LCD projektor ,1set soud system , AC , CCTV Camera dan printer

5.5. Pemenuhan Ruang Laboratorium IPS

5.5.1. Pemenuhan 1 Komputer terkoneksi internet , printer , LCD projektor , AC , CCTV Camera dan peralatan Lab. IPS secara lengkap

5.6. Pemenuhan Ruang Laboratorium Matematika

5.6.1. Pemenuhan 1 Komputer terkoneksi internet , Printer , LCD projektor ,AC , CCTV Camera dan peralatan Lab. Matematika secara lengkap. 5.7. Pemenuhan Ruang Tata Boga

5.7.1. Pemenuhan Lemari penyimpan barang , penghisap asap , tempat cuci piring , kulkas dan kompor 4 tungku

5.8. Pemenuhan Ruang Studio Radio

5.8.1. Pemenuhan sarana perangkat siaran , AC , 2 Komputer , lemari , 1 set meja kursi , TV , HP dan CCTV Camera

5.9. Pemenuhan Ruang Elektronika

5.9.1. Pembangunan Ruang Eletronika , 1 Komputer terkoneksi internet , Lemari , peralatan Elektronika ,CCTV Camera

5.10. Pemenuhan Ruang Guru

5.10.1. Pemenuhan 5 unit komputer terkoneksi internet ,3 buah printer , 1 LCD Projector , 1 set soud system , AC dan locker guru

5.11. Pemenuhan Ruang UKM

5.11.1. Pemenuhan 5 unit komputer terkoneksi internet , 5 buah printer , AC , CCTV Camera , Televisi dan Rak penyimpan data

5.12. Pemenuhan Ruang OSIS

4.12.1. Pemenuhan 1 Komputer terkoneksi internet , 1 buah printer , AC , CCTV Camera , Televisi dan Rak penyimpan data

5.13. Pemenuhan Ruang Multi Media

4.13.1. Pemenuhan 1 Komputer terkoneksi internet , 1 buah printer , AC , 1 set soud system ,DVD , 1 kamera vidio , 100 set meja kursi dan CCTV camera


(19)

5.14. Pemenuhan Ruang Gudang

5.14.1. Pembangunan Gudang dan Rak penyimpanan barang 5.15. Pemenuhan Ruang UKS

5.15.1. Pemenuhan 1 komputer terkoneksi internet , AC , CCTV Camera , rak penyimpanan obat , tempat tidur pasien dan peralatan UKS

5.16. Pemenuhan Tempat Parkir

5.16.1. Pembangunan tempat parkir guru karyawan dan siswa yang dilengkapi standar ISO 14001 : 2004

5.17. Pemenuhan Ruang Sanggar Pramuka

5.17.1. Pembangunan sanggar pramuka dan dilengkapi peralatan pramuka 5.17.Pemenuhan Ruang Kesenian

5.17.1. Pemenuhan peralatan Kesenian , AC , 1 komputer terkoneksi internet , 1set soud system , Cermin ,CCTV Camera dan lemari penyimpan barang

5.18. Pemenuhan Kantin 3 R

5.18.1 Pemenuhan CCTV Camera , 3 buah modem internet , pengadaan tanaman gantung dan pemeliharaan kantin .

6. Standar Pengelolaan

6.1. Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah

6.1.1. Penyusunan Rencana Kerja Sekolah ( RKAS ) baik jangka pendek dan jangka panjang

5.1.2. Penyusunan pedoman job description pengelola sekolah 6.2. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah

6.2.1. Penyusunan pedoman job description struktur dan mekanisme kerja sekolah

6.3. Peningkatan supervisi ,monitoring , evaluasi dan akreditasi sekolah

6.3.1. Penyusunan progam dan pelaksanaan supervisi , monitoring dan evaluasi sekolah

6.3.2. Persiapan dan pengumpulan data akreditasi sekolah

6.4. Peningkatan peran serta masyarakat dan kemitraan ( humas )

6.4.1. Meningkatkan upaya dalam menjalin kerja sama dengan masyarakat melalui media konmunikasi

6.4.2. Mengefektifkan website sekolah dalam menjalin kerja sama dengan masyarakat

6.5. Pengembangan PAS /SIM sekolah menuju e-school

6.5.1. Persiapan dan pengembangan pengoprasionalan PAS / SIM 6.6.Pengembangan Standar ISO 9001 : 2008

6.6.1. Persiapan dan pengumpulan data pelaksanaan audit internal dan eksternal

6.7.1. Persiapan , pembenahan dan pengumpulan data pelaksanaan audit internal dan eksternal

6.8. Pengimplementasikan Total Quality Servis ( TQS)


(20)

6.9. Pengiplementasikan Total Quality Manajemen ( TQM ) 6.9.1 Perencanaan melakukan pengemplentasikan TQM 6.10.Pemenuhan kerjasama dengan sekolah dalam negeri

6.10.1 Membuat progam dan menjalin kerja sama dengan sekolah dalam negeri.

6.11.Pemenuhan kerjasama dengan sekolah dalam negeri “ sister school progam “

6.11.1 Membuat progam dan menjalin kerja sama dengan sekolah dalam negeri “ sister school progam “

6. 12.Pemenuhan kerja sama dengan dunia usaha

6.12.1 Membuat progam dan menjalin kerja sama dengan dunia usaha

6.13. Pemenuhan kerjasama dengan lembaga lain yang relevan dalam negeri 6.13.1 Membuat progam dan menjalin kerja sama dengan lembaga lain yang

relevan dalam negeri

6.14. Penciptaan sekolah terbebas dari rokok , narkoba , kekerasan , kriminal, pelecehan seksual dan traffiking(perdagangan anak)

6.14.1 Membuat progam dan melaksanakan sekolah terbebas dari rokok , narkoba , kekerasan , kriminal, pelecehan seksual dan trafficking (perdagangan anak)

7. Standar Pembiayaan

7.1 Peningkatan sumber dana pendidikan dari pemerintah daerah

7.1.1. Mengalokasikan dan membelajakan sumber dana pendidikan dari pemerintah daerah sesuai dengan rekening

7.2. Pemenuhan pengalokasikan dana sesuai kebutuhan , dalam bentuk progam pengawasan.

7.2.1 Mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan dalam dengan melakukan pengawasan secara terprogam.

7.3. Pemenuhan penggunaan dana yang transparan dan akuntabel.

7.3.1. Penggunaan dana dari BOS , BOSDA maupun Blockgrand dilakukan secara transparan dan akuntabel.

7.4. Pemenuhan pelaporan penggunaan dana yang akuntabel

7.4.1 Pelaporan semua dana yang masuk dilakukan dengan cara akuntabel 7.5. Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana.

7.5.1. Mendokumenkan semua pelaporan penggunaan dana yang diterima sekolah

7.6. Pengembangan income generating unit–unit produksi/unit usaha sekolah 7.6.1 Mengembangkan unit – unit usaha disekolah seperti kantin , koperasi

sekolah , rumah jamur dan gren house

7.7. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan alumni

7.7.1. Mengadakan pertemuan dengan alumni dalam upaya mengembangkan sekolah termasuk penggalian dana

7.8. Pemenuhan penggalian dana dengan dunia usaha / Industri

7.8.1 Menjalin kerja sama dengan dunia usaha dalam mengembangkan sekolah seperti perusahaan air minum healtyasair , teh botol sosro dan perusahaan lainnya


(21)

7.9. Terbangunnya kerjasama dengan lembaga independen non pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri

7.9.1 Menjaring kerja sama dengan lembaga independen dalam mengembangkan sekolah

8. Standar Penilaian

8.1. Terimplementasikannnya model evaluasi pembelajaran secara lengkap dan komprehensif dengan teknik penilaian yang bervariasi berbasis IT untuk semua kelompok mata pelajaran

8.1.1. Mengadakan pelatihan teknik penilaian bebasis IT untuk semua guru 8.2. Pengembangan instrumen penilaian materi untuk ulangan kenaikan kelas.

7.2.1. Menyusun Instrumen penilaian materi untuk ulangan harian , ulangan tengah semester , ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas. 8.3. Pengembangan Instrumen penilaian UAS.

8.3.1 Menyusun Instrumen penilaian dalam bentuk kisi – kisi dan soal untuk UH ,UTS,UAS dan UKK

8.4. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru 8.4.1. Menyusun mekanisme dan prosedur penilaian guru

8.5 Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah 8.5.1. Menyusun mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah 8.6. Pengembangan perangkat pendokumentasikan penilaian 8.6.1. Menyusun dan mendokumentasikan perangkat penilaian 9 Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah

9.1. Penciptaan lingkungan sehat ,asri , indah , rindang ,sejuk dengan taman sekolah dan hutan sekolah .

9.1.1. Mengadakan kegiatan setiap personil sekolah wajib satu pohon ( saji sapu )

9.1.2. 9.1.3.

Mewujudkan lingkungan sekolah sehat, asri, indah, rindang dan sejuk. Pemberian Reward kelas terbersih

9.2. Penciptaan budaya berbudi pekerti luhur 9.2.1.

9.2.2.

Mengadakan kegiatan sapa pagi saling berjabat tangan

Membuat dan menetapkan norma – norma pergaulan di sekolah

9.3. Pengembangan kegiatan yang menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan

9.3.1 Mengadakan kegiatan jum’at bersih

9.3.2 Mengadakan kegiatan workshop tentang sekolah peduli lingkungan 9.3.3 Mengadakan kegiatan selama 5 menit setiap pengambilan sampah 9.4.3 Mewajibkan semua personil sekolah turun dari kendaraaan dan mesin

dimatikan di gerbang pintu masuk.

9.4. Pengembangan kerjasama dengan lembaga lingkungan baik dari dalam maupun luar negeri

9.4.1. Menjalin hubungan dengan lembaga lingkungan hidup seperti Tunas Hijau ,BLH


(22)

B. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI, KOMPONEN UNTUK MENCAPAI SETIAP SASARAN

1. Aspek Standar Kompetensi Lulusan Sasaran 1

Peningkatan kedisiplinan siswa dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan YME.

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut adalah : 1) Internal :

a) Kepala Sekolah

b) Guru

c) Kesiswaan d) Guru Agama

e) OSIS

f) Dana

2) Eksternal :

a) Komite Sekolah b) Orang tua siswa c) Dinas pendidikan Sasaran 2

Peningkatan Nilai Ujian Sekolah dan Nilai Ujian Nasional

Komponen yang diperlukan melaksanakan sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Guru

c) Kurikulum d) Dana 2) Eksternal : a) Komite

b) Dinas Pendidikan c) Lembaga Bimbingan Sasaran 3

Peningkatan KKM untuk semua mata pelajaran.

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut adalah 1) Internal :

a) Kepala Sekolah b) Guru mata pelajaran c) Kurikulum


(23)

d) Dana 2) Eksternal : a) Komite

b) Dinas Pendidikan Sasaran 4

Peningkatan prestasi di bidang Olah raga

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Guru Olah raga

c) Guru Pembina Extrakurikuler olah raga d) Kesiswaan

e) Sarana Prasarana f) Dana

2) Ekternal a) Komite

b) Dinas Pendidikan Sasaran 5

Peningkatan Prestasi di bidang Seni

Komponen yang diperlukan untuk melaksanakan sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Guru Kesenian

c) Guru Pembina Ektrakurikuler Kesenian d) Kesiswaan

e) Sarana Prasarana f) Dana

2) Ekternal a) Komite

b) Dinas Pendidikan Sasaran 6

Peningkatan prestasi di bidang Akademik

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Guru


(24)

c) Kesiswaan d) Sarana prasarana e) Guru Ektrakurikuler f) Dana

2) Ekternal a) Komite

b) Dinas Pendidikan c) Orang tua siswa

2. Aspek Standar Isi Sasaran 1

Pengembangan Buku – 1 Kurikulum KTSP 2013 .

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Nara Sumber Sasaran 2

Pengembangan Silabus kelas 8 dan 9.

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite

b) Dinas pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 3

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal


(25)

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal a) Komite

b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 4

Pengembangan bahan ajar dan LKS

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal a) Komite

b) Dinas pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 5

Pengembangan Panduan Pembelajaran

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite

b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 6

Pengembangan panduan evaluasi

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal


(26)

b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal a) Komite

b) Dinas Pendidikan c ) Unesa ( Nara sumber )

3. Aspek Standar Proses Sasaran 1

Pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mengintegrasikan IMTAQ , Karakter ,Iptek ,Life skills dan enterprenenship. Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah

1) Internal

a) Kepala sekolah b) Guru Mata Pelajaran c) Kurikulum

d) Kesiswaan e) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 2

Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan ; student centered , reflektive learning , active learning , enjoyyable and Joyful learning , cooperatife learning , quantum learning , contextual teaching learning

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Guru

c) Kurikulum d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 3


(27)

Pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan menggunakan berbagai sumber belajar.

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru Mapel d) Dana

2) Ekternal

a) Komite Sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 4

Peningkatan pengawasan proses pembelajaran dengan jadwal terprogam Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kordinator Mapel c) Guru

d) Kurikulum e) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

4. Aspek Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sasaran 1

Peningkatan Pemahaman Kepala Sekolah , guru dan tenaga kependidikan tentang kurikulum KTSP 2013.

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal


(28)

b) Dinas Pendidikan Sasaran 2

Peningkatan kompetensi berbahasa Inggris untuk guru dan Tenaga Kependidikan. Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah :

1) Internal

a) Kepala Sekolah

b)Guru c) Karyawan

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite Sekolah b) Dinas pendidikan

c) lembaga Kursus ( Nara sumber ) Sasaran 4

Peningkatan kemampuan penguasaan komputer dan internet Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut diatas adalah : 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Guru

c) Karyawan d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Lembaga Kursus ( Nara sumber ) Sasaran 5

Peningkatan kompetensi pengembangan media pembelajaran berbasis IT Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut diatas adalah :

1) Internal

a) Kepala sekolah b) Guru

c) Kurikulum d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber )


(29)

Sasaran 6

Peningkatan kompetensi guru melalui Lesson Study berbasis Sekolah Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah :

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) 5. Aspek Standar Sarana Prasarana

Sasaran 1

Pemenuhan fasilitas ruang belajar

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 2

Perpustakaan Digital ( Digital Library )

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan


(30)

Sasaran 3

Pemenuhan Ruang Laboratorium IPA

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 4

Pemenuhan Ruang komputer

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 5

Pemenuhan Ruang Laboratorium IPS.

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 6


(31)

Pemenuhan Ruang Laboratorium Matematika

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 7

Pemenuhan Ruang Tata Boga

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 8

Pemenuhan Ruang studio Radio

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 9


(32)

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 10

Pemenuhan Ruang Guru

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 11

Pemenuhan Ruang UKM

Komponen yang diperlukan untuk sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 12

Pemenuhan Ruang OSIS


(33)

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 13

Pemenuhan Ruang Multi Media

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 14

Pemenuhan Ruang Gudang

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 15


(34)

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 16

Pemenuhan Tempat Parkir

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 17

Pemenuhan Ruang Sanggar Pramuka

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan Sasaran 18

Pemenuhan Kantin 3 R


(35)

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Sarana Prasarana c) Hubungan masyarakat d) Dana

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Pemkot Surabaya c) Dinas Pendidikan d) Dunia Usaha

6. Aspek Standar Pengelolaan Sasaran 1

Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 2

Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 3


(36)

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 4

Pengembangan PAS / SIM sekolah menuju e-school

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 5

Pengembangan standar ISO 9001 : 2008

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Badan Sertfikasi Internasional Sasaran 6

Pengembangan standar ISO 14001 : 2004

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal


(37)

b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Badan sertifilkasi Internasional Sasaran 7

Pegimplementasikan Total Quality Servis ( TQS )

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 8

Pengimplementasikan Total Quality Manajemen ( TQM )

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 9

Pemenuhan kerjasama dengan sekolah bertaraf internasional dalam negeri Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru


(38)

2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Sekolah mitra Sasaran 10

Pemenuhan kerjasama dengan sekolah dalam negeri “ sister school progam” 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Sekolah Mitra Sasaran 11

Pemenuhan kerja sama dengan dunia usaha

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Dunia Usaha Sasaran 12

Pemenuhan kerja sama dengan lembaga lain yang relevan dalam negeri Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal


(39)

b) Dinas Pendidikan Sasaran 13

Pemenuhan kerja sama dengan lembaga lain yang relevan di luar negeri Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 14

Penciptaan sekolah terbebas dari rokok , narkoba , kekerasan , kriminal dan Pelecehan seksual, Traffiking (perdagangan orang)

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Bapemas

7. Aspek Standar Pembiayaan Sasaran 1

Peningkatan sumber dana pendidikan dari pemeritah daerah.

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal


(40)

b) Dinas Pendidikan c) Pemkot Surabaya Sasaran 2

Peningkatan sumber dana pendidikan dari masyarakat / orang tua siswa / komite sekolah

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 3

Pemenuhan pengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan , dalam bentuk progam pengawasan.

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 4

Pemenuhan penggunaan dana yang trasparan dan akuntabel

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 5


(41)

Pemenuhan pelaporan penggunaan dana yang akuntabel.

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 6

Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 7

Pengembangan income generating unit – unit produksi / unit usaha sekolah Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Kantin e) Koperasi f) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 8

Terjalinnya kerja sama dengan alumni


(42)

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Alumni

Sasaran 9

Pemenuhan penggalian dana dengan dunia usaha / Industri

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Dunia usaha / Industri Sasaran 10

Terbangunnya kerja sama dengan lembaga independen dalam mengembangkan sekolah.

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Staf sekolah c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Lembaga Independen

8. Aspek Standar Penilaian Sasaran 1


(43)

Terimplementasikannya model evaluasi pembelajaran secara lengkap dan komprehensif dengan teknik penilaian yang bervariasi berbasis IT untuk semua mata pelajaran.

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( nara sumber ) Sasaran 2

Pengembangan instrumen penilaian materi untuk kenaikan ulangan kenaikan kelas.

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan Sasaran 3

Pengembangan instrumen penilaian UAS

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 4


(44)

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 5

Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah : 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan c) Unesa ( Nara sumber ) Sasaran 6

Pengembangan perangkat pendokumentasikan penilaian

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Kurikulum c) Guru d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

9. Aspek Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah Sasaran 1

Penciptaan lingkungan sehat , asri , indah , rindang , sejuk dengan taman sekolah dan hutan sekolah.


(45)

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Tim Adiwiyata c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Tunas Hijau ( Nara sumber )

d) Badan lingkungan hidup ( Nara sumber ) Sasaran 2

Penciptaan budaya berbudi pekerti luhur

Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Tim Adiwiyata c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Tunas Hijau ( Nara sumber )

d) Badan lingkungan hidup ( Nara sumber ) Sasaran 3

Pengembangan kegiatan yang menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan Komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut adalah

1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Tim Adiwiyata c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Tunas Hijau ( Nara sumber )


(46)

Sasaran 4

Pengembangan kerjasama dengan lembaga lingkungan baik dari dalam maupun luar negeri

Komponen yang diperlukan untuk mencapai kegiatan tersebut adalah 1) Internal

a) Kepala Sekolah b) Tim Adiwiyata c) Guru

d) Dana 2) Ekternal

a) Komite sekolah b) Dinas Pendidikan

c) Tunas Hijau ( Nara sumber )

d) Badan lingkungan hidup ( Nara sumber )

C. ANALISIS SWOT

Standar 1 : Standar Kompetensi dan kelulusan

1.1 Peningkatan kedisplinan siswa dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Y.M.E KOMPONEN/

FUNGSI DAN FAKTORNYA

KRITERIA KESIAPAN

( Kondisi Ideal ) KONDISI NYATA

TINGKAT FAKTOR KESIAPAN Siap Tidak

Siap Faktor Internal

a. Kepala Sekolah  Memiliki komitmen yang tinggi dalam kedisiplinan dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Y.M.E.

 Memiliki komitmen yang tinggi dalam kedi-siplinan dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tu-han Y.M.E.

V

b. Guru  Memiliki Kepedulian

yang tinggi dalam pening-katan kedisiplinan dan ke-taqwaan terhadap Tuhan Y.M.E

Belum semuanya me-miliki kepedulian yang tinggi dalam kedisipli-nan dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Y.M.E.

V

c. Kesiswaaan  Memiliki seperangkat peraturan dalam peningkat-an kedisplinpeningkat-an dpeningkat-an pening-katan ketaqwaan terhadap Tuhan Y.M.E

 Memiliki seperangkat peraturan dalam pening-katan kedisplinan dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tuhan Y.M.E

V

d. Guru Agama  Memiliki Kepedulian yang tinggi dalam pening-katan kedisiplinan dan

ke- Memiliki Kepedulian yang tinggi dalam pe-ningkatan kedisiplinan


(47)

taqwaan terhadap Tuhan Y.M.E

dan ketaqwaan terhadap Tuhan Y.M.E

e. OSIS Memiliki Komitmen

yang tinggi dalam mewujud-kan kedisplinan dan pening-katan ketaqwaaan Terhadap Tuhan Y.M.E

 Belum semua pe-gurus Osis memiliki Komitmen yang tinggi dalam mewujudkan ke-displinan dan peningkat-an ketaqwaapeningkat-an Terhadap Tuhan Y.M.E

V

f. Dana Dukungan dana cukup mewadai untuk kegiatan

 Dukungan dana cu-kup mewadai untuk ke-giatan

V

Faktor Eksternal

a. Komite Sekolah  Adanya dukungan yang maksimal dalam mewujud-kan kedisplinnan dan ke-taqwaan terhadap Tuhan Y.M.E

 Adanya dukungan yang maksimal dalam mewujudkan kedisplin-nan dan ketaqwaan ter-hadap Tuhan Y.M.E

V

b.Dinas

Pendidikan  baik moril maupun mate-Memberikan dukungan rial dalam mewujudkan ke-disiplinan dan ketaqwaan Terhadap Tuhan Y.M.E.

 Memberikan dukung-an baik moril maupun material dalam mewu-judkan kedisiplinan dan ketaqwaan Terha-dap Tuhan Y.M.E.

V

1.2. Peningkatan Nilai Ujian Sekolah dan Nilai Ujian Nasional KOMPONEN/

FUNGSI DAN FAKTORNYA

KRITERIA KESIAPAN

( Kondisi Ideal ) KONDISI NYATA

TINGKAT FAKTOR KESIAPAN Siap Tidak

Siap Faktor Internal

a. Kepala Sekolah  Memiliki komitmen yang tinggi dalam pe-ningkatan prestasi siswa dalam UAS dan UNAS

 Memiliki komitmen yang tinggi dalam pening-katan prestasi siswa dalam UAS dan UNAS

V

b. Guru  Memiliki komitmen

yang tinggi dalam me-laksanakan pembelajar-an dalam upaya pening-katan prestasi UAS dan UNAS

 Memiliki komitmen yang tinggi dalam melak-sanakan pembelajaran da-lam upaya peningkatan prestasi UAS dan UNAS

V

c. Kurikulum  Memiliki Progam ku-rikulum yang jelas da-lam peningkatan prestasi UAS dan UNAS .

 Memiliki Progam kuri-kulum yang jelas dalam peningkatan prestasi UAS dan UNAS

V

d. Dana  Memiliki dana yang cukup mewadai

 Belum semua dana ter-cukupi

V Faktor Eksternal


(1)

 Penyusunan progam dan pelaksanaan supervisi , monitoring , evaluasi dan persipan akreditasi.

d. Peningkatan peran serta masyarakat dan kemitraan ( humas )

 Menjalin kerja sama dengan masyarakat melalui media komunikasi dan mengaktifkan website.

e. Pengembangan PAS / SIM sekolah menuju e - school  Persiapan dan pengembangan pengoperasikan PAS / SIM f. Pengembangan Standar ISO 9001 : 2008 dan 14001 : 2004.

 Persiapan pelaksanaan audit internal dan eksternal. g. Pengimplementasikan TQS dan TQM

 Perencanaan dan pelaksanaan pengimplementasikan TQM dan TQS h. Pemenuhan kerja sama dengan sekolah baik dari dalam negeri

 Membuat progam dan pelaksanaan kerja sama dengan sekolah di dalam . i. Pemenuhan kerja sama dengan dunia usaha.

 Penyusunan progam dan pelaksanaan menjalin kerja sama dengan dunia usaha

j. Pemenuhan kerja sama dengan lembaga lain yang relevan baik didalam ne-geri maupun luar nene-geri

 Penyusunan progam dan pelaksanaan menjalin kerja sama dengan lembaga lain yang relevan baik dalam negeri.

k. Penciptaan sekolah terbebas dari rokok , narkoba , kekerasan , kriminal dan pelecehan seksual.

 Penyusunan progam dan melaksanakan sekolah terbebas dari rokok , nar-koba , kekerasan , kriminal , pelecehan seksual dan trafficking ( Perdagan-gan orang).

7. Pemenuhan Standar Pembiayaan :

a. Peningkatan sumber dana pendidikan dari pemerintah daerah

 Mengalokasikan sumber dana BOPDA sesuai dengan rekening dengan permintaan tambahan.

b. Pemenuhan pengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan dalam bentuk pengawasan.

 Mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan dengan melakukan bentuk pengawasan.

c. Pemenuhan penggunaan dana yang transparan dan akuntabel

 Semua penggunaan dana BOS ,BOSDA,BLOCKGRAND dan usaha lain dilaporkan secara transparan dan akuntabel terhadap pihak yang terkait. d. Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana

 Semua pelaporan dana BOS ,BOSDA , BLOCKGRAND dan usaha lain didokumentasikan dengan baik.

e. Pengembangan income generating unit-unit usaha lain

 Pemenuhan income generating dari usaha lain diantaranya kantin ,koperasi dan gren house..

f. Pemenuhan kerja sama dengan alumni.

 Mengadakan pertemuan dengan alumni guna menggalang pemasukan dana g. Pemenuhan penggalian dana dari dunia usaha / industri.

 Mengadakan kerja sama dengan dunia usaha / industri seperti teh botol sosro ,air minum dll.

h. Terbangunnya kerja sama dengan lembaga independen non pemerintah baik dalam dan luar negeri.


(2)

 Menjalin kerja sama dengan lembaga independen dalam penggalian dana untuk mengembangkan sekolah.

8. Pemenuhan Standar Penilaian :

a. Terimplentasikannya model evaluasi dengan teknik penilaian yang bervariasi dan berbasis IT.

. Pembuatan model evaluasi berbasis IT untuk UH , UTS , UAS dan UKK. b. Pengembangan instrumen penilaian materi bertaraf internasional untuk

ulangan kenaikan kelas.

. Penyusunan instrumen penilaian materi untuk UH , UTS , UAS dan UKK c. Pengembangan Instrumen penilaian UAS .

. Menyusun instrumen penilaian dalam bentuk kisi – kisi dan soal untuk ulangan akhir semester.

d. Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru dan sekolah . Menyusun mekanisme dan prosedur penilaian.

e. Pengembangan perangkat pendokumentasikan penilaian . Menyusun dan mendokumentasikan perangkat penilaian

9. Pemenuhan Standar Budaya dan Lingkungan Sekolah:

a. Penciptaan Lingkungan Sehat ,asri,indah,rindang,sejuk dengan taman seko-lah dan hutan sekoseko-lah.

 Kegiatan saji sapu untuk semua personil sekolah  Perwujudan adiwiyata tingkat nasional mandiri  Pemberian reward kelas terbersih

 Penanaman tanaman pagar  Pergantian pot bunga

b. Peningkatan Budaya berbudi pekerti luhur

 Mengadakan kegiatan sapa pagi saling berjabat tangan

 Membuat dan menetapkan norma – norma pergaulan di sekolah.

c. Pengembangan kegiatan yang menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkung-an,

 Mengadakan Kegiatan Jumat Bersih dan Olahraga Bersama

 Mengadakan kegiatan workshop tentang sekolah peduli lingkungan  Mengadakan kegiatan selama 5 menit pengambilan sampah

 Mewajibkan semua personil sekolah turun dari kendaraan bermotor dan mesin dimatikan di gerbang pintu masuk

 Mengadakan Lomba Kebersihan Kelas setiap Bulan

d. Pengembangan kerja sama dengan lembaga lingkungan baik dari dalam maupun luar negeri

 Mengadakan Kegiatan Posyandu bersama Warga Sekitar  Mengadakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

 Mempromosikan Sekolah


(3)

INDIKATOR KEBERHASILAN (TONGGAK-TONGGAK KUNCI KEBERHASI-LAN)

NO ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN YANG DIKEMBANGKAN / DIJALANKAN DALAM SATU

TAHUN

INDIKATOR KEBERHASILAN BULAN KE :

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

1 Standart Kompetensi Lulusan

a Peningkatan kedisplinan siswa dan peningkatan ketaqwaan terhadap Tu-han Y.M.E.

v v v v v v v v v v v v

b Peningkatan nilai ujian sekolah dan nilai ujian nasional.

v v v v v v v v v v v v

c Peningkatan KKM untuk semua mata pelajaran

v d Peningkatan prestasi di bidang olah

raga

v v v v v v v v v v v v

e Peningkatan prestasi di bidang seni v v v v v v v v v v v v f Peningkatan prestasi di bidang

akademik

v v v v v v v v v v v v

2 Standar Isi

a. Membuat buku 1 Kurikulum KTSP 2013 ( Dokumen 1)

v

b. Pengembangan silabus kelas 8 dan 9 v v v

c. Pengembangan RPP v v v

d. Pengembangan bahan ajar dan LKS v v v

e. Pengembangan panduan belajar v

f. Penegembangan panduan evaluasi v

3 Standar Proses

a. Pengembangan pembelajaran mapel dengan mengintegasiakan IMTAQ , Karakter ,Iptek ,life skills, dan enterprenenship.

v v v v v v v v v v v v

b. Pengembangan pembelajaran dengan berbagai pendekatan terutama

pendekatan saintefik

v v v v v v v v v v v v

c. Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan berbagai sumber.

v v v v v v v v v v v v

d. Pengembangan pembelajaran dengan bahasa inggris untuk mata pelajaran

v v v v v v v v v v v v

e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran dengan jadwal terprogam .

v v

4 Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan :


(4)

KTSP 2013

b. Peningkatan kompetensi berbahasa inggris untuk guru dan tenaga kependidikan.

v v v v v v v v v v v v

c. Peningkatan kemampuan penguasaan komputer dan internet.

v v v v v v v v v v v v

d. Peningkatan kompetensi

pengembangan media pembelajaran berbasis IT.

v v v v v v v v v v v v

f. Peningkatan kompetensi guru melalui LSBS

v v v v v v v v v v v v

5. Standar Sarana Prasarana

a. Pemenuhan fasilitas ruang belajar v V

b. Pemenuhan perpustakaan Digital V v

c. Pemenuhan sarana ruang Lap IPA ,komputer,Lab. IPS,Lab

Matematika,studio

radio,guru,UKM,OSIS,multi media,UKS, kesenian dan kantin lesehan 3 R

v v

d. Pembangunan ruang

elektronika/prakarya, tempat parkir, sanggar pramuka dan kolam renang

v

6 Standar Pengelolaan

a. Pemenuhan dokumen RKAS v

b. Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah.

v c. Peningkatan supervisi , monitoring

,evaluasi dan akreditasi sekolah.

v v

d. Peningkatan peran serta masyarakat V v v v v v v v v v v v e. Pengembangan PAS/SIM sekolah

menuju e-school

v f. Pengembangan standar ISO 9001 :

2008 dan ISO 14001 : 2004.

v v v

g. Pengimplementasikan TQS dan TQM V v

h. Pemenuhan kerja sama dengan sekolah dalam negeri

v v v

i. Pengembangan kerja sama dengan dunia usaha , lembaga lain yang relevan baik dalam

v v v v v v v v v v v v

j. Penciptaan sekolah terbebas dari rokok , narkoba ,kekerasan , kriminal pelecehan seksual dan traffiking.

v v v v v v v v v v v v

7 Standar Pembiayaan

a Peninkatan sumber dana pendidikan

dari pemerintah daerah. v v v v

b Pemenuhan pengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan dalam bentuk pengawasan.

v v v


(5)

transparan dan akuntabel.

d Pemenuhan pelaporan penggunaan dana yang akuntabel.

v v v v

e Pemenuhan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana .

v v v v

f Pengembangan income generating unit-unit usaha sekolah.

v v v v v v v v v v v v

G Terjalinnya hubungan kerja sama dengan alumni.

v v

H Pemenuhan penggalian dana dengan

dunia usaha. v v v v

i Terbangunnya kerja sama dengan lembaga independen dari dalam negeri.

v v v v

8 Standar Penilaian Pendidikan dan bertaraf internasional

a Terimplementasikan model evaluasi yang bervariasi berbasis IT.

v v v v v v v v v v v v

b Pengembangan instrumen penilaian materi UKK .

v c Pengembangan Instrumen penilaian

UAS .

v v

d Pemenuhan mekanisme dan prosedur

penilaian guru v v v v v v v v v v v v

e Pemenuhan mekanisme dan prosedur

penilaian sekolah. v v v v v v v v v v v v

f Pengembangan perangkat pendokumentasikan penilaian.

v v v v v v

9 Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah

a Penciptaan lingkungan sehat ,asri ,indah ,sejuk dengan taman sekolah dan hutan sekolah

v V v v v v v v v v v v

b Penciptaan budaya berbudi pekerti luhur

v V v v v v v v v v v v

c Pengembangan kegiatan yang

menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan.

v V v v v v v v v v v v

d Pengembangan kerja sama dengan lembaga lingkungan baik dari dalam negeri.

v V v v v v v v v v v v

F. SUPERVISI, MONITORING, EVALUASI, DAN AKREDITASI SEKOLAH SASARAN

Terwujudnya pelaksanaan monitoring dan evaluasi program sesuai RKAS Tahun Pelajaran 2014-2013.

Program :

Pengembangan instrument monitoring evaluasi

Kegiatan :


(6)

2. Menggandakan instrument monitoring evaluasi

3. Melaksanakan monitoring evaluasi terhadap seluruh program seperti tertuang di Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)

4. Menganalisis hasil monitoring evaluasi 5. Menindaklanjuti hasil analisis evaluasi

Jadwal monitong evaluasi

PROGRAM KEGIATAN

INDIKATOR KEBERHASILAN BULAN KE :

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

Pengembangan instrument monitoring evaluasi

1. Menyusun instrumen monitoring evaluasi

v v

2. Menggandakan instru-ment monitoring evalu-asi

v v v v

3. Melaksanakan monitor-ing evaluasi terhadap seluruh program seperti tertuang di Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS)

v v

4. Menganalisis hasil moni-toring evaluasi

v v

5. Menindaklanjuti hasil analisis evaluasi