Agripa * mengatakan kepada tugas dari imam-imam kepala. 3 26 Ya Raja

1 Agripa * mengatakan kepada tugas dari imam-imam kepala. 13 26 Ya Raja

Paulus, “Engkau boleh berbicara Agripa, kira-kira tengah hari aku melihat untuk membela dirimu.”

cahaya datang dari langit. Cahaya itu

Kemudian Paulus mengangkat tangan- lebih terang daripada matahari dan ber- nya, lalu mulai menyampaikan pembela- sinar di sekelilingku dan mereka yang annya sebagai berikut, 2 “Raja Agripa, berjalan bersama aku. 14 Kami semua ter- aku merasa beruntung bahwa aku ber- jatuh ke tanah, dan aku mendengar diri di hadapanmu hari ini. Dan aku suara yang berkata kepadaku dalam boleh mengemukakan pembelaanku me- bahasa Yahudi, ‘Saul, Saul, mengapa lawan hal-hal yang dituduhkan oleh

orang Yahudi kepadaku. 3 Ini khususnya a 26:10 umat Allah Secara harfiah: “orang- karena engkau mengetahui tentang orang kudus.” Nama itu diberikan bagi orang semua adat dan masalah Yahudi. Karena yang percaya kepada Yesus.

KISAH PARA RASUL 26:15–27:2

engkau menganiaya Aku? Tidak ada gu- Paulus Mencoba Menyadarkan Agripa

24 Sementara Paulus mengatakan hal tanya, ‘Siapa Engkau Tuhan?’ Tuhan ber- itu sebagai pembelaannya, Festus me-

nanya engkau menolak Aku.’ 15 Aku ber-

kata, ‘Akulah Yesus, yang engkau aniaya. ngatakan dengan kuat, “Paulus, engkau

16 Berdirilah! Aku telah memilih engkau sudah gila. Pengetahuanmu yang begitu untuk menjadikan engkau hamba-Ku. besar membuat engkau gila.”

Engkau akan memberitakan kepada

25 “Aku tidak gila, Festus yang mulia,” orang banyak bahwa engkau telah meli- jawab Paulus. “Yang kukatakan itu benar

hat sesuatu tentang Aku dan engkau dan masuk akal. 26 Raja mengetahui ten- akan melihat hal-hal yang akan Kutun- tang hal itu dan aku dapat berbicara jukkan lagi kepadamu. Itulah sebabnya, bebas kepadanya. Aku yakin bahwa

Aku datang kepadamu hari ini. 17 Aku semua itu tidak luput dari perhatiannya, akan menyelamatkan engkau dari orang karena hal-hal itu terjadi tidak secara Yahudi dan orang yang bukan Yahudi. diam-diam, tetapi di depan umum. 27 Ya Aku akan mengutusmu kepada mereka. Raja Agripa, * apakah engkau percaya

18 Engkau akan menunjukkan kebenaran yang telah ditulis oleh nabi-nabi * ? Aku kepada mereka agar mereka berbalik tahu bahwa engkau percaya.”

dari kegelapan kepada terang, dari kuasa

28 Kemudian Agripa menjawab Paulus, setan kepada Allah. Dengan demikian, “Apakah kauanggap bahwa engkau

dosa mereka dapat diampuni dan dapat membujuk aku menjadi Kristen mereka dapat ambil bagian bersama dengan begitu mudah?” orang yang telah menjadi umat Allah

29 Paulus menjawab, “Mudah atau karena percaya kepada-Ku.’”

susah, itu tidak penting; aku berdoa kepada Allah agar bukan hanya engkau,

Paulus Menjelaskan tentang Pekerjaannya tetapi semua yang mendengar aku hari

19 “Jadi, ya Raja Agripa, * aku mema- ini menjadi sama seperti aku, kecuali tuhi penglihatan * dari surga itu. 20 Aku rantai-rantai ini.” memberitakan firman Allah pertama-

30 Raja berdiri, begitu pula gubernur, tama kepada orang di Damsyik, kemu- Bernike, a dan orang yang duduk ber-

dian kepada mereka di Yerusalem, di se- sama mereka. 31 Sesudah mereka me- luruh negeri Yudea, dan juga kepada ninggalkan ruangan, mereka berkata, bangsa-bangsa lain. Aku mengatakan “Orang itu tidak melakukan sesuatu kepada mereka untuk bertobat dan ber- yang harus menerima hukuman mati

balik kepada Allah, dan melakukan pe- atau dipenjarakan.” 32 Agripa mengata- kerjaan yang pantas untuk menunjukkan, kan kepada Festus, “Sebenarnya orang bahwa mereka telah bertobat. 21 Karena itu dapat dibebaskan kalau ia tidak naik itulah orang Yahudi menangkap aku banding kepada Kaisar. * ” ketika berada di pelataran Bait. * Mereka

mencoba membunuh aku. 22 Sampai hari Paulus Berlayar ke Roma ini aku selalu mendapat pertolongan dari

1 Ketika diputuskan bahwa kami Allah. Itulah sebabnya, aku berdiri di sini 27 harus berlayar ke Italia, Paulus dan

dan bersaksi kepada semua orang, baik tahanan lain diserahkan kepada seorang orang kecil maupun orang penting. Yang perwira * bernama Yulius dari pasukan

kukatakan sama seperti yang sudah dibe- Kaisar. 2 Kami naik kapal dan berangkat. ritahukan nabi-nabi * dan Musa, * 23 yaitu Kapal itu berasal dari Adramitium dan bahwa Kristus * akan menderita, dan Dia akan berlayar ke pelabuhan-pelabuhan se- yang pertama-tama bangkit dari kema- panjang pantai Asia. Aristarkhus, seorang tian. Nabi-nabi dan Musa telah mengata- dari kota Tesalonika di Makedonia me- kan bahwa Kristus akan mengumumkan

terang kepada bangsa Yahudi dan kepada a 26:30 Bernike Saudara perempuan Raja bangsa-bangsa lain.”

Agripa; anak tertua Herodes Agripa I.

KISAH PARA RASUL 27:3–26 nyertai kami. 3 Hari berikutnya kami tiba bahwa mereka mendapat yang diingin-

di Sidon. Yulius memperlakukan Paulus kannya. Maka mereka membongkar dengan baik. Ia mengizinkannya mengun- sauh dan berlayar menelusuri dekat

jungi sahabat-sahabatnya supaya mereka pantai Kreta. 14 Tidak lama kemudian mengurusnya. 4 Dari sana, karena kami angin ribut berembus dari arah pulau harus berlayar melawan angin, kami ber- itu, angin yang disebut “Timur Laut.” layar menyusur pantai Siprus. 5 Kami me- 15 Kapal itu terjebak dalam angin ribut nyeberangi laut dari Kilikia dan Pamfilia, dan tidak dapat berlayar melawan angin. dan sampai di Mira, di daerah Likia. 6 Di Jadi, dengan mengikuti arahnya, kami sana perwira itu menemukan kapal dari terbawa angin itu. 16 Kami melewati Aleksandria yang akan berangkat ke sebuah pantai pulau kecil, yang bernama Italia, lalu ia menyuruh kami naik kapal Kauda, walaupun sulit kami berhasil itu.

untuk menambatkan sekoci. 17 Setelah

7 Beberapa hari lamanya kami berlayar menaikkannya ke atas kapal, mereka sangat lambat, dan dengan susah payah menggunakan tali untuk mengikat kapal

kami tiba dekat Knidus. Angin telah itu. Karena takut kandas di pasir Sirtis, menghalangi kami melanjutkan perja- mereka menurunkan layar dan mem-

lanan, maka kami berlayar mengikuti biarkan kapal dibawa angin. 18 Hari ber- pantai Kreta di seberang Salmone. ikutnya kami diserang badai di laut, lalu

8 Dengan sulit kami berlayar mengikuti beberapa orang mulai membuang pantai Kreta, kemudian kami tiba di muatan ke laut. 19 Besoknya mereka tempat yang bernama Pelabuhan Indah, membuang peralatan kapal ke laut.

yang terletak dekat kota Lasea.

20 Beberapa hari lamanya tidak kelihatan

9 Kamitelahkehilanganbanyak matahari atau bintang-bintang, dan waktu, dan pelayaran sangat berbahaya badai itu membanting dengan keras.

karena Hari Puasa a sudah lewat. Paulus Akhirnya putuslah semua harapan kami mengingatkan mereka, katanya, 10 “Sau- untuk diselamatkan. dara-saudara, aku melihat bahwa pela-

21 Sudah lama tidak ada seorang pun yaran kita akan membawa banyak kesu- yang makan. Kemudian Paulus berdiri

karan dan kerugian, bukan hanya pada di hadapan mereka dan berkata, “Sau- muatan dan kapal, tetapi juga bagi hidup dara-saudara, seharusnya kamu meng-

kita.” 11 Namun, perwira itu lebih per- ikuti nasihatku supaya tidak berlayar caya kepada kapten kapal dan pemilik dari Kreta, sehingga kita dapat meng- kapal daripada mendengarkan nasihat hindari kerusakan dan kerugian. 22 Seka- Paulus. 12 Karena pelabuhan itu tidak rang aku desak kamu, supaya tidak cocok untuk berlabuh selama musim patah semangat. Tidak ada di antara dingin, dengan suara terbanyak mereka kamu yang akan mati, tetapi kapal ini

memutuskan untuk berlayar terus. akan hilang. 23 Tadi malam Allah, yang Mereka mau mencoba mencapai Feniks aku sembah dan aku adalah milik-Nya, jika itu mungkin, untuk melewatkan menyuruh malaikat berdiri di sam-

musim dingin di sana. Feniks adalah pingku. 24 Malaikat itu mengatakan, sebuah pelabuhan di pulau Kreta yang ‘Jangan takut, Paulus. Engkau harus menghadap ke barat daya dan barat laut. menghadap Kaisar. * Allah telah menjan-

jikan kepadamu bahwa semua orang Angin Ribut

yang berlayar bersamamu akan sela-

13 Ketika angin lembut dari selatan mat.’ 25 Maka, bersemangatlah, hai Sau- mulai ber tiup, mereka menyangka dara-saudara, karena aku percaya

a 27:9 Hari Puasa Hari Pendamaian, hari raya kepada Allah, semuanya akan terjadi penting orang Yahudi ketika mereka berpuasa tepat sama seperti yang dikatakan kepa- pada musim gugur, ketika terjadi angin ribut daku. 26 Namun, kita akan terdampar di yang hebat di laut.

sebuah pulau.”

KISAH PARA RASUL 27:27–28:6

27 Pada malam keempat belas, kami Mereka melihat teluk dengan pantainya, dibawa angin melintasi Laut Adria. a jadi mereka memutuskan untuk menda- Pada tengah malam para awak kapal ratkan kapal di sana sedapat mungkin.

merasa bahwa mereka telah mendekati 40 Mereka memotong tali-tali jangkar dan daratan. 28 Mereka mengukur kedalaman membiarkannya jatuh ke dalam laut. laut dengan batu duga dan ternyata da- Pada waktu yang sama mereka melepas- lamnya  meter. Setelah maju sedikit kan tali-tali yang mengikat kemudi- mereka mengukur lagi dan kedalaman- kemudi, lalu mereka menaikkan layar,

nya  meter. 29 Karena takut, bahwa supaya angin meniup kapal ke pantai. kami akan kandas di batu karang, 41 Kapal itu membentur pasir di dasar mereka membuang empat jangkar dari laut lalu kapal itu kandas, haluannya ter- belakang kapal dan mereka berdoa agar tancap ke pasir dan tidak dapat bergerak

hari lekas siang. 30 Para awak kapal ber- sama sekali. Buritannya hancur dihan- usaha untuk melarikan diri dari kapal; tam ombak. mereka menurunkan sekoci dan ber-

42 Para tentara merencanakan untuk pura-pura mereka mau membuang jang- membunuh semua tahanan supaya

kar dari depan kapal. 31 Paulus berkata tidak ada yang berenang dan melolos- kepada perwira * dan tentara-tentara, kan diri. 43 Perwira * mau menyelamat- “Jika mereka tidak tinggal di kapal, kan Paulus, maka ia mencegah mereka kamu semua tidak mungkin diselamat- melaksanakan rencana mereka. Ia me-

kan.” 32 Jadi, tentara-tentara itu memo- merintahkan mereka yang dapat bere- tong tali sekoci dan membiarkannya nang untuk melompat ke laut lebih hanyut.

dahulu dan menuju ke daratan. 44 Yang

33 Tepat sebelum fajar, Paulus mende- lainmenyusuldenganpapanatau sak mereka semua untuk makan sedikit, bagian-bagian dari kapal. Dengan cara

katanya, “Hari ini adalah hari ke-  demikian, semua orang sampai di da- kamu menunggu dalam suasana tegang ratan dengan selamat.

dan kamu tidak makan. 34 Sekarang aku

desak kamu untuk makan dahulu karena Paulus di Pulau Malta kamu membutuhkannya untuk hidup.

1 Setelah kami tiba di pantai Tidak seorang pun di antara kamu akan 28 dengan selamat, baru kami tahu

hilang, bahkan sehelai rambut dari ke- bahwa pulau itu adalah Malta. 2 Hujan palamu pun tidak.” 35 Setelah mengata- turun dan sangat dingin. Orang yang kan itu, ia mengambil roti sedikit dan tinggal di pulau itu sangat ramah terha- mengucap syukur kepada Allah di depan dap kami. Mereka memasang api dan

mereka semua. Kemudian dia membagi- menyambut kami semuanya. 3 Paulus bagikannya dan mulai makan. 36 Mereka mengumpulkan ranting-ranting dan semua kembali bersemangat dan membuangnya ke dalam api. Kemudian mereka juga mengambil makanan. seekor ular beracun keluar dari dalam

37 Ada  orang di kapal itu. 38 Sesudah api karena panasnya lalu menggigit makan secukupnya, mereka meringan- tangan Paulus. 4 Penduduk melihat ular kan kapal dengan membuang muatan itu tergantung pada tangan Paulus,

gandum ke laut. mereka mengatakan, “Pasti orang itu pembunuh. Sekalipun dia telah selamat

Kapal Dihancurkan dari laut, dewi keadilan tidak membiar-

39 Besok paginya, mereka melihat da- kannya hidup.” 5 Dengan gerakan ratan, tetapi tidak mengenal daratan itu. tangan Paulus, ular itu terlepas dan jatuh ke dalam api. Paulus sendiri tidak

a 27:27 Laut Adria Laut antara Yunani dan menderita apa-apa. 6 Mereka menyangka Italia, termasuk bagian dari Laut Tengah.

dia menjadi bengkak atau mati terjatuh.

KISAH PARA RASUL 28:7–25 Setelah lama menunggu dan tidak ter- Paulus di Roma

jadi sesuatu yang jelek terhadap Paulus,

16 Kami pergi ke Roma. Di Roma maka sebaliknya mereka mengatakan, Paulus diizinkan untuk tinggal sendirian,

“Dia adalah seorang dewa. a ”

dan dia dijaga oleh seorang tentara.

17 Tiga hari kemudian Paulus me- ladang milik pejabat pulau itu. Namanya manggil pemimpin-pemimpin Yahudi.

7 Dekat tempat itu terdapat ladang-

Publius. Ia menerima kami di rumahnya Ketika mereka sudah berkumpul, ia me- dan selama tiga hari ia menghibur kami ngatakan kepada mereka, “Saudara-sau-

dengan ramah. 8 Ayah Publius berada di dara, meskipun aku tidak melakukan tempat tidur karena menderita demam apa-apa terhadap bangsa kita atau mela- dan disentri. b Paulus pergi menengok- wan kebiasaan-kebiasaan nenek moyang nya. Sambil berdoa, ia meletakkan ta- kita, aku diserahkan kepada orang Roma ngannya ke atasnya dan menyembuh- di Yerusalem sebagai tahanan. 18 Orang kannya. 9 Ketika hal itu terjadi, orang Roma memeriksa aku dan mereka mau lain yang sakit di pulau itu berdatangan melepaskan aku karena aku tidak bersa- dan disembuhkan. 10 Mereka menghor- lah terhadap sesuatu yang patut dihu- mati kami dengan memberi banyak kum mati. 19 Ketika orang Yahudi kebe- hadiahdanketikakamibertolak, ratan, aku terpaksa naik banding kepada mereka menyediakan kebutuhan-kebu- Kaisar, * bukan karena aku mau meng- tuhan kami.

adukan bangsaku sendiri. 20 Itulah alasan mengapa aku minta bertemu dan berbi- Paulus ke Roma

cara dengan kamu semua. Aku diikat

11 Tiga bulan kemudian kami berang- dengan rantai ini karena pengharapan kat dengan sebuah kapal dari Aleksan- bangsa Yahudi.” dria. Kapal itu melewatkan musim

21 Mereka menjawab, “Kami tidak dingin di pulau itu. Di bagian depan menerima surat dari Yudea tentang

kapal itu terdapat lambang: “Dewa engkau. Saudara-saudara yang tiba dari Kembar.” c 12 Kami tiba di Sirakusa dan sana tidak melapor atau mengatakan hal-

tinggal di sana selama tiga hari. 13 Dari halyangburuktentangengkau. sana kami berlayar dan tiba di Regium. 22 Namun, kami mau mendengar penda- Besoknya angin dari selatan bertiup se- patmu, sebab kami tahu bahwa di mana- hingga kami dapat berlayar ke Puteoli mana orang berbicara menentang aliran dan kami tiba di sana hari berikutnya. agama ini.”

23 Mereka menentukan suatu hari rapa saudara seiman dan mereka me- untuk rapat bersama Paulus. Pada hari

14 Di sana kami bertemu dengan bebe-

minta kami tinggal di sana tujuh hari. itu sejumlah orang datang berkumpul ke Kemudian kami tiba di Roma. 15 Saudara- tempat tinggalnya. Ia memberi penje- saudara di sana telah mendengar berita lasan kepada mereka dan bersaksi ten- tentang kami. Mereka datang untuk ber- tang Kerajaan Allah. Ia mencoba meya- temu dengan kami di Pasar Apius dan kinkan mereka tentang Yesus melalui

Tres Taberne. d Ketika Paulus melihat hukum Taurat Musa * dan nabi-nabi. * Itu mereka, ia bersyukur kepada Allah dan dilakukannya dari pagi hingga malam. dia semakin berani.

24 Ada yang menjadi percaya karena yang dikatakannya, tetapi yang lain tidak per-

a 28:6 dewa Allah palsu yang disembah orang caya. 25 Mereka saling berselisih penda- yang bukan Yahudi. b 28:8 disentri Sejenis

pat dan mulai meninggalkan tempat itu,

Kembar” Patung Kastor dan Poluks, dewa tetapi Paulus masih sempat mengatakan orang Yunani. d 28:15 Tres Taberne Artinya hal ini, “Roh Kudus * telah mengatakan “Tiga Penginapan.” Sebuah kota, kira-kira 48 kepada nenek moyangmu melalui Nabi km dari Roma.

penyakit, sama seperti diare. c 28:11

“Dewa

Yesaya. Dia berkata,

KISAH PARA RASUL 28:26–31

26 ‘Pergilah kepada bangsa itu dan Kemudian mereka dapat kembali katakan kepada mereka:

kepada-Ku dan disembuhkan.’ Kamu akan mendengar dan akan

Yesaya 6:9–10 mendengarkannya, tetapi kamu tidak akan mengerti.

28 Kamu harus tahu bahwa kesela- Kamu akan memandang dan akan

matan dari Allah telah disampaikan melihatnya,

k e p a d a o r a n g y a n g b u k a n Ya h u d i . tetapi kamu tidak akan mengerti

Mereka akan mendengarnya.” [ 29 Setelah yang kamu lihat.

Paulus berkata demikian, pergilah orang

27 Ya, pikiran bangsa itu telah tertutup. Yahudi itu tanpa ada persesuaian paham Mereka mempunyai telinga,

di antara mereka.] tetapi mereka tidak mendengar,

30 Selama dua tahun penuh ia tinggal dan mereka menolak untuk

di rumah sewaannya sendiri, dan dia melihat kebenaran.

menyambut semua yang datang meng- Jika pikiran mereka tidak tertutup,

unjunginya. 31 Ia telah memberitakan mereka dapat melihat dengan mata tentang Kerajaan Allah kepada orang mereka,

dan mengajar tentang Tuhan Yesus Kris- mendengar dengan telinga mereka, tus. Dia sangat berani dan tidak ada se- dan mengerti dengan pikiran

orang pun yang mencoba menghentikan- mereka.

nya berbicara.

Dokumen yang terkait

Analisis Komparasi Internet Financial Local Government Reporting Pada Website Resmi Kabupaten dan Kota di Jawa Timur The Comparison Analysis of Internet Financial Local Government Reporting on Official Website of Regency and City in East Java

19 819 7

Analisis komparatif rasio finansial ditinjau dari aturan depkop dengan standar akuntansi Indonesia pada laporan keuanagn tahun 1999 pusat koperasi pegawai

15 355 84

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM PROSES PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) (StudiKasusPada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Oro-Oro Dowo Malang)

160 705 25

Representasi Nasionalisme Melalui Karya Fotografi (Analisis Semiotik pada Buku "Ketika Indonesia Dipertanyakan")

53 338 50

DAMPAK INVESTASI ASET TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP INOVASI DENGAN LINGKUNGAN INDUSTRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2006-2012)

12 142 22

Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013

12 269 5

Improving the Eighth Year Students' Tense Achievement and Active Participation by Giving Positive Reinforcement at SMPN 1 Silo in the 2013/2014 Academic Year

7 202 3

Analisis pengaruh modal inti, dana pihak ketiga (DPK), suku bunga SBI, nilai tukar rupiah (KURS) dan infalnsi terhadap pembiayaan yang disalurkan : studi kasus Bank Muamalat Indonesia

5 112 147

An Analysis of illocutionary acts in Sherlock Holmes movie

27 148 96

The Effectiveness of Computer-Assisted Language Learning in Teaching Past Tense to the Tenth Grade Students of SMAN 5 Tangerang Selatan